Bensin & angka oktan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

Turboman wrote:Sebetulnya dgn menambah suatu zat ke dalam bensin lalu performa mobil terasa lebih enak, itu belum tentu berkorelasi dengan angka Oktan, karena jika zat tsb mampu menurunkan tegangan permukaan bensin (Surface Tension) aja maka pengabutan akan menjadi lebih baik & performa mesin akan lebih baik.

Lalu jika zat tsb juga mampu merontokkan endapan pada injector juga akan membuat pengabutan lebih baik, hasilnya : see above.

Gak heran kalau banyak additive bensin yg sifatnya "pure detergent" membuat kinerja mesin terasa lebih enak & sekaligus kons BBM improve sesudahnya.

Ini dari pengamatan ane thd percobaan bbrp additive bensin yg sifatnya "Cleaner"
wah ini pembahasan yg saya perlukan nih..

nah om, saya mau tanya, 'menurunkan tegangan permukaan bensin' itu maksudnya apa ya? apa sama kaya misal kita isi bensin, tapi nggak sampe full tank?

trus let's say bila ternyata additif itu sifatnya cuma sbg detergent/cleaner, ya berarti sebenernya cuma ngebalikkin performa ke performa standard dong? artinya ya itu bukan octane booster, tapi lebih kepada detergen yg membersihkan kotoran yg ada. baik yg udah terlanjur ada di dalam mobil kita, ataupun 'pemurnian' atas bahan bakar yg baru akan kita isi di kendaraan kita.

just info aja, saya jg termasuk yg nggak pcy sama gini2an. makanya saya sll isi campur prem 2/3, p+ 1/3.
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Bensin & angka oktan

Post by hbobo »

seru nih thread beginian, ane di belakang om helm kalo soal racun buat bensin. ane skeptikal banget. udah perna pake dan udah kapok pake, dulu pas masih jaman naek toyota corolla. demen keluyuran, cuma jatah uang bensin minim, jadi deh dikasih premium+racun, awal awal sih berasanya enak, nga tau sugesti apa bukan. yang jelas setelah beberapa lama tuh mobil jadi kacau nian. hahaha...kena omel bokap ane. sejak itu kapok pake aditif.

kalo logika ane, kalo aditif begitu efektif, kenapa nga pertamina buat aja premium + aditif jadi pertamax. hehehe...
kalo emang itu bagus kenapa tidak di lakukan pemerintah buat menghemat subsidi. so buat ane, tetep dijalur bensin murni ron92/ron95 tanpa aditif.

btw ini cuma pendapat nubitol aja yah. cuma mengeluarkan pendapat ane soal aditif atau bensin tanpa aditif.
dalam hal ini ane pilih tanpa aditif.
monggo di lanjut pembahasannya, tapi kalo bisa jangan buat ajang perang donk, di bahas yang educational, jadi bisa kasih pencerahan dan ilmu ke nubitol kaya saya.

:big_peace: :big_peace: :big_peace:
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Bensin & angka oktan

Post by hbobo »

iamwewe wrote:
Turboman wrote:Sebetulnya dgn menambah suatu zat ke dalam bensin lalu performa mobil terasa lebih enak, itu belum tentu berkorelasi dengan angka Oktan, karena jika zat tsb mampu menurunkan tegangan permukaan bensin (Surface Tension) aja maka pengabutan akan menjadi lebih baik & performa mesin akan lebih baik.

Lalu jika zat tsb juga mampu merontokkan endapan pada injector juga akan membuat pengabutan lebih baik, hasilnya : see above.

Gak heran kalau banyak additive bensin yg sifatnya "pure detergent" membuat kinerja mesin terasa lebih enak & sekaligus kons BBM improve sesudahnya.

Ini dari pengamatan ane thd percobaan bbrp additive bensin yg sifatnya "Cleaner"
wah ini pembahasan yg saya perlukan nih..

nah om, saya mau tanya, 'menurunkan tegangan permukaan bensin' itu maksudnya apa ya? apa sama kaya misal kita isi bensin, tapi nggak sampe full tank?

trus let's say bila ternyata additif itu sifatnya cuma sbg detergent/cleaner, ya berarti sebenernya cuma ngebalikkin performa ke performa standard dong? artinya ya itu bukan octane booster, tapi lebih kepada detergen yg membersihkan kotoran yg ada. baik yg udah terlanjur ada di dalam mobil kita, ataupun 'pemurnian' atas bahan bakar yg baru akan kita isi di kendaraan kita.

just info aja, saya jg termasuk yg nggak pcy sama gini2an. makanya saya sll isi campur prem 2/3, p+ 1/3.
bro wewe, ane juga termasuk yang nga percaya pake campur tuh. hahaha...
makanya ane kalo beli mobil yang bener bener bisa minum premium tanpa campuran (apancah), atau minum bio solar (ipah disel), nah kalo mau yang bagusan kaya crv/cx5 yah ane langsung kasih minum minimal juga shell super, cuma biasanya ane kasih minumnya shell super extra.

ane agak takut kalo campur campur bensin, takut mesin rontok atau catalytic converternya masalah. hehehe...
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bensin & angka oktan

Post by Turboman »

iamwewe wrote: wah ini pembahasan yg saya perlukan nih..

1. nah om, saya mau tanya, 'menurunkan tegangan permukaan bensin' itu maksudnya apa ya? apa sama kaya misal kita isi bensin, tapi nggak sampe full tank?

2. trus let's say bila ternyata additif itu sifatnya cuma sbg detergent/cleaner, ya berarti sebenernya cuma ngebalikkin performa ke performa standard dong? artinya ya itu bukan octane booster, tapi lebih kepada detergen yg membersihkan kotoran yg ada. baik yg udah terlanjur ada di dalam mobil kita, ataupun 'pemurnian' atas bahan bakar yg baru akan kita isi di kendaraan kita.

just info aja, saya jg termasuk yg nggak pcy sama gini2an. makanya saya sll isi campur prem 2/3, p+ 1/3.
1. Tegangan permukaan zat contohnya spt air sabun yg ditiup bisa jadi balon, itu tanda tegangan permukaan sgt tinggi

Sedangkan utk bensin tegangan permukaan jika diturunkan tujuannya agar sewaktu proses pengabutan itu pengabutan bisa lebih sempurna, karena molekul cairan lebih mudah dipecah menjadi butiran2 yg lebih kecil2.

2. Yes, karena komponen2 pada bensin yg memiliki RON tinggi itu bbrp mudah membentuk deposit saat suhu panas, spt Olefin dan Aromatic, maka itu knp muncul TopTierGas di US (Google aja), dimana kandungan zat detergent-nya di atas rata2. Konon additive yg mengandung zat detergent juga banyak yg berfungsi sbg surface tension reducer. CMIIW

itu opini saya

Mungkin rekan2 ada opini lain ? monggo.....................
* Bukan ajakan Beli *
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

ooo ok2 icic.. trus ya om, saya prnh liat dimana gitu, intinya ada 1 gelas pertamax, trus kalo nggak salah dicelup busi ya atau apa gt lupa ada kerak byk.. trus digodek2in di dalem gelas itu, eh kerak2nya rontok lho..

nah saya mau tanya lagi, jadi pertamax itu dapet efek detergen jg dan sekaligus ada octane boosternya? bagaimana dgn p+? apa sama jg, ada detergen + octane boosternya?

Jaman saya sekolah itu p+ namanya super TT ya.. saya inget banget beli premix isi di botol aqua gede, warnanya biru, itu dingin banget.. nah pas isi p+, merah, eh botol aquanya agak kaya meletot gitu, itu efek apa ya? kok bisa gitu?

trus soal produk yg baru di launch, pertamax racing ya kalo nggak salah.. itu kan octanenya 100, saya denger kalo dipake di mobil yg butuh RON min 90, malah jadi panas, apa bnr ato isu? logikanya gimana ya?
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Bensin & angka oktan

Post by hbobo »

@wewe: beda om super tt beda sama p+. kalo seinget ane dulu namanya premix sama super tt. seinget ane super tt itu oktanna 97. kalo p+ kan 95 doank, sama kaya premix jaman dulu.
cmiiw
one small step for a man, a giant leap for mankind
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

oh ya? gile keren jg dulu supra gw isinya oktan 97 :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bensin & angka oktan

Post by Turboman »

iamwewe wrote:
1. nah saya mau tanya lagi, jadi pertamax itu dapet efek detergen jg dan sekaligus ada octane boosternya? bagaimana dgn p+? apa sama jg, ada detergen + octane boosternya?

