Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Avanza Xenia Innova APV Rush Terios ....itu di fakturnya tertulisnya apa sih? CKD atau SCD ?
dikabarkan, kandungan lokal Kijang Innova 75%, Toyota Avanza sekitar 85%, Suzuki APV 80%, Suzuki SX4 dan Suzuki Grand Vitara berkisar 25%-30%.
yg biasanya dah jelas dihitung kandungan lokal: Aki, Ban, ....ini dihitungnya dah brp prosen?
dan komponen2 bukan inti/pendukung lainnya, itu kebayang lah ya....spt Shockbreaker, Plat Body, Radiator, .... ini membuatnya dihitung sampai 40-50% kah?
bahkan sampai ke sayap, kaki2/tierod/balljoint, sampai as roda/hub, itu msh kebayang bisa dibikin oleh lokal....disini, meningkatlah statusnya mnjd 70an %?
sdgkan utk komponen2 inti, yaitu blok mesin, kepala silinder seisinya, transmisi dan drivetrain, sampai ke chasis nya....
itu sampai segimana sih industri kita ini?
beneran chasisnya dah dibikin di pabrik disini?
blok mesinnya? kepala silinder nya? cam nya? valve/klep nya? per/mekanisme vvt-i nya?
casing transmisinya? gir2nya/sinkromes nya? dekrup nya?
kandungan lokal sampai 85% ? itu dibikin dimana saja? kebyakan inhouse (anak perusahaan sendiri) atau lbh byk outsoursce dipasok oleh kontraktor/pabrik lokal ?
benarkah pabrik2 pengecoran logam bahkan industri kecil logam di Tegal byk yg jadi pemasok komponen mesin ? dan kaki2?
jd yg dikasih status 15% msh kandungan impor tu apa aja ?
.
dikabarkan, kandungan lokal Kijang Innova 75%, Toyota Avanza sekitar 85%, Suzuki APV 80%, Suzuki SX4 dan Suzuki Grand Vitara berkisar 25%-30%.
yg biasanya dah jelas dihitung kandungan lokal: Aki, Ban, ....ini dihitungnya dah brp prosen?
dan komponen2 bukan inti/pendukung lainnya, itu kebayang lah ya....spt Shockbreaker, Plat Body, Radiator, .... ini membuatnya dihitung sampai 40-50% kah?
bahkan sampai ke sayap, kaki2/tierod/balljoint, sampai as roda/hub, itu msh kebayang bisa dibikin oleh lokal....disini, meningkatlah statusnya mnjd 70an %?
sdgkan utk komponen2 inti, yaitu blok mesin, kepala silinder seisinya, transmisi dan drivetrain, sampai ke chasis nya....
itu sampai segimana sih industri kita ini?
beneran chasisnya dah dibikin di pabrik disini?
blok mesinnya? kepala silinder nya? cam nya? valve/klep nya? per/mekanisme vvt-i nya?
casing transmisinya? gir2nya/sinkromes nya? dekrup nya?
kandungan lokal sampai 85% ? itu dibikin dimana saja? kebyakan inhouse (anak perusahaan sendiri) atau lbh byk outsoursce dipasok oleh kontraktor/pabrik lokal ?
benarkah pabrik2 pengecoran logam bahkan industri kecil logam di Tegal byk yg jadi pemasok komponen mesin ? dan kaki2?
jd yg dikasih status 15% msh kandungan impor tu apa aja ?
.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rush
udah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
pengalaman ane part lokal antara lain shockbreaker, kabel2 lampu, accu, ban, body part plastik. ga tau klu part lainnya krn blum liat lgsg.
yg masih import biasanya materialnya. misal bodypart plastik. material utamanya import. jd biarpun seluruh part sudah buatan lokal, tetap saja masih ada kandungan impornya.
yg masih import biasanya materialnya. misal bodypart plastik. material utamanya import. jd biarpun seluruh part sudah buatan lokal, tetap saja masih ada kandungan impornya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Toyota analisis profit :
di type lama keuntungan unit avanza bisa sampai 50 -70 % dari harga jual

di type terbaru keuntungan berkurang drastis dari 25-30 % % dari harga jual

FAQ :
- gak dihitung biaya after sales service ? pemain lama coy , udah lewat BOP
- biaya R&D ? , teknologi jadul 10 tahun yg lalu low budget
di type lama keuntungan unit avanza bisa sampai 50 -70 % dari harga jual

di type terbaru keuntungan berkurang drastis dari 25-30 % % dari harga jual

FAQ :
- gak dihitung biaya after sales service ? pemain lama coy , udah lewat BOP
- biaya R&D ? , teknologi jadul 10 tahun yg lalu low budget
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Piston, piston ring, knalpot, velk kalau nggak salah sudah dibuat disini
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
mangkanya kalo ada acara factory visit ke pabrik mobil bersama klub / komunitas ya ikutan azaaa, nanti bisa ngobrol di sana komponen apa2 aja yg udah sourcing lokal.andy1800 wrote:Avanza Xenia Innova APV Rush Terios ....itu di fakturnya tertulisnya apa sih? CKD atau SCD ?
dikabarkan, kandungan lokal Kijang Innova 75%, Toyota Avanza sekitar 85%, Suzuki APV 80%, Suzuki SX4 dan Suzuki Grand Vitara berkisar 25%-30%.
yg biasanya dah jelas dihitung kandungan lokal: Aki, Ban, ....ini dihitungnya dah brp prosen?
dan komponen2 bukan inti/pendukung lainnya, itu kebayang lah ya....spt Shockbreaker, Plat Body, Radiator, .... ini membuatnya dihitung sampai 40-50% kah?
bahkan sampai ke sayap, kaki2/tierod/balljoint, sampai as roda/hub, itu msh kebayang bisa dibikin oleh lokal....disini, meningkatlah statusnya mnjd 70an %?
sdgkan utk komponen2 inti, yaitu blok mesin, kepala silinder seisinya, transmisi dan drivetrain, sampai ke chasis nya....
itu sampai segimana sih industri kita ini?
beneran chasisnya dah dibikin di pabrik disini?
blok mesinnya? kepala silinder nya? cam nya? valve/klep nya? per/mekanisme vvt-i nya?
casing transmisinya? gir2nya/sinkromes nya? dekrup nya?
kandungan lokal sampai 85% ? itu dibikin dimana saja? kebyakan inhouse (anak perusahaan sendiri) atau lbh byk outsoursce dipasok oleh kontraktor/pabrik lokal ?
benarkah pabrik2 pengecoran logam bahkan industri kecil logam di Tegal byk yg jadi pemasok komponen mesin ? dan kaki2?
jd yg dikasih status 15% msh kandungan impor tu apa aja ?
.
kalo klub / komunitas situ mau bisa banyak visit pabrikan termasuk pabrik ban dll., ikut aktif-lah di FK3O

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
waduh, mmg jauh dari kata mudah ya, ingin dpt sedikit saja pengetahuan kayak gitu ...yaa kita nyadar siih, pengetahuan2 semacam ini mmg sangat berharga/mahal... ....yausdah, kita2 sabar menanti, berharap ada satu-dua anggota F3KO atau klub2, ada yg berkenan bagi2 pengetahuan berharga tsb dimari. di klub SM ini...thanks sarannyaTurboman wrote:mangkanya kalo ada acara factory visit ke pabrik mobil bersama klub / komunitas ya ikutan azaaa, nanti bisa ngobrol di sana komponen apa2 aja yg udah sourcing lokal.andy1800 wrote:Avanza Xenia Innova APV Rush Terios ....itu di fakturnya tertulisnya apa sih? CKD atau SCD ?
dikabarkan, kandungan lokal Kijang Innova 75%, Toyota Avanza sekitar 85%, Suzuki APV 80%, Suzuki SX4 dan Suzuki Grand Vitara berkisar 25%-30%.
yg biasanya dah jelas dihitung kandungan lokal: Aki, Ban, ....ini dihitungnya dah brp prosen?
dan komponen2 bukan inti/pendukung lainnya, itu kebayang lah ya....spt Shockbreaker, Plat Body, Radiator, .... ini membuatnya dihitung sampai 40-50% kah?
bahkan sampai ke sayap, kaki2/tierod/balljoint, sampai as roda/hub, itu msh kebayang bisa dibikin oleh lokal....disini, meningkatlah statusnya mnjd 70an %?
sdgkan utk komponen2 inti, yaitu blok mesin, kepala silinder seisinya, transmisi dan drivetrain, sampai ke chasis nya....
itu sampai segimana sih industri kita ini?
beneran chasisnya dah dibikin di pabrik disini?
blok mesinnya? kepala silinder nya? cam nya? valve/klep nya? per/mekanisme vvt-i nya?
casing transmisinya? gir2nya/sinkromes nya? dekrup nya?
kandungan lokal sampai 85% ? itu dibikin dimana saja? kebyakan inhouse (anak perusahaan sendiri) atau lbh byk outsoursce dipasok oleh kontraktor/pabrik lokal ?
benarkah pabrik2 pengecoran logam bahkan industri kecil logam di Tegal byk yg jadi pemasok komponen mesin ? dan kaki2?
jd yg dikasih status 15% msh kandungan impor tu apa aja ?
.
kalo klub / komunitas situ mau bisa banyak visit pabrikan termasuk pabrik ban dll., ikut aktif-lah di FK3O

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
om andy mmg ikut klub / komunitas apa kalo boleh tahu ?andy1800 wrote:waduh, mmg repot ya ingin dpt sedikit saja pengetahuan kayak gitu ...yaa kita nyadar siih, pengetahuan2 semacam ini mmg sangat berharga/mahal... ....yausdah, kita berharap ada satu-dua anggota F3KO atau klub2, ada yg berkenan bagi2 pengetahuan berharga tsb dimari. di klub SM ini
sebetulnya ATPM yg punya pabrik umumnya welcome bila ada klub / komunitas merek ybs ingin berkunjung ke pabriknya.
Yg agak susah itu TMMIN, IC aja baru bisa visit ke TMMIN itu prosesnya 1 tahun lebih baru izin keluar, malah IC lebih duluan visit pabriknya HPM drpd ke TMMIN, pas di pabriknya HPM kita melihat perakitan Freed.
kalau pabrik ban sih rata2 lebih mudah minta izinnya, bahkan mereka lebih inisiatif undang klub2 / komunitas, saya pribadi bersama IC sudah pernah vist : Dunlop / Bridgestone / Goodyear / Achilles, di Bridgestone kita diajak ikut merasakan ngebut di sirkuitnya (jadi penumpang), di Achilles kita diajak ikut drifting (naek Mazda 2).......asyik banget
Well, kembali ke produsen parts otomotif, monggo liat :
http://www.igpgroup.astra.co.id/index.asp
Nah.....dia yg bikin gardan berbagai MPV / SUV, juga chassis truk.
ada lagi pabrik di daerah Cikarang yg bikin komponen mesin dr proses Sintering, mensupply ke Toyota (TMMIN)
Nih lainnya :
http://www.wika-intrade.com/index.php?o ... &Itemid=66
Nih utk filter
http://www.dnp.co.id/product.htm
Konon DNP supply ke KTB
Nihh kalo pernah lihat radiator Panther :
http://www.adr-group.com/
Lalu body parts dan mika lampu Innova juga banyak yg udah dibuat di Indo, makanya kalo facelift Ipah tuwir ke Ipah peslip or GNKI biayanya gak gitu mahal.........ini tahunya dariii ? dari orang yg nge facelift Ipah saya........

nah itu aja dulu deh....lain2-nya ya monggo anda kalo interest ya berusaha utk kumpulin data dan kita bahas sama2 di sini.
Rajin ke pameran parts spt INAPA dan kadang di IIMS suka ada bagian yg produsen parts2 otomotif DN.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
banyaknya komponen yg di suplai dari lokal akan berindikasi turunnya kualitas komponen tersebut , artinya umur mobil semakin pendek yg akhirnya cepat masuk ke Junkyard
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Itu namanya asal bunyi........solar_kerosen wrote:banyaknya komponen yg di suplai dari lokal akan berindikasi turunnya kualitas komponen tersebut , artinya umur mobil semakin pendek yg akhirnya cepat masuk ke Junkyard

Mana bisa pukul rata utk tiap mobil.......LOL
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
no comment dehTurboman wrote:Itu namanya asal bunyi........solar_kerosen wrote:banyaknya komponen yg di suplai dari lokal akan berindikasi turunnya kualitas komponen tersebut , artinya umur mobil semakin pendek yg akhirnya cepat masuk ke Junkyard![]()
Mana bisa pukul rata utk tiap mobil.......LOL

wah thanks banget sharing infonya tsb omTurboman wrote:om andy mmg ikut klub / komunitas apa kalo boleh tahu ?andy1800 wrote:waduh, mmg repot ya ingin dpt sedikit saja pengetahuan kayak gitu ...yaa kita nyadar siih, pengetahuan2 semacam ini mmg sangat berharga/mahal... ....yausdah, kita berharap ada satu-dua anggota F3KO atau klub2, ada yg berkenan bagi2 pengetahuan berharga tsb dimari. di klub SM ini
sebetulnya ATPM yg punya pabrik umumnya welcome bila ada klub / komunitas merek ybs ingin berkunjung ke pabriknya.
Yg agak susah itu TMMIN, IC aja baru bisa visit ke TMMIN itu prosesnya 1 tahun lebih baru izin keluar, malah IC lebih duluan visit pabriknya HPM drpd ke TMMIN, pas di pabriknya HPM kita melihat perakitan Freed.
kalau pabrik ban sih rata2 lebih mudah minta izinnya, bahkan mereka lebih inisiatif undang klub2 / komunitas, saya pribadi bersama IC sudah pernah vist : Dunlop / Bridgestone / Goodyear / Achilles, di Bridgestone kita diajak ikut merasakan ngebut di sirkuitnya (jadi penumpang), di Achilles kita diajak ikut drifting (naek Mazda 2).......asyik banget
Well, kembali ke produsen parts otomotif, monggo liat :
http://www.igpgroup.astra.co.id/index.asp
Nah.....dia yg bikin gardan berbagai MPV / SUV, juga chassis truk.
ada lagi pabrik di daerah Cikarang yg bikin komponen mesin dr proses Sintering, mensupply ke Toyota (TMMIN)
Nih lainnya :
http://www.wika-intrade.com/index.php?o ... &Itemid=66
Nih utk filter
http://www.dnp.co.id/product.htm
Konon DNP supply ke KTB
Nihh kalo pernah lihat radiator Panther :
http://www.adr-group.com/
Lalu body parts dan mika lampu Innova juga banyak yg udah dibuat di Indo, makanya kalo facelift Ipah tuwir ke Ipah peslip or GNKI biayanya gak gitu mahal.........ini tahunya dariii ? dari orang yg nge facelift Ipah saya........![]()
nah itu aja dulu deh....lain2-nya ya monggo anda kalo interest ya berusaha utk kumpulin data dan kita bahas sama2 di sini.
Rajin ke pameran parts spt INAPA dan kadang di IIMS suka ada bagian yg produsen parts2 otomotif DN.
saya nggak ikut klub/komunitas om, ya cuma klub SM ini andalan saya.... terutama divisi konslet nya


mskipun sbneenrya tentu akan dg senang hati kawan2 santier SOCI yg mmg tumbuh dr SM ini, atau jg rekan2 NDCI yg semuanya baik hati, akan mempersilakan kita2 klo kita ingin nyelip ngikut, pas ada vactory visit. cm sygnya blm pernah dpt wktu yg pas saja. semoga suatu saat bisa ikutan.
again, thanks info2nya

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Jadi kepikiran aja.....gimana ya misalnya kalo komunitas SM ini diresmikan jadi sebuah komunitas independent ya kira2, sehingga existensi-nya akan lebih nyata, trus ikut serta di FK3Oandy1800 wrote:
saya nggak ikut klub/komunitas om, ya cuma klub SM ini andalan saya.... terutama divisi konslet nya![]()
![]()
mskipun sbneenrya tentu akan dg senang hati kawan2 santier SOCI yg mmg tumbuh dr SM ini, atau jg rekan2 NDCI yg semuanya baik hati, akan mempersilakan kita2 klo kita ingin nyelip ngikut, pas ada vactory visit. cm sygnya blm pernah dpt wktu yg pas saja. semoga suatu saat bisa ikutan.
again, thanks info2nya
Hanya saja, siapa yg kira2 mau aktip jadi ketua dan seksi2 ? Ini yg agak repot.........
Just my cepekan
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
tulll. ide yg mantap. potensi yg hebat.Turboman wrote:Jadi kepikiran aja.....gimana ya misalnya kalo komunitas SM ini diresmikan jadi sebuah komunitas independent ya kira2, sehingga existensi-nya akan lebih nyata, trus ikut serta di FK3Oandy1800 wrote:
saya nggak ikut klub/komunitas om, ya cuma klub SM ini andalan saya.... terutama divisi konslet nya![]()
![]()
mskipun sbneenrya tentu akan dg senang hati kawan2 santier SOCI yg mmg tumbuh dr SM ini, atau jg rekan2 NDCI yg semuanya baik hati, akan mempersilakan kita2 klo kita ingin nyelip ngikut, pas ada vactory visit. cm sygnya blm pernah dpt wktu yg pas saja. semoga suatu saat bisa ikutan.
again, thanks info2nya
Hanya saja, siapa yg kira2 mau aktip jadi ketua dan seksi2 ? Ini yg agak repot.........
Just my cepekan


cm mmg dr pengalaman lalu2, klo SM ini mmg berat sekali utk dikumpulin.
mencontoh pengalaman sodara2 kita di SOCI, sangat diperlukan sukarelawan yg rendah hati dan ceria selalu, spt om kuruma, inoz, dan andra itu.





komuniatas SM.... so far yg plg aktif kumpul palingan Abu2 sm NG, klo dua karib itu sih mmg dah hari2 demen spa bareng


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
By home production? Suplai ke pabrikan besar?solar_kerosen wrote:biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rushudah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals
Boleh tau, mana aja?
Tau arti BOP atau ngga?solar_kerosen wrote:Toyota analisis profit :
di type lama keuntungan unit avanza bisa sampai 50 -70 % dari harga jual
di type terbaru keuntungan berkurang drastis dari 25-30 % % dari harga jual
FAQ :
- gak dihitung biaya after sales service ? pemain lama coy , udah lewat BOP
- biaya R&D ? , teknologi jadul 10 tahun yg lalu low budget

Tau ngga apa itu aftersales service cost?

Emang udah tau berapa kira2 biaya R&D untuk A.N.A?

Biarpun ane ngga suka bentuk desain A.N.A, tapi ANDA bisa meriset bentuk bodi baru usulan dari Anda ke pabrikan? Lengkap dengan hitung hitungan / kalkulasi rancang bangun struktur dan kekuatan body?

Biarpun sebuah produk itu jadul, tapi kalau pangsa pasar masih ada demandnya, masalah?

Misalnya, Suzuki Carry 1.5 yang jadul dan engga ada bonnet untuk safety tapi masih produksi karena demandnya masih tinggi, masalah, bang?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Baru denger ini ada statement : bumper buatan Home industri yang dipake TMMIN ????solar_kerosen wrote:biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rushudah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals
Boleh disebut buatan home industri mana ya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
KOKUSAI GODO DENSO (KGD), PT
Vehicle and truck body part, Motor vehicle electrical equipment (lampu rem dll)
BAKRIE TOSANJAYA, PT
INDONESIA NIPPON SEIKI, PT
Speedo Meter Mobil & Motor
IRC INOAC INDONESIA, PT
Automotive rubber and plastic components
Automotive Interiors, for comfort and quiteness
ENKEI INDONESIA, PT
Velk
dan masih banyak lagi al : Jok, Busi, Kabel, Baut/Mur dll
Vehicle and truck body part, Motor vehicle electrical equipment (lampu rem dll)
BAKRIE TOSANJAYA, PT
INDONESIA NIPPON SEIKI, PT
Speedo Meter Mobil & Motor
IRC INOAC INDONESIA, PT
Automotive rubber and plastic components
Automotive Interiors, for comfort and quiteness
ENKEI INDONESIA, PT
Velk
dan masih banyak lagi al : Jok, Busi, Kabel, Baut/Mur dll
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
- Location: dipelukan gunung kembar
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
ane tidak bisa menjawab pertanyaan langsung dari om andy, tapi ane bisa ngasi pendapat kira kira seperti ini
anggap saja mobil itu satu keutuhan, kemudian breakdown (dipreteli) satu per satu misalnya mesin, chasis, bodi, drivetrain, interiror, suspesnsi, kemudi, kelistrikan, accessories pedukung, kemudian dari item item tersebut diturunkan lagi. Misalnya mesin, terdiri atas apa saja, piston, stang piston, camshaft dll. bodi juga gitu bodi kiri, bodi kanan, atap, platform, pintu belakang, kap mesin, kaca2 dll, belum lagi baut mur pengikat pasti itu juga diitung di dalamnya. Kalau dihitung hitung yaa bisa banyuak sekaliiii
Nah biasanya yang ane lihat ketika manufacturing akan membuat produk secara masal di suatu negara, mereka pasti akan melihat komponen penyusun tersebut apakah sudah tersedia dan komponen tersebut memenuhi standar bila dirakit disana. Biasanya mereka menggunakan vendor vendor dari anak perusahaan untuk mudahnya. Seperti group astra untuk memasok komponen manufacturing honda toyota daihatsu dsbgnya serta mendapatkan lisensi dari pihak prinsipal untuk membuat component tersebut. Tidak tahu apaakah bahan component tersebut diimpor dari luar atau mereka buat sendiri. Seperti beberapa waktu lalu yang terjadi pada manufacturing honda di tahiland. Gara gara banjir di sana, hpm tidak bisa memproduksi honda jazz. Padahal jazz sendiri sudah CKD dan mengguanakan component lokal, component lokal juga tidak bisa mensupply karena juga terkendala ketersediaan bahan penyusun component tersebut.
kira kira gitu CMIIW
ane setuju bila dibentuk komunitas SM, karena nantinya pasti mendapatkan wawasan yang luas dari om om di sini, dan saya pun merasakannya
anggap saja mobil itu satu keutuhan, kemudian breakdown (dipreteli) satu per satu misalnya mesin, chasis, bodi, drivetrain, interiror, suspesnsi, kemudi, kelistrikan, accessories pedukung, kemudian dari item item tersebut diturunkan lagi. Misalnya mesin, terdiri atas apa saja, piston, stang piston, camshaft dll. bodi juga gitu bodi kiri, bodi kanan, atap, platform, pintu belakang, kap mesin, kaca2 dll, belum lagi baut mur pengikat pasti itu juga diitung di dalamnya. Kalau dihitung hitung yaa bisa banyuak sekaliiii

Nah biasanya yang ane lihat ketika manufacturing akan membuat produk secara masal di suatu negara, mereka pasti akan melihat komponen penyusun tersebut apakah sudah tersedia dan komponen tersebut memenuhi standar bila dirakit disana. Biasanya mereka menggunakan vendor vendor dari anak perusahaan untuk mudahnya. Seperti group astra untuk memasok komponen manufacturing honda toyota daihatsu dsbgnya serta mendapatkan lisensi dari pihak prinsipal untuk membuat component tersebut. Tidak tahu apaakah bahan component tersebut diimpor dari luar atau mereka buat sendiri. Seperti beberapa waktu lalu yang terjadi pada manufacturing honda di tahiland. Gara gara banjir di sana, hpm tidak bisa memproduksi honda jazz. Padahal jazz sendiri sudah CKD dan mengguanakan component lokal, component lokal juga tidak bisa mensupply karena juga terkendala ketersediaan bahan penyusun component tersebut.
kira kira gitu CMIIW
ane setuju bila dibentuk komunitas SM, karena nantinya pasti mendapatkan wawasan yang luas dari om om di sini, dan saya pun merasakannya

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
orang ngawur asbun ga usa diladenin om... wong jelas2 kenalan ane kerja di salah satu manufaktur yg bikin bumper nya atoyot gt...Turboman wrote:Baru denger ini ada statement : bumper buatan Home industri yang dipake TMMIN ????solar_kerosen wrote:biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rushudah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals
Boleh disebut buatan home industri mana ya ?
home industri mbah mu..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
coba baca koran otomotif minggu ini gan, disitu ada rubrik otomotif wawancara pemilik yg dia punya usaha pembuatan bemper PU dan sudah menyuplai ke banyak pabrikan mobil kelas menengah bawah sebangsa avanza rush apv dll . kalau beritanya tidak valid berarti koran otomotif sekelas dengan pos kotaTurboman wrote:Baru denger ini ada statement : bumper buatan Home industri yang dipake TMMIN ????solar_kerosen wrote:biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rushudah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals
Boleh disebut buatan home industri mana ya ?
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
jadi inget tempohari beli kampas rem buat si santi,
meski dus-nya tertulis Genuine Hyundai, tapi dibawahnya ada tulisan buatan PT apa gitu lupa, yg jelas buatan bekasi
satu lagi,
saya dulu sering keluar masuk bengkel-nya ATMI St. Michael, Solo sekitar tahun 2003-2004an, karena hubungan bisnis dan kebetulan eks sekolah saya juga masih satu "group" dengan mereka
disana saya sering lihat mereka lagi casting blok mesin mobil dan motor
karena perjanjian kerahasiaan customer, mereka ngga bilang order-nya siapa, dan di blok setengah jadi tersebut, memang belum ada stamping merk-nya
kalau saya lihat sekilas dan ga salah ingat, blok mesin mesin motor-nya mirip punya Honda, cmiiw loh...
ATMI St. Michael Solo
ATMI Cikarang
meski dus-nya tertulis Genuine Hyundai, tapi dibawahnya ada tulisan buatan PT apa gitu lupa, yg jelas buatan bekasi

satu lagi,
saya dulu sering keluar masuk bengkel-nya ATMI St. Michael, Solo sekitar tahun 2003-2004an, karena hubungan bisnis dan kebetulan eks sekolah saya juga masih satu "group" dengan mereka
disana saya sering lihat mereka lagi casting blok mesin mobil dan motor
karena perjanjian kerahasiaan customer, mereka ngga bilang order-nya siapa, dan di blok setengah jadi tersebut, memang belum ada stamping merk-nya
kalau saya lihat sekilas dan ga salah ingat, blok mesin mesin motor-nya mirip punya Honda, cmiiw loh...
ATMI St. Michael Solo
ATMI Cikarang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
Otomotif...??solar_kerosen wrote:coba baca koran otomotif minggu ini gan, disitu ada rubrik otomotif wawancara pemilik yg dia punya usaha pembuatan bemper PU dan sudah menyuplai ke banyak pabrikan mobil kelas menengah bawah sebangsa avanza rush apv dll . kalau beritanya tidak valid berarti koran otomotif sekelas dengan pos kotaTurboman wrote:Baru denger ini ada statement : bumper buatan Home industri yang dipake TMMIN ????solar_kerosen wrote:biasa gan di indonesia banyak info terbatas maklum buat orang terpelajar , setahu saya bemper2 PU atau fiber bangsa bangsa avanza, trash maksud gue rushudah dibuat atau di supply sama Home production lebih murah,lebih aman karena gak pake banyak karyawan dan merk sehingga mengurangi pajak ,teknologi sudah dikuasai orang lokal ,handle handle pintu plastik itu sudah termasuk suplier lokals
Boleh disebut buatan home industri mana ya ?















Sudah lupa tuh.......




" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
andy1800 wrote: komuniatas SM.... so far yg plg aktif kumpul palingan Abu2 sm NG, klo dua karib itu sih mmg dah hari2 demen spa bareng![]()
jadi ketularan asbun neh pa'E ...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
mario mana nih? dr dulu dia nyari temen buat spa bareng tuhh............ 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?
saya malah punya "mimpi" yang lebih gila dari anda pak (tapi tidak mustahil di wujudkan) ...pertamaTurboman wrote: Jadi kepikiran aja.....gimana ya misalnya kalo komunitas SM ini diresmikan jadi sebuah komunitas independent ya kira2, sehingga existensi-nya akan lebih nyata, trus ikut serta di FK3O
Hanya saja, siapa yg kira2 mau aktip jadi ketua dan seksi2 ? Ini yg agak repot.........
Just my cepekan
buat apa visit ke assembly facility yang sudah jelas jelas sulit di tembus? datangi saja pembuatan esemka ...mumpung masih belum ketat industrial recipe nya sehingga mirip kunjungan ke fabriek tahu (bukan merendahkan ya tapi memang lebih mudah mengaksesnya) karena buat saya ...bikin mobil itu dimana mana sama saja ...yang beda cuma quality control dan quality standard ...branding adalah gimmick creation untuk membedakan satu dan lain
SM jadi komunitas independen ...saya berpikir ini bisa lebih dari itu ...macam orang Italia, alm. Henri Théodore Pigozzi alias Enrico Teodoro Pigozzi (1898–1964) yang awal tahun 1933 dia bikin komunitas rekan seprofesi dari hasil ngobrol bareng di bar n warung kopi
dia dirikan yang namanya asosiasi industri mekanis dan bodi kendaraan yang resminya bernama Société Industrielle de Mécanique et Carrosserie Automobile atau bahasa inggrisnya secara bebas bisa di terjemahkan sebagai the mechanical and automotive body industrial society. belum puas dengan cuma ngumpul n nongkrong saja kemudian dia minta teman temannya saweran (collecting monies, fund raising) dan beli fabriek mobil yang sudah bangkrut...namanya Donnet-Zédel
terus dia minta semua temannya yang tadinya cuma karyawan n buruh fabriek (yg rata rata cuma belajar mekanika teknik secara otodidak untuk bikin mobil dari hasil jiplak sana sini ...bahkan 14 unit mobil teman temannya di kumpulkan untuk di bongkar bareng n buat konstruksi mobil sehingga pada tanggal 2 November 1934 roll out pertama kali mobil yang diberi nama dari singkatan organisasinya ...SIMCA
SIMCA pertama tidak lebih dari 90% hasil kloning fiat produksi tahun 1933 sehingga beberapa teman yang kurang puas ...langsung minta ganti rugi atas mobil mobil mereka yang di bongkar habis n tdk bisa pasang lagi dengan sempurna ...seminggu sesudah produksi Pigozzi praktis bangkrut akibat harus membayar ganti kerugian tersebut sehingga dia terpaksa minta maaf kepada fiat s.p.a (turin, italia) atas perbuatannya menjiplak
namun fiat tertarik atas kreatifitasnya dan memutuskan untuk inbreng saham di SIMCA hingga tahun 1969 ...bahkan bersedia menalangi 100% pembelian ford of france demi perluasan assembly line sekaligus peningkatan produksi
nah kenapa perlunya visit ke brand sekelas esemka?
karena esemka produk line upnya dibuat berdasarkan belanja berbagai komponen otomotif di china, khususnya beijing yaitu Beijing WuFang TianYa Auto Parts City yang luasnya 400 hektar atau seluas seluruh area kemayoran (hingga lap golf dll) yg padanannya kalo di Tokyo itu (luar kota) Odaiba. dulu lokasinya di Shuangjing Auto Parts Street
sekarang lokasinya di Chaoyang District sebelah timur Wang Si Ying Xiang, di dekat ringroad East 5th Ring, Beijing-Shenyang expressway arah utara menuju East 4th Ring Jingtong entrance dan South Wang Jingjintang highway yg jaraknya 11 km sebelah barat World Trade Center. ini pernah saya sampaikan lokasinya di situs sebelah tapi ga ada yang tertarik.
Siapapun yang minat “bikin mobil sendiri” tanpa harus repot bikin fabriek bisa deh jalan ke sana dan belanja. Seperti orang mau baju bagus tapi maunya made-to-order sehingga datanglah dia ke modiste atau blambangan tailor radio dalam maupun haji nawi. Nah kalo belanja ke sana...bisa bikin motor / mobil sendiri n banyak tukang bikin emblem...tukang jahit airbag juga ada, smua bisa dibuat disana, sewa mesin press (u cetak body)juga ada (bikin 500 pieces keatas dikasih cetakan panel nya gratis)...komplit deh.. Bisa bawa panel body asli utk kloning seperti apa itu Foton Tungau? Foton apa itu yang Dual Cab yang samping seperti Ford Ranger dan belakangnya mirip apa n dia pakai mesin Turbocharged Cummins (US brand tapi fabricated in China)
itu sebabnya cina punya banyak brands tapi tidak sedikit diantara mereka yang begitu mirip satu dengan lainnya tapi ternyata tidak saling mengenal alias tidak punya hubungan afiliasi apapun bahkan ...kantor pusatnya seringkali berupa office space sebesar ruko dengan bapak sebagai CEO, emak sebagai direktur keuangan, oma opa itu komisaris dan anak anak ada di level senior management, mirip usaha restoran di jkt,
Jadi saat Indo masih berkutat soal local content ... auto industry cina sudah jauh lebih unggul (bukan lebih baik mutu nya ya) karena auto industry nya di hidupi oleh autoparts industry (sebagai kebalikan dari Indo dimana auto industry menghidupi autoparts industry)
saya memang buta formula perhitungan local content tapi saya yakin apa yang diutarakan diatas bisa di buat di indo dan tidak usah kuatir dengan funding ...saat banking itu pelit ...gereja dan masjid bisa jadi sumber dana ...masih banyak org gila yg mimpi bahwa hal ini bisa dilaksanakan meski mrk tdk tau ...dengan apa harus memulainya
nah esemka punya 1 strong point, mereka sdh start dengan baik untuk urusan publikasi nya (saya ga omong mutu dan kejujuran serta public acceptance)
sorry kebanyakan tulisannya