
Review New Hyundai Santa Fe 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
andai Santape gak gitu (*again masi sakit hati sama santape) saya cukup yakin Santape akan dikenang sebagai mobil yang tidak mudah terlupakan 

mau nulis apa ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
maksudnya gimana sih... bukannya scara default, klo urusannya ttg pendapat yg kita sampaikan di sebuah forum tu, adlh selalu Opini Pribadi? ....Turboman wrote:Om bedua yakin dgn hal tsb ??Jose wrote:Bagian yg paling saya suka pada review ini..Quote of the YearAD74YA wrote:
Korea adalah ahlinya membuat mobil yang mudah dilupakan.
benar2 sesuai kenyataan![]()
Mungkin ada baiknya ditambahkan Disclaimer : sekedar opini saya pribadi
*masalah ditambah "Sekedar" dan semacamnya, itu cm masalah pandangan dan kebiasaan msg2 individu atas humbleness.
jg bahwa kalau kita kemukakan sesuatu di forum, itu juga serta merta selalu terkandung correct me if i'm wrong... bukan begitu?
misalnya ane kemukakan pendapat atau sesuatu yg ternyata salah, tanpa ane tulis IMHO, Opini pribadi, atau CMIIW...itu scara otomatis tentu lah terbuka utk dikoreksi.
jd, bahwa hal2 yg sudah pasti/otomatis tu, justru sebenarnya gak terlalu perlu ditulis lg.
apakah jika kita gak menulis IMO, IMHO, atau CMIIW maka isinya itu sudah absolut benar dan tertutup kemungkinan boleh dikoreksi? tentu tidak begitu bukan?
tp ya silakan aja sih, itu masalah kebiasaan masing2 aja. msh blm bs digeneralisir. not really a big deal then

sdgkan scara ane pribadi menganggap, semua pendapat yg dikemukakan di forum otomatis adalh merupakan Pendapat Pribadi dan otomatis selalu CMIIW.
kecuali disebutkan lain/justru yg ada perlunya ditulis tu jika malah bukan opini pribadi, misalnya: "disclaimer: itu bukan pendapat saya, tp pendapat si anu."
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Hehehe.. kalau bahasan history and or spesifikasi kendaraan gak bisa pakai Imo or imho.. cmiiw boleh.
Tapi ya jangan asal latah cmiiw.
Again, habit Mr FM tuh yg bagus.. opininya selalu susah di bantah karena selalu attach link.
Contoh ;
Nurut saya sih 5+5 = 9, CMIIW
cari sendiri link matematikanya ya..
Hehehe.. cmiiw.. (lagi )
Tapi ya jangan asal latah cmiiw.
Again, habit Mr FM tuh yg bagus.. opininya selalu susah di bantah karena selalu attach link.
Contoh ;
Nurut saya sih 5+5 = 9, CMIIW
cari sendiri link matematikanya ya..
Hehehe.. cmiiw.. (lagi )
Lagi nginjek rem..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Atau kucem teriak kucem.htannis wrote:Ternyata maling teriak malingnugroho bagor wrote:Assuieman out gpp,member yang anehnaldo wrote:Hahaha.. Ada yang bilang gw terafiliasi dengan ATPM, emangnya gw dibayar?
Kagak tuh, apa yang gw coba di aussie ga berasa sama yang kaya di indo(kayak yang review di indo).
Oh well, whatever.
I'm out.

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Buset rame amat disini, jarang2 gw liat Mr. Stig ngamuk. Saya jadi penasaran sama bro naldo, kalo boleh tau review bagian mana sih yang dirasa sangat bertentangan dengan feel test drivenya di OZ? Lebih enak kan dijelasin dengan baik biar warga SM juga bisa lihat dari point of view bro.
Jujur pas lihat Santi baru sebelum IIMS saya juga naksir banget sama tampilan exteriornya. Cuma begitu liat interior yang ada di Indo hasratnya langsung lari entah kemana. HMI ini bener2 salah strategi kalo mau produknya laku dengan menjual mahal di Mesin canggihnya... Ga kepake bok, macet disini....mayoritas kan cuma bakal kluar masuk belantara mall di perkotaan
Jujur pas lihat Santi baru sebelum IIMS saya juga naksir banget sama tampilan exteriornya. Cuma begitu liat interior yang ada di Indo hasratnya langsung lari entah kemana. HMI ini bener2 salah strategi kalo mau produknya laku dengan menjual mahal di Mesin canggihnya... Ga kepake bok, macet disini....mayoritas kan cuma bakal kluar masuk belantara mall di perkotaan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
wah kepake banget um mesin kencang itu, tinggal di sesuaikan sama pemakaian aja
utk harian macet2an pake yg lain
mobil kencang utk hobby, puas2in hati n adrenalin
ngelepas stres
kepake jg utk lukot
nyalib enteng, nanjak kuat, apalagi kalo di jalur selatan, kesempatan nyalib jarang
begitu muncul harus akselerasi spontan n kilat
yg ga kepake itu top speed tinggi
ini berbahaya, membahayakan diri sendiri dan orang lain
utk harian macet2an pake yg lain
mobil kencang utk hobby, puas2in hati n adrenalin
ngelepas stres
kepake jg utk lukot
nyalib enteng, nanjak kuat, apalagi kalo di jalur selatan, kesempatan nyalib jarang
begitu muncul harus akselerasi spontan n kilat
yg ga kepake itu top speed tinggi
ini berbahaya, membahayakan diri sendiri dan orang lain
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kepakeknya kan jarang bro, itu loh maksud saya
Kebanyakan kenalan saya keluar kota itu ga tiap hari, jauh lebih sering dipakek macet2an n kluar masuk mall ajah
Lagian kalo dijual semahal itu tapi fiturnya cuma mesin kenceng kan males juga bro, enak beli VW Golf 1.4 TSI lah atau Captiva juga saya rasa torsinya dah bisa bikin hati senang kok dengan harga jauh di bawah santi ini IMHO


Lagian kalo dijual semahal itu tapi fiturnya cuma mesin kenceng kan males juga bro, enak beli VW Golf 1.4 TSI lah atau Captiva juga saya rasa torsinya dah bisa bikin hati senang kok dengan harga jauh di bawah santi ini IMHO

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kayaknya soal opsi2 di AN Santi ini ATPM nya juga kepentok kanan kiri.......hahahahah
Saat ATPM request ini itu pasti ditanya balik ama Principalnya "Lu setahun bisa makan berapa ribu unit ?".......Nah susah dahh.........mungkin demikian pula dgn policy diskon harga dr principalnya.
Then jadilah spt ini
Andai saja si Principal benar2 komitmen jualan di Indonesia utk gebrak pasar, pastilah bisa jual yg fully loaded dgn harga terjangkau, at least kasih quota utk 200 unit pertama sbg teaser, lewat 200 unit harga naik dikit..........trus aftersales digeber, garansi 5 tahun + harga parts dibuat terjangkau.
Just IMO & CMIIW
Saat ATPM request ini itu pasti ditanya balik ama Principalnya "Lu setahun bisa makan berapa ribu unit ?".......Nah susah dahh.........mungkin demikian pula dgn policy diskon harga dr principalnya.
Then jadilah spt ini
Andai saja si Principal benar2 komitmen jualan di Indonesia utk gebrak pasar, pastilah bisa jual yg fully loaded dgn harga terjangkau, at least kasih quota utk 200 unit pertama sbg teaser, lewat 200 unit harga naik dikit..........trus aftersales digeber, garansi 5 tahun + harga parts dibuat terjangkau.
Just IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
haha iya golf, tenaga enak, bantingan enak, enaknya ngalahain mobil yg harganya jauh diataslava85 wrote:Kepakeknya kan jarang bro, itu loh maksud sayaKebanyakan kenalan saya keluar kota itu ga tiap hari, jauh lebih sering dipakek macet2an n kluar masuk mall ajah
![]()
Lagian kalo dijual semahal itu tapi fiturnya cuma mesin kenceng kan males juga bro, enak beli VW Golf 1.4 TSI lah atau Captiva juga saya rasa torsinya dah bisa bikin hati senang kok dengan harga jauh di bawah santi ini IMHO
dibeli dibeli ayo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
iya bnr bro, kepake nya sebenernya jarang.. tapi orang2 yg mendewakan mobil2 gede dgn mesin HP gede torsi gede, sunroof/moonroof/panoramic etc, AT gear yg byk dll jg byk.. istilahnya: high-tech-erlava85 wrote:Kepakeknya kan jarang bro, itu loh maksud sayaKebanyakan kenalan saya keluar kota itu ga tiap hari, jauh lebih sering dipakek macet2an n kluar masuk mall ajah
![]()
Lagian kalo dijual semahal itu tapi fiturnya cuma mesin kenceng kan males juga bro, enak beli VW Golf 1.4 TSI lah atau Captiva juga saya rasa torsinya dah bisa bikin hati senang kok dengan harga jauh di bawah santi ini IMHO


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
iya tuh....mmg butuhnya sekali2 doang, tp klo gak ada jd geregetan ndiri.evolution21 wrote:wah kepake banget um mesin kencang itu, tinggal di sesuaikan sama pemakaian aja
utk harian macet2an pake yg lain
mobil kencang utk hobby, puas2in hati n adrenalin
ngelepas stres
kepake jg utk lukot
nyalib enteng, nanjak kuat, apalagi kalo di jalur selatan, kesempatan nyalib jarang
begitu muncul harus akselerasi spontan n kilat
yg ga kepake itu top speed tinggi
ini berbahaya, membahayakan diri sendiri dan orang lain
kayak 4x4... hari2 standard sih mmg ga butuh... tp pas macet paha, arus sebaliknya kosong melompong...jd pengen puter balik, tp kepentok jalur hijau, ceruk, atau separator....klo ada 4x4, beresss

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kalau menurut ane malah tenaga penting banget, soal kepake? Tergantung orang, buktinya ane sering tuh naik ps dakar ane lari sekitar 180kmh-190kmh, toh untuk naik ke speed itu cepat sekali soalnya mesin dah dimodif ringan jadi torsi naik 2*lipat. 200kmh sekali2 soalnya toh kena speed cut, ane malah pengen ada yg bisa by-pass speed cut nya ps dakar. Dulu tuker dari mobil boyota karena topspeed cuman 170kmh dan itu pun lamaaaaa bener naik dari 120kmh ke 170kmh nya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
lari sgitu rem nya masi mumpuni ga om ?? atau uda upgrade ??htannis wrote:Kalau menurut ane malah tenaga penting banget, soal kepake? Tergantung orang, buktinya ane sering tuh naik ps dakar ane lari sekitar 180kmh-190kmh, toh untuk naik ke speed itu cepat sekali soalnya mesin dah dimodif ringan jadi torsi naik 2*lipat. 200kmh sekali2 soalnya toh kena speed cut, ane malah pengen ada yg bisa by-pass speed cut nya ps dakar. Dulu tuker dari mobil boyota karena topspeed cuman 170kmh dan itu pun lamaaaaa bener naik dari 120kmh ke 170kmh nya
suspensi jg gmana ?? ane dl perna coba jad penumpang PS exceed... pas lagi lari kenceng, bagian belakang berasa agak limbung..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Udah cobain ps dakar? Rem nya sih untuk kelas dia, termasuk pakem sekali, jauh dibanding exceed, apalagi fortuner, kalau di rem, rem belakangnya cukup mumpuni sehingga tidak kedodoran belakangan, kalau fortuner rem depan pakem, belakang kedodoran, jadi agak liar kalau di rem pakem. Untuk suspensi saya sih baru ganti per tein ijo, depan lumayan pendek, wah kalau per std saya juga gak berani, wong lari 120 kmh aja dah kayak perahu euy goyangnyaDOHC wrote:lari sgitu rem nya masi mumpuni ga om ?? atau uda upgrade ??htannis wrote:Kalau menurut ane malah tenaga penting banget, soal kepake? Tergantung orang, buktinya ane sering tuh naik ps dakar ane lari sekitar 180kmh-190kmh, toh untuk naik ke speed itu cepat sekali soalnya mesin dah dimodif ringan jadi torsi naik 2*lipat. 200kmh sekali2 soalnya toh kena speed cut, ane malah pengen ada yg bisa by-pass speed cut nya ps dakar. Dulu tuker dari mobil boyota karena topspeed cuman 170kmh dan itu pun lamaaaaa bener naik dari 120kmh ke 170kmh nya
suspensi jg gmana ?? ane dl perna coba jad penumpang PS exceed... pas lagi lari kenceng, bagian belakang berasa agak limbung..
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Yah memang power dan torsi yg gede sangat menggiurkan he...he...apalagi yg suka turing ke pegunungan dan pantai dg mileage >20000 KM/Year. Sangat terasa di tanjakan panjang macam telaga Sarangan dan Tawangmangu dengan perkasa CRDI dengan power dan torsi besar melibas mobil-mobil petrol yg tersengal-sengal kehabisan nafas he...he.... Jadi new Santa Fe ini rasanya cocok juga buat turing dipegunungan yg beraspal....apalagi Trail Blazer 2.8, pak 4DJAY kok gak mereview TB 2.8 ya .....??ngincer juga sih...he..he..andy1800 wrote:iya tuh....mmg butuhnya sekali2 doang, tp klo gak ada jd geregetan ndiri.evolution21 wrote:wah kepake banget um mesin kencang itu, tinggal di sesuaikan sama pemakaian aja
utk harian macet2an pake yg lain
mobil kencang utk hobby, puas2in hati n adrenalin
ngelepas stres
kepake jg utk lukot
nyalib enteng, nanjak kuat, apalagi kalo di jalur selatan, kesempatan nyalib jarang
begitu muncul harus akselerasi spontan n kilat
yg ga kepake itu top speed tinggi
ini berbahaya, membahayakan diri sendiri dan orang lain
kayak 4x4... hari2 standard sih mmg ga butuh... tp pas macet paha, arus sebaliknya kosong melompong...jd pengen puter balik, tp kepentok jalur hijau, ceruk, atau separator....klo ada 4x4, beresss

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Saya lebih setuju pak Evo.. lebih enak punya mbl tenaga gedhe dan kenceng.. soalnya tiap keluar kota pasti ketemunya kalau gak tol ya pegunungan..
di pake dalam kota pas lengang juga enak buat buru2.. heheheh
di pake dalam kota pas lengang juga enak buat buru2.. heheheh
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ya jelas bro towel dikit ngacir he...he..he...bikin pede saat nyalip bikin otak juga seger. Kalo torsi kecil saat nyalip bikin lelah otak ...was..wasMitshuToyo wrote:Saya lebih setuju pak Evo.. lebih enak punya mbl tenaga gedhe dan kenceng.. soalnya tiap keluar kota pasti ketemunya kalau gak tol ya pegunungan..
di pake dalam kota pas lengang juga enak buat buru2.. heheheh
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ini apaan sih... Kok jadi ngebahas cara berposting... Kayak baru main forum aja... Cepekdeh.. Saya gak akan bahas panjang lebarlah cara posting yang ideal, saya cuma mau bilang, seperti kata mbah andy, setiap orang seharusnya capable untuk menerima dan mengerti postingan mana yang subjektif dan objektif. Namanya saja "REVIEW", dan itu sifatnya tentunya kental nuansa subjektif, tanpa perlu dikasih Disclaimer-Disclaimeran.. Kalau gak terima reviewnya, balas dong dengan argumen yang membangun.. Saya udah open arms banget nungguin mana nih yang ga setuju review saya dan bisa saya ajak diskusi .. Ngapain bahas cara posting.. Gitu aja kok repot.
Simpelnya, saya kasih pertanyaan untuk semua member, kalau anda dikasih kesempatan untuk dikasih mobil gratis diantara tiap kelas harga, mana yang akan anda pilih (hanya boleh pilih 1):
1. ANJ, Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Kia Rio, Hyundai Gran Avega; anda bakal pilih yang mana?
2. New CRV, Mazda CX-5, Nissan Xtrail, Kia Sportage, Hyundai Tucson; anda bakal pilih yang mana?
3. Honda Accord, Toyota Camry, Mazda6, Hyundai Sonata; anda bakal pilih yang mana?
4. Santa Fe, BMW X1, Mazda CX-7, Toyota Harrier; anda bakal pilih yang mana?
...
Saya punya pendapat bahwa dengan kecepatan perkembangan seperti saat ini, produk Korea masih telat 10 tahun, atau 2 generasi untuk mengejar Jepang. Kenapa? Alasannya simpel. Mobil Korea IMO nggak punya karakter. Mereka masih dalam proses mencari jati diri, dan itu membutuhkan waktu yang sangat lama.
Yes, datangnya desainer dan engineer dari Eropa akan membawa Hyundai kearah yang lebih baik, but, tidak secepat itu. Permasalahan utama adalah dari product positioning dari Hyundai sendiri, yang tidak terjadi perubahan meskipun desainer dan engineer baru sudah didatangkan. Dengan bermain di kelas yang sama, akan terjadi semacam resistensi untuk berinovasi (terutama secara kualitas) tentunya karena pertimbangan cost. Blunder besar lainnya adalah dengan sangat berpatokan dengan Eropa, terutama dari design dan ride and handling.
Well, kita harus akui bahwa Eropa jagonya membuat mobil yang ride dan handling nya excellent, tapi dengan cost terbatas untuk R&D, dan disertai dengan keinginan berkembang yang cepat Hyundai pada akhirnya hanya menjadi versi generiknya dari produk Eropa. Gak punya sesuatu spesial yang lain.
Poin saya seperti ini, yang pernah nyetir M-class dan Santa Fe, pasti merasakan ada kemiripan, terutama dari posisi duduk.. Sayangnya hanya mirip... Di sisi kualitas buatan, kenyamanan berkendara, dan handlingnya, Santa Fe seperti mencongak langsung dari Mercedes, tapi versi sangat-sangat generik nya.. Seakan-akan Santa Fe itu M-class yang masih dalam tahap draft, belum ada refinement sama sekali.. Dan.. Feel itu nggak bisa bohong, dan itu yang bakal terus dipikirin saat kita nyetir mobilnya..
Pada akhirnya, karakter yang akan berpengaruh besar pada sebuah mobil itu mudah dilupakan atau tidak. Dan merk mobil yang kerjaannya cuman jiplak dari produsen yang udah mapan bakal jadi korban disini (baca: nggak punya karakter).
Kembali ke 4 pertanyaan saya diatas; Mobil yang Anda pilih dari tiap kelas, bukanlah mobil yang terbaik, tapi mobil yang menurut Anda paling punya karakter. Dan dari 4 kelas tersebut, berapa banyak produk Korea yang Anda pilih?
Ini menurut saya, Bagaimana menurut anda?
Baik untuk sarannya akan saya pertimbangkan. Maklum pengetahuan saya sangat terbatas, sehingga sangat banyak butuh koreksi dan diskusi dari rekan-rekan...
Saya selalu terbuka untuk diberi koreksi, tambahan, atau masukan yang membangun
Semua argumen saya bisa dipertanggung jawabkan...Turboman wrote:Om bedua yakin dgn hal tsb ??Jose wrote:Bagian yg paling saya suka pada review ini..Quote of the YearAD74YA wrote:
Korea adalah ahlinya membuat mobil yang mudah dilupakan.
benar2 sesuai kenyataan![]()
Simpelnya, saya kasih pertanyaan untuk semua member, kalau anda dikasih kesempatan untuk dikasih mobil gratis diantara tiap kelas harga, mana yang akan anda pilih (hanya boleh pilih 1):
1. ANJ, Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Kia Rio, Hyundai Gran Avega; anda bakal pilih yang mana?
2. New CRV, Mazda CX-5, Nissan Xtrail, Kia Sportage, Hyundai Tucson; anda bakal pilih yang mana?
3. Honda Accord, Toyota Camry, Mazda6, Hyundai Sonata; anda bakal pilih yang mana?
4. Santa Fe, BMW X1, Mazda CX-7, Toyota Harrier; anda bakal pilih yang mana?
...
Saya punya pendapat bahwa dengan kecepatan perkembangan seperti saat ini, produk Korea masih telat 10 tahun, atau 2 generasi untuk mengejar Jepang. Kenapa? Alasannya simpel. Mobil Korea IMO nggak punya karakter. Mereka masih dalam proses mencari jati diri, dan itu membutuhkan waktu yang sangat lama.
Yes, datangnya desainer dan engineer dari Eropa akan membawa Hyundai kearah yang lebih baik, but, tidak secepat itu. Permasalahan utama adalah dari product positioning dari Hyundai sendiri, yang tidak terjadi perubahan meskipun desainer dan engineer baru sudah didatangkan. Dengan bermain di kelas yang sama, akan terjadi semacam resistensi untuk berinovasi (terutama secara kualitas) tentunya karena pertimbangan cost. Blunder besar lainnya adalah dengan sangat berpatokan dengan Eropa, terutama dari design dan ride and handling.
Well, kita harus akui bahwa Eropa jagonya membuat mobil yang ride dan handling nya excellent, tapi dengan cost terbatas untuk R&D, dan disertai dengan keinginan berkembang yang cepat Hyundai pada akhirnya hanya menjadi versi generiknya dari produk Eropa. Gak punya sesuatu spesial yang lain.
Poin saya seperti ini, yang pernah nyetir M-class dan Santa Fe, pasti merasakan ada kemiripan, terutama dari posisi duduk.. Sayangnya hanya mirip... Di sisi kualitas buatan, kenyamanan berkendara, dan handlingnya, Santa Fe seperti mencongak langsung dari Mercedes, tapi versi sangat-sangat generik nya.. Seakan-akan Santa Fe itu M-class yang masih dalam tahap draft, belum ada refinement sama sekali.. Dan.. Feel itu nggak bisa bohong, dan itu yang bakal terus dipikirin saat kita nyetir mobilnya..
Pada akhirnya, karakter yang akan berpengaruh besar pada sebuah mobil itu mudah dilupakan atau tidak. Dan merk mobil yang kerjaannya cuman jiplak dari produsen yang udah mapan bakal jadi korban disini (baca: nggak punya karakter).
Kembali ke 4 pertanyaan saya diatas; Mobil yang Anda pilih dari tiap kelas, bukanlah mobil yang terbaik, tapi mobil yang menurut Anda paling punya karakter. Dan dari 4 kelas tersebut, berapa banyak produk Korea yang Anda pilih?
Ini menurut saya, Bagaimana menurut anda?
Yang itu kali.... Bukan yang itu............nugroho bagor wrote:Oh yang itu yaZombiEE wrote:Yaandy1800 wrote:acuan apanya? gimana?
Gimana ya?
Thanks oom... Nggak lah, saya akan selalu berusaha fair. Toyota akhir-akir ini memang terjadi penurunan di Assembly nya ya nampaknya,... Gap nya pada nggak konsisten semua..MitshuToyo wrote: Menurut saya pribadi review Mr Djaya sudah sangat fair untuk santfe ini.
Kl masalah transmisi, sy percaya aja krn memang habit mr Djaya sepertinya suka memperkosa mbl test drive wkwkwkw...
Imho kalau orang sudah sangat sering ganti2 mobil mahal + blusukan (ambil istilahe jokowo) + test drive, kemudian masuk ke kendaraan yg kasta bawah, pasti feelingnya langsung dapet, or merasa ''jleb'' kekurangan2 langsung bermunculan di mata..
Gak bayangin kl Adjay masuk innova luxury di iims kemarin.. pasti langsung eneg wkwkwkw... sy aja yg nubie langsung nemu gap2 interior yg parah/meleset & tumpang tindih tapi sptnya hanya kesalahan assembly sih (saya foto pk HP) jg di forty vnt turbo.
Hanya saran dr nubie buat Mr.Adjay,
ada bagusnya lain kali kl review di kasih nilai di setiap item sbg kesimpulan. Misal ekterior nilai 9 dr 10.
Trus lebih bijak untuk history or sejenisnya di sertakan link kupasannya (Ini yg saya suka dr FM, dia selalu menyertakan link ) jadi bisa menghindari kesalahan spt koreksi pak posvett tentang kaki2 titanium di corvet..
Baik untuk sarannya akan saya pertimbangkan. Maklum pengetahuan saya sangat terbatas, sehingga sangat banyak butuh koreksi dan diskusi dari rekan-rekan...
Saya selalu terbuka untuk diberi koreksi, tambahan, atau masukan yang membangun

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
No. 3 ... Secara pribadi nubie gak akan milih hyundai sonata...pasti.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ya wong udah ada Camry 3.5Q......ZombiEE wrote:No. 3 ... Secara pribadi nubie gak akan milih hyundai sonata...pasti.



Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kalo hanya boleh pilih 1
Secara pribadi ane pilih:
1. ANJ
2. New CRV
3. Toyota Camry
4. Toyota Harrier
Anda pilih mana ???
Secara pribadi ane pilih:
1. ANJ
2. New CRV
3. Toyota Camry
4. Toyota Harrier
Anda pilih mana ???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Jeeee..nubie ciyussss neeeehhhhAD74YA wrote:Ya wong udah ada Camry 3.5Q......ZombiEE wrote:No. 3 ... Secara pribadi nubie gak akan milih hyundai sonata...pasti.
![]()
![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
M-90 wrote:Kalo hanya boleh pilih 1
Secara pribadi ane pilih:
1. ANJ
2. New CRV
3. Toyota Camry
4. Toyota Harrier
Anda pilih mana ???
Alasannya?ZombiEE wrote:Jeeee..nubie ciyussss neeeehhhhAD74YA wrote:Ya wong udah ada Camry 3.5Q......ZombiEE wrote:No. 3 ... Secara pribadi nubie gak akan milih hyundai sonata...pasti.
![]()
![]()
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
1. Model menarik, mesin terbaik di kelas 1500cc (performance dan FC irit) dan racing parts mudah di dapat jika ingin up grade mesin.AD74YA wrote:M-90 wrote:Kalo hanya boleh pilih 1
Secara pribadi ane pilih:
1. ANJ
2. New CRV
3. Toyota Camry
4. Toyota Harrier
Alasannya?
2. Cocok sebagai Family SUV, kabin terlapang dikelasnya, mesin sdh terbukti reliable, model eksterior keren.
3. Model lebih elegan dan terkesan mewah dibanding kompetitor, Balance antara performance dan kenyamanan walau bukan yg terbaik.
4. Model menarik, kenyamanan
Yg lainnya lagi2 alasan klasik yaitu resale value dan after sales services yg prima.
Memang mobil bukan investasi, tp ane masih belon bisa terima mobil yg ane beli hasil kerja keras, harganya terjun bebas seperti K-Car.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Alasannya sih gak tertarik setelah TS di dalam nya...