mobil mpv 50 juta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Oct 31, 2012 5:06
mobil mpv 50 juta
minta saran ni baru mau beli mobil pertama sekarang lagi bingung mau pilih sedan atau mpv
mpv pinginya toyota kijang aja biar enak perawatan kijang jenis apa ya kalau harga segitu budget 50 juta lebih dikitlah
kalau sedan bagaimana kalau suzuki baleno atau honda genio ya daerah saya di kabupaten di kalimantan harus sparepart yang gampang mohon dibantu ya teman-teman
mpv pinginya toyota kijang aja biar enak perawatan kijang jenis apa ya kalau harga segitu budget 50 juta lebih dikitlah
kalau sedan bagaimana kalau suzuki baleno atau honda genio ya daerah saya di kabupaten di kalimantan harus sparepart yang gampang mohon dibantu ya teman-teman
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: mobil mpv 50 juta
oii mana para master nih, kok blm ada yg kasih pendapat sih ni.
ok ane ikut ramein dl ya om, sblm para dedengkot pada berdatangan ntar
iya, dlm sikon demikan -sbg obil pertama dan di kalimantan kabupaten-, ane jg lbh cenderung kijang.
kijang jenis apa?
dimaximise aja budgetnya itu menjadi skitar 41-42jt beli mobilnya, 3-4 jt utk urusan balik nama. dan tersedia 5 jt lg utk dandan.
utk segitu mmg dpt nya adlh kijang super taun2 awal. 87-88.
silakan mencermati sejarah body kijang.
shg stlh paham ntarnya bisa hunting yg karoserie terbaik, yaitu se-astra mungkin. atau nasmoco klo di masa itu ya? ntar para ahli sejarah kijang akan menerangkan dg baik ttg gimana aja sih ciri2 modelnya utk taun2 segitu.
termasuk ttg versi long atau short.
cm tebakan ane, di taun2 itu kbykan yg mengaspal adlh body pendek/short. entah apakah mmg klo karoseri astra cm tersedia yg short? atau sbenernya byk jg astra yg long?
ane sndiri gak punya preferensi ttg: mau yg msh kondisi/tampilan std, atau yg tampilan udah "difacelift". imo, sama aja. konsekuensinya, biasanya yg udah difacelift jd lbh mahal. memfacelift nya pun bisa as simple as diganti grill dan lampu doang. tp bisa jg dg cara mengganti body nya mnjd kiajng grand, yg artinya empat pintu dan jendela putar engkol.
yg std nya utk kijang super generasi taun tsb adlh 3 pintu, maksudnya 2 dpn, di tengah 1, yaitu kiri only. plus pintu belakng.
kaca jendela seleian depan msh model sliding.
t.entu ada lack of features ("kekunoan") di kijang super taun2 awal ini dibanding yg taun2 lbh muda. tp ya gpp lah, terima dulu aja.
ini foto yg agak std

tp bisa difacelift mnjadi spt ini:

atau ini

jgn lupa utk scara ketat memilih yg interiornya rapih dan bersih. misalnya yg spt ini:

