Test Kons. BBM Toyota Prius (hybrid) vs. mobil Diesel (non h

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Test Kons. BBM Toyota Prius (hybrid) vs. mobil Diesel (non h

Post by Turboman »

Dear All


Ada test report terbaru mengenai konsumsi BBM berbagai jenis mobil berbagai ukuran, baik gasoline, Diesel maupun Hybrid.

Dari berbagai gambar di bawah bisa dilihat konsumsi BBM Toyota Prius yang KATANYA sangat hemat BBM versus berbagai mobil konvensional non hybrid baik gasoline maupun Diesel.


Kesimpulannya :

Simpulkan sendiri deh......hehehehehehe :D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mr. Turboman, Anda tidak fair, dong.

Lihat sendiri, semua test di atas, 'at HIGHER SPEEDS'.

Mobil hybrid pada kecepatan tinggi, hanya sedikit lebih hemat dari mobil bensin biasa, dan berada pada keadaan paling irit, pada kecepatan rendah dan kondisi macet atau stop-and-go.

Dengan hormat, Mr. Turboman, jika Anda membandingkan mobil diesel vs bensin hybrid, Anda seperti comparing apples to oranges.

Anda sendiri pasti tahu, bahwa akan ada diesel hybrid, yang dipelopori oleh Peugeot-Citroen.

Bagaimana kalau Anda bandingkan, for fair comparisons;

Bensin vs Hybrid bensin

Diesel vs Hybrid diesel (pada saatnya nanti).

Ada alasan mengapa Peugeot-Citroen dan Mercedes sedang mengembangkan Diesel HYBRID, bukankah begitu?

It doesn't take a rocket scientist to figure out, bahwa Diesel Hybrid akan lebih hemat daripada diesel biasa.

Hybrid = irit pada kecepatan rendah.
Diesel = irit pada segala kecepatan.

Bukankah ini adalah kombinasi yang paling ideal?

My point is, Hybrid = BUKAN MUSUH Diesel, malah adalah KAWAN.

Karena the future is, Hybrid + Diesel.

Just my two cents. :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Loooo khan saya nggak judge apa apa pak Conan......pembaca bisa simpulkan sendiri.......ekekekkeke :D


Eniwei artikelnya dari greencarcongress :

http://www.greencarcongress.com/2006/05 ... .html#more


Benar sudah ada bbrp pabrikan yang membuat konsep mobil Diesel - hybrid, sedangkan utk kendaraan besar (truk & bus) malah sudah terealisasi.


IMHO :

Dari test di Greencarcongress sebenarnya ada pesan moral, agar konsumen jangan mudah termakan oleh propaganda hebat produsen dan juga harga mobil gasoline hybrid yang terpaut cukup jauh dengan gasoline conventional juga belum memberikan reward sesuai dengan harga yg dibayarkan konsumen.


Sekedar opini pribadi, mohon maap bagi yg kurang berkenan
* Bukan ajakan Beli *
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Btw, Mr. Turboman, mengapa ya diesel itu sama sekali tidak populer di Jepang, padahal pabrikan Jepang itu memiliki lineup mesin diesel yang tidak kalah oleh pabrikan Eropa. Di Jepang malah hybrid-lah yang sangat populer.

Kalau menurutku, karena kondisi lalu lintas di sana yang penuh kemacetan, tidak seperti di Eropa yang penuh jalan2 panjang dan kosong.

FYI, aku ini penggemar teknologi diesel juga, selain hybrid. Jadi, aku mendukung keduanya untuk berkembang terus, apalagi jika bisa bersatu (diesel hybrid).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Benar pak Conan

Regulasi emisi di Jepang yang sedemikian rupa menyulitkan mobil Diesel penumpang berkembang di masa lalu.

Kalau tidak salah existensi mobil baru Diesel di Jepang hanya sampai sekitar 1992 (CMIIW) sesudah itu menghilang karena faktor regulasi emisi, belum tersedianya Low sulphur Diesel fuel dan rendahnya response masyarakat thd mobil Diesel (kecuali kend. niaga spt truk tanggung, truk besar, bus).

Tetapi saat ini setelah tersedianya ULSD (Ultra Low Sulphur Diesel) di Jepang dan mesin2 Diesel modern yg enggak berisik & Euro IV compliant, Mercedes mencoba mempopulerkan Diesel BlueTec di Jepang.

http://www.planetark.com/avantgo/dailyn ... wsid=35476


Bahkan pihak BOSCH juga pernah membuat event Diesel Day di Jepang (CMIIW).

Utk saat ini dimana harga BBM yg selangit, sebagian masyarakat Jepang spt. nya memilih menggunakan micro City Car bermesin 660 cc gasoline, terbukti populasi mobil imut ini amat sgt besar di sana.


koreksi kalau salah.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yah keren sih keren tuh teknologi Hybrid, apalagi kombinasi Hybrid + Diesel. Sayang di Indo harga mobilnya mahal sekali 400jt ! Bukannya jadi irit tp jadi boros deh ... Pemerintah sini telat untuk mendukung mobil2 hemat BBM dan ramah lingkungan spt diatas.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

TOP GEAR england juga malah ngejek2 diesel terus..gak taw napa..katanya bagaimanapun diesel bla bla bla.....