Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PART 03

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by lava85 »

thomas256 wrote: Mau poles CX5 nya yah bro ? kalo bagus kasih tahu yahhh hasilnya....,kalo kurang sip juga kasih tahu yahhhh..... :e-whistle:
Udah ane post kok bro di halaman sebelumnya :p Kalo dari mata newbies ini yg ga pernah rawat mobil sih memuaskan yak. Seneng gw liat aernya pada ga mo nempel ke body mobil. :e-clap:
Abu2 wrote:mother detailer (spray), keren tuh, ok performanya.

mother Showtime namanya...
di ace sering kosong, pas lagi ada barang, ane langsung borong 3 ....hahhahaha
Waduh ada saingan lagi, berarti besok-besok kalo ada gw juga borong 3 :big_smoking:
evolution21 wrote:[
waduh salah deh ane posting di sini
mestinya dikeukeupin ndiri :e-wall:
Ah jangan gitu dunk om, berbagi itu indah loh :e-whistle:




:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Belphegor »

Mother Showtime ya? Roger that, meluncur ke ACE immediately :thanks:

Berbagi memang indah :mrgreen:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

opini pribadi :
obat2 untuk tahap finishing(yg biasanya wax, ntah carnauba atau polymer base, detailing spray entah apapun mereknya), hasil nya akan lebih optimal jika, tahap preparation dan polishing nya di kerjakan sempurna (dengan obat dan cara pengerjaan yang tepat tentunya).

kalo kiat2 perawatan cat kendaraan yang ane lakukan :
1. tiap minimal 1 taon 1x , moles pake mesin, mesin yg aman, pad yg tepat, obat yg tepat, dengan pengerjaan didampingi/dilakukan ahlinya
2. cuci kendaraan sesegara mungkin jika sudah kotor, memakai sampo terbaik, sponge terbaik, dengan cara mencuci yang di anjurkan oleh car enthusiast.
mengaplikasikan quick detailer(spray) setiap abis cuci
3. mengaplikasikan paste/liquid wax selambat2nya 1 x setiap 2 bulan. di akhiri dengan Quik detailing (spray)
4. selalu merawat kebersihan dan kualitas material2 pendukung poles memoles, seperti kain MF, sponge cuci, app Pad, dsb.
5. sedia cemilan dan minuman favorit + rokok pada saat mengerjakan peratan mobil.

lama pengerjaan (kerjain sendiri saja):
-. poin 1, biasanya bisa 4-6 jam. yang bikin lama menunggu jeda waktu yg di anjurkan , sebelum aplikasi obat2an berikutnya.
-. poin 2, max 1.5 jam (dah termasuk bersih2 ruang mesin dan kolong dan interior)
-. poin 3, jika termasuk mencuci mobil, butuh waktu 3 jam (dah termasuk bersih2 ruang mesin dan kolong dan interior)
-. yang lama nunggu rendaman sekitar 30 menit. jika menunggu hingga kering dan disimpan kembali ketempatnya ya bisa 2 hari...heheheheh. kalo setiap hari hujan, ya gak kering2, gak selesai2...


BTW,
iseng..pernah pingin ngerjain mau ngilangin jamur/ws ..nyari2 ternyata ketemunya di bumper depan bag bawah..Bag ini sejak beli gak pernah tersentuh, paling cuma kena sabun, dan lap kanebo itu..pada saat di raba, permukaan jamuran parah, kasar, cb dilap pake kanebo, gak ilang.

ini photo kondisi awal..permukaan kasar, jamuran parah, ..

Image
Image
Image

lalu mulai dgn clay pakai meg clay bar+meg FI lubricant

Image

Image
ini hasil stlh clay + DC1500 1x apply
Image

lalu lanjut dgn
1.apply chemicalguys DC1500 1x
2.apply meg SX 2xapply

inilah hasilnya
Image
Image
Image
Image
Image


ini photo2 lain di bag bawah bumper , kasar, jamur parah..dan gak enak liatnya..
Image

Image

Image


mohon dibenerin dan di maafkan, jika ada yg salah dalam proses ataupun bahan, ataupun jika repost... :)
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by andy1800 »

^ hwadooowh, ini metoda dan hasil foto2 sendiri atau copas dr website para detailer profesional yak....
adakah diantara anda yg bisa membedakannya ?
:ungg:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Aswin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 13, 2012 6:27
Location: Surabaya

