Diskusi Katup Variable

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur

Post by madcat015 »

@imsus2c: Informasi yang lebih detil dari bro imsus2c. Thanks bro. :off_good_job:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur

Post by andy1800 »

wah, sip.. makasih, makasih. :thanks:

btw meskipun nissan tu yg terbaru adlh NEO VVL, tp yg skrg byk dipergunakan adlh yg (dual) CVTC continously variable-valve timing control

aniwe,
masalahnya, ane denger2 tu sistim variable valve timing ini ada perbedaan yaitu konsep Cam-phasing dan Cam-changing. dan mgkin semakin kemari ada jg yg gabungan.
ini kira2 bagaimana perbedaan2nya ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur

Post by madcat015 »

andy1800 wrote:wah, sip.. makasih, makasih. :thanks:

btw meskipun nissan tu yg terbaru adlh NEO VVL, tp yg skrg byk dipergunakan adlh yg (dual) CVTC continously variable-valve timing control

aniwe,
masalahnya, ane denger2 tu sistim variable valve timing ini ada perbedaan yaitu konsep Cam-phasing dan Cam-changing. dan mgkin semakin kemari ada jg yg gabungan.
ini kira2 bagaimana perbedaan2nya ?
Menurut hasil browsing.

Cam-phasing: Sudut camshaft terus menerus di pantau secara kontinu dan biasanya berkisar mulai dari 40-60 derajat. Jadi hal ini akan mempengaruhi timing silinder mesin itu sendiri.
http://www.ina.de/content.ina.de/en/bra ... ot3100.jsp

Cam-changing: Mirip VTEC Honda, ada 2 camshaft yang dapat digonta ganti sesuai dengan kecepatan putar mesin. Kebetulan link yang tersedia isinya 3-stage VTEC Honda.
http://www.autozine.org/technical_schoo ... /vvt_2.htm

Melihat dari aplikasi dan cara kerja masing2 teknologi ini, menurut ane bukan nya tidak mungkin untuk menggabungkan kedua2nya. Hanya saja, jumlah komponen dan kerumitan untuk cam-changing dapat menjadi tantangan tersendiri.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur

Post by yusthirahman »

nambahin juga,..
setau saya VVTi ga canggih canggih amat, cuman klo emblemnya dipasang di body mobil kliatannya wahh gitu,.. hehe..

yah kaya jaman dulu, mobil sedan dimobilnya ada embel2nya DOHC, konsumen yang ga tau istilah tu apa, nganggepnya udah wah,.. padal yah cuman camshaftnya double hehe..

penerapan ilmu high marketing sma high tech,..ampir semua mobil pasti punya istilah teknologi andalan,..
cmn kita kan ga tau sberapa hebat tu teknologinya,.. klo uda nempel emblemnya di mobil tetep aja kliatan lbih canggih,..

untuk VVTi setau sya, diujung masing2 camshaft sprti ada komponen sperti piringan yg agak besar, dia bisa memutar sudut camshaft dengan putaran absolute, nmun mekanisme muternya ane ga tau dari mana, yg jelas putaran tersebut sangat kecil namun betul2 presisi banget,
karena sudut camshaft diputer pasti akan mempengaruhi bukaan katup,..
nah sensor fisik akan membaca lalu meneruskan bacaan itu ke ECU kapan dan berapa tu camshaft berputar tergantung analisis ECU nya,..

makanya mnurut opini saya, innova klo dikickdown dari nol gigi 1, kesannya ga responsif, mesinnya masih alus2 aja, ga menghentak hentak,.. emang tu mobil ga didesign buat dihentak hentak, mobil pling sopan mnrut saya hee..
bahkan pas nanjak bukaan gasnya beda lagi
bisa jadi emg VVTi yg selalu merubah sudut camshaft, respon mesin slalu beda2,..

yg terbiasa pake mobil karburator pasti rasanya aneh..

ini mah analisis awam saya,.. jdi biarpun terkesan teknis (padal ngawur wekeke..) yg pnting bisa nambah info aja..
piss.. :big_peace:
engineer's has only need one wife..
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

VTEC / VVT-I

Post by walid_007 »

cukup mengelitik bagi saya untuk mendiskusikan VTEC dan VVt I

perlu kita pahami bahwa tujuan kedua teknologi diatas sama, yaitu memperoleh efisiensi dan sedikit performa

namun jika dilihat dari jeroannya ternyata saya baru sadar bahwa VVT i hanya mengatur timming bukaan , dalam arti hanya mempercepat atau memperlambatnya, berbeda dengan Vtec yang ternyata memiliki 3 cam untuk / 2 katup nya jadi 2 cam utamanya untuk bawah, dan 1 cam yang bentuknya lebih besar untuk putaran atasnya bisa dikendalikan selenoid ato oli (jika udah diatas cam yang kurus ngambang/ga kepake.... maka dari itu VTEC lebih licin diputaran atas (entah sekarang???) agaknya para insinyur honda memberikan surga tersendiri untuk putaran atasnya bukan hanya membuat katupnya membuka lebih lama , namun katup lbih bisa masuk lebih dalam atau lebih besar

so para master menilai lebih bagus yang mana diantara 2 mata koin ini?, tidak menutup kemungkinan bahwa toyota sudah memiliki VVTL-I (gabungan dari vtec dan vvti, tapi entah kapan si jondut akan memasukkannya ke indonesia, namun terahir adalah VALVEmatic yang dipakai NAv1

mohon juga di share bagi para/master yang udah pernah merasakan vvtl-i ataupun valvematic

mohon maap jika bahasa saya ga begitu jelas, maka dari itu juga biar para master bisa lebih menjelaskan sejelas2 ny

:mky_01:
engine roaring!
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: VTEC / VVT-I

Post by andy1800 »

sementara, trid2 lama ini dulu

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 91#p566891
www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=16982
www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=5573
www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=27&t=12790

msh cukup byk jg yg dulu nyelip2 di trid, pas ngebahasnya.
ntar kita gali2 lagi
sukur2 muncul momod yg kreatif melayani members, demen compile2, setipe dg mod meneer itu
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Diskusi Katup Variable

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:sementara, trid2 lama ini dulu
msh cukup byk jg yg dulu nyelip2 di trid, pas ngebahasnya.
ntar kita gali2 lagi
sukur2 muncul momod yg kreatif melayani members, demen compile2, setipe dg mod meneer itu
Proses editing & merging
:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Diskusi Katup Variable

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:
andy1800 wrote:sementara, trid2 lama ini dulu
msh cukup byk jg yg dulu nyelip2 di trid, pas ngebahasnya.
ntar kita gali2 lagi
sukur2 muncul momod yg kreatif melayani members, demen compile2, setipe dg mod meneer itu
Proses editing & merging
:thanks:
Gembok dibuka...

Monggo dilanjut :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur

Post by Turboman »

madcat015 wrote:
VVTi (Toyota), MIVEC (Mitsubishi), AVCS (Subaru), VVL (Nissan), VVT (Mazda), VANOS (BMW), VarioCam (Porsche), dan pabrikan mobil lainnya juga mengadaptasikan teknologi Honda ini dengan variasi pada sudut buka-tutup valve, waktu buka-tutup valve, durasi buka-tutup katup, dll.

Valvematic itu masih merupakan teknologi yang sama dengan VVT Toyota dan lebih sederhana. Posisi silinder selalu tetap meskipun pengaturan katup dilakukan secara terus menerus. Pertama kali diaplikasikan pada Toyota Noah/Voxy 2007 dan mesin seri ZR di 2009.

Informasi ane dapatkan dari Wikipedia dan oom Google.

Kalau ada yang salah, ane mohon maaf. :big_peace:
Wah iklan Honda banget itu mah........kena brainwash Honda.......hahahah :mrgreen:


The desirability of being able to vary the valve opening duration to match an engine’s rotational speed first became apparent in the 1920s when maximum allowable RPM limits were generally starting to rise. Until about this time an engine’s idle RPM and its operating RPM were very similar, meaning that there was little need for variable valve duration. It was in the 1920s that the first patents for variable duration valve opening started appearing – for example United States patent U.S. Patent 1,527,456.

In 1958 Porsche made application for a German Patent, also applied for and published as British Patent GB861369 in 1959. The Porsche patent used an oscillating cam to increase the valve lift and duration. The desmodromic cam driven via a push/pull rod from an eccentric shaft or swashplate. It is unknown if any working prototype was ever made.

Fiat was the first auto manufacturer to patent a functional automotive variable valve timing system which included variable lift. Developed by Giovanni Torazza in the late 1960s, the system used hydraulic pressure to vary the fulcrum of the cam followers (US Patent 3,641,988).[5] The hydraulic pressure changed according to engine speed and intake pressure. The typical opening variation was 37%.

Alfa Romeo was the first manufacturer to use a variable valve timing system in production cars (US Patent 4,231,330).[5] The fuel injected models of the 1980 Alfa Romeo Spider 2000 had a mechanical VVT system. The system was engineered by Ing Giampaolo Garcea in the 1970s.[6]

In 1987, Nissan was the first manufacturer to release an electronically-controlled VVT engine.[7] The NVCS system fitted to the 300ZX (Z31) 300ZR model alters cam phasing, to improve idle quality and low-rev torque.

In 1989, Honda released the VTEC system.[8] Where the Nissan NVCS alters the phasing of the camshaft, VTEC switches to a separate cam profile at high engine speeds to improve peak power. The first VTEC engine Honda produced was the B16A which was installed in the Integra, CRX, and Civic hatchback available in Japan and Europe.

http://en.wikipedia.org/wiki/Variable_valve_timing

Btw ingat juga perusahaan2 konsultan teknik otomotif spt Ricardo, AVL, FEV yang mana mereka juga banyak pengembangan2 sejak lama sekali

Jadi sebetulnya banyak aplikasi / fitur yg diterapkan oleh automaker bukan murni ide mereka, melainkan pengembangan dari ide2 yg sudah ada

Dan harus diakui biasanya Jepun Jepun sgt lihai dlm hal ini, mrk bisa banyak menghemat biaya R&D, cukup beli patent2 tertentu-nya aja dan mrk kembangkan sendiri dlm bentuk yg berbeda.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: VTEC / VVT-I

Post by Turboman »

walid_007 wrote:cukup mengelitik bagi saya untuk mendiskusikan VTEC dan VVt I

so para master menilai lebih bagus yang mana diantara 2 mata koin ini?,
Jangan kemakan iklan om.......hahahah

Btw kalau buat saya sih bagus enggaknya mesin sy lihat scr keseluruhan, bukan hanya bagian2 tertentu2-nya saja, krn semua komponen pada mesin tsb bersinergi satu dengan lainnya ibarat para pemain musik pada sebuah orkestra

Juga gimana settingannya.
* Bukan ajakan Beli *