share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:update badak mogok
kepala bengkel, beserta para mekanik udah pd bingung semua
akhirnya diambil 1 unit captiva baru dijejerin ke unit ane, buat ngetes part2 punya ane (fuel pump, injector) di pasangin ke unit tsb
dan... ternyata injector n fuel pump bekas punya ane gapapa! tu mobil baru bisa langsung start jreng!
sontak ane liat mukanya para mekanik pucet semua, keliatan putus asa. yg semula mreka optimis injector or fuel pump rusak ternyata bukan disitu problemnya. kerjaan sempet berhenti
kepala bengkel telpon temen2nya tanya ni problem
ane jg tanya temen yg biasa nanganin mercy diesel
dinamo starter, fuse ecu, semua dicek n normal
ane cari2 mesin pressure canister
ternyata susah jg ya bengkel yg punya alat ini, apalgi kondisi dah jam5 dah banyak yg tutup
ngobrol2 sama kepala bengkel n mekanik, cerita ini itu, logikanya kita sama2 sepakat ini pasti di jalur saluran bbm ada yg nyumbat sampe ga tembus ke injector

akhirnya coba bersihin lagi, bongkar semua saluran bbm yg di dalam kap mesin, partsnya kecil2 dilepasin satu2 trus di semprotin pake kompresor.
pengerjaan sekitar 1jam. sayang ga sempet foto
itu kondisi di mesin dah berantakan liatnya, kayak manusia di operasi dah

setelah itu coba start engine lagi... n sukses!!! jrenggg!!!
wah amin amin, lega banget plong rasanya
kondisi udah jam 6 sore, n untungnya tu kepala bengkel cukup baik, semua mekanik dilemburin buat ngeberesin badak ane
wah salut dah, baru kali ini ane puas ama sikap n respon beres
langsung ane kasih tip cepekjeng

dah tinggal tunggu mreka ngeberesin balik aja deh, berantakan banget sampe mreka minta waktu 2 jam. ya udah gpp ane tinggal pulang dulu

saat mau serah terima tagihan cuman filter solar (2 lapis) aja 1,2jt
part lainnya semua masih dalam garansi
n yg bikin kaget ada muncul tagihan lg oli mesin 2ltr x 140rb q8 5w30
waduh gawat! padahal oli mesin ane pakenya mobil 1 5w40
kata mekaniknya oli berkurang lumayan akibat.bongkar2
celakanya ga tanya dulu lgs di cemplungin tu q8
deg2an lg deh, jd didalam mesin ada 4ltr mobil1 5w40 dan 2ltr q8 5w30
tp katanya si gpp karena sae nya ga selisih jauh
apa bener ya?

ya wislah dah terlanjur, lagian dah jam 9 malem. udah ga bisa apa2
pikir ane kalo sampe rontok tu mesin ya tinggal klaim lg aja dah
pangsung tes jalan santai... mesin halus, gas enteng..
lalu cobain akselerasi poll, mesin terasa enteng!
oklah sip
langsung menuju total
isi dulu one shoot 1 botol new crc lalu isi full tank total diesel
badak baru sembuh dr sakit berat ane kasih hadiah makanan sehat n sangat bergizi dah
reset mid, jalanin ke tol
coba akselerasi... uedannn berasa enteng banget! blom pernah ngerasain sebelumnya captiva ane sehalus n seresponsif ini. abis itu cruising aja sampe keluar tol
hebatnya.. di mid sempet tembus 5,8/100km dalam waktu sangat singkat, hanya ditempuh dalam 15km
sebagai catatan dulu ane pernah cruising pake bio mix dex + crc lama dapet di5,5/100km itu dengan kondisi jalan hingga 60km lebih, pelan sekali fuel kons di midnya turun dikit2, nyetirnya hati2 banget.

sekarang bisa dibilang badak ane dalam kondisi terbaik selama ini, super banget deh (pinjem supernya pak mario teguh)

salut sama chevy andalan, and thanks jg saran2 dr um turbo

malam natal berakhir sungguh indah :D
Wah.. untung deh, mobilnya kembali sehat. :mrgreen:
Thanks gan atas sharingnya yang cukup detail. Berguna untuk user2 yang lain jikalau mengalami hal yang sama.

By the way, pas waktu mesinnya yang gak bisa hidup, ketika kunci kontak di posisi ON, setelah bunyi warningnya mati, ada diperhatikan sensor di bagian panel instrumen itu apa aja yang nyala?

Apa kemungkinan dari penggunaan oli yang beda spec bisa pengaruh? Soalnya ada salah satu user yang turbonya jebol akibat oli yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.
Sandry
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Dec 02, 2012 9:43

Re: share captiva - PART 04

Post by Sandry »

selamat natal buat saudara2 semua. semoga kasih dan berkat natal menyertai semua. pasti lg pd liburan n jj sama badaknya ya? have fun. congrats buat om evo yg badaknya dah fit lg. hehe
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Ajegile om evo, film badak sakit ini akhirnya happy ending juga. Ane bacanya aja sampe deg2an. Btw bengkel andalan mana tuh om yg rela kerja ampe jem 9? Salute sih ane :frm_salut:
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

@bro evoluion21

Jadi kesimpulan problemnya di saluran solar yg tersumbat ya?
Bukan karena ada part yg rusak? akhirnya apa ada part yg diganti selain filter solar?

Sebelum kejadian mogok, apa tarikan mesinnya berasa lebih berat?
Biasanya kalo solar tersumbat, rpm ga bisa tinggi, tarikan jadi berat, ga bisa lari kenceng karena supply solarnya terbatas.

Waktu kuras tangki solar, apa keliatan ada kotoran2 di solarnya?
bagaimana kondisi dinding dalam tangkinya?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

@goodboy
iya alasan filter solar ga masuk warranty karena tergolong fast moving. masi ok kok um, setau ane beberapa atpm jg ga kasi garansi utk fast moving kecuali unit baru banget dah rusak ya..
ohya harga1,2jt itu utk 2filter solar
ga keliatan kotoran yg nyumbet um. berarti sangat kecil n ni badak bener2 sensitif banget

@turboman
ane sebulan terakhir beli full dex di kircon bandung saat itu kondisi 1/2 tangki, sebelumnya masi fifty2 bio dex aditif liquimoly diesel aditif
lalu sampe tinggal 1/4 isi full dex tanpa aditif di tomang jakarta.
sampe tinggal 1/4 lg lalu isi bio di jl moch ramdan bandung plus aditif new crc.
2x ane isi full dex di 2 tempat itu warnanya lebih bening dr total tp busanya tuebelll
3hari setelah itu badak ane mogok..
thanks um turbo tp karena track recordnya pindah2 pom plus ketemu perusahaan gajah, kita orang biasa komplain apa ada peluang ya? ane dah rada pesimis dulu
apa bisa ga ini bekas2 kotoran lama yg dikit2 numpuk?
atau filter solar dah terlalu lalu kotoran jd pada lolos ya?
hari ini ane perjalanan ke jateng jalan sampe 200km lebih. kondisi badak dah normal kons bbm di mid 8L/100km, mesin terasa enteng banget n halus
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 04

Post by Turboman »

evolution21 wrote: @turboman
ane sebulan terakhir beli full dex di kircon bandung saat itu kondisi 1/2 tangki, sebelumnya masi fifty2 bio dex aditif liquimoly diesel aditif
lalu sampe tinggal 1/4 isi full dex tanpa aditif di tomang jakarta.
sampe tinggal 1/4 lg lalu isi bio di jl moch ramdan bandung plus aditif new crc.
3hari setelah itu badak ane mogok..
Berarti BBM terakhir Biosolar yah.....wah kalo itu sih susah buat dikomplen dah.....hehehehe

Berarti SPBU di Moch Ramdan itu patut dihindari

kalo DEX pasti bisa dikomplen, krn si P lagi aktif mengkampenyakan BBM Lux.

Btw waktu isi Bio di M Ramdan, kasih CRC nya juga dikit banget kan ? Dosis maintennance aja ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

@wllaw2
waktu kunci kontak on yg nyala ada tanda mobil ditengah logo kunci
posisinya di sebelah kiri
untuk oli mesin yg ane pake mobil1 5w40 grade ci
secara spek diatas kertas sedikit lebih baik dari q8 5w30 grade cf lho..
jd bukan gara2 olinya, yg trouble di saluran bbmnya
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

Turboman wrote:
evolution21 wrote: @turboman
ane sebulan terakhir beli full dex di kircon bandung saat itu kondisi 1/2 tangki, sebelumnya masi fifty2 bio dex aditif liquimoly diesel aditif
lalu sampe tinggal 1/4 isi full dex tanpa aditif di tomang jakarta.
sampe tinggal 1/4 lg lalu isi bio di jl moch ramdan bandung plus aditif new crc.
3hari setelah itu badak ane mogok..
Berarti BBM terakhir Biosolar yah.....wah kalo itu sih susah buat dikomplen dah.....hehehehe

Berarti SPBU di Moch Ramdan itu patut dihindari

kalo DEX pasti bisa dikomplen, krn si P lagi aktif mengkampenyakan BBM Lux.

