Wah.. untung deh, mobilnya kembali sehat.evolution21 wrote:update badak mogok
kepala bengkel, beserta para mekanik udah pd bingung semua
akhirnya diambil 1 unit captiva baru dijejerin ke unit ane, buat ngetes part2 punya ane (fuel pump, injector) di pasangin ke unit tsb
dan... ternyata injector n fuel pump bekas punya ane gapapa! tu mobil baru bisa langsung start jreng!
sontak ane liat mukanya para mekanik pucet semua, keliatan putus asa. yg semula mreka optimis injector or fuel pump rusak ternyata bukan disitu problemnya. kerjaan sempet berhenti
kepala bengkel telpon temen2nya tanya ni problem
ane jg tanya temen yg biasa nanganin mercy diesel
dinamo starter, fuse ecu, semua dicek n normal
ane cari2 mesin pressure canister
ternyata susah jg ya bengkel yg punya alat ini, apalgi kondisi dah jam5 dah banyak yg tutup
ngobrol2 sama kepala bengkel n mekanik, cerita ini itu, logikanya kita sama2 sepakat ini pasti di jalur saluran bbm ada yg nyumbat sampe ga tembus ke injector
akhirnya coba bersihin lagi, bongkar semua saluran bbm yg di dalam kap mesin, partsnya kecil2 dilepasin satu2 trus di semprotin pake kompresor.
pengerjaan sekitar 1jam. sayang ga sempet foto
itu kondisi di mesin dah berantakan liatnya, kayak manusia di operasi dah
setelah itu coba start engine lagi... n sukses!!! jrenggg!!!
wah amin amin, lega banget plong rasanya
kondisi udah jam 6 sore, n untungnya tu kepala bengkel cukup baik, semua mekanik dilemburin buat ngeberesin badak ane
wah salut dah, baru kali ini ane puas ama sikap n respon beres
langsung ane kasih tip cepekjeng
dah tinggal tunggu mreka ngeberesin balik aja deh, berantakan banget sampe mreka minta waktu 2 jam. ya udah gpp ane tinggal pulang dulu
saat mau serah terima tagihan cuman filter solar (2 lapis) aja 1,2jt
part lainnya semua masih dalam garansi
n yg bikin kaget ada muncul tagihan lg oli mesin 2ltr x 140rb q8 5w30
waduh gawat! padahal oli mesin ane pakenya mobil 1 5w40
kata mekaniknya oli berkurang lumayan akibat.bongkar2
celakanya ga tanya dulu lgs di cemplungin tu q8
deg2an lg deh, jd didalam mesin ada 4ltr mobil1 5w40 dan 2ltr q8 5w30
tp katanya si gpp karena sae nya ga selisih jauh
apa bener ya?
ya wislah dah terlanjur, lagian dah jam 9 malem. udah ga bisa apa2
pikir ane kalo sampe rontok tu mesin ya tinggal klaim lg aja dah
pangsung tes jalan santai... mesin halus, gas enteng..
lalu cobain akselerasi poll, mesin terasa enteng!
oklah sip
langsung menuju total
isi dulu one shoot 1 botol new crc lalu isi full tank total diesel
badak baru sembuh dr sakit berat ane kasih hadiah makanan sehat n sangat bergizi dah
reset mid, jalanin ke tol
coba akselerasi... uedannn berasa enteng banget! blom pernah ngerasain sebelumnya captiva ane sehalus n seresponsif ini. abis itu cruising aja sampe keluar tol
hebatnya.. di mid sempet tembus 5,8/100km dalam waktu sangat singkat, hanya ditempuh dalam 15km
sebagai catatan dulu ane pernah cruising pake bio mix dex + crc lama dapet di5,5/100km itu dengan kondisi jalan hingga 60km lebih, pelan sekali fuel kons di midnya turun dikit2, nyetirnya hati2 banget.
sekarang bisa dibilang badak ane dalam kondisi terbaik selama ini, super banget deh (pinjem supernya pak mario teguh)
salut sama chevy andalan, and thanks jg saran2 dr um turbo
malam natal berakhir sungguh indah

Thanks gan atas sharingnya yang cukup detail. Berguna untuk user2 yang lain jikalau mengalami hal yang sama.
By the way, pas waktu mesinnya yang gak bisa hidup, ketika kunci kontak di posisi ON, setelah bunyi warningnya mati, ada diperhatikan sensor di bagian panel instrumen itu apa aja yang nyala?
Apa kemungkinan dari penggunaan oli yang beda spec bisa pengaruh? Soalnya ada salah satu user yang turbonya jebol akibat oli yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.