2. trus soal produk yg baru di launch, pertamax racing ya kalo nggak salah.. itu kan octanenya 100, saya denger kalo dipake di mobil yg butuh RON min 90, malah jadi panas, apa bnr ato isu? logikanya gimana ya?
1. Pertamax series scr teroritis seharusnya sudah mengandung additive lengkap ya, tapi seberapa lengkap & apa volume additive yg digunakan benar2 cukup, ane gak tahu.

2. Oktan yang kelewat tinggi hanya useless aja, tapi gak akan bikin efek negative. Kalo anda gunakan bensin oktan sgt tinggi lalu mesin jadi panas / ada something wrong, berarti bensinnya sendiri ada yg gak bener.

IMO n CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Bensin & angka oktan

Post by evolution21 »

hbobo wrote:seru nih thread beginian, ane di belakang om helm kalo soal racun buat bensin. ane skeptikal banget. udah perna pake dan udah kapok pake, dulu pas masih jaman naek toyota corolla. demen keluyuran, cuma jatah uang bensin minim, jadi deh dikasih premium+racun, awal awal sih berasanya enak, nga tau sugesti apa bukan. yang jelas setelah beberapa lama tuh mobil jadi kacau nian. hahaha...kena omel bokap ane. sejak itu kapok pake aditif.

kalo logika ane, kalo aditif begitu efektif, kenapa nga pertamina buat aja premium + aditif jadi pertamax. hehehe...
kalo emang itu bagus kenapa tidak di lakukan pemerintah buat menghemat subsidi. so buat ane, tetep dijalur bensin murni ron92/ron95 tanpa aditif.

btw ini cuma pendapat nubitol aja yah. cuma mengeluarkan pendapat ane soal aditif atau bensin tanpa aditif.
dalam hal ini ane pilih tanpa aditif.
monggo di lanjut pembahasannya, tapi kalo bisa jangan buat ajang perang donk, di bahas yang educational, jadi bisa kasih pencerahan dan ilmu ke nubitol kaya saya.

:big_peace: :big_peace: :big_peace:
um, waktu mobilnya jd kacau
dibawa kebengkel trus hasilnya tau ga, yg bermasalah dimananya?
busi / fuel pump / lainnya?
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Bensin & angka oktan

Post by hbobo »

fuel pump jebol tuh om, trus tangki bensin di kuras jadi berpasir gitu. mesin rontok, kata orang bengkelnya di pistonnya semua berkerak. gua nga ngerti juga sih maksudnya apa. cuma yang masih gua inget fuel pump sama tangki bensinnya berpasir. sejak itu nga berani deh pake aditif.

prinsip gua, bisa beli mobil diatas 200jt, masa minumnya masih bensin subsidi. lagian nga bagus buat mesin dan juga ngebebanin negara (bukan sok nasionalis, cuma be reasonable aja, if u can afford to buy a car worth more than 200 mil, rasanya nga make sense kalo musti isi bensin yang ditujukan buat orang yang kekurangan). kalo mau hemat yah jangan keluyuran. hemat energi kalo mau hemat biaya.

ini agak oot dikit, kaya kita selalu ngomel kalo supir mikrolet, kopami dan kopaja itu cuma bikin macet, hidup mereka itu kerjanya buat orang laen susah. makanya hidup mereka selalu susah, if u sow a wind, u will reap a hurricane. kalo buat orang laen susah, hidup sendiri juga akan selalu susah. penggunaan bbm bersubsidi itu membuat beban negara jadi besar dan membuat bantuan ke orang yang lebih susah jadi berkurang, menurut gau itu sama aja buat orang laen susah., so kalo mau nyaman pake mobil, isi lah dengan bensin tanpa subsidi. kecuali mau naek motor, yah silahkan isi premium.

once again its only my one cent...sorry kalo nubitol oot, mohon di maklumi
one small step for a man, a giant leap for mankind
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

Ok om,saya anggep pertamax series udh mengandung detergen. Trus slanjutnya, kotoran2 yg rontok itu larinya kemana? Apakah akan nyangkut di fuel pump or injektor gt? Secara kita udh setuju bs merontokkan kotoran kan.