Btw waktu isi Bio di M Ramdan, kasih CRC nya juga dikit banget kan ? Dosis maintennance aja ?
new crc kan dosisnya 20ml = 10ltr
ane pakenya saat itu 30ml = 10ltr
padahal yg terakhir isi bio cuman 14 liter, sekedar utk nambal karena jerigen lg kosong
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

@sandry
hehe iya thanks um
met natal

@belphegor
bengkelnya chevy andalan sukarno hatta bandung
salut deh ama mekanik sana
yg paling banyak nanganin yg namanya husein, kata dia si hampir nonstop dikerjain sejak minggu :frm_salut:

@boed2
yup kesimpulan bbmnya nyumbet
part yg diganti... hehe ada de...
waktu sebelum mogok bunyi mesin kasar seperti dengung fan. ga coba akselerasi um, karena dah serem ama bunyinya, tp sempet pas dah idle ane gas utk dengerin siulan turbonya
bunyinya kasar
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 04

Post by Good_boy86 »

evolution21 wrote:@goodboy
iya alasan filter solar ga masuk warranty karena tergolong fast moving. masi ok kok um, setau ane beberapa atpm jg ga kasi garansi utk fast moving kecuali unit baru banget dah rusak ya..
ohya harga1,2jt itu utk 2filter solar
ga keliatan kotoran yg nyumbet um. berarti sangat kecil n ni badak bener2 sensitif banget

@turboman
ane sebulan terakhir beli full dex di kircon bandung saat itu kondisi 1/2 tangki, sebelumnya masi fifty2 bio dex aditif liquimoly diesel aditif
lalu sampe tinggal 1/4 isi full dex tanpa aditif di tomang jakarta.
sampe tinggal 1/4 lg lalu isi bio di jl moch ramdan bandung plus aditif new crc.
2x ane isi full dex di 2 tempat itu warnanya lebih bening dr total tp busanya tuebelll
3hari setelah itu badak ane mogok..
thanks um turbo tp karena track recordnya pindah2 pom plus ketemu perusahaan gajah, kita orang biasa komplain apa ada peluang ya? ane dah rada pesimis dulu
apa bisa ga ini bekas2 kotoran lama yg dikit2 numpuk?
atau filter solar dah terlalu lalu kotoran jd pada lolos ya?
hari ini ane perjalanan ke jateng jalan sampe 200km lebih. kondisi badak dah normal kons bbm di mid 8L/100km, mesin terasa enteng banget n halus
mobil om evo masih belum 1 taun kan?
itu 2 filter solar 1.2jt untuk di 2tangki om? kan di captiva katanya ada pompa primer dan sekunder gara2 desain tangki solarnya yg aneh
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

iya blom 1 taun
filter solar kata mekanik posisinya atas bawah
yg mahal yg bawah
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 04

Post by claude_wallace »

ternyata mesin captiva FL yg beredar di indo ini menyimpang dgn spek luar ya.
di sini tdk ada spek mesin captiva FL indo.
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva

setelah saya cari2, ternyata captiva FL indo menggunakan mesin cruze diesel.
berarti ada kebijakan GM Indonesia kalau mesin captiva FL yg beredar di indo dibuat lain dgn yg beredar di luar.
http://en.wikipedia.org/wiki/GM_Family_Z_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Cruze
Rangamaya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 25, 2012 17:53

Re: share captiva - PART 04

Post by Rangamaya »

claude_wallace wrote:ternyata mesin captiva FL yg beredar di indo ini menyimpang dgn spek luar ya.
di sini tdk ada spek mesin captiva FL indo.
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva

setelah saya cari2, ternyata captiva FL indo menggunakan mesin cruze diesel.
berarti ada kebijakan GM Indonesia kalau mesin captiva FL yg beredar di indo dibuat lain dgn yg beredar di luar.
http://en.wikipedia.org/wiki/GM_Family_Z_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Cruze
versi 2.0 diesel untuk tahun 2011 dan setelahnya ga disebutin (di http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva)
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 04

