Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
kumpulin aja sedikit demi sedikit
scara org kita ni kayaknya nalurinya suka menghubung2kan. makanya urban legend sedemikian laris beredar. tak terkecuali di dunia otomotib.
- ada hal2 yg mmg hubungannnya erat, jadilah dia fakta.
- ada jg yg klo digali2 mmg bisa ada hubungannya, tp tipis, tp gak segitunya jg, gak signifikan. ini yg bs saja kemudian mnjadi mitos.
silaken
scara org kita ni kayaknya nalurinya suka menghubung2kan. makanya urban legend sedemikian laris beredar. tak terkecuali di dunia otomotib.
- ada hal2 yg mmg hubungannnya erat, jadilah dia fakta.
- ada jg yg klo digali2 mmg bisa ada hubungannya, tp tipis, tp gak segitunya jg, gak signifikan. ini yg bs saja kemudian mnjadi mitos.
silaken
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Newbie numpang nimbrung. Dulu nih waktu kecil, saya pernah nanya ke ortu saya... "Pa/ma itu waktu mau matiin mobil kok digas dulu?" (kalimatnya ga persis kek gitu soalnya dulu masih kecil tapi ya intinya gitu deh). Trus dijawab buat bantu isi aki mobil biar aki ga gampang soak. Sekedar info dulu keluarga saya pake mobil toyota corolla sama panther, 2 2 beli dari baru. Nah sekarang pas dah gede nih, blom lama yang lalu sempet baca artikel di website kompas/detik saya lupa... Tapi yang pasti saya nangkepnya bahwa perilaku seperti itu sebenarnya salah kaprah, malahan bisa berefek negatif (negatifnya apa saya rada lupa, cuman inget minyak / oli jadi naik atau gimana gitu
). Sebelum saya baca artikel itu, saya ngikut deh kebiasaan ortu ngegas2 panther saya sebelum matiin mobil (meski ga selalu). Untungnya, mobil panther lawas saya (tahun 2001 and sudah terjual sebulanan yang lalu) ga ada mengalami permasalahan yang berarti, yang bisa dikaitkan dengan kebiasaan ngegas-ngegas itu.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
perilaku ngegas2 gitu adalah TINDAKAN TEPAT utk mobil jadul sebelum 60an yg pengisian kelistrikannya blom pake cutout ato gimanalah gitu, sy kurang ngerti persis teori teknisnya, dan memang bener itu utk ngisi ekstra ke aki.toonafish wrote:Newbie numpang nimbrung. Dulu nih waktu kecil, saya pernah nanya ke ortu saya... "Pa/ma itu waktu mau matiin mobil kok digas dulu?" (kalimatnya ga persis kek gitu soalnya dulu masih kecil tapi ya intinya gitu deh). Trus dijawab buat bantu isi aki mobil biar aki ga gampang soak. Sekedar info dulu keluarga saya pake mobil toyota corolla sama panther, 2 2 beli dari baru. Nah sekarang pas dah gede nih, blom lama yang lalu sempet baca artikel di website kompas/detik saya lupa... Tapi yang pasti saya nangkepnya bahwa perilaku seperti itu sebenarnya salah kaprah, malahan bisa berefek negatif (negatifnya apa saya rada lupa, cuman inget minyak / oli jadi naik atau gimana gitu). Sebelum saya baca artikel itu, saya ngikut deh kebiasaan ortu ngegas2 panther saya sebelum matiin mobil (meski ga selalu). Untungnya, mobil panther lawas saya (tahun 2001 and sudah terjual sebulanan yang lalu) ga ada mengalami permasalahan yang berarti, yang bisa dikaitkan dengan kebiasaan ngegas-ngegas itu.
yang pasti salah kaprah diterapin di mobil '60an up.

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
mau nanya nih. Klo parkir di tanjakan perlu gak gigi dimasukkan? kan udah ada rem tangan....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Untuk mobil manual amannya masukan gigi 1 kalau parkir ditanjakan krn rem tangan kadang suka loss
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Kalo mobil matic perlu diapain kalo parkir lama di turunan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Setauku klo soal menahan laju mobil di tanjakan/bidang yg miring sah2 aja sih klo msh mau menggunakan pengganjal yg diselipin di ban..
Klo pake handbreak, kan minyak rem nya slalu nekan piston cakram->ada tegangan di selang2 yg dilalui oleh minyak rem tersebut. Bs menimbulkan kekhawatiran di kekuatan sambungan selang2 itu td.. CMIIW
Klo pake handbreak, kan minyak rem nya slalu nekan piston cakram->ada tegangan di selang2 yg dilalui oleh minyak rem tersebut. Bs menimbulkan kekhawatiran di kekuatan sambungan selang2 itu td.. CMIIW
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
di trid lain ane juga nanyain ini :
mobil yang abis kena air ujan harus dibilas pake air tawar dulu, katanya biar gak gampang karatan.. apa bener yaa???
mobil yang abis kena air ujan harus dibilas pake air tawar dulu, katanya biar gak gampang karatan.. apa bener yaa???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
oooo....ternyata gitu penjelasannya. Thx semua.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Ada benarnya bro, air hujan kan pH nya kurang dari 7, lebih asam mempercepat corrosion process. Kalo air tawar (PDAM) pH dimaintain 7.AB1050 wrote:di trid lain ane juga nanyain ini :
mobil yang abis kena air ujan harus dibilas pake air tawar dulu, katanya biar gak gampang karatan.. apa bener yaa???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
liat2 mobilnya sih.... ada juga yang handbrake pake kawat baja mekanis meski remnya hidrolik, contoh aerio, avanza xenia dsbmr-saga wrote:Setauku klo soal menahan laju mobil di tanjakan/bidang yg miring sah2 aja sih klo msh mau menggunakan pengganjal yg diselipin di ban..
Klo pake handbreak, kan minyak rem nya slalu nekan piston cakram->ada tegangan di selang2 yg dilalui oleh minyak rem tersebut. Bs menimbulkan kekhawatiran di kekuatan sambungan selang2 itu td.. CMIIW
Trus kalo apply park di automatic ato masuk gigi di manual, pastiin kita pasang handbrake dulu dan benar2 mobil ga melorot baru kita tambahkan pengaman pake transmisi....jadi transmisinya bantuan pengaman, kalo kebalik takutnya malah yang nahan ntuh transmisi sedangkan handbrakenya cuman tambahan atau malah kita kurang nariknya...
parkir di tanjakan / turunan bila dekat dengan trotoar biar juga ban dibelokkan jadi kalo melorot ban depan mobil mengarah ke trotoar dan terganjal trotoar.....
ini ada link : http://www.sdt.com.au/safedrive-directo ... NGTIPS.htm
regards,PARKING ON A HILL
When parking on a hill, the parkbrake (or handbrake as it is also known) is put to the test. A poorly adjusted, regularly misused or worn parkbrake may not hold the weight of the car.
Although unlikely in a new car, if the parkbrake won’t hold the car find a level parking spot and get your parkbrake serviced as soon as possible.
For added security though on a steep hill park the car in gear.
The correct procedure though is very important. Many drivers simply throw the car into gear (or Park in an automatic) and rip the handbrake on. In this example the weight of the car is usually held more by the selector pin in the automatic transmission (or gearbox) than by the parkbrake.
Whenever you are parking a car, park and stop safely. At this point your footbrake should be holding the car stationary, select neutral no matter whether the car has an automatic or manual transmission, pull on and apply the parkbrake. The correct way to apply the parkbrake is to push the button in as you are pulling it on. Avoid the ratchet sound and reduce wear on the metal teeth. Let the button out as the parkbrake is on, pull again firmly to hear one click, let your foot slowly off the footbrake, now the car’s weight is held by the parking brake, now select 1st gear in a manual or PARK in an automatic for added security.
On a steep hill also turn the steering wheel, so that the cars wheels are facing in the right direction.
For added safety when parking your vehicle on a steep uphill slope, turn your wheel out from the kerb so that if in the unlikely event of a handbrake failure, the rolling car may be restrained by the kerb.
If parking on a downhill slope, turn the wheels in to the kerb, so again the kerb my stop a runaway car.
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Tanya:
Katanya sebelum menghidupkan AC, jendela dibuka dulu, sebab beberapa detik pertama udara yg keluar dari lubang AC mengandung gas yg tidak sehat buat tubuh.
Mitos atau fakta?
Katanya sebelum menghidupkan AC, jendela dibuka dulu, sebab beberapa detik pertama udara yg keluar dari lubang AC mengandung gas yg tidak sehat buat tubuh.
Mitos atau fakta?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
thnx ya Om atas pencerahannya..singachu wrote:liat2 mobilnya sih.... ada juga yang handbrake pake kawat baja mekanis meski remnya hidrolik, contoh aerio, avanza xenia dsbmr-saga wrote:Setauku klo soal menahan laju mobil di tanjakan/bidang yg miring sah2 aja sih klo msh mau menggunakan pengganjal yg diselipin di ban..
Klo pake handbreak, kan minyak rem nya slalu nekan piston cakram->ada tegangan di selang2 yg dilalui oleh minyak rem tersebut. Bs menimbulkan kekhawatiran di kekuatan sambungan selang2 itu td.. CMIIW
Trus kalo apply park di automatic ato masuk gigi di manual, pastiin kita pasang handbrake dulu dan benar2 mobil ga melorot baru kita tambahkan pengaman pake transmisi....jadi transmisinya bantuan pengaman, kalo kebalik takutnya malah yang nahan ntuh transmisi sedangkan handbrakenya cuman tambahan atau malah kita kurang nariknya...
parkir di tanjakan / turunan bila dekat dengan trotoar biar juga ban dibelokkan jadi kalo melorot ban depan mobil mengarah ke trotoar dan terganjal trotoar.....
ini ada link : http://www.sdt.com.au/safedrive-directo ... NGTIPS.htm
regards,PARKING ON A HILL
When parking on a hill, the parkbrake (or handbrake as it is also known) is put to the test. A poorly adjusted, regularly misused or worn parkbrake may not hold the weight of the car.
Although unlikely in a new car, if the parkbrake won’t hold the car find a level parking spot and get your parkbrake serviced as soon as possible.
For added security though on a steep hill park the car in gear.
The correct procedure though is very important. Many drivers simply throw the car into gear (or Park in an automatic) and rip the handbrake on. In this example the weight of the car is usually held more by the selector pin in the automatic transmission (or gearbox) than by the parkbrake.
Whenever you are parking a car, park and stop safely. At this point your footbrake should be holding the car stationary, select neutral no matter whether the car has an automatic or manual transmission, pull on and apply the parkbrake. The correct way to apply the parkbrake is to push the button in as you are pulling it on. Avoid the ratchet sound and reduce wear on the metal teeth. Let the button out as the parkbrake is on, pull again firmly to hear one click, let your foot slowly off the footbrake, now the car’s weight is held by the parking brake, now select 1st gear in a manual or PARK in an automatic for added security.
On a steep hill also turn the steering wheel, so that the cars wheels are facing in the right direction.
For added safety when parking your vehicle on a steep uphill slope, turn your wheel out from the kerb so that if in the unlikely event of a handbrake failure, the rolling car may be restrained by the kerb.
If parking on a downhill slope, turn the wheels in to the kerb, so again the kerb my stop a runaway car.
singachu


> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Nov 15, 2012 5:56
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Betul Om...apalagi kalo mobil tua, jd inget pernah pake Jimny '84 pas jalan2 dimall dicari2 satpam ama tukang parkir gara2 diparkiran mobil jalan sendiri ampe nutup jalan hehehehe...untung ga nabrak mobil orang.DigitALL wrote:Untuk mobil manual amannya masukan gigi 1 kalau parkir ditanjakan krn rem tangan kadang suka loss
Thanks a lot and regards
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Kalo mobil parkir pas njemput ponakan gw yg tk,gw tongkrongin tuh mobil,ngeri buat mainan aja
mitos atau bukan sebodo pokoknya ada kids extra waspada,pernah mobil gw ada tulisan pake batu "firman tk c...I..."....................
mitos atau bukan sebodo pokoknya ada kids extra waspada,pernah mobil gw ada tulisan pake batu "firman tk c...I..."....................

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Biasanya udara pertama AC itu bau apek. Jadi biar bercampur dulu dengan udara luar. Di evaporator AC biasanya ada debu lembab, yang cocok untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadi mungkin ada benarnya.artoodetoo wrote:Tanya:
Katanya sebelum menghidupkan AC, jendela dibuka dulu, sebab beberapa detik pertama udara yg keluar dari lubang AC mengandung gas yg tidak sehat buat tubuh.
Mitos atau fakta?
Kalau baru parkir di tempat panas udara dari AC juga panas banget jadi lebih nyaman dinetralkan dulu dengan udara luar.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
ah yg buka jendela waktu pertama ac nyala jg ane sering lakukan
di captiva mungkin sedikit banyak bau asem knalpot ada yg masuk ya
jadi apeknya ac pertama nyala ada kena pengaruh, ga enak banget, tp sebentar jg ilang sih
di captiva mungkin sedikit banyak bau asem knalpot ada yg masuk ya
jadi apeknya ac pertama nyala ada kena pengaruh, ga enak banget, tp sebentar jg ilang sih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Tanya:
Ane dikasih saran sama om saya Mobil kijang kapsul dan inopah, kalo tiap tutup bagasi disuruh buka kaca or pintu (selain bagasi), biar ada udara yang keluar, ga merusak kuping. tapi ane coba tanpa buka kaca/pintu ternyata tidak mengganggu kuping, apa kuping gw udah error ya...
Ane dikasih saran sama om saya Mobil kijang kapsul dan inopah, kalo tiap tutup bagasi disuruh buka kaca or pintu (selain bagasi), biar ada udara yang keluar, ga merusak kuping. tapi ane coba tanpa buka kaca/pintu ternyata tidak mengganggu kuping, apa kuping gw udah error ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Makasih pencerahannya 

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Kapsul ane kalo nutup pintu bagasi belakang nggak bisa rapet kecuali jendela atau salah satu pintu dibuka.pdm wrote:Tanya:
Ane dikasih saran sama om saya Mobil kijang kapsul dan inopah, kalo tiap tutup bagasi disuruh buka kaca or pintu (selain bagasi), biar ada udara yang keluar, ga merusak kuping. tapi ane coba tanpa buka kaca/pintu ternyata tidak mengganggu kuping, apa kuping gw udah error ya...
Katanya ada saluran untuk membuang tekanan udara berlebih, di sebelah mana ya? jangan-jangan mampet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Nyumbang topik ah,...
Melakukan Warming up mesin sampe diatas 10-15 menit ...
Mematikan mesin waktu jalan menurun ( agar ngirit BBM)
Mengempiskan ban waktu hujan dengan maksud biar ban ngak mudah selip.
sementara itu dulu
Melakukan Warming up mesin sampe diatas 10-15 menit ...
Mematikan mesin waktu jalan menurun ( agar ngirit BBM)
Mengempiskan ban waktu hujan dengan maksud biar ban ngak mudah selip.
sementara itu dulu

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Nubitol ikutan nimbrung :
Didaerah2 masih banyak sekali kalo di persimpangan dan perempatan itu lampu hazzard dinyalain, katanya berarti mau lurus, ngk ke kanan ngk ke kiri
Kalo di jkt pas ujan lebat umumnya pada nyalain hazzard biar org blkg tau dan ati2
Didaerah2 masih banyak sekali kalo di persimpangan dan perempatan itu lampu hazzard dinyalain, katanya berarti mau lurus, ngk ke kanan ngk ke kiri

Kalo di jkt pas ujan lebat umumnya pada nyalain hazzard biar org blkg tau dan ati2

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
"Mematikan mesin waktu jalan menurun ( agar ngirit BBM)"
@unta item:
Bukan-nya bahaya mematikan mesin saat jalan menurun, misal di parkiran yg lagi macetpun, kalo mesin mati biasa pedal rem keras jadi susah ngerem...
Cmiiw
@unta item:
Bukan-nya bahaya mematikan mesin saat jalan menurun, misal di parkiran yg lagi macetpun, kalo mesin mati biasa pedal rem keras jadi susah ngerem...
Cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
klo ane pagi2 emang panasin mobil tp ndak nyampe 5 menit. tujuannya bukan buat manasin mesin, tapi buat buang udara kotor AC, soalnya pernah baca klo embusan angin AC yg pertama keluar setelah ndak dinyalain cukup lama bisa berbahaya buat kesehatan. bener kah?
Biasanya klo dashboard mobil ane bunyi gemetar (maklum bukan mobil baru), ane pukul tuh...lumayan untuk beberapa detik setelah dipukul bunyinya ilang
Pernah juga dibilangin temen klo beli bengsin jgn siang2, beda takarannya yg masuk. entah bener atau ndak, tapi ane klo beli bengsin biasanya pagi2 pas mau brgkt kuliah
Biasanya klo dashboard mobil ane bunyi gemetar (maklum bukan mobil baru), ane pukul tuh...lumayan untuk beberapa detik setelah dipukul bunyinya ilang
Pernah juga dibilangin temen klo beli bengsin jgn siang2, beda takarannya yg masuk. entah bener atau ndak, tapi ane klo beli bengsin biasanya pagi2 pas mau brgkt kuliah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
contoh2 mitos2 yg membahayakan.Unta_item wrote:Nyumbang topik ah,...
Melakukan Warming up mesin sampe diatas 10-15 menit ...
Mematikan mesin waktu jalan menurun ( agar ngirit BBM)
Mengempiskan ban waktu hujan dengan maksud biar ban ngak mudah selip.
sementara itu dulu
manasin mesin selama itu artinya buang2 bbm, dan jg berbahaya bila asap knalpot masuk ke dlm rumah.
saat mesin mati kinerja rem jd manual. bahaya sekali di jalan turunan tanpa rem yg bekerja sempurna. kalu pakai tenaga superman sih gpp.
ban kempis memang melebarkan tapak ban. tp ada resiko dinding ban terlipat bila harus bermanuver mendadak. kondisi kering saja berbahaya, apalagi hujan.
Accurate V5 Accounting System Consultant