
Knalpot Berair
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Mon Nov 14, 2011 9:33
Knalpot Berair
Teman", mau nanya lagi nih kebetulan barusan ngamatin bagian belakang knalpot mobil gw. Ada yang bilang bahwa mesin mobil dikatakan sehat apabila saat pagi kita strater mobil dan knalpot mengeluarkan air. Apa indikator ini valid ya ? Soalnya waktu saya make knalpot OEM masi mengeluarkan air, tapi pas ganti ama knalpot aftermarket uda ga ngeluarin air lagi. Jadinya bingung sendiri apa setelah ganti knalpot tersebut mesin saya jadi ga sehat 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Knalpot Berair
ganti knalpot tu maksudnya sejak potongan yg mana?
exhaustmanifold/header - CC - resonator1/resonator2 - muffler - muffler tip
sbnernya bs saja semua itu dsebut knalpot,
tp utk praktisnya, dlm termonilogi gw sndiri, nyebut knalpot tu dimulai stlh CC aja.
bahkan ga sdikit yg terminologi knalpot adlh sejak muffler. klo ganti, silencer nya pun ga diutak-atik.
landasan pemikiran nya dulu knp air keluar dari kenalpot:
setiap reaksi pembakaran sempurna menghasilkan 2 produk pasti diluar produksi lainya yaitu CO2 dan H2O.
roughly reaksi pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar mesin adlh CHx+O2 ==> H2O + CO2.
dlm hal ini, H2O hasil pembakaran tsb sbenernya berwujud uap.
uap air tsb berjalan di pipa2 knalpot, sampai belakang. tp karena pipa/jalur knalpot mobil tu panjang, pdhl klo pagi tu si pipa masih dingin, maka si uap itu tadi akan mengalami kondensasi/pengembunan.
mgkin saja knlpot aftermarket tsb anatomi muffler/muffler tip nya punya cekungan2 tertentu, atau hal2 yg bisa membuat kondensasi uap air dari mesin tsb bukannya bablas sampai ke ujung, tp mlh terhambat/nabrak, shg jatuh ke cekungan2 tsb. krn tertahan & terkumpul disitu, jadinya ya gak keluar deh air hsl pengembunan nya itu.
klo gitu masuk akal gak?
exhaustmanifold/header - CC - resonator1/resonator2 - muffler - muffler tip
sbnernya bs saja semua itu dsebut knalpot,
tp utk praktisnya, dlm termonilogi gw sndiri, nyebut knalpot tu dimulai stlh CC aja.
bahkan ga sdikit yg terminologi knalpot adlh sejak muffler. klo ganti, silencer nya pun ga diutak-atik.
landasan pemikiran nya dulu knp air keluar dari kenalpot:
setiap reaksi pembakaran sempurna menghasilkan 2 produk pasti diluar produksi lainya yaitu CO2 dan H2O.
roughly reaksi pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar mesin adlh CHx+O2 ==> H2O + CO2.
dlm hal ini, H2O hasil pembakaran tsb sbenernya berwujud uap.
uap air tsb berjalan di pipa2 knalpot, sampai belakang. tp karena pipa/jalur knalpot mobil tu panjang, pdhl klo pagi tu si pipa masih dingin, maka si uap itu tadi akan mengalami kondensasi/pengembunan.
mgkin saja knlpot aftermarket tsb anatomi muffler/muffler tip nya punya cekungan2 tertentu, atau hal2 yg bisa membuat kondensasi uap air dari mesin tsb bukannya bablas sampai ke ujung, tp mlh terhambat/nabrak, shg jatuh ke cekungan2 tsb. krn tertahan & terkumpul disitu, jadinya ya gak keluar deh air hsl pengembunan nya itu.