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Aswin »

nubie belom bisa ngebedain om andy, beda dimana nya yah menurut om andy?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

andy1800 wrote:^ hwadooowh, ini metoda dan hasil foto2 sendiri atau copas dr website para detailer profesional yak....
adakah diantara anda yg bisa membedakannya ?
:ungg:
kasi tau gak yaaa?? :e-think:

ya gpp kalo dianggap copas....
saya anggap itu pujian... :upss:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by andy1800 »

Aswin wrote:nubie belom bisa ngebedain om andy, beda dimana nya yah menurut om andy?
hahaa. ini lagi, ngaku2 nubi juga... mau ane bikinin trit polling juga om? :big_weee: ....biar ntar pada milih: om Aswin ni nubie atau master ....biar tau rasa! :off_good: wkwkwk


tu dia om....om Aswin aja gak bs bedain...apalagi saya.... sm sekali tdk bisa membedakan metoda dan hasil pekerjaan pak Abu2 tersebut, dg hasil kerja seorang profesional.
saya kan ngga tau pak Abu2 ini pekerjaannya apa. tinggal di mana.... mohon tanya pak Abu2... tinggal di kota mana sih?

jadi, melihat hasil yg spt itu, bikin saya jadi menduga2, kayanya, jangan2, ....pak momod Abu2 ini juga seorang profesional & owner dari detailng workshop sekelas Premium Autoclinic atau ShowCar Garage gitu juga kali ya?
bukan begitu om Aswin?
benarkah dugaan saya pak Abu2?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

mmmmmmmmm :e-think: ....kasi tau gak yaaa? :e-think: :e-think:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by andy1800 »

saya mohon....kasih tau doong....plissssss banggedth :e-pray: :e-pray: :e-pray:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Aswin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 13, 2012 6:27
Location: Surabaya

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Aswin »

andy1800 wrote:
Aswin wrote:nubie belom bisa ngebedain om andy, beda dimana nya yah menurut om andy?
hahaa. ini lagi, ngaku2 nubi juga... mau ane bikinin trit polling juga om? :big_weee: ....biar ntar pada milih: om Aswin ni nubie atau master ....biar tau rasa! :off_good: wkwkwk
hahaha... jangan begitu om andy, ane jadi malu neh....

@om abu2 : keren metoda kerjanya om..... :frm_tumbright:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

ahhhh......itu metode sotoy om Aswin.... serabutan , otodidak
wong belajarnya juga ama pak'E andy1800....ilmunya ya didapet dari Pak'E Andy...
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by jco »

lava85 wrote:
Sorry om, info yang saya baca soalnya kan compound itu cuttingnya lebih aggresive daripada polisih. Karena gw masih lom pengalaman gw pikir di polish dulu, kalo ga mempan baru di compound.. Salahkah pemahaman gw ini? :mky_01:
Itu juga saya boleh diinfokan sama beberapa suhu juga om :P

Trus liat di youtube dan forum2 lain juga begitu step2 nya, jadi masih tahap pembelajaran juga.

Mohon suhu yg lain beri penjelasan ttg hal ini :D

Cmiiw
Aswin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 13, 2012 6:27
Location: Surabaya

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Aswin »

coba bantu jawab aja,
tahap compound memang paling abrassive cutting nya (biasa disebut step 1) kemudian diikuti oleh tahap polishing (biasa disebut step 2) dan kemudian diikuti lagi dengan tahap finishing (biasa disebut step 3) yg paling less abrassive.

Kalo tahapan pemakaian obat poles yang benar memang compounding, polishing dan finishing.
Persoalannya, apakah setiap mobil selalu butuh tahap compounding? jawabannya tentu tidak.
Oleh karena itu, setiap kali mau melakukan preparasi di sebuah mobil, harus selalu dimulai dengan obat poles dan pad yg paling less abrasive untuk mencari kebutuhan dari mobil yg mau kita kerjakan. untuk mencari seberapa abrasive yg dibutuhkan oleh mobil yg mau kita kerjakan? memang butuh waktu, dan WAKTU = BIAYA.

kalo seumpama, ternyata sebuah mobil dgn tahap 2 aja sdh bisa bersih, jadi hanya diperlukan 2 tahap pemolesan,
tapi kalo dengan tahap ke 2 tidak bisa bersih seperti yang diharapkan, tentu nya harus diturunkan ke tahap compounding. penurunan setiap step tidak harus selalu diturunkan melalui pemakaian obat nya, tetapi bisa dilakukan dengan penurunan tingkat kepadatan dan kekasaran dari foam pad nya juga untuk fine tuning polish nya.
jadi ketebalan clear coat tidak terlalu banyak dipotong, hanya seperlu nya saja.

sementara pengetahuan saya seperti itu, semoga bermanfaat buat teman2 semuanya....
kalo ada yg salah, mohon di maafkan dan dikoreksi pendapat saya.

terima kasih
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by jco »

Aswin wrote:coba bantu jawab aja,
tahap compound memang paling abrassive cutting nya (biasa disebut step 1) kemudian diikuti oleh tahap polishing (biasa disebut step 2) dan kemudian diikuti lagi dengan tahap finishing (biasa disebut step 3) yg paling less abrassive.

Kalo tahapan pemakaian obat poles yang benar memang compounding, polishing dan finishing.
Persoalannya, apakah setiap mobil selalu butuh tahap compounding? jawabannya tentu tidak.
Oleh karena itu, setiap kali mau melakukan preparasi di sebuah mobil, harus selalu dimulai dengan obat poles dan pad yg paling less abrasive untuk mencari kebutuhan dari mobil yg mau kita kerjakan. untuk mencari seberapa abrasive yg dibutuhkan oleh mobil yg mau kita kerjakan? memang butuh waktu, dan WAKTU = BIAYA.

kalo seumpama, ternyata sebuah mobil dgn tahap 2 aja sdh bisa bersih, jadi hanya diperlukan 2 tahap pemolesan,
tapi kalo dengan tahap ke 2 tidak bisa bersih seperti yang diharapkan, tentu nya harus diturunkan ke tahap compounding. penurunan setiap step tidak harus selalu diturunkan melalui pemakaian obat nya, tetapi bisa dilakukan dengan penurunan tingkat kepadatan dan kekasaran dari foam pad nya juga untuk fine tuning polish nya.
jadi ketebalan clear coat tidak terlalu banyak dipotong, hanya seperlu nya saja.

sementara pengetahuan saya seperti itu, semoga bermanfaat buat teman2 semuanya....
kalo ada yg salah, mohon di maafkan dan dikoreksi pendapat saya.

terima kasih

Om, cara nya kita tahu pad nya abrasive atau less itu bgmn?
Bisa ambil contoh oad nya meguiars nya om?
Thx
Aswin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 13, 2012 6:27
Location: Surabaya

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Aswin »

jam terbang om, kita coba sendiri, saya sendiri gak pernah pakai pad nya megs soalnya om
kalo saya soalnya punya lbh dari 20 jenis foam pad dari merk berbeda, berbeda tingkat kekasarannya dan kepadatannya
jadi tinggal disesuaikan dengan karakter cat tiap merk dan warna yg berbeda2 juga
tian79
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by tian79 »

contoh polish dan pad chart meguiars

Image

mohon maaf kalo kebesaran
tian79
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by tian79 »

Yang ini komparasi Pad LC dengan Meguiars

Image
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by lava85 »

Para master detailer SM, gw mau nanya lagi dunk. Tadi pagi lagi liat2 ketemu codet sekitar 3 cm di pintu belakang. Cuma ini baret kalo ga gw pelototin bener2 ga kliatan. Tadinya malah gw kira aer kering, gw clay tambah nyaru baretnya. Tapi kalo gw elus pake kuku berasa baretnya nahan kuku gw. :frm_bang_head:

Kira2 kalo kaya gini musti di apain yak? coba polish dulu pake tangan? atau lgsng hajar aja pake compound? Sorry ga bisa kasih foto, soalnya kalo difoto bener2 kaga kliatan baret.... Mohon bantuannya sesepuh semua :e-pray:
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by jco »

@om aswin : wew...sampai 20 jenis pad? oh yah om, kl pad compon boleh ga dipakai buat polish juga? jadi dua fungsi gitu?

