fur10usx wrote:yup klo ga mw macet yah mndgan bgtu MRT udh ga ad lg solusi laen... yg laen itu cman tmbhan.. ga ush jauh2 om dtg aja ke singapore lah.. udh bsa dibayangin kok secara singapore aj negara yg luas ny mirip jkt bisa kaya gtu.. jd klo diterapin di jkt pasti bsa berhasil kok..
ya tambahan nya klo mw sistem ky spore mobil pun harus dibatasin jd maks 5 tahun di ats 5 tahun pajak mobil yg akan diperpanjang pajak nya akan berlipat2 soo ga akn ad th org yg mw piara mobil kalo bkn milyonerr mh..
1) ntah sy yg bego, atau TS nya bahasanya ketinggian, kok sy nggak nangkap APA KORELASINYA antara mindahin setor ke kiri dengan mengurangi kemcetan di jakarta.
2) resume dr kemacetan jakarta (sy intisarikan dgn kalimat sederhana ala nubitol dr hasil ngobrol ringan ama tante sy, ibu ellen tangkudung yg penggiat pemerhati masalah lalin, pentolan MTI):
2)1. rasio pertambahan jalan nggak sebanding ama pertambahan jumlah mobil. next Q:
2)2. kenapa mobil nambah terus? karena:
2)2.1. transportasi umum tidak layak, tidak tepat waktu, tidak terkoneksi antar moda.
2)2.2. aturan pajak dll termasuk ringan dibanding negara lain WALAU kita jgn lupakan bro TS, jgn dibandingin indo vs s'pore, GDP beda jauuuuuuuuhhhhhhhh.
next Q nya:
2)3. kenapa transportasi umum tidak layak?
karena pengusaha transportasi yg full swasta sama sekali nggak diberi insentif ama pemerintah, mereka bener2 indie, dan selayaknya indie band, mereka ini mati2an cr duit dgn cara mereka sendiri. menjejalkan penumpang, kebut2an, mobil tua tanpa peremajaan, safety nol, dll. nah, LINGKARAN SETAN, kembali ke poin 2)2.1. di atas..
2)4. diperparah indonesia/jakarta nggak punya zoning di mana yg commercial area, di mana yg living area, dr zoning yg terencana dgn matang DAN dipatuhi di lapangan, maka akan ada perbedaan kasta jalan dll hingga memudahkan untk interkoneksi antar moda.
cmiiw.