PAKAI BATTLAX 130/70
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
- Location: Indonesia
PAKAI BATTLAX 130/70
CBR 150 pakai ban dgn ukuran 130/70R17 utk belakang kira-kira ada efek ruginya daripada untungnya? bagaimana dgn akselerasi,handling, atau tarikan apa tambah berat ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
buat penampilan lumayan nambah kesan gagah tapi dari sisi akselerasi motor anda sudah berkurang dibanding standarnya , konsumsi bensin lebih boros, gir dan rantai cepat aus. mengenai handling dan grip tidak ada pengaruh. ingat selebar apapun ban motor anda grip yang dihasilkan hampir sama dengan grip ban standar.
no one's perfect
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Mar 27, 2006 7:26
setubuhhh....su_minson wrote:buat penampilan lumayan nambah kesan gagah tapi dari sisi akselerasi motor anda sudah berkurang dibanding standarnya , konsumsi bensin lebih boros, gir dan rantai cepat aus. mengenai handling dan grip tidak ada pengaruh. ingat selebar apapun ban motor anda grip yang dihasilkan hampir sama dengan grip ban standar.
thunder gw rada boros pake 130/70

imho...tapi handling na di gw ngaruh boss...ngerem mendadak juga yakin ga takut ngesot-ngesot...bekkkk...zeppp...enak deh

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
no offence ya bro minson......tapi gw gak setuju dgn statement diatas...!su_minson wrote:ingat selebar apapun ban motor anda grip yang dihasilkan hampir sama dengan grip ban standar.
kalo ban makin lebar, pastinya 'contact path' juga makin luas.......
kalo antara ban tipis & lebar gripnya sama aja.......kenapa motor2 di motogp nggak pake ukuran 100 ajah daripada 180? ya kan?
Peace!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
lah pkknya klo ban yg gede2 gt.....
pasti lebih stabil lahh...klo nikung eunakk bgt.....
tp jg minusnya....agak berat tarikkan....jg mesti ganti rantenya......jd agak ribet jg......
itu emang pilihan lah, klo mo enak tarikkan , ban standar, klo mo mantabss pengendaliannya,enak nikung & jg agak modis ya yg gede.....
klo masalah motoGP ga usah di bahas lahh.....itu dah high tech smua....peace jg.....
pasti lebih stabil lahh...klo nikung eunakk bgt.....
tp jg minusnya....agak berat tarikkan....jg mesti ganti rantenya......jd agak ribet jg......
itu emang pilihan lah, klo mo enak tarikkan , ban standar, klo mo mantabss pengendaliannya,enak nikung & jg agak modis ya yg gede.....
klo masalah motoGP ga usah di bahas lahh.....itu dah high tech smua....peace jg.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
bro gauss dan bro su minson, saya akan coba jelaskan pernyataan bahwa luas kontak ban selebar apapun ban tsb hampir sama. di motor beda dengan di mobil dimana kontak ban dengan tanah tidak selebar ban itu sendiri, karena karakter mobil dan motor berbeda. ingat kalo motor belok ke kanan rebahnya kekanan, tapi kalo mobil belok ke kanan miringnya justru ke kiri. kenapa ban motor dibikin menonjol? supaya kontak ban saat berlari lurus maupun belok mempunyai area kontak / grip ke tanah yang sama. kembali ke luas area kontak antaraban tipis dan ban tebal, betul apa yang dikatakan bro minson, areanya hampir sama, tergantung dari sudut kelengkungan tapak ban itu sendiri (saya ingat Michael Doohan pernah membuat statement ini, waktu itu masih jadi mentornya Rossi dan rossi terjatuh waktu itu). menjawab bertanyaan bro Agus mengapa ban di motoGP atau ban ban lebar bisa lebih stabil dibanding ban standar? jawabannya adalah karena dengan ban lebar, dengan kontak area yang sedikit lebih besar berpengaruh banyak dalam hal kestabilan, (misal area kontak ban standar adalah 1cm, dengan ban lebar kontaknya bisa 1,5 cm) jika dilihat dengan mata mungkin gak terlihat besar, namun jika dilihat perbandingan grip ke tanah naik 50% sesuai dengan tmbahan lebar sejumlah 0.5cm), menikung serebah yang dimungkinkan akan menghasilkan kontak ketanah yang sama dengan jika berjalan lurus, sedangkan ban standar, tidak dirancang untuk berjalan menikung dalam kondisi yang ekstrem, makanya saat nikung yang nempel ke tanah berkurang areanya. mungkin hal ini bisa sedikit menjelaskan kenapa ban gede lebih stabil dibanding ban tipis
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Oct 18, 2005 6:57
- Location: Jakarta
Menurut gua sih bener bung Gauss, karena semakin lebar tapak, akan semakin banyak permukaan ban yang bersinggungan dengan permukaan jalan, hasilnya handling semakin baik tetapi kecepatan dan tarikan akan semakin berat, mungkin yang dimaksud bung su_minson tebal tapak, dengan lebar tapak yang sama (contohnya 120-80-17 dan 120-60-17) lebar tapak sama 120 tapi tebalnya ada yg 80% dan 60%... Makanya biasanya di brosur2 ban antara speed sama handling sering berbanding terbalik... CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
"hampir sama" artinya tetap tidak sama kan bro? cmiiwpiterr wrote:bro gauss dan bro su minson, saya akan coba jelaskan pernyataan bahwa luas kontak ban selebar apapun ban tsb hampir sama.
bener beda kan?piterr wrote:karena dengan ban lebar, dengan kontak area yang sedikit lebih besar berpengaruh banyak dalam hal kestabilan, (misal area kontak ban standar adalah 1cm, dengan ban lebar kontaknya bisa 1,5 cm) jika dilihat dengan mata mungkin gak terlihat besar, namun jika dilihat perbandingan grip ke tanah naik 50% sesuai dengan tmbahan lebar sejumlah 0.5cm)
Memang di ban motor......contact path antara ban tipis dan ban lebar 'terlihat' sedikit berbeda.........walaupun 'sedikit' tetapi tetap saja ada perbedaan......
Dan perbedaan yg sedikit itu sangat BESAR sewaktu anda menaiki motor tsb.
Dan lagipula, ban untuk motor itu bermacam2 tipe compound, roundness, narrow, pattern dan lain2........
Mungkin contoh motor MotoGP terlalu 'extreme' untuk contoh ban lebar.
Tapi bisa dilihat Honda Tiger......ban belakangnya menggunakan ring 18" dengan lebar 3,5"..........
Bila mmg ban lebar dan tipis menghasilkan grip yg sama.....mengapa tidak menggunakan ban RX-King dgn lebar 3" misalnya. Dari segi harga pastinya lebih murah.
Atau kalo mau lebih extreme, mendingan menggunakan ban super tipis (ban sepeda?) seperti yg banyak digunakan motor2 bebek modifikasi itu (ceper & tipis).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
saya sependapat bangat dengan bro gauss,kalau tapak lebar ban mempengaruhi kestabilan dan handling motor,sebagai contoh saya,kalau kita berjalan dengan sendal yang tapaknya lanci dalam arti tidak lebar,pasti susah untuk di seimbangin,lain cerita kalau kita menggunakan sendal yang tapaknya lebar,tentu lebih stabil dan mantab,kalau masih ada yang ngak setuju dan ngak sependapat,mungkin dia bisa coba ganti ban motornya dengan ukuran 120-140, dan coba bandingkan dengan ban standart motor,pasti beda rasanya,baik di saat nikung atau di saat di bawa lurus.wkwkw peace
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.