Post by claude_wallace »

Rangamaya wrote: versi 2.0 diesel untuk tahun 2011 dan setelahnya ga disebutin (di http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva)
coba dibaca lagi, bro..
mesin captiva FL di luar negri (2011 ke atas) menggunakan mesin diesel VCDi 2,231cc.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
not4u2knowman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 19, 2012 8:20

Re: share captiva - PART 04

Post by not4u2knowman »

wllaw2 wrote:
not4u2knowman wrote:
STNK sih blom keluar - keluar nya masih 1 bulan lagi...( KALAU ON TIME )
Cuma duitnya sudah di cairkan ke dealer - jadi sudah gak bisa di otak atik lagi deh..
Iya yg NYESEK sih emang kita beli mobil baru - kenapa harus di masukin bengkel dlu - logika nya beli mobil baru yah tanpa cacat lah ya mustinya...

Udah langsung ke GM INDO komplain2nya - we will see from there deh gmana respond nya mereka
Dah gitu AKI gw cek- gw dapet nya yang bulan AGUSTUS - lumayan lama yah
Dari agan2 disini kayanya aki 6 bulan dah pada bermasalah kan ??

Harusnya dari pihak Bank bisa menekan pihak Chevy juga. Dan uang yang dibayar itu juga bukan murah, ratusan juta.
Dan agak mencurigakan, mobil warna hitam dan kenapa sengaja dikirimnya malam hari. Jelas2 kalau malam hari, kan kita sebagai customer susah mau ngecek terutama dari sisi kemulusan bodi.

Agan langsung ke kantor GM Indo komplain? Kalau lewat email, gak akan dilayani sama pihak Chevrolet, terutama untuk hal2 yang begini. Lebih mendingan lewat telpon Chevrolet Customer Assistance Centernya. Kalau gak langsung telpon ke Director Customer Care Centernya.

Dadan Ramadhani
Customer Care Director
PT.General Motors Indonesia
Direct : +62 21 3040 6825
Mobile : +62 811 104 4727

Kalau mereka gak mau juga, coba minta saran untuk diproses lewat jalur hukum.

Yup, waktu terima mobil bulan 1, aki saya tertera bulan 11, selisih lebih kurang 2 bulan. Dan pada bulan ke 5, belum sampai bulan ke 6, akinya tekor. Jadinya masih bisa klaim garansi. Kalau bisa coba minta ganti akinya aja sekalian, soalnya selisihnya udah hampir 4 bulan.

Thanks Gan Wllaw...
Tadi pagi setelah gw ultimatum utk jawab hari ini manager chevy cawang telp gw - dan solusi dia tetep saja mobil masukin bengkel
Karena gw dah capek marah2 gw IYA in aja - dan begitu gw liat postingan agan wllaw no telp direktur customer care - lgsng gw telpon dia dan gw ceritain kejadian - dan email ke dia secara details..
Semoga aja dgn posisi dia sbg direktur bisa ngecek betul2 siapa yg salah - dan tanggung jawabnya lebih dari cuma masukin bengkel

We will see deh gmana kelanjutannya - yg penting sih badak gw semoga muluss...
Utk AKI nya itu bisa minta ganti ya ??
Terus garansi nya itu berarti 6 bulan ya - klo aki tekor sblom 6 bulan - itu masih di ganti sama bengkel FREE ya ??
Rangamaya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 25, 2012 17:53

Re: share captiva - PART 04

Post by Rangamaya »

claude_wallace wrote:
Rangamaya wrote: versi 2.0 diesel untuk tahun 2011 dan setelahnya ga disebutin (di http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva)
coba dibaca lagi, bro..
mesin captiva FL di luar negri (2011 ke atas) menggunakan mesin diesel VCDi 2,231cc.
Iyo betul. Resminya sih emang di luar (khususnya untuk pasar eropa) semua mesin dieselnya pake yang 2.2. Tapi untuk asian market (coba bro cek teks yang ada di bawah tabel itu) ada kata-kata " .....23 June 2011, Chevrolet Thailand unveiled the updated the Captiva using the new 2.4-litre petrol engine with support of E85 ethanol fuel. New features include an electric parking brake, climate control commands on the steering wheel; and later, the updated 2.0-litre diesel engine rated at 120 kW (163 PS).". Ya intinya versi yang beredar di indonesia ga terlalu menyimpang sih menurut ane hehe.

Btw kapan ya versi 2.2 dieselnya masuk ke indonesia??
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4634
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: share captiva - PART 04

Post by Profith83 »

Sharing pendapat/ide.

Kalau dari kronologis Bung Evo sering ganti racun/vitamin solar pada waktu tangki sisa 0.5 ataupun 1/4.
Apakah bukan itu penyebabnya ?

Karena pengalaman Kijang Innova diesel saya dulu saya kasih racun yang dicampur. Racun nya saya campur di BOTOL KACA bekas minuman "You C". Racun itu kalau tercampur mengendap di botol kaca sampai susah dibersihkan.
Dibersihkan pakai sabun di tunggu semalam dan dikocok - kocok juga tidak bersih.
Akhirnya sampai saya ambil kuas yang keras saya masukkan, itupun kotorannya tidak cepat bersih yang di dasar botol.

PALING PARAH adalah kotoran yang nempel di pinggir kaca ... TIDAK BISA hilang, biarpun sudah dikuas dan direndam berhari hari.

Nah kalau racun/vitamin dicampur di botol bekas "You C" reaksinya spt diatas, entah bagaimana reaksi nya bila bercampur di tangki mobil.

Sekedar informasi :
1. Endapan di botol sampai berpasir seperti kopi.
2. Innova saya akhirnya lampu indikator diesel menyala. tempat filter solar yang bisa dipompa manual pakai tangan sudah saya kuras dan kocok kocok masih menyala. Sudah saya reset dengan cara : lepas aki 10 menit juga masih nyala.
Akhirnya ke Beres ganti filter solar, purging dan direset.

Sekedar sharing bahwa kalau mengganti additif sebaiknya menunggu tangki kosong atapun tinggal 5 liter an
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 04

Post by Turboman »

Tidak pernah ada yg mengijinkan 2 jenis racun dicampur dahulu sebelum dituang ke tangki, jelas itu mah cari gara gara laaa :wkkk:

tapi kalau tuang lgs ke tangki dia nyampur dengan solar sebagai media.
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4634
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: share captiva - PART 04

Post by Profith83 »

hmm apa bedanya yah ? mencampur di luar tangki dengan di dalam tangi biarpun ada media solar.

Lama kelamaan akan terbentuk juga endapan .. apa salah yah ?

Endapannya parah loh ...
Kalau ada yang mau coba campur Redline dengan amzoil kayaknya.
Amzoil pun tanpa dicampur apapun kalau diendapkan di botol, sekitar 1 minggu ada endapannya.

Sekedar sharing bukan mengada ada ...
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

evolution21 wrote: @boed2
yup kesimpulan bbmnya nyumbet
part yg diganti... hehe ada de...
waktu sebelum mogok bunyi mesin kasar seperti dengung fan. ga coba akselerasi um, karena dah serem ama bunyinya, tp sempet pas dah idle ane gas utk dengerin siulan turbonya
bunyinya kasar
maksud saya problemnya bener2 karena ada penyumbatan karena kotoran di saluran solar,
bukan karena part yg problem.
Karena kalau ada part yang diganti, ada kemungkinan part itu yang bikin problem.

Kondisi solar dari kuras tangki bagaimana om? Apakah ada kotoran2?

Btw kalau filter solar udah sampai mampet, kotoran2 tetap ga bisa lewat,
yang jadi masalah karena mampet, solarnya jadi ga bisa lewat juga.

Logikanya lokasi mampetnya di saluran antara fuel pump dan fuel filter,
kecuali ada valve setelah fuel filter ke injector dan valve itu bermasalah.

Ooo baru tau captiva vcdi ada 2 fuel filter nya, kirain cuma 1.
Apa yang 1 lagi tambahan dari GM Indo untuk antisipasi kualitas solar di Indo?
Yg saya denger dari sales HMI, kasusnya seperti itu dengan New Santa Fe.

Nanti saya ikut ngolong deh pas service gratis kedua, jadwal ganti fuel filter.
Profith83 wrote: Amzoil pun tanpa dicampur apapun kalau diendapkan di botol, sekitar 1 minggu ada endapannya.
mungkin endapan itu gara2 ada air (di udara pun ada uap air) yg di'tangkap' additive,
memang jadinya endapan biar ga sampai ke injector (mengendap di tangki menunggu dikuras atau nyangkut di fuel filter menunggu diganti) karena fuel additive bukan sulap.

fuel filter ada water separatornya (air lebih berat dari minyak, karena gravitasi jadi ada dibawah),
setau saya captiva vcdi ada sensornya, akan nyala minta diganti kalau ada air didalam fuel filternya.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:@wllaw2
waktu kunci kontak on yg nyala ada tanda mobil ditengah logo kunci
posisinya di sebelah kiri
untuk oli mesin yg ane pake mobil1 5w40 grade ci
secara spek diatas kertas sedikit lebih baik dari q8 5w30 grade cf lho..
jd bukan gara2 olinya, yg trouble di saluran bbmnya
Iya sih, harusnya problem di saluran bbm, bukan oli.
Tapi yang penting bukannya kekentalan olinya ya? 5w30 lebih encer dari 5w40 bukan? CMIIW
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

claude_wallace wrote:ternyata mesin captiva FL yg beredar di indo ini menyimpang dgn spek luar ya.
di sini tdk ada spek mesin captiva FL indo.
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Captiva

setelah saya cari2, ternyata captiva FL indo menggunakan mesin cruze diesel.
berarti ada kebijakan GM Indonesia kalau mesin captiva FL yg beredar di indo dibuat lain dgn yg beredar di luar.
http://en.wikipedia.org/wiki/GM_Family_Z_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Chevrolet_Cruze
Yup, memang yang dipakai mesin dari Cruze diesel. Tapi kalau dilihat dari segi ruang mesin sih, mirip sekali antara yang mesin 2000 cc yang dipakai di Indo dengan yang 2200 cc yang dipakai di Eropa sana.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

not4u2knowman wrote:
Thanks Gan Wllaw...
Tadi pagi setelah gw ultimatum utk jawab hari ini manager chevy cawang telp gw - dan solusi dia tetep saja mobil masukin bengkel
Karena gw dah capek marah2 gw IYA in aja - dan begitu gw liat postingan agan wllaw no telp direktur customer care - lgsng gw telpon dia dan gw ceritain kejadian - dan email ke dia secara details..
Semoga aja dgn posisi dia sbg direktur bisa ngecek betul2 siapa yg salah - dan tanggung jawabnya lebih dari cuma masukin bengkel

We will see deh gmana kelanjutannya - yg penting sih badak gw semoga muluss...
Utk AKI nya itu bisa minta ganti ya ??
Terus garansi nya itu berarti 6 bulan ya - klo aki tekor sblom 6 bulan - itu masih di ganti sama bengkel FREE ya ??

Gak apa2, gan. Semoga bisa dibantu sama pihak GM pusat.
Kalau memang terpaksa di cat, minta kompensasi dalam bentuk hal lain aja.

Saya sih hari itu sih gak perhatiin, pas mogoknya baru tahu. Tapi coba tanya aja, minta digantikan yang baru. Sebagai salah satu bentuk kompensasi. Tapi biasanya sih pasti gak digantiin soalnya kan dibilang ada garansi 6 bulan. Yup, kalau tekor sebelum 6 bulan, bisa diganti dengan yang baru dan Free.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Sayangnya di Indo gak ada Lemon Law, kayak di Amerika sana. Dan Singapore baru saja menerapkannya tahun ini.
Kalau untuk kasus2 kayak Captiva ini, kalau ini di Amerika, hampir kebanyakan user yang mengalami masalah bisa diganti dengan mobil yang baru. Apalagi yang saya punya, udah bolak-balik lebih dari 10 kali untuk masalah yang sama. :ungg:
Sandry
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Dec 02, 2012 9:43

Re: share captiva - PART 04

Post by Sandry »

lagi2 mengalami hal yg gak enak sama marketing nya chevy. gw nanya kabar caska badak ane yg pending. kemarin kondisi delivery dng caska nya menyusul. dr kemarin2 saya nanya, remind. sama sekali gak ada tanggapan yg enak. kl saya gak telp, salesnya seperti takut abis pulsa gitu. masa minta saya yg telp, minta saya yg follow up terus. well, pembeli itu harus nya raja. makin kesel krn gw jg punya showroom tp diperlakukan begitu. rasanya pengen gw panggil itu atasan nya terus gw maki2 deh. kmrn statusnya lg antrian pemasangan caska, saya minta info kejelasan aja sepertinya susah sekali. kl sampe miss lg kayanya harus bikin perjanjian diatas materai deh. serba salah, gw follow up tp sakit hati, gw cuekin gw yg digantung. zzz. geram.com