Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kanan?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kanan?

Post by serakahmotor »

Gan, mengingat Jakarta sudah semakin sumpek dengan beragam kendaraan terutama roda empat. Ane punya usul gimana kalo semua mobil di Jakarta (roda > 4) diharuskan memiliki kemudi di sebelah kiri dan berjalan di sebelah kanan sperti mayoritas negara di Eropa? Untuk mekanismenya kita bisa belajar dari perbatasan HongKong - RRC, di mana negara tersebut menganut satu negara, dua sistem.

Sperti kita tau, Hong Kong berjalan di sebelah kiri dan bersetir kanan dan sebaliknya di RRC. Dengan diberlakukannya peraturan ini. Saya yakin kemacetan berkurang drastis karena kendaraan yang bersetir kiri dan owner yang mampu mengkonversikan mobilnya ke setir kiri. Mobil pribadi setir kiri bisa dikenai pajak tinggi dan diawasi pajaknya dan dialokasikan untuk membeli kendaraan umum yang baru dan tentunya bersetir kiri juga. Gimana menurut agan2? Karena setiap pembatasan yang selama ini dilakukan selalu saja bisa diakali atau terlalu bias.

Setir kanan minoritas di dunia tetapi jika Jakarta bersetir kiri maka akan minoritas di negerinya sendiri.

Menurut agan gimana? Terima kasih dan salam kenal... :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Turboman »

Macet ??

hanya ini jawabannya :

Image
:mky_08:

Atau ini

Image
:mky_08:

stasiun2 hrs terkoneksi dgn sentra2 aktivitas agar penumpang nyaman

batasi jumlah mobil


Buat renungan :
Ini Jkt tempo dulu waktu bernama Batavia....lihat ada ?

Image

Skg yg ada ???
* Bukan ajakan Beli *
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

setuju yg diperluin jkt itu mass rapid transportation yg aman nyaman n cepat yg pasti... selain itu ga akan pernah bsa nyelesain macet, kecuali seperti sistem dr negara lain yg mobil yg jalan di batesin contoh nya pelat mobil dengan angka belakang ganjil n genap dibedakan harinya..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by VanzMatic »

Setuju dengan mod Turbo.

Jangan dilihat secara parsial. Lihatlah secara makro.

Di negara2 maju, semakin maju negara, tol tol dalam kota semakin banyak yang dirubuhkan / dihancurkan, untuk diganti jalur kereta / trem / jalur kereta layang. Semakin maju negaranya, sarana transport publik semakin manusiawi, bersih, disiplin dan aman buat rakyat.

Bukan dengan memindah setir.

Buat rakyat jelata kayak ane, miara mobil itu really really a heavy cost. Merindukan public transport yang manusiawi dan bersih serta tepat waktu.
Merindukan segera dibangun buanyaak jalur rel kereta api di jalur jalur padat, misalnya sepanjang kalimalang, sepanjang cawang sampai slip / grogol.
Kalau hal ini dijawab dengan,"ah, ngga mungkin selama pimpinannya ngga ada niat.", lebih ngga mungkin lagi untuk menambah kendaraan apalagi menganut setir kiri, kan?

Buat perbandingan, betapa loyo nya jalur kereta di Jakarta, perhatikan peta rute Railway di Tokyo (Tokyo doank) berikut ini:
Image


dibanding Jakarta..
Image


Itu pun, berjubelnya masih gila gilaan saat rush hour, sehingga perlu petugas yang KHUSUS buat ngedorong dorongin penumpang supaya 'makin padet' di dalam kereta..
Image

Begini baru benerrr...!!!
:frm_salut:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by andy1800 »

TS nya klonengan siapa nih yaa... :mky_08:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by dieselkiki »

Sori kl salah. Yang dipost pakturbo bukan termasuk mrt. Di negara lain rutenyapun gak jauh. Setahu saya monorail kurang memwnuhi syarat jd mrt.
- faith humanity freedom -
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Jambangan »

Kalo transjakarta busway gmn??
Belum terlalu efektif ya??
Dulu ane biasa pake busway berhubung belum dibeliin mobil :mky_01:
Nebeng bokap ampe cawang trus nyambung pake busway koridor 10. Baliknya pake busway lagi ke harmoni trus nyambung ke arah blok M turun di ratu plaza trus nyambung
lagi pake feeder busway yg langsung ke perumahan ane
Malesnya pake busway itu nunggunya. Bisa 20 menit ga ada yg dateng. Makanya sejak dikasih mobil ane dah ga pernah naik busway lagi :mky_01:
Besok mo pake busway lagi. Lagi males nyetir soalnya hehe.. Itung2 mengurangi kemacetan dan hemat bbm :mky_08:
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

yup klo ga mw macet yah mndgan bgtu MRT udh ga ad lg solusi laen... yg laen itu cman tmbhan.. ga ush jauh2 om dtg aja ke singapore lah.. udh bsa dibayangin kok secara singapore aj negara yg luas ny mirip jkt bisa kaya gtu.. jd klo diterapin di jkt pasti bsa berhasil kok..
ya tambahan nya klo mw sistem ky spore mobil pun harus dibatasin jd maks 5 tahun di ats 5 tahun pajak mobil yg akan diperpanjang pajak nya akan berlipat2 soo ga akn ad th org yg mw piara mobil kalo bkn milyonerr mh..
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by serakahmotor »

andy1800 wrote:TS nya klonengan siapa nih yaa... :mky_08:
Bukan kloningan siapa2 gan. Ane cuman kepikiran ID tsb waktu regis. :mky_01: :mky_01:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Nightster Guy »

fur10usx wrote:yup klo ga mw macet yah mndgan bgtu MRT udh ga ad lg solusi laen... yg laen itu cman tmbhan.. ga ush jauh2 om dtg aja ke singapore lah.. udh bsa dibayangin kok secara singapore aj negara yg luas ny mirip jkt bisa kaya gtu.. jd klo diterapin di jkt pasti bsa berhasil kok..
ya tambahan nya klo mw sistem ky spore mobil pun harus dibatasin jd maks 5 tahun di ats 5 tahun pajak mobil yg akan diperpanjang pajak nya akan berlipat2 soo ga akn ad th org yg mw piara mobil kalo bkn milyonerr mh..
1) ntah sy yg bego, atau TS nya bahasanya ketinggian, kok sy nggak nangkap APA KORELASINYA antara mindahin setor ke kiri dengan mengurangi kemcetan di jakarta.

2) resume dr kemacetan jakarta (sy intisarikan dgn kalimat sederhana ala nubitol dr hasil ngobrol ringan ama tante sy, ibu ellen tangkudung yg penggiat pemerhati masalah lalin, pentolan MTI):

2)1. rasio pertambahan jalan nggak sebanding ama pertambahan jumlah mobil. next Q:

2)2. kenapa mobil nambah terus? karena:

2)2.1. transportasi umum tidak layak, tidak tepat waktu, tidak terkoneksi antar moda.
2)2.2. aturan pajak dll termasuk ringan dibanding negara lain WALAU kita jgn lupakan bro TS, jgn dibandingin indo vs s'pore, GDP beda jauuuuuuuuhhhhhhhh.

next Q nya:

2)3. kenapa transportasi umum tidak layak?

karena pengusaha transportasi yg full swasta sama sekali nggak diberi insentif ama pemerintah, mereka bener2 indie, dan selayaknya indie band, mereka ini mati2an cr duit dgn cara mereka sendiri. menjejalkan penumpang, kebut2an, mobil tua tanpa peremajaan, safety nol, dll. nah, LINGKARAN SETAN, kembali ke poin 2)2.1. di atas.. :mrgreen:

2)4. diperparah indonesia/jakarta nggak punya zoning di mana yg commercial area, di mana yg living area, dr zoning yg terencana dgn matang DAN dipatuhi di lapangan, maka akan ada perbedaan kasta jalan dll hingga memudahkan untk interkoneksi antar moda.

cmiiw.
Das Beste oder nichts.
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

setuju om NG tapi mksd saya bkn bandingin tapi kita bsa belajar dr negara tetangga lah ga ush jauh2... wong negara tetangga kita aj bisa kaya gtu...

soal penambahan mobil setuju jg cos ga sebanding penambahan jalan itu deret angka sedangkan penambahan mobil itu deret hitung jd ga akan pernah lancar klo solusi nya bkn mass transportation...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Turboman »

VanzMatic wrote:Setuju dengan mod Turbo.

Jangan dilihat secara parsial. Lihatlah secara makro.

Di negara2 maju, semakin maju negara, tol tol dalam kota semakin banyak yang dirubuhkan / dihancurkan, untuk diganti jalur kereta / trem / jalur kereta layang. Semakin maju negaranya, sarana transport publik semakin manusiawi, bersih, disiplin dan aman buat rakyat.
benerrr...!!!
:frm_salut:
Kalo di Japan ciri khasnya ada rel Ring Loop di kota2 besar

Osaka punya rel ring loop yg menembus wilayah2 kota di Osaka, en kembali lagi ke titik asal. Rel ini di atas tanah

Di Osaka kombinasi subway dan LRT (Light Rail Train-nya) mantap benar, subway menjangkau hampir setiap blok di Osaka, minusnya cman menu utk beli tiket di mesinnya itu yg agak susah dimengerti saat awal, beda dgn MRT Singapore yg menu-nya sgt user friendly.

Stasiun terbesar yaitu Umeda menghubungkan jaringan Subway / LRT dan Ring Loop train, stasiun tsb jadi 1 dgn Mall & Hotel, juga ada terminal bus dan pangkalan taxi.

Turun di Kansai erport lgs bisa naik kereta sampai ke Osaka, nanti ketemu di salah 1 stasiun di titik Ring Lop tsb, tinggal ganti kereta then sampe ke Umeda. Mau lanjut ke Kyoto or Kobe ? Tinggal pilih keretanya aja...................

Kalo di Shanghai jaringan subway dan kereta luar kotanya juga saling hub, Airport Shanghai Honqqiao itu menyatu dengan stasiun Bulletrain dan kereta antar kota / stasiun bus & subway

Sementara airport Pudong menyatu dengan stasiun Maglev yang akan membawa penumpang ke Pudong city dgn speed 410 km/jam !!!....begitu sampai di stasiun Pudong, turun di bawahnya lgs stasiun subway

Jakarta ? saya hanya bisa memimpikannya...................
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Nightster Guy »

susah bro..

s'pore vs indo itu udah bener2 kejauhan semuanya, baik ETHIC maupun ETHOS nya.. plus, satu hal UTAMA yg bikin lalin jakarta ancur lebur dan UDAH SANGAT SUSAH dibenahi:

masterplan dan zoning.

MRT yang terintegrasi dan terkoneksi antar moda akan sangaaaaaaat sulit utk diwujudkan bila masterplan dan zoningnya nggak ada/ada tp amburadul di lapangan seperti sekarang.

:)

edited: nah tuh contoh dr mod TM, itu contoh dr moda transportasi masal yg terintegrasi antar mod, knapa bs terintegrasi dan terkoneksi? krn di jepang sgt jelas, di mana zona living area, di mana zona bisnis, di mana zona industri, dll.

nggak kayak jakarta/surabaya yg di tengah2 perumahan loh kok ada mall?!!?!
Das Beste oder nichts.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by andy1800 »

serakahmotor wrote:
andy1800 wrote:TS nya klonengan siapa nih yaa... :mky_08:
Bukan kloningan siapa2 gan. Ane cuman kepikiran ID tsb waktu regis. :mky_01: :mky_01:
ic
ok gan, salam kenal jg





serakahmotor wrote: perbatasan HongKong - RRC, di mana negara tersebut menganut satu negara, dua sistem.

Sperti kita tau, Hong Kong berjalan di sebelah kiri dan bersetir kanan dan sebaliknya di RRC.
masalah kiri kanan ini berhubungan erat dg historis
nyaris semua bekas koloni Inggris, tentu saja stir kanan.

spesifik Hongkong-RRC, ya tentu saja, krn hongkong diserahin oleh Inggris ke RRC baru bbrp taun yg lalu. usia brpkah TS pas itu terjadi? masa gak ingat sih? :e-think:
jd bukanlah kebijakan yg disengaja utk hubungannya dg kemacetan.
Last edited by andy1800 on Thu Nov 29, 2012 8:40, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

yaah kita mimpi bareng2 aja lah yaa... mana tau bangun2 uda jd tuh MRT nya :wkkk:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Nightster Guy »

jadinya ya kayak busway gitu, cm bs (sangat sedikit) membantu perpindahan org dr mob pribadi ke angkutan umum, plus MEMINDAHKAN kemacetan krn MENGOKUPASI jalan publik.

kok bs gitu? balik lg ke post sy di atas: masterplan lalin kagak ada.
Das Beste oder nichts.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by andy1800 »

sip sip....jd...... hajaaaaalll ajaaaaa :2gunfire:
(hajal orrg yg ngehapus masterplan itu)
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

Nightster Guy wrote:susah bro..

s'pore vs indo itu udah bener2 kejauhan semuanya, baik ETHIC maupun ETHOS nya.. plus, satu hal UTAMA yg bikin lalin jakarta ancur lebur dan UDAH SANGAT SUSAH dibenahi:

masterplan dan zoning.

MRT yang terintegrasi dan terkoneksi antar moda akan sangaaaaaaat sulit utk diwujudkan bila masterplan dan zoningnya nggak ada/ada tp amburadul di lapangan seperti sekarang.

:)

edited: nah tuh contoh dr mod TM, itu contoh dr moda transportasi masal yg terintegrasi antar mod, knapa bs terintegrasi dan terkoneksi? krn di jepang sgt jelas, di mana zona :wkkk: :wkkk: living area, di mana zona bisnis, di mana zona industri, dll.

nggak kayak jakarta/surabaya yg di tengah2 perumahan loh kok ada mall?!!?!
ya mgkin lg pd ngantuk om pas bkin masterplan tata letak kota nya om :wkkk:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Turboman »

serakahmotor wrote:
andy1800 wrote:TS nya klonengan siapa nih yaa... :mky_08:
Bukan kloningan siapa2 gan. Ane cuman kepikiran ID tsb waktu regis. :mky_01: :mky_01:
Perlu diketahui bahwa di banyak negara maju sudah banyak rencana utk membebaskan kota2 dari mobil, di China bahkan ada konsep kota dimana mobilitas Full tanpa mobil.

Pembebasan kota dari mobil dimulai dari area2 tertentu, khususnya dimana menjadi tourism spot.

Seoul bahkan membongkar FlyOver yg berada di atas sungai Cheonggyam (CMIIW namanya) dan menata sungai tsb hingga skg menjadi spot menarik di Seoul, tentunya Seoul punya jaringan MRT yg hebat

tapi skg ini negara di Asia yg sgt getol membangun MRT dan LRT adalah China, jaringan MRT digebeerrrr terus, bahkan ada planning nanti LRT antar bbrp kota besar yg berdekatan saling terhubung, sedangkan antar kota yg jauh pengembangan jaringan Bulletrain juga digeber.

Jadi ya sebetulnya zaman skg ini mobil memenuhi jalan bukan hal yg dibanggakan........negara yg manajemen betul = adanya angkutan massal yg canggih / nyaman & advance

Ciri negara hebat = lihat jaringan rel kereta apinya aja dahh........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Nightster Guy »

negeri tambal sulam. birokrat keparat, RAMPOK SEMUA (mulai melebar dotcom).. :mky_01:

semua kebijakan publik (termasuk lalin) bersifat mentah, artifisial, eksploitatif. instan. nggak mau blajar. skalinya ada konsep yg bagus kayak MRT jakarta itu, eeeee dijadiin bancakan (orgy/gangbang) penuh KKN ujung2nya investor ngambek, hengkang, tersisa tiang2 [cencored] perusak pemandangan itu. monumen ketololan pejabat publik pengambil keputus(asa)an.
Das Beste oder nichts.
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

Turboman wrote:
serakahmotor wrote:
andy1800 wrote:TS nya klonengan siapa nih yaa... :mky_08:
Bukan kloningan siapa2 gan. Ane cuman kepikiran ID tsb waktu regis. :mky_01: :mky_01:
Perlu diketahui bahwa di banyak negara maju sudah banyak rencana utk membebaskan kota2 dari mobil, di China bahkan ada konsep kota dimana mobilitas Full tanpa mobil.

Pembebasan kota dari mobil dimulai dari area2 tertentu, khususnya dimana menjadi tourism spot.

Seoul bahkan membongkar FlyOver yg berada di atas sungai Cheonggyam (CMIIW namanya) dan menata sungai tsb hingga skg menjadi spot menarik di Seoul, tentunya Seoul punya jaringan MRT yg hebat

tapi skg ini negara di Asia yg sgt getol membangun MRT dan LRT adalah China, jaringan MRT digebeerrrr terus, bahkan ada planning nanti LRT antar bbrp kota besar yg berdekatan saling terhubung, sedangkan antar kota yg jauh pengembangan jaringan Bulletrain juga digeber.

Jadi ya sebetulnya zaman skg ini mobil memenuhi jalan bukan hal yg dibanggakan........negara yg manajemen betul = adanya angkutan massal yg canggih / nyaman & advance

Ciri negara hebat = lihat jaringan rel kereta apinya aja dahh........
klo dichina jgn di omongin om... saya aja pas kmrn ksana ampe mangap saya seperti kata om NG dia masterplan untuk jln nya sangat rapih... bahkan tol nya aja bisa ampe ribuan kilometer tanpa putus n tol itu sepi bgt karna org ud beralih naek kereta cepet kecuali keluarga yg barang bawaan bnyak n mw bawa boil sndiri.. kagum saya ama jalan disana ribuan kilo tanpa putus...
jd kaya org norak gtu deh :wkkk:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Nightster Guy »

Turboman wrote:- CUT -

Jadi ya sebetulnya zaman skg ini mobil memenuhi jalan bukan hal yg dibanggakan........negara yg manajemen betul = adanya angkutan massal yg canggih / nyaman & advance

Ciri negara hebat = lihat jaringan rel kereta apinya aja dahh........
pengecualian hanya di amerika haha.. angkutan massal nggak usah diraguin lg. sistemnya KA nya Amtrak adalah one of the best di dunia.

tetep aja org amrik gila beli mobil pribadi. karena negara ini secara historis dan filosofis memang negara pecinta mobil/otomotif kali ya..

:mky_01:
Das Beste oder nichts.
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by fur10usx »

Nightster Guy wrote:
Turboman wrote:- CUT -

Jadi ya sebetulnya zaman skg ini mobil memenuhi jalan bukan hal yg dibanggakan........negara yg manajemen betul = adanya angkutan massal yg canggih / nyaman & advance

Ciri negara hebat = lihat jaringan rel kereta apinya aja dahh........
pengecualian hanya di amerika haha.. angkutan massal nggak usah diraguin lg. sistemnya KA nya Amtrak adalah one of the best di dunia.

tetep aja org amrik gila beli mobil pribadi. karena negara ini secara historis dan filosofis memang negara pecinta mobil/otomotif kali ya..

:mky_01:
klo ga bnyak pecinta mobil nanti ga rame jg om sm nya hihihi
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by MitshuToyo »

Namanya forum bebas.. meski gak punya ilmunya ikut berpendapat ya :) :

1. Pisah dulu pusat bisnis + pemerintahan.

2. Stop ijin pabrik jabotabek (meski gak mudah, krn listrik - sarana pelabuhan- dll didaerah belum ada / minim)

3. Bangun MRT. Imho tidak cocok sepertinya kalau bawah tanah.. pemetaan rumah tempat tiggal, pabrik dll hancur lebur & acak adut.
Bisa2 orang ngebor dalemin sumur malah nyoblos jalur subway.. :mrgreen:
sepertinya sistem floating macem monorel lebih baik, alasan : Pengerjaan konstruksi lebih cepat. Untuk PAD 34 T (cmiiw) sangat dimungkinkan membangun mrt dan sejenisnya dalam waktu cepat.
karena tidak perlu pembebasan lahan / bisa diikutkan jalan yg sudah ada.

Skrg2 ini saya sudah merasa males kalau keluar rumah bawa mobil. Alsannya macettttttttttttttttttttttttttttttttt.
Baru keluar perumahan ada lampu merah pertama aja dah macet,.. lampu merah ke dua macettt.. mau cari parkir muter2 plus macet lagii.. jadi maless :mrgreen:
Contoh riil ; Kemarin liburan lihat iims dua kali.. yang pertama naik kereta, turun di stasiun setelah gambir.. nyambung taksi.. total cuma 45 menit + 15 menit taksi. Keretanya sudah lumayan ber AC.

Lihat iims ke dua bawa mobil sendiri.. hasilnya waktu pulang makan 4 Jam ! macetnya ampuunn..
Lagi nginjek rem..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Setuju gak kalo Jakarta menganut setir kiri jalan di kan

Post by Turboman »

mall2 berdiri di tempat yg kurang strategis di negara lain juga biasa

Di Singapore ada bbrp mall yg jauh dr stasiun MRT, cara mereka ? menyediakan shuttle bus yg muter bolak balik ke stasiun MRT terdekat.
* Bukan ajakan Beli *