Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?
Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.
- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?
Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
kalo ane biasa idle agak lama kalo lagi macet parah doang bro
kalo lagi ga macet biasa ane matiin mesin pas berhenti agak lama misalnya pas nungguin org gitu. kalo buat ngadem sih jarang. kecuali kondisi emang panas bgt
yg ane perhatiin setiap idle agak lama pasti mesin jadi ngelitik parah
ane perhatiin di mobil ane yg lama,mobil ortu ama mobil ane yg sekarang pasti ngelitik kalo abis idle agak lama/macet parah
kalo lagi ga macet biasa ane matiin mesin pas berhenti agak lama misalnya pas nungguin org gitu. kalo buat ngadem sih jarang. kecuali kondisi emang panas bgt

yg ane perhatiin setiap idle agak lama pasti mesin jadi ngelitik parah
ane perhatiin di mobil ane yg lama,mobil ortu ama mobil ane yg sekarang pasti ngelitik kalo abis idle agak lama/macet parah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
sering om, apalagi kalau lagi nungguin bini ane beli sesuatu tapi ane males ikut turun, pasti mesin idle karna AC gak ane matiin..kadang lama juga sih..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
lbh cepet rusak mana kn pertanyaan nya? ya pasti lebih cepet rusak dijalanin toh secara kn kopling rem ban n mesin lebih cepet aus om... klo idle ya pasti mesin lebih awet tapi jgn slh kopling rem pun bsa macet om karna ya itu ga pernah kepake... yg jelas klo idle lebih irit bensin nya hahahaha...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Sering banget malah. Terutama pas nungguin adek casting sama shooting. Bahkan sampe berjam2. Tujuannya buat ngadem. Jadi kayak tempat istirahat aja. Males nungguin di sekitar lokasi. Ane pake papanjah ama terios. Ga pernah ada problem. Yang penting begitu bensin abis tinggal isi.
BTW salam kenal yah semuanya...
BTW salam kenal yah semuanya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Kalau sering idle ruang bakar cepat berkerak. Untuk mesin yang pakai Catalytic konverter, CC nya bisa overheat dan bisa kebakaran kalau di dekat nya ada rumput kering misalnya.
Bahaya lainnya asap CO masuk ke kabin bisa berbahaya sekali.
Kalau mobil ane berhubung pakai kipas visco idle nunggu di tempat panas, AC nya biasanya nggak kerasa dingin. Di gas-gas sedikit baru terasa dingin, tapi bbm nya jadi boros.
Kalau soal cepat rusak ya relatif karena tergantung perawatan dan ganti olinya juga.
Bahaya lainnya asap CO masuk ke kabin bisa berbahaya sekali.
Kalau mobil ane berhubung pakai kipas visco idle nunggu di tempat panas, AC nya biasanya nggak kerasa dingin. Di gas-gas sedikit baru terasa dingin, tapi bbm nya jadi boros.
Kalau soal cepat rusak ya relatif karena tergantung perawatan dan ganti olinya juga.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
yup emg betul om cepet berkerak klo idle...ilhami wrote:Kalau sering idle ruang bakar cepat berkerak. Untuk mesin yang pakai Catalytic konverter, CC nya bisa overheat dan bisa kebakaran kalau di dekat nya ada rumput kering misalnya.
Bahaya lainnya asap CO masuk ke kabin bisa berbahaya sekali.
Kalau mobil ane berhubung pakai kipas visco idle nunggu di tempat panas, AC nya biasanya nggak kerasa dingin. Di gas-gas sedikit baru terasa dingin, tapi bbm nya jadi boros.
Kalau soal cepat rusak ya relatif karena tergantung perawatan dan ganti olinya juga.
klo soal perawatan emg relatif tapi klo soal cpet rusak sih pasti lebih cpet aus yg dipake trus yah secara itu komponen kerja n gesekan trus apalagi model di jkt yg macet dijamin deh th kopling cpet aus..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Kalau berenti, seperti nungguin belanja, mendingan ane yang ikut ke mall atau kepasar lah..
Kalo masalah ngadem, lebih adem mall lah.. Kalau di pasar, ane bisa sambil jajan buryam atau apa, Yang jelas, kalau berhenti bukan karena macet, PASTI ane matiin mesin.
Kalau lagi nungguin tapi dalam kondisi hujan DAN tidak mungkin keluar mobil untuk berteduh di gedung, yaa secara berkala ane nyalain dan matiin. Misalnya, matiin dulu, sambil buka kaca jendela dikit sebatas talang air nya. Nanti kalau sudah mulai berembun dari dalam, nyalain mesin, pasang AC sampai embun hilang sendiri, matiin lagi.
Kalau bisa dihemat, kenapa harus boros?
Kalau berenti stuck macet, pernah waktu mudik. Untungnya pas malem. Kalau berenti udah ampe 5 menitan, lampu besar matiin.. Kalau sampai 15 menit, langsung buka jendela, matiin ac, matiin mesin. Pernah stuck ampe 2 jam ngga gerak. Yaudah, 2 jam-an itu mesin istirahat.
Mesin nyala tapi roda tidak bergerak, justru yang paling boros seperti itu.
Contoh, seperti sebuah truk double frozen buat sarana transport di dalam pabrik makanan. Ada kalanya dia harus idle selama berjam jam sambil nyala frozennya karena menunggu proses makanan beku / sayuran selesai produced. Nah kondisi seperti itu, boleh percaya boleh tidak, konsumsi solarnya 1:3,2km. So, terbukti, mesin idle tapi roda tidak bergerak, sementara AC/frozen nyala, jatuhnya pasti sangat boros, dan sangat cepat rusak. Truk itu juga. Pompa solarnya bermasalah. Trus juga performa nya cepet drop .

Kalo masalah ngadem, lebih adem mall lah.. Kalau di pasar, ane bisa sambil jajan buryam atau apa, Yang jelas, kalau berhenti bukan karena macet, PASTI ane matiin mesin.
Kalau lagi nungguin tapi dalam kondisi hujan DAN tidak mungkin keluar mobil untuk berteduh di gedung, yaa secara berkala ane nyalain dan matiin. Misalnya, matiin dulu, sambil buka kaca jendela dikit sebatas talang air nya. Nanti kalau sudah mulai berembun dari dalam, nyalain mesin, pasang AC sampai embun hilang sendiri, matiin lagi.
Kalau bisa dihemat, kenapa harus boros?

Kalau berenti stuck macet, pernah waktu mudik. Untungnya pas malem. Kalau berenti udah ampe 5 menitan, lampu besar matiin.. Kalau sampai 15 menit, langsung buka jendela, matiin ac, matiin mesin. Pernah stuck ampe 2 jam ngga gerak. Yaudah, 2 jam-an itu mesin istirahat.
Mesin nyala tapi roda tidak bergerak, justru yang paling boros seperti itu.
Contoh, seperti sebuah truk double frozen buat sarana transport di dalam pabrik makanan. Ada kalanya dia harus idle selama berjam jam sambil nyala frozennya karena menunggu proses makanan beku / sayuran selesai produced. Nah kondisi seperti itu, boleh percaya boleh tidak, konsumsi solarnya 1:3,2km. So, terbukti, mesin idle tapi roda tidak bergerak, sementara AC/frozen nyala, jatuhnya pasti sangat boros, dan sangat cepat rusak. Truk itu juga. Pompa solarnya bermasalah. Trus juga performa nya cepet drop .

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
ya memang klo bsa ya jgn idle nyalain ac la bos mndg matiin mesin deh... mksd saya knapa bsa awet knapa ya karna klo kita idle itu ibarat kita jalan biasa dibandingin dengan mobil yg jalan berhenti kn otomatis piston seher jg dipaksa berenti trus jalan lg otomatis cepet aus analoginya kita disuruh lari kenceng n berhenti trus lari lagi begitu seterusnya... ya otomatis lebih bagus yg jalan biasa toh.. piston n seher pun bgtu akan lebih awet karna ya gerak nya stabil...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
sip sip
klo masalah lakukanlah atau jangan lakukan ....itu adlh hal lain ya... hal tsb merupakan 'previlese' msg2 pribadi.
bagi bbrp org yg srg membawa anak2nya atau keluarganya, mgkiin lebih bisa memahami knp idle dg maksud nyalain AC ini dilakukannya.
diantara kita2 pun, ada yg punya prinsip lbh sayang anaknya drpd ke mobilnya, dg kata lain "mobilnya jd rusak gapapa deeh, yg penting anak2 gue nyaman."..... tp tentu saja ada juga sebaliknya, lbh sayang ke mobilnya drpd anaknya.
well, msg2 jg punya pandangan sndiri2 mengenai pendidikan thdp anak ya.
ada yg lbh "memanjakan"/lbh toleran, ada jg yg suka menanamkan disiplin kpd anak dg lbh keras/tegas.
krn hal2 tsb bukan common sense makanya ane gak maksudkan itu sbg pembahasan utama disini, tp tetep silakan saja kalau sbg "side dish".
jadi, yg ane tawarkan sbg pembahasan utama nya disini adlh dari sisi yg agak teknikal, tersebut. ttg potensi kerak karbon, atau mgkin saja potensial problem di catalityc converter, dan sebagainya.
lanjut, lanjut



klo masalah lakukanlah atau jangan lakukan ....itu adlh hal lain ya... hal tsb merupakan 'previlese' msg2 pribadi.
bagi bbrp org yg srg membawa anak2nya atau keluarganya, mgkiin lebih bisa memahami knp idle dg maksud nyalain AC ini dilakukannya.
diantara kita2 pun, ada yg punya prinsip lbh sayang anaknya drpd ke mobilnya, dg kata lain "mobilnya jd rusak gapapa deeh, yg penting anak2 gue nyaman."..... tp tentu saja ada juga sebaliknya, lbh sayang ke mobilnya drpd anaknya.
well, msg2 jg punya pandangan sndiri2 mengenai pendidikan thdp anak ya.
ada yg lbh "memanjakan"/lbh toleran, ada jg yg suka menanamkan disiplin kpd anak dg lbh keras/tegas.
krn hal2 tsb bukan common sense makanya ane gak maksudkan itu sbg pembahasan utama disini, tp tetep silakan saja kalau sbg "side dish".
jadi, yg ane tawarkan sbg pembahasan utama nya disini adlh dari sisi yg agak teknikal, tersebut. ttg potensi kerak karbon, atau mgkin saja potensial problem di catalityc converter, dan sebagainya.
lanjut, lanjut

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
pernah. kl nunggu calon nyonya belanja di tempat2 yg males ane temenin, plus nggak ada tempat layak tongkrong, mau nggak mau ngadem di mobil. ngeras berdosa sih buang2 bensin, swer. terpaksa banget.andy1800 wrote:Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
----------
yup, negatif akibatnya, karena secara teknis bisa dijelaskan. kl bukti/fakta blom pernah nemuin langsung, karena blom pernah belah mesin.andy1800 wrote:- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?

----------
makanya di mobil yg sering dipake macet kan disarankan agar interval ganti olinya lebih sering dibanding yg diperintahkan di manual, atau pake oli berspek lebih bagus.andy1800 wrote:Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
----------
ane walau nggak bs menjelaskan, percaya hal ini adalah FAKTA yang bisa dijelaskan SECARA TEKNIS, dan (seharusnya) ada yg udah nemukan bukti lapangannya.andy1800 wrote:Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Imo sepertinya gak ngaruh banyak sih, idle lama apa tidak.. yang bikin berbahaya justru aksesoris disekitar engine itu sendiri yang rentan thd panas..
Sy selalu berpikiran mesin Genset, (diesel or bensin).. itu mesin diemmm aja ga jalan, RPM juga segitunya- hidup semalaman, bahkan ada yang nonstop (untuk PLTD misalnya) toh baik2 saja..
Kalau vs keausan, tentu saja logika sederhananya mobil yang dipakai jalan pasti lebih cepat aus dari mobil yg diem saja dengan mesin idle.
Pengalaman nubi, idle di tol sekitar 2-3 jam pernah.. (macet di tol )
Sy selalu berpikiran mesin Genset, (diesel or bensin).. itu mesin diemmm aja ga jalan, RPM juga segitunya- hidup semalaman, bahkan ada yang nonstop (untuk PLTD misalnya) toh baik2 saja..
Kalau vs keausan, tentu saja logika sederhananya mobil yang dipakai jalan pasti lebih cepat aus dari mobil yg diem saja dengan mesin idle.
Pengalaman nubi, idle di tol sekitar 2-3 jam pernah.. (macet di tol )
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Tergantung mesinnya um jenis bensin atau diesel, kalau bensin dengan pembakaran busi tentunya akan rentan kalau mau buat durability hidup nonstop ... bisa meleleh itu exhaust knalpotnyaandy1800 wrote:Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?
Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.

Kalau untuk mesin diesel yang jelas, ketika idle diesel paling hanya membakar udara banding solar sekitar 1:60 ( super lean) dengan bahan bakar yang super lean maka EGT akan sangat rendah tentunya kesehatan mesin ngak terganggu,
Untuk mesin nyala selama 24 jam itu sih bukan ekstrim ... ( isuzu panther pernah Test 6x24 jam nonstop) bebrapa tahun yang lalu tanpa kendala yang berarti ...
tapi ntah kalo mesin bensin mungkin harusnya pabrik besar macam Toyota/ Honda yang membanggakan VVTi dan I-vtec nya harusnya brani ngetes mobilnya untuk test jalan nonstop untuk mengetahui durabilitynya

bayangkan aja mesin2 diesel kapal/ pabrik yang hidup berbulan2

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
ow gitu ya? pasti meleleh?Unta_item wrote: kalau bensin ... bisa meleleh itu exhaust knalpotnya![]()
maksudnya exhaust knalpot tu yg mana om? header nya, CC, silencer, atau ujung blkg nya?
meleleh? serius? pernah denger ada kejadian di apa om? plz share
panther mmg mantaaaafUnta_item wrote: Kalau untuk mesin diesel ......kesehatan mesin ngak terganggu,
Untuk mesin nyala selama 24 jam itu sih bukan ekstrim ... ( isuzu panther pernah Test 6x24 jam nonstop) bebrapa tahun yang lalu tanpa kendala yang berarti ...

bunyinya: tanpa kendala berarti.
artinya, ada kendala/efek siih, tapi nggak berarti.
maksudnya gitu ya om?
jd, kendala/efek kecil yg saat itu terjadi, apa tu om?
mesin2 diesel kapal/pabrik tu bisa dipakai sbg analogi/buat ngebayangin, untuk mesin mobil massal jg ya om?Unta_item wrote: bayangkan aja mesin2 diesel kapal/ pabrik yang hidup berbulan2
bener2 gak ada hal2 perbedaannya ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
nubi siap laksanakan!MitshuToyo wrote:Imo sepertinya gak ngaruh banyak sih, idle lama apa tidak.. yang bikin berbahaya justru aksesoris disekitar engine itu sendiri yang rentan thd panas..
Sy selalu berpikiran mesin Genset, (diesel or bensin).. itu mesin diemmm aja ga jalan, RPM juga segitunya- hidup semalaman, bahkan ada yang nonstop (untuk PLTD misalnya) toh baik2 saja..
Kalau vs keausan, tentu saja logika sederhananya mobil yang dipakai jalan pasti lebih cepat aus dari mobil yg diem saja dengan mesin idle.
Pengalaman nubi, idle di tol sekitar 2-3 jam pernah.. (macet di tol )
walah, sangking semuanya poin penting, jdnya hampir semuanya distabilo dah ...yaudah, cancel aja bold nya itu, krn semuanya penting

berdosa? ...wow, icNightster Guy wrote:..ngerasa berdosa sih buang2 bensin, swer. terpaksa banget.andy1800 wrote:Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
tp sbenernya itu kayanya msh termasuk ga terlalu lama ya.....ga sampai 30 menit gitu?
yup yup...sippp....tu dia, semoga ntar ada yg berkenan mengemukakan bukti lapangannyaNightster Guy wrote:ane walau nggak bs menjelaskan, percaya hal ini adalah FAKTA yang bisa dijelaskan SECARA TEKNIS, dan (seharusnya) ada yg udah nemukan bukti lapangannya.andy1800 wrote:Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
andy1800 wrote:Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?
Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.










-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
maksud nya terguling2 gitu apa ya Pak Poeticmind?poeticmind wrote:andy1800 wrote:Plz cerita dong, pernah gak mesin mobil anda nyalain stasioner? Pas ngapain? Yg pernah dialami, plg lama brp menit? Sebrapa sering kayak gitu?
- menurut anggapan/perasaan anda, itu akan berakibat negatif nggak? knp?
- menurut bukti atau fakta yg anda punya, itu akan berakibat negatif nggak? gimana kjadiannya?
Demikian pula, anggapan bhw mobil yg srg dipakai di jalanan macet/srg idle jg/stop n go spt di jkt/medan gitu, maka mesinnya akan jauh lbh cepat rusak/degardasi dibanding mesin2 mobil di jalanan/kota2 yg 'hi-speed'.
Menurut perasaan anda, benarkah begitu ? Menurut bukti dan fakta, benarkah begitu?
Dg kata lain, intinya, efek negatifnya itu apakah cm skedar logika kaprah yg seolah2 benar (mitos)....atau adlh fakta?
*slh satu logika yg plg srg dikemukakan sbg alasan adlh penumpukan karbon jd lbh cepat. Mitos atau Fakta?
*silakan jg dibayangkan kondisi perlakuan extrem, pernah mesin nyala idle selama 24 jam misalnya.![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
yaaaaa gitu deh, jemb... pak'e lagi mesem2 itu... 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
hati2 ditanya yaaaapoeticmind wrote:yaaaaa gitu deh, jemb... pak'e lagi mesem2 itu...



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
yoiiiii jembZombiEE wrote:hati2 ditanya yaaaapoeticmind wrote:yaaaaa gitu deh, jemb... pak'e lagi mesem2 itu...![]()
![]()


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
Tergantung cuaca.
Waktu temperatur rendah (musim dingin contohnya), mesin dipanaskan antara 3 dan 15 menit tergantung seberapa rendahnya temperatur. Kenapa ? Supaya anget waktu nyetir
Plus, mobil gw biasanya digeber bawaannya, jadi mesin mesti dalam kondisi "operating temperature".
Kalau musim panas, paling lama 2 menit. Biasanya idle hanya selama waktu untuk pasang seat belt, tutup pintu, buka jendela, turunin sun shield, hidupkan AC, dsb.
Idle kalau nunggu istri/anak ya jarang sekali, biasanya mesin dimatiin.
Waktu temperatur rendah (musim dingin contohnya), mesin dipanaskan antara 3 dan 15 menit tergantung seberapa rendahnya temperatur. Kenapa ? Supaya anget waktu nyetir

Kalau musim panas, paling lama 2 menit. Biasanya idle hanya selama waktu untuk pasang seat belt, tutup pintu, buka jendela, turunin sun shield, hidupkan AC, dsb.
Idle kalau nunggu istri/anak ya jarang sekali, biasanya mesin dimatiin.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
kalo mobil baru yg canggih2 ga bisa idle ya? mati sendiri pas idle... kan? 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mesin nyala idle: pernah brp lama. sbrapa sering ?
yeeee....pan ade pencetan tombol ECO nye 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta