Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bentoelbiru wrote: SaLAM kenal buat semua nya termasuk bro ADMIN-nya.
Asyik juga ngikutin obrolannya, jd sedikit tahu tentang Truntung.....
Weh....postingan trakhir ternyata udh lama banget ya.....Salam.
silakan disundul pak...biar tetep rame dan update
salam kenal juga, ditunggu sharing ilmu-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Aq juga baru dapet nih tahun 1983, sebagai salah satu penggemar st 20 masalah saya saat ini mesinsusah hidup harus ngocok trus kalo sudah hidup gas susah pelan mohon pencerahan
kalo sering ngocok gas, bisa saja pompa bahan bakar bermasalah. ganti saja sistem vakum dengan elektrik kalo memang susah dibetulkan. dulu saya pernah melihat kasus ST loyo, susah hidup, kadang mudah hidup tapi susah buat rpm tinggi, padahal sudah overhaul, oversize, ganti bearing2, ganti sil kruk as juga, reedvalve ok, karburator gonta-ganti dengan yang masih bagus sampai yang baru, tetap bermasalah.
ketika dites aliran bensin ke karburator memang lancar (mengalir), namun ketika diganti dengan pompa bensin yang masih bagus, masalah tersebut langsung sembuh, performa kembali ok,
bisa dicoba meminjam pompa bensin yang masih bagus dulu, termasuk jangan sampai ada kebocoran udara di pompa karena mengandalkan kevakuman ruang kompresi primer,
Makasih untuk pencerahannya.......Alhamdulillah sudah bisa langsam, baut setelan langsam udah aus jadi wkt diputar kekiri putaran mesin naik terus tapi ngak bisa terus kekiri soalnya aus, ngak tau mau beli dimana akhirnya nekat buat sendiri dari baut biasa di masukin bor tangan terus di amplas sampai persis aslinya akhirnya berhasil......masih ada masalah lain nich....pas baru dapet oli sampingnya warna ijo ngak tau merek apa tapi suara agak ngelitik, jangan2 oli tong 1 (alias oli eceran )......sebaiknya pakai oli apa nih....mohon pencerahan lagi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
OLi 2 tak kalau mau gak ngebul dan ruang bakar bersih pilih yg low smoke - low ash, pilihan di pasar dari yg mineral sampai Semi Synth ada
Btw Pick up mesin TrungTung either Daihatsu truntung / Suzuki ST 20 ini memorable buat ane, karena suara mesinnya yg khas serta karakter Torsi mesin 2 tak yg kuat, minusnya ya soal emisi aja.
Gimana yah mobil2 tsb spare parts-nya masih mudah ditemui gak skg ini ? atau harus beli dr junkyard ?
lagi bongkar katup harmonika gan......salah satu katup kyaknya ngak asli pelatnya gampang ditekuk kurang fleksibel kalo beli yang orsi ada ngak? mohon infonya beli dmna? harganya berapa?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kulo nuwun juragan pecinta mobil Truntung,boleh ikutan nimbrung?,udah setahun ini saya miara mobil truntung pick-up th '82,beli dari Bandung. Waktu dibawa bandung - tangerang + pake 6 bulan,gak ada masalah,berhubung mo dikirim ke Jogja,mesin diturunin,ganti harmonik,plat kopling dan lain2,eh......bukan nya tambah yahud?,malah problem mesin berkepanjangan?,bisa bantu saya?,matur nuwun para juragan semua
Alhamdulillah...terimakasih respon mas Andi,detail problem,2hari selesai di overhoul,suara mesih berubah jadi berisik,pompa oli samping manual pake kran dan udah dibuka full?,mesin langsung tak matiin lagi,takut rontok?,sementara udah complain ke bengkelnya,cumak udah seminggu lebih blon juga ditarik ke workshop nya,jadi blon tahu problem pasti nya mas?
ikutan komentar ya (tapi sy ga tau ttg mesin suzy) ..
bersama jimny lj80 ...st20 inilah dagangan terlaris (n terakhir) pt indo hero (atang latief qq subronto laras) sebelum gabung ke indomobil
maspoet....waduh susah juga kalo ngak dengerin langsung suara mesin, saya ngak tau banyak mas tapi pastikan oli samping bisa di pompa masuk ke masing karter soalnya karter ada 3 dan masing2 tersekat oleh seal yang ngak boleh bocor, musti di cek tiap selang, kalau oli lancar insyaallah mesin aman.....pengapian yang kurang beres juga bikin mesin terdengar lebih berisik. pas over haul apa saja yang diganti di bagian mesin?
Mas Andi,saya jg gak tau banyak masalah mesin,tapi suara normal-abnormal kira2 tahu,maklum baru pake 6 bulanan?. Waktu over houl,blok mesin buat secher distandard kan,plat coupling(set) diganti,harmonik diganti lain2,kampas rem,shock breaker,ball joint,tierod dll,abis2an deh...