@om tian79 : nice info nya, sangat berguna. thx

@om lava85 : coba dicompon dulu aja, kl sampai ga bisa haus tehnik "sand", ini saya masih ga ngerti :mky_01:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

lava85 wrote:Para master detailer SM, gw mau nanya lagi dunk. Tadi pagi lagi liat2 ketemu codet sekitar 3 cm di pintu belakang. Cuma ini baret kalo ga gw pelototin bener2 ga kliatan. Tadinya malah gw kira aer kering, gw clay tambah nyaru baretnya. Tapi kalo gw elus pake kuku berasa baretnya nahan kuku gw. :frm_bang_head:

Kira2 kalo kaya gini musti di apain yak? coba polish dulu pake tangan? atau lgsng hajar aja pake compound? Sorry ga bisa kasih foto, soalnya kalo difoto bener2 kaga kliatan baret.... Mohon bantuannya sesepuh semua :e-pray:
ngerjain sendiri pake tangan, dengan dengan obat yang tepat, bahan pendukung yang tepat, teknik dan kesabaran yang tepat, bisa koq OM

pernah ngerjain abisnya.
hehehehee
before, banyak baret kek gini di bbrp tempat..
Image
after
Image


dan yg kek gini merata di seluruh bodi, terutama di kap mesin
Image

baret2 di kap mesin dan bagian body yg lain hampir2 ilang
Image


tinggal milih bbrp obat compound yg punya tingkat abrasive berbeda. pad nya juga cari yang nyaman.
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by lava85 »

Mod abu, boleh dishare di sini pad dan obat apa aja yg dipake + proses pengerjaannya :e-pray: ? Saya bener2 newbie nih, ngewax aja baru pengalaman satu kali :e-doh:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

tunggu om aswin aja deh yg komeng,
kalo doi yang komeng, lebih mantap padat merayap pasti...

:ngacir:

kalo komeng sotoy ane :
1. pelajari baret, goresan yang ada, sehingga sudah dipahami, berapa banyak clearcoat/lapisan pernis yang mau di papas/kikis, sehingga baret bisa hilang atau disamarkan.

2. jika punya bbrp produk compound dengan tingkat abrasive berbeda ya lebih baik. dan juga bbrp jenis pad yg bisa membantu pengikisan clearcoat tsb.
ane punya (urutan dr yg paling abrasif) :
chemical guys Diamond Cut DC1500 - Turtle Wax polishing compound - Meg Scratch-X
meg foam applicator Pad, LC MF Pad (ada 2 tipe) yang agak kasar ama yang halus.
dan beberapa kain MF buat ngebuff dari meg dan micropak dengan tekstur yg berbeda pula.

yg sulit itu pada saat ngikis clear coar. kerjaannya on the spot, mesti teliti, telaten, dan fokus..karena pake tangan. pasti lama.
dalam proses pengerjaannya, ane gak mencampur2 lap atau pad dengan obat berbeda (1 pad 1 lap 1 obat) , kalo baret dah mulai kelihatan tersamarkan atau sudah berhasil ngikis clearcoat/pernis, tinggal di tutup dengan filler, pake wax (apapun jenis nya deh). ane pake Meg nxt 2.0, Coll 915, dan ada bbrp produk TW dan mothers


utk sementara segini dulu deh..ntar pakarnya (om aswin dan pak'E) akan melanjutkan lebih panjang lebar
:glodak:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by nugroho bagor »

masih lanjut juga ya :upss:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Abu2 »

nugroho bagor wrote:masih lanjut juga ya :upss:

yap Om, sambil menunggu hasil lab...ehhh......menunggu komeng om Aswin...

:ngacir:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Merawat Kekinclongan Cat Mobil & Motor untuk nubie - PAR

Post by Belphegor »

Setelah muter ke ACE Sunter, Gading, Artha Gading, dan Living World, Mother's Showtimenya semuanya kosong. Ane pun dengan bohuat akhirnya beli Meguiars yg 1 set seperti ini

Image

Harganya pertama2 bikin puyeng dompet ane yg tipis, tp pikir2 demi kemulusan dan kekinclongan mobil akhirnya ane angkut juga. Lalu ane aplikasikan lah ke 3 mobil, dan ternyata claynya udah kotor banget, udah ga bisa cari sisi clay yg bener2 bersih. Selain boros QD, boros clay juga ternyata. Lalu seinget ane di ACE Artha ada jual clay, mampirlah ane ksana dan cukup kaget juga lihat harga clay 300gr sekitar 180rban. Tetapi mumpung disc 20%, akhirnya ane tetep angkut juga. karena sooner or later pasti ane butuhin, gambarnya spt berikut

Image

Kira2 bener gak ya suhu2 yg ane beli? Maklum ane bener2 newbie urusan detailing :ungg:

:thanks: