Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tenderloin
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Dec 19, 2012 18:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by tenderloin »

trimakasih atas jawabannya.. :frm_tumbright:
mau tanya lagi nih.....kalau untuk dakar yang sudah ganti piggyback+downpipe+frontpipe+throttle control bila EGR sisi blok coolant ditutup apa tarikan rpm bawahnya bisa lebih baik?atau ada fungsi yg lainnya. tks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

tenderloin wrote:trimakasih atas jawabannya.. :frm_tumbright:
mau tanya lagi nih.....kalau untuk dakar yang sudah ganti piggyback+downpipe+frontpipe+throttle control bila EGR sisi blok coolant ditutup apa tarikan rpm bawahnya bisa lebih baik?atau ada fungsi yg lainnya. tks
Nutup EGR mmg ada 2 titik, sesudahnya tarikan awal biasanya ada improve dikit, tapi tiap mobil beda2 ya hasilnya

Kalo mau tarikan awal lebih gesit maenkan aja Steptronic-nya

Ada pasang ground cables gak ?
* Bukan ajakan Beli *
Thunder
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 14, 2012 16:44

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Thunder »

Turboman wrote:
tenderloin wrote:trimakasih atas jawabannya.. :frm_tumbright:
mau tanya lagi nih.....kalau untuk dakar yang sudah ganti piggyback+downpipe+frontpipe+throttle control bila EGR sisi blok coolant ditutup apa tarikan rpm bawahnya bisa lebih baik?atau ada fungsi yg lainnya. tks
Nutup EGR mmg ada 2 titik, sesudahnya tarikan awal biasanya ada improve dikit, tapi tiap mobil beda2 ya hasilnya

Kalo mau tarikan awal lebih gesit maenkan aja Steptronic-nya

Ada pasang ground cables gak ?
Boss, bisa info dimana bisa tutup EGR yg bagus/tebal dijakarta? Kalau ada yg di BSD atau Bintaro lebih ok, thanks ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Thunder wrote: Boss, bisa info dimana bisa tutup EGR yg bagus/tebal dijakarta? Kalau ada yg di BSD atau Bintaro lebih ok, thanks ya
REV - Kedoya

087782823888 / 02133337705
* Bukan ajakan Beli *
Thunder
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 14, 2012 16:44

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Thunder »

Turboman wrote:
Thunder wrote: Boss, bisa info dimana bisa tutup EGR yg bagus/tebal dijakarta? Kalau ada yg di BSD atau Bintaro lebih ok, thanks ya
REV - Kedoya

087782823888 / 02133337705

Thanks a lot Mod
wanbdg
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Dec 19, 2012 17:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by wanbdg »

ijin bergabung untuk melihat tips & trik para pemilik pajero sport.

dakar baru dikirim awal november :mky_01:
tenderloin
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Dec 19, 2012 18:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by tenderloin »

boss Turboman tolong tanya nih.....blowoff "hks ssqv 4 bolt on" di pajero dakar saya dalam posisi mobil jalan kalau pedal gas di injak oleh Bov nya malah dibuang anginnya, rpm 1800 da ngobos/ngowos krn mesin butuh angin sama blowoff nya malah dibuang anginnya..sebelumnya tidak ada masalah tersebut...kenapa ya bos? apa klepnya rewel,karetnya aus ya? atau bermasalah dengan throttle controller di dasboard nya ya?

nb: "Bov hks ssqv 4 bolt on" saya asli original, beli dari baru dan baru pakai 4-5 bulan..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

tenderloin wrote:boss Turboman tolong tanya nih.....blowoff "hks ssqv 4 bolt on" di pajero dakar saya dalam posisi mobil jalan kalau pedal gas di injak oleh Bov nya malah dibuang anginnya, rpm 1800 da ngobos/ngowos krn mesin butuh angin sama blowoff nya malah dibuang anginnya..sebelumnya tidak ada masalah tersebut...kenapa ya bos? apa klepnya rewel,karetnya aus ya? atau bermasalah dengan throttle controller di dasboard nya ya?

nb: "Bov hks ssqv 4 bolt on" saya asli original, beli dari baru dan baru pakai 4-5 bulan..
Saya gak pernah pakai BoV di Diesel jadi kurang paham juga, tapi jujur aja sebetulnya BoV di Diesel nggak ada kontribusinya bagi kinerja Turbo, apalagi Diesel dgn Turbo VGT yg spool up-nya cepat, krn walau Diesel dilengkapi Trotel, pada saat pedal gas dilepas pun Trotal tetap membuka 20%, lalu saat pedal gas diinjak sedikit aja Trotel udah membuka penuh.

Sedangkan aplikasi BoV sebetulnya lebih ditujukan pada mesin Turbo Gasoline dimana saat pedal gas dilepas trotel menutup, BoV diperlukan agar tidak terjadi "air wall" dan utk menjaga momentum putaran Compressor Turbo, inipun juga sebetulnya ditujukan utk Turbo konvensional / twin Scroll, karena aplikasi VGT pada mesin Gasoline sgt jarang sekali.

Kerja BoV pada Diesel dikendalikan oleh controller yg membaca gerakan pedal gas / voltage swing VPA 1, controller mengontrol solenoid utk ke jalur vakum, beda dgn mesin Gasoline dimana BoV digerakkan langsung oleh mekanisme vakuum saluran intake di balik katup Trotel.

So kalau saya boleh saran : daripada bikin kepala pusing mending dicabut aja BoV nya.
* Bukan ajakan Beli *
tenderloin
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Dec 19, 2012 18:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by tenderloin »

thanks boss atas sarannya...pening nih kepala kena bov rewel...tadi perjalanan antar kota nanjak mesin jadi hilang tenaga terus...karena angin yg di butuhkan malah dibuang sama si bov....terpaksa pakai gigi manual di genjot paksa..walau anginnya tetap dibuang terus sama si bov di rpm 1800 up :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

tenderloin wrote:thanks boss atas sarannya...pening nih kepala kena bov rewel...tadi perjalanan antar kota nanjak mesin jadi hilang tenaga terus...karena angin yg di butuhkan malah dibuang sama si bov....terpaksa pakai gigi manual di genjot paksa..walau anginnya tetap dibuang terus sama si bov di rpm 1800 up :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh:
Jika boost drop maka AFR jadi Rich (mesin kurang udara) dan jika dipaksakan terus maka EGT akan sangat tinggi......akibatnya bisa fatal sekali, EGT tinggi secara terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan bagi Turbo, dan perlu diingat Turbo VGT itu jika rusak belom ada yg jual spare parts printilan-nya, dan kalau beli baru harganya mahal sekali. So better segera perbaiki / non aktifkan BoV sesegera mungkin utk sementara.

EGT = Exh Gas Temp
* Bukan ajakan Beli *
tenderloin
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Dec 19, 2012 18:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by tenderloin »

wah..fatal sekali ya bos.... amit-amit sampai turbo vgt jebol .....bov barusan saya bongkar bos..maunya saya lepas..waktu saya bongkarin ..saya dapatkan selang vacum nya ternyata robek 1 cm, setelah saya potong selang yang robek...saya coba pasang ulang bov bekerja baik....trimakasih atas saran bongkarnya kalau kgk gitu kgk ketemu problemnya ...thanks a lot bos atas respon dan perhatiannya :big_peace:
wanbdg
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Dec 19, 2012 17:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by wanbdg »

Permisi mau tanya dakar 2012 dikirim november bila mesin sudah dimatikan suka ada bunyi tek tek tek ada intervalnya, bunyi tek tek tek tsb lbh dari 20 menit. Itu disebabkan karena apa ya? apakah itu normal? terima kasih
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

wanbdg wrote:Permisi mau tanya dakar 2012 dikirim november bila mesin sudah dimatikan suka ada bunyi tek tek tek ada intervalnya, bunyi tek tek tek tsb lbh dari 20 menit. Itu disebabkan karena apa ya? apakah itu normal? terima kasih
Hampir tiap mobil ada bunyi semacam itu kok bro
Itu bunyi komponen logam yang abis sedikit memuai saat suhunya panas kembali ke ukuran semula seiring dg menurunnya suhu
wanbdg
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Dec 19, 2012 17:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by wanbdg »

RVR wrote:
wanbdg wrote:Permisi mau tanya dakar 2012 dikirim november bila mesin sudah dimatikan suka ada bunyi tek tek tek ada intervalnya, bunyi tek tek tek tsb lbh dari 20 menit. Itu disebabkan karena apa ya? apakah itu normal? terima kasih
Hampir tiap mobil ada bunyi semacam itu kok bro
Itu bunyi komponen logam yang abis sedikit memuai saat suhunya panas kembali ke ukuran semula seiring dg menurunnya suhu
Terima kasin atas infonya
Rdi88
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 04, 2012 2:34

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Rdi88 »

mau tanya dnk sama suhu2, aditif solar yg recommended buat di PS merk apa ya?
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

Rdi88 wrote:mau tanya dnk sama suhu2, aditif solar yg recommended buat di PS merk apa ya?
coba beli di beres bro, diesel fuel cleaner part number
MZ100722EX
Rdi88
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 04, 2012 2:34

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Rdi88 »

RVR wrote:
Rdi88 wrote:mau tanya dnk sama suhu2, aditif solar yg recommended buat di PS merk apa ya?
coba beli di beres bro, diesel fuel cleaner part number
MZ100722EX
ok om, thx infonya.. :thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Rdi88 wrote:mau tanya dnk sama suhu2, aditif solar yg recommended buat di PS merk apa ya?
Boleh pakai CRC 1Tank Power renew atau redline 85+

Tuang dikit2 sesuai dosis maintenance aja
* Bukan ajakan Beli *
Rdi88
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 04, 2012 2:34

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Rdi88 »

Turboman wrote:
Rdi88 wrote:mau tanya dnk sama suhu2, aditif solar yg recommended buat di PS merk apa ya?
Boleh pakai CRC 1Tank Power renew atau redline 85+

Tuang dikit2 sesuai dosis maintenance aja
byasa nya rataan pemakaian setiap isi full tank brp om turboman?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Kayaknya PS paling mantap, gak ada pertanyaan dan keluhan untuk usernya :mky_08:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by cuple »

Woow.. udah part 3..
ga kerasa udah 4 tahun, dan baru kemarin service 60,000 km...

Performa masih prima, keluhan blum ada.. Asal dirawat teratur bandel bgt ni mobil.. .. mantab dah PS..
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

pake selama 4 tahun, 60,000 km, berarti rata-rata setahun 15,000km.

Mohon tanya, selama ini ngisi BBM nya apa om ? Ada ditambah additif BBM ?
medula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Jul 20, 2012 14:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by medula »

permisi om,ijin gabung.saya pake PS exceed 2012 putih
sejauh ini baru pasang volt stabilizer sama setting ECU di beres mitsu diminta tenaga awalnya dinaikin,tapi kok perasaan tenaga buat rpm atasnya jd lebih berat dari standard :big_slap:

rencananya skrg mau pasang downpipe free flow & KNN + SAG
kira2 dengan penambahan kaya gitu lagi ada efek negatif ga ya buat mesin dan turbonya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

medula wrote: rencananya skrg mau pasang downpipe free flow & KNN + SAG
Yg terakhir jangan deh om

2 pertama sangat recommended
* Bukan ajakan Beli *
medula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Jul 20, 2012 14:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by medula »

Turboman wrote:
medula wrote: rencananya skrg mau pasang downpipe free flow & KNN + SAG
Yg terakhir jangan deh om

2 pertama sangat recommended
yang terakhir itu emang pertimbangannya berat krn intake udaranya jadi ga tau sebesar apa
kira2 ga recommended alesannya apa ya om?

sedangkan di mobil.otomotif.net dibilangnya begini
"High Flow Air Filter
Prinsip kerja mesin turbo diesel adalah memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tak heran bila sistem penyaring udara alias air filter harus bagus dan selalu bersih. Gunakan air filter yang bisa memasok debit udara dalam jumlah besar atau sering disebut high flow air filter."

http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... Air_Filter

terus dengan kondisi sy yang setelah di setting ecu jd enteng di rpm bawah tp berat di rpm atas ada opsi untuk enakin rpm atas ga om?
sebenernya ga sering ngebut sih cuma agak ga asik aja yang dulunya di rpm atas gahar sekarang jadi berat
Last edited by medula on Tue Feb 12, 2013 3:42, edited 2 times in total.