klo gitu masuk akal gak?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Mon Nov 14, 2011 9:33
Re: Knalpot Berair
Benernya yang diganti mufflernya bro, sisanya sampe depan masi menggunakan OEM. Bisa juga sih kalo emank kek gitu, kmaren juga sempat mikirnya begini tapi masi ragu juga. Sampe tadi pagi pas dipanasin gw perhatiin tuh muffler trus kasi kertas agak jauh di lubangnya sambil gw gas", siapa tau bakal ada air nyemprot tapi ternyata kertasnya keringandy1800 wrote:ganti knalpot tu maksudnya sejak potongan yg mana?
exhaustmanifold/header - CC - resonator1/resonator2 - muffler - muffler tip
sbnernya bs saja semua itu dsebut knalpot,
tp utk praktisnya, dlm termonilogi gw sndiri, nyebut knalpot tu dimulai stlh CC aja.
bahkan ga sdikit yg terminologi knalpot adlh sejak muffler. klo ganti, silencer nya pun ga diutak-atik.
landasan pemikiran nya dulu knp air keluar dari kenalpot:
setiap reaksi pembakaran sempurna menghasilkan 2 produk pasti diluar produksi lainya yaitu CO2 dan H2O.
roughly reaksi pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar mesin adlh CHx+O2 ==> H2O + CO2.
dlm hal ini, H2O hasil pembakaran tsb sbenernya berwujud uap.
uap air tsb berjalan di pipa2 knalpot, sampai belakang. tp karena pipa/jalur knalpot mobil tu panjang, pdhl klo pagi tu si pipa masih dingin, maka si uap itu tadi akan mengalami kondensasi/pengembunan.
mgkin saja knlpot aftermarket tsb anatomi muffler/muffler tip nya punya cekungan2 tertentu, atau hal2 yg bisa membuat kondensasi uap air dari mesin tsb bukannya bablas sampai ke ujung, tp mlh terhambat/nabrak, shg jatuh ke cekungan2 tsb. krn tertahan & terkumpul disitu, jadinya ya gak keluar deh air hsl pengembunan nya itu.
klo gitu masuk akal gak?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Knalpot Berair
Muffler-nya ada lubang kecil untuk jalan keluar kondensasi ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Knalpot Berair
menilik kejadiannya kayanya ga ada lobang nya. kan ga kliatan tetesan sm sekali di titik2 yg lbh depan pun.
Tp ga ada lobang pun gpp...krn katanya scara teoritik itu air bilapun menggenang ntar jg akan menjd uap lg seiring hangat/panasnya knalpot.
Jd kcil kmgkinan mengakibatken karat dr dlm.
Gitu ngga?
Tp ga ada lobang pun gpp...krn katanya scara teoritik itu air bilapun menggenang ntar jg akan menjd uap lg seiring hangat/panasnya knalpot.
Jd kcil kmgkinan mengakibatken karat dr dlm.
Gitu ngga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Knalpot Berair
Betul, tapi kalau knalpot (pipa2 dan muffler) sudah panas, tidak terlihat lagi kondensasi karena uap air yang bentuknya gas atau "uap" tidak ada warnanya.
Yang pasti menghasilkan karat. Besi yang dipanaskan dan ter-"expose" ke uap air akan berkarat; walaupun uap airnya tidak terlihat mata.
Yang pasti menghasilkan karat. Besi yang dipanaskan dan ter-"expose" ke uap air akan berkarat; walaupun uap airnya tidak terlihat mata.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Knalpot Berair
uap air ini ada hubungan nya ga yahh ama mobil yg uda ber CC atau blom ??
koq di lipina ama kaleng ane yg uda ada CC, pagi2 ga ada uap aer sgala di knalpot, padahal sering parkir di halaman rumah.... sedgkan si ipah yg ga berCC, beruap mulu tiap kali nyalain...
koq di lipina ama kaleng ane yg uda ada CC, pagi2 ga ada uap aer sgala di knalpot, padahal sering parkir di halaman rumah.... sedgkan si ipah yg ga berCC, beruap mulu tiap kali nyalain...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Knalpot Berair
Catalytic Converter ndak ada hubungannya dengan hasil uap air.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"