Turboman wrote:iamwewe wrote:Ok om,saya anggep pertamax series udh mengandung detergen. Trus slanjutnya, kotoran2 yg rontok itu larinya kemana? Apakah akan nyangkut di fuel pump or injektor gt? Secara kita udh setuju bs merontokkan kotoran kan.
Kalo isi bbm tolak ukurnya dr harga tu mobil mah mobil2 truk gw smua hrs isi pertadex dong. Harganya aj udh sekelas qpajero exceed smua wkwkw..
Kalo deposit yg berada sesudah filter bensin sih yah pasti end up masuk ruang bakar dan terbakar
Tapi ane pribadi gak yakin zat detergent Pertamax itu apa udah cukup banget, scr dulu di CRV pada KM 32 rb ane lakukan Spirit busa pertama yg keluar juga coklat tua, walau busa ke 2 dah bersih, mobil always pake RON 92 terus dari baru. Makanya ane sering mix dikit ama RL CFSC.
Zat detergent yg terkandung di BBM umumnya lebih ke arah menjaga utk mencegah pembentukan deposit drpd merontokkan deposit yg ada, mungkin kalo kelas TopTierGas dia bisa merontokkan krn kadar detergent-nya di atas rata2.
CMIIW
hmm.. trus kalo yg di tangki bensinnya gimana om turbo? apa tetep akan larut, apa tetep stay disana kerak2nya walopun saya isi p or p+?
spirit busa apa yak? kalo di indo, jenis bahan bakar apa yg termasuk/mengandung toptiergas itu?
hbobo wrote:nah disini letak beda persepsinya. saya nga perna bilang mobil pribadi saja, tapi mobil diatas 200jt.
karena mobil diatas 200jt rata rata kompresi nya sudah tinggi, jadi memang sudah sewajarnya dikasih minum yang sesuai dengan kompresi mesinnya. cuma kalo mau isi premium yah sah sah aja kok. kan cuma itu di himbau buat yang lebih mampu untuk tidak isi bbm subsidi.
kalo ente pake apancah atau panther yang memang bisa minum premium, yah sah sah aja kok isi bbm subsidi. cuma apa gak miris kalo liat alphard, BMW, Mercedes, dan mobil mobil laennya yang masuk kelas mobil menengah atas tapi masih nenggak premium, bukannya tidak boleh, boleh aja sih. itu hak masing masing kok. cuma himbauan aja.
ini diskusi terbuka bro...jadi nyantai dan relax aja. setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya asal itu edukatif.
yang bisa buat para pembaca forum SM ini dapet suatu ilmu tambahan.
di temen temen ane juga banyak yang selalu goblokin ane dan bilang kalo ane tuh bego masa mobil diisiin shell. isi aja premium pake aditif. yah itu mereka dan saya yah beda. ini bukan masalah kantong, tapi masalah prinsip. prinsip ane, yah nga mau premium+aditif. bagi yang punya pendapat berbeda yah monggo di utarakan dengan baik baik dan kasih point of view nya kenapa bisa memilih premium+aditif.
buat yang pakai bensin tanpa aditif juga sharing, dengan begitu pikiran makin kebuka dan wawasan makin luas.
nga usah di debatin. cuma yang ane keluarin pendapat ane yah itu kan point of view ane. kalo ada yang tersungging yah mohon maaf. hehehe...

pak bos, jadi gimana nih masalah truk saya? apa saya harus isi pertadex utk truk saya? apalagi truk saya skrg jamannya udh teknologi commonrail smua. harganya jg diatas 400 jtan smua. yg ada diketawain org bos, truk kok diisi pertadex. yg ada ongkos nya utk bahan bakarnya aja nggak cukup
pak bos, kalo tujuannya utk edukatif, rasanya semua org jg tau kali mobilnya itu hrsnya diisi apa. kbykan di dalem tutup tangki jg udh ada tulisan himbauannya. cuma masalah mau apa nggaknya org aja. kalo masalah menghimbau, saya rasa pemerintah jg udh kuarin dana berapa byk tuh utk menghimbau, lebih banyak jauh effortnya daripada bos yg cuma ngmg masalah prinsip dll di forum ini. tapi tetep tuh, org bykan isi yg bersubsidi.
masalah org mau isi apa menurut saya itu sih kaya 'agama' seseorang. mendingan jgn dingmgin, nanti org bisa tersinggung. apalagi standar pak bos utk nentuin mobil isi bahan bakar itu cuma berdasarkan batas 200jt aja. gimana kalo yaris TRD harus isi pertamax, yaris tipe J premium aja gitu?
masalah prinsip bos mau isi pertamax series, bagus. tapi nggak usahlah di jabarkan disini alasan2nya. "prinsip gua, bisa beli mobil diatas 200jt, masa minumnya masih bensin subsidi. if u can afford to buy a car worth more than 200 mil, rasanya nga make sense kalo musti isi bensin yang ditujukan buat orang yang kekurangan." <- doesn't make u cool bro.
nah mendingan kalo bos emg mau mengedukasi or mau menghimbau org2 utk pake bbm non subsidi dengan dasar hrg mobil 200jt, mending pak bos bantu pemerintah dgn cara buat spanduk gede2 MOBIL DIATAS 200JT HRS PAKE BBM NON SUBSIDI, supported by hbobo, pajang deh di setiap SPBU, jauh lbh efektif daripada di forum kaya gini.
evolution21 wrote:hbobo wrote:fuel pump jebol tuh om, trus tangki bensin di kuras jadi berpasir gitu. mesin rontok, kata orang bengkelnya di pistonnya semua berkerak. gua nga ngerti juga sih maksudnya apa. cuma yang masih gua inget fuel pump sama tangki bensinnya berpasir. sejak itu nga berani deh pake aditif.
kayanya utk yg berpasir itu salah bensinnya yg kotor sih um, bukan di aditifnya
yg jadi tanda tanya tinggal fuel pump n piston
kalo boleh tau, pake merk apa waktu itu?
ane dulu pernah uji coba beberapa merk aditif ke botol isi bensin premium, dan kedapetan 1 merk bikin gel di dasar botol
nah kalo masalah pasir2 gini apa ikut larut nggak sih oleh efek detergent itu?