Kalo isi bbm tolak ukurnya dr harga tu mobil mah mobil2 truk gw smua hrs isi pertadex dong. Harganya aj udh sekelas qpajero exceed smua wkwkw..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Bensin & angka oktan

Post by htannis »

Coba yang ngomong mobil pribadi harus pake bbm subsidi, saya mau tanya, ente ada beli cd/dvd bajakan? Ada download film/lagu gratis via internet? Ada ngemplang pajak gak? :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bensin & angka oktan

Post by Turboman »

iamwewe wrote:Ok om,saya anggep pertamax series udh mengandung detergen. Trus slanjutnya, kotoran2 yg rontok itu larinya kemana? Apakah akan nyangkut di fuel pump or injektor gt? Secara kita udh setuju bs merontokkan kotoran kan.

Kalo isi bbm tolak ukurnya dr harga tu mobil mah mobil2 truk gw smua hrs isi pertadex dong. Harganya aj udh sekelas qpajero exceed smua wkwkw..
Kalo deposit yg berada sesudah filter bensin sih yah pasti end up masuk ruang bakar dan terbakar

Tapi ane pribadi gak yakin zat detergent Pertamax itu apa udah cukup banget, scr dulu di CRV pada KM 32 rb ane lakukan Spirit busa pertama yg keluar juga coklat tua, walau busa ke 2 dah bersih, mobil always pake RON 92 terus dari baru. Makanya ane sering mix dikit ama RL CFSC.

Zat detergent yg terkandung di BBM umumnya lebih ke arah menjaga utk mencegah pembentukan deposit drpd merontokkan deposit yg ada, mungkin kalo kelas TopTierGas dia bisa merontokkan krn kadar detergent-nya di atas rata2.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Bensin & angka oktan

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:Coba yang ngomong mobil pribadi harus pake bbm subsidi, saya mau tanya, ente ada beli cd/dvd bajakan? Ada download film/lagu gratis via internet? Ada ngemplang pajak gak? :mrgreen:
Gw kan bukan pns tapi anak buahnya bos unta yg borju jadi ya pake premi n itu tu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Bensin & angka oktan

Post by ilhami »

htannis wrote:Coba yang ngomong mobil pribadi harus pake bbm subsidi, saya mau tanya, ente ada beli cd/dvd bajakan? Ada download film/lagu gratis via internet? Ada ngemplang pajak gak? :mrgreen:
Beda Om.
BBM subsidi sampai saat ini boleh / sah / halal anda beli Rp 4500 walaupun ente pake jaguar, resiko merusak mesin itu tanggung sendiri.

DVD/CD bajakan walau anda beli Rp 1 jt/keping tetap tidak sah, karena royaltinya tidak sampai ke pencipta lagu/karya film.
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Bensin & angka oktan

Post by hbobo »

nah disini letak beda persepsinya. saya nga perna bilang mobil pribadi saja, tapi mobil diatas 200jt.
karena mobil diatas 200jt rata rata kompresi nya sudah tinggi, jadi memang sudah sewajarnya dikasih minum yang sesuai dengan kompresi mesinnya. cuma kalo mau isi premium yah sah sah aja kok. kan cuma itu di himbau buat yang lebih mampu untuk tidak isi bbm subsidi.

kalo ente pake apancah atau panther yang memang bisa minum premium, yah sah sah aja kok isi bbm subsidi. cuma apa gak miris kalo liat alphard, BMW, Mercedes, dan mobil mobil laennya yang masuk kelas mobil menengah atas tapi masih nenggak premium, bukannya tidak boleh, boleh aja sih. itu hak masing masing kok. cuma himbauan aja.

ini diskusi terbuka bro...jadi nyantai dan relax aja. setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya asal itu edukatif.
yang bisa buat para pembaca forum SM ini dapet suatu ilmu tambahan.

di temen temen ane juga banyak yang selalu goblokin ane dan bilang kalo ane tuh bego masa mobil diisiin shell. isi aja premium pake aditif. yah itu mereka dan saya yah beda. ini bukan masalah kantong, tapi masalah prinsip. prinsip ane, yah nga mau premium+aditif. bagi yang punya pendapat berbeda yah monggo di utarakan dengan baik baik dan kasih point of view nya kenapa bisa memilih premium+aditif.

buat yang pakai bensin tanpa aditif juga sharing, dengan begitu pikiran makin kebuka dan wawasan makin luas.
nga usah di debatin. cuma yang ane keluarin pendapat ane yah itu kan point of view ane. kalo ada yang tersungging yah mohon maaf. hehehe... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Bensin & angka oktan

Post by evolution21 »

hbobo wrote:fuel pump jebol tuh om, trus tangki bensin di kuras jadi berpasir gitu. mesin rontok, kata orang bengkelnya di pistonnya semua berkerak. gua nga ngerti juga sih maksudnya apa. cuma yang masih gua inget fuel pump sama tangki bensinnya berpasir. sejak itu nga berani deh pake aditif.
kayanya utk yg berpasir itu salah bensinnya yg kotor sih um, bukan di aditifnya
yg jadi tanda tanya tinggal fuel pump n piston
kalo boleh tau, pake merk apa waktu itu?
ane dulu pernah uji coba beberapa merk aditif ke botol isi bensin premium, dan kedapetan 1 merk bikin gel di dasar botol
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Bensin & angka oktan

Post by evolution21 »

Turboman wrote:
iamwewe wrote:Ok om,saya anggep pertamax series udh mengandung detergen. Trus slanjutnya, kotoran2 yg rontok itu larinya kemana? Apakah akan nyangkut di fuel pump or injektor gt? Secara kita udh setuju bs merontokkan kotoran kan.

Kalo isi bbm tolak ukurnya dr harga tu mobil mah mobil2 truk gw smua hrs isi pertadex dong. Harganya aj udh sekelas qpajero exceed smua wkwkw..
Kalo deposit yg berada sesudah filter bensin sih yah pasti end up masuk ruang bakar dan terbakar

Tapi ane pribadi gak yakin zat detergent Pertamax itu apa udah cukup banget, scr dulu di CRV pada KM 32 rb ane lakukan Spirit busa pertama yg keluar juga coklat tua, walau busa ke 2 dah bersih, mobil always pake RON 92 terus dari baru. Makanya ane sering mix dikit ama RL CFSC.

Zat detergent yg terkandung di BBM umumnya lebih ke arah menjaga utk mencegah pembentukan deposit drpd merontokkan deposit yg ada, mungkin kalo kelas TopTierGas dia bisa merontokkan krn kadar detergent-nya di atas rata2.

CMIIW
spirit busa maksudnya carbon clean ya um?
dulu t30 ane full pertamax di 15rb km carbon clean jg dah coklat tua banget

sekarang dah jalan 30rb km lebih blom di carbon clean lg
jd penasaran ntar hasilnya gimana
soalnya dah 20rb km lebih lah, selalu mix p plus premium + aditif
cuman aditifnya cobain banyak macam merek

um turbo setelah pake redline ada perbaikan ga waktu di spirit busa lagi?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Bensin & angka oktan

Post by ilhami »

Pertamax aja masih butuh additive ya. Berarti kalau pakai premium yang miskin additive, dosisnya harus dua kali lipat :(
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

Turboman wrote:
iamwewe wrote:Ok om,saya anggep pertamax series udh mengandung detergen. Trus slanjutnya, kotoran2 yg rontok itu larinya kemana? Apakah akan nyangkut di fuel pump or injektor gt? Secara kita udh setuju bs merontokkan kotoran kan.

Kalo isi bbm tolak ukurnya dr harga tu mobil mah mobil2 truk gw smua hrs isi pertadex dong. Harganya aj udh sekelas qpajero exceed smua wkwkw..
Kalo deposit yg berada sesudah filter bensin sih yah pasti end up masuk ruang bakar dan terbakar

Tapi ane pribadi gak yakin zat detergent Pertamax itu apa udah cukup banget, scr dulu di CRV pada KM 32 rb ane lakukan Spirit busa pertama yg keluar juga coklat tua, walau busa ke 2 dah bersih, mobil always pake RON 92 terus dari baru. Makanya ane sering mix dikit ama RL CFSC.

Zat detergent yg terkandung di BBM umumnya lebih ke arah menjaga utk mencegah pembentukan deposit drpd merontokkan deposit yg ada, mungkin kalo kelas TopTierGas dia bisa merontokkan krn kadar detergent-nya di atas rata2.

CMIIW
hmm.. trus kalo yg di tangki bensinnya gimana om turbo? apa tetep akan larut, apa tetep stay disana kerak2nya walopun saya isi p or p+?

spirit busa apa yak? kalo di indo, jenis bahan bakar apa yg termasuk/mengandung toptiergas itu?

hbobo wrote:nah disini letak beda persepsinya. saya nga perna bilang mobil pribadi saja, tapi mobil diatas 200jt.
karena mobil diatas 200jt rata rata kompresi nya sudah tinggi, jadi memang sudah sewajarnya dikasih minum yang sesuai dengan kompresi mesinnya. cuma kalo mau isi premium yah sah sah aja kok. kan cuma itu di himbau buat yang lebih mampu untuk tidak isi bbm subsidi.

kalo ente pake apancah atau panther yang memang bisa minum premium, yah sah sah aja kok isi bbm subsidi. cuma apa gak miris kalo liat alphard, BMW, Mercedes, dan mobil mobil laennya yang masuk kelas mobil menengah atas tapi masih nenggak premium, bukannya tidak boleh, boleh aja sih. itu hak masing masing kok. cuma himbauan aja.

ini diskusi terbuka bro...jadi nyantai dan relax aja. setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya asal itu edukatif.
yang bisa buat para pembaca forum SM ini dapet suatu ilmu tambahan.

di temen temen ane juga banyak yang selalu goblokin ane dan bilang kalo ane tuh bego masa mobil diisiin shell. isi aja premium pake aditif. yah itu mereka dan saya yah beda. ini bukan masalah kantong, tapi masalah prinsip. prinsip ane, yah nga mau premium+aditif. bagi yang punya pendapat berbeda yah monggo di utarakan dengan baik baik dan kasih point of view nya kenapa bisa memilih premium+aditif.

buat yang pakai bensin tanpa aditif juga sharing, dengan begitu pikiran makin kebuka dan wawasan makin luas.
nga usah di debatin. cuma yang ane keluarin pendapat ane yah itu kan point of view ane. kalo ada yang tersungging yah mohon maaf. hehehe... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
pak bos, jadi gimana nih masalah truk saya? apa saya harus isi pertadex utk truk saya? apalagi truk saya skrg jamannya udh teknologi commonrail smua. harganya jg diatas 400 jtan smua. yg ada diketawain org bos, truk kok diisi pertadex. yg ada ongkos nya utk bahan bakarnya aja nggak cukup :mky_07:

pak bos, kalo tujuannya utk edukatif, rasanya semua org jg tau kali mobilnya itu hrsnya diisi apa. kbykan di dalem tutup tangki jg udh ada tulisan himbauannya. cuma masalah mau apa nggaknya org aja. kalo masalah menghimbau, saya rasa pemerintah jg udh kuarin dana berapa byk tuh utk menghimbau, lebih banyak jauh effortnya daripada bos yg cuma ngmg masalah prinsip dll di forum ini. tapi tetep tuh, org bykan isi yg bersubsidi.

masalah org mau isi apa menurut saya itu sih kaya 'agama' seseorang. mendingan jgn dingmgin, nanti org bisa tersinggung. apalagi standar pak bos utk nentuin mobil isi bahan bakar itu cuma berdasarkan batas 200jt aja. gimana kalo yaris TRD harus isi pertamax, yaris tipe J premium aja gitu?

masalah prinsip bos mau isi pertamax series, bagus. tapi nggak usahlah di jabarkan disini alasan2nya. "prinsip gua, bisa beli mobil diatas 200jt, masa minumnya masih bensin subsidi. if u can afford to buy a car worth more than 200 mil, rasanya nga make sense kalo musti isi bensin yang ditujukan buat orang yang kekurangan." <- doesn't make u cool bro.

nah mendingan kalo bos emg mau mengedukasi or mau menghimbau org2 utk pake bbm non subsidi dengan dasar hrg mobil 200jt, mending pak bos bantu pemerintah dgn cara buat spanduk gede2 MOBIL DIATAS 200JT HRS PAKE BBM NON SUBSIDI, supported by hbobo, pajang deh di setiap SPBU, jauh lbh efektif daripada di forum kaya gini.

evolution21 wrote:
hbobo wrote:fuel pump jebol tuh om, trus tangki bensin di kuras jadi berpasir gitu. mesin rontok, kata orang bengkelnya di pistonnya semua berkerak. gua nga ngerti juga sih maksudnya apa. cuma yang masih gua inget fuel pump sama tangki bensinnya berpasir. sejak itu nga berani deh pake aditif.
kayanya utk yg berpasir itu salah bensinnya yg kotor sih um, bukan di aditifnya
yg jadi tanda tanya tinggal fuel pump n piston
kalo boleh tau, pake merk apa waktu itu?
ane dulu pernah uji coba beberapa merk aditif ke botol isi bensin premium, dan kedapetan 1 merk bikin gel di dasar botol
nah kalo masalah pasir2 gini apa ikut larut nggak sih oleh efek detergent itu?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Bensin & angka oktan

Post by htannis »

Member sm gak ada yg gampang tersinggung kok, kalau member yg aneh banyak :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Bensin & angka oktan

Post by ilhami »

@iamwewe

sebenarnya bbm subsidi vs non subsidi tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan harga mobil.

yang menentukan diantaranya: Rasio kompresi dan timing nya.
Avanza harga 140 jt, disarankan Pertamax karena kompresi 11:1.

Juga soal truk commonrail.
Di kalimantan Truk milik industri tidak harus minum Pertadex, tapi minum Solar biasa yang non subsidi harga 9000an.
Kalau di jawa bisa bebas minum solar 4500, bukan soal spek mesin, itu soal regulasi dan kuota BBM di jawa berlimpah.

Kalau di malaysia, BBM bersubsidi itu RON95 :big_slap:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bensin & angka oktan

Post by DOHC »

kalo ane sehh.... scara pribadi uda ogah make aditif2 yg embel2 penambah oktan dll, pengalaman ane coba macam2 merek dari luar ampe dalam negeri, dari hotpill, redline, nos ampe MGO... yg ada malah seal injector malah jadi bocor, injector mampet, fuel pump rusak... kapok dahh.. apalagi yg claim nya terlalu "wow" atau yg terlalu bagus utk dipercaya.... yg pasti2 aja dahh... kalo ane mau kluar kota, lgs isi pertaplus full tank... tp kalo cuman muter2 dalkot, hajar premium aja... ngelitik ?? sbodo... tohh slama puluhan rebu km glitik terus2an mesin blom jebol... angkot aja ratusan rebu km tiap ari jalan ditarik gila2an padahal mesin uda menjerit ampe glitik gila2an aj masi tetep narik tuh... lagian jg ane pake mobil ga ampe puluhan taon kan... gt mulai rewel yahh lembiru... beress...

bahkan aditif redline aj uda ane stop pake karena stelah beberapa lama pake, ternyata bagi ane cuman efek placebo doank lahh... premium yg terlalu acak kadut kualitas nya, dikasi aditif gtuan kayanya bagaikan menuang gula di lautan... rasa air laut tetep bakal asin jg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

ilhami wrote:@iamwewe

sebenarnya bbm subsidi vs non subsidi tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan harga mobil.

yang menentukan diantaranya: Rasio kompresi dan timing nya.
Avanza harga 140 jt, disarankan Pertamax karena kompresi 11:1.

Juga soal truk commonrail.
Di kalimantan Truk milik industri tidak harus minum Pertadex, tapi minum Solar biasa yang non subsidi harga 9000an.
Kalau di jawa bisa bebas minum solar 4500, bukan soal spek mesin, itu soal regulasi dan kuota BBM di jawa berlimpah.

Kalau di malaysia, BBM bersubsidi itu RON95 :big_slap:
Pak, yg set standarnya harga 200jt itu bukan saya lho..Baca dulu deh diatas2..
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1179
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Bensin & angka oktan

Post by iamwewe »

DOHC wrote:kalo ane sehh.... scara pribadi uda ogah make aditif2 yg embel2 penambah oktan dll, pengalaman ane coba macam2 merek dari luar ampe dalam negeri, dari hotpill, redline, nos ampe MGO... yg ada malah seal injector malah jadi bocor, injector mampet, fuel pump rusak... kapok dahh.. apalagi yg claim nya terlalu "wow" atau yg terlalu bagus utk dipercaya.... yg pasti2 aja dahh... kalo ane mau kluar kota, lgs isi pertaplus full tank... tp kalo cuman muter2 dalkot, hajar premium aja... ngelitik ?? sbodo... tohh slama puluhan rebu km glitik terus2an mesin blom jebol... angkot aja ratusan rebu km tiap ari jalan ditarik gila2an padahal mesin uda menjerit ampe glitik gila2an aj masi tetep narik tuh... lagian jg ane pake mobil ga ampe puluhan taon kan... gt mulai rewel yahh lembiru... beress...

bahkan aditif redline aj uda ane stop pake karena stelah beberapa lama pake, ternyata bagi ane cuman efek placebo doank lahh... premium yg terlalu acak kadut kualitas nya, dikasi aditif gtuan kayanya bagaikan menuang gula di lautan... rasa air laut tetep bakal asin jg..