ok, lanjut. silakan para masters....
ok ane ikut ramein dl ya om, sblm para dedengkot pada berdatangan ntar
iya, dlm sikon demikan -sbg obil pertama dan di kalimantan kabupaten-, ane jg lbh cenderung kijang.
kijang jenis apa?
dimaximise aja budgetnya itu menjadi skitar 41-42jt beli mobilnya, 3-4 jt utk urusan balik nama. dan tersedia 5 jt lg utk dandan.
utk segitu mmg dpt nya adlh kijang super taun2 awal. 87-88.
silakan mencermati sejarah body kijang.
shg stlh paham ntarnya bisa hunting yg karoserie terbaik, yaitu se-astra mungkin. atau nasmoco klo di masa itu ya? ntar para ahli sejarah kijang akan menerangkan dg baik ttg gimana aja sih ciri2 modelnya utk taun2 segitu.
termasuk ttg versi long atau short.
cm tebakan ane, di taun2 itu kbykan yg mengaspal adlh body pendek/short. entah apakah mmg klo karoseri astra cm tersedia yg short? atau sbenernya byk jg astra yg long?
ane sndiri gak punya preferensi ttg: mau yg msh kondisi/tampilan std, atau yg tampilan udah "difacelift". imo, sama aja. konsekuensinya, biasanya yg udah difacelift jd lbh mahal. memfacelift nya pun bisa as simple as diganti grill dan lampu doang. tp bisa jg dg cara mengganti body nya mnjd kiajng grand, yg artinya empat pintu dan jendela putar engkol.
yg std nya utk kijang super generasi taun tsb adlh 3 pintu, maksudnya 2 dpn, di tengah 1, yaitu kiri only. plus pintu belakng.
kaca jendela seleian depan msh model sliding.
t.entu ada lack of features ("kekunoan") di kijang super taun2 awal ini dibanding yg taun2 lbh muda. tp ya gpp lah, terima dulu aja.
ini foto yg agak std

tp bisa difacelift mnjadi spt ini:

atau ini

jgn lupa utk scara ketat memilih yg interiornya rapih dan bersih. misalnya yg spt ini:

ok, lanjut. silakan para masters....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: mobil mpv 50 juta
kalo mau yg pesek2,. bisa suzuki carry MB atw mitsu t120 MB,. kijang paling dapet yg grand sperti poto yg di post atas ane , kalo kijang beli yg long ya,. biar ga kagok,. kalo dari sedan mah buanyaaakkkk ,. rata2 harganya emg uda nyungsepppp,. eh tapi ga mau sedan yah??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Oct 31, 2012 5:06
Re: mobil mpv 50 juta
wuih thank kang andi mantap banget jawabanya mendetail dan lengkap memang kuno tapi kan enak perawatan. .kalau kijang jantan bagamana kang andi disini dapat 52 juta yg taun 1994. .dandan nya perkiraan apa nya yang diutamakan klu mobkas kayak gini kang maklum takut salah perbaiki...
akang@wah jqngan yng ndak ada hidunglah kang ndak keren..hoho
akang@wah jqngan yng ndak ada hidunglah kang ndak keren..hoho
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: mobil mpv 50 juta
mbah andy ane potong2 yah postnya biar si ts jelas:
----------
2) HINDARIN karoseri non astra. jaman itu jaman jayanya karoseri aneh2, BANYAK DEMPUL. so, stick ke karoseri astra aja, ada 3: nasmoco auto body, superior coach, dan nusa cendana harum. sama aja kualitasnya tp paling banyak bededar yg superior dan nusa.
the next best karoseri di luar astra cm jantan, by adhi jaya tama mobilindo. kl jantan (karoseri roda, tangerang) kalah di lualitas bodi dan interior, walau jantan memang paling mewah dibanding karoseri lainnya (uda power window yg pastinya udah macet semua, semua kaca pintu naik turun, wiper belakang yg pastinya udah jebol semua wkwkwkwkw..)
3) short atau long sepengamatan ane sama aja populasinya. trim levelnya cm 2 sih, estede (SX = short, LX = long) dan 'mewah' (SSX = short = SSX, long = LSX), beda utamanya setau ane yg 'mewah (SSX LSX):
dasbor ada tutup lacinya, ada outlet tengah buat ac (tp nggak ada ac loh semua varian astra ini wkwkwkwkwkw..), jok dan doortrim fabric, 5 speed = disc brake depan, 4 speed = drum brake depan.
----------
----------

----------
beberapa catatan buat ts:
- ati2 aja jangan dapet yg cooling systemnya penyakitan, perhatiin bener2, karena pd kasus yg cooling systemnya dibiarkan sampe kronis oleh owner2 sebelumnya, yg kena adalah cylnder head, keropos.
- gardan blakang, jangan ambil yg kondisinya berdenging. tanda gigi nanas uda aus nggak dirawat/males ganti oli/bekas mobil kerja pembebanan berat.
coba jalan kecepatan 50-60an gigi 3 lalu lepas gas (persneling tetep di 3 jgn netral).. kedengaran berdenging apa nggak 'NGINNNNNGGGGGG..'.. buka baut oli gardan, colok jari, liat tekstur olinya, seller nakal suka nyampur oli gardan DENGAN PISANG untuk mengentalkan viskositas oli gardan (makin kental, makin tersamar bunyi dengingnya).
- interior, susah ngarepin yg msh ori taun segitu, terima apa adanya aja, yg penting mah mesin, girboks, DAN chassis (jgn karatan).
- soal lain (kaki2) benahin sambil jalan.
----------
kalo dirasa ketuaan, alternatif lain cr yg pesek2 macem carry atau espass. ngerawat mesinnya aja menjengkelkan, mesin bawah/dalem, sy pribadi bener2 nggak suka.
ide bagus, memang harus gini kl beli sekenan.kijang jenis apa?
dimaximise aja budgetnya itu menjadi skitar 41-42jt beli mobilnya, 3-4 jt utk urusan balik nama. dan tersedia 5 jt lg utk dandan.
----------
1) yep, dana 40 mepet buat kijang, bisanya dapet taun2 awal 87-89.utk segitu mmg dpt nya adlh kijang super taun2 awal. 87-88.
silakan mencermati sejarah body kijang.
shg stlh paham ntarnya bisa hunting yg karoserie terbaik, yaitu se-astra mungkin. atau nasmoco klo di masa itu ya? ntar para ahli sejarah kijang akan menerangkan dg baik ttg gimana aja sih ciri2 modelnya utk taun2 segitu.
termasuk ttg versi long atau short.
cm tebakan ane, di taun2 itu kbykan yg mengaspal adlh body pendek/short. entah apakah mmg klo karoseri astra cm tersedia yg short? atau sbenernya byk jg astra yg long?
2) HINDARIN karoseri non astra. jaman itu jaman jayanya karoseri aneh2, BANYAK DEMPUL. so, stick ke karoseri astra aja, ada 3: nasmoco auto body, superior coach, dan nusa cendana harum. sama aja kualitasnya tp paling banyak bededar yg superior dan nusa.
the next best karoseri di luar astra cm jantan, by adhi jaya tama mobilindo. kl jantan (karoseri roda, tangerang) kalah di lualitas bodi dan interior, walau jantan memang paling mewah dibanding karoseri lainnya (uda power window yg pastinya udah macet semua, semua kaca pintu naik turun, wiper belakang yg pastinya udah jebol semua wkwkwkwkw..)
3) short atau long sepengamatan ane sama aja populasinya. trim levelnya cm 2 sih, estede (SX = short, LX = long) dan 'mewah' (SSX = short = SSX, long = LSX), beda utamanya setau ane yg 'mewah (SSX LSX):
dasbor ada tutup lacinya, ada outlet tengah buat ac (tp nggak ada ac loh semua varian astra ini wkwkwkwkwkw..), jok dan doortrim fabric, 5 speed = disc brake depan, 4 speed = drum brake depan.
----------
yep, walau tetep aja aneh buat ane. lampu depan 'ala grand' tp tetep aja jendela samping paling belakang masih sliding hehehe.. tetep ketauan.ane sndiri gak punya preferensi ttg: mau yg msh kondisi/tampilan std, atau yg tampilan udah "difacelift". imo, sama aja. konsekuensinya, biasanya yg udah difacelift jd lbh mahal. memfacelift nya pun bisa as simple as diganti grill dan lampu doang. tp bisa jg dg cara mengganti body nya mnjd kiajng grand, yg artinya empat pintu dan jendela putar engkol.
----------
betul, 3 pintu only, DENGAN CATATAN, ini berlaku hanya di generasi awal 87-88, masuk di 88 akir walau udah jadi 4 pintu, babe pernah punya beli baru yg '89 awal, short. kurang lebih kek gini (foto milik bro OMB at my fb):yg std nya utk kijang super generasi taun tsb adlh 3 pintu, maksudnya 2 dpn, di tengah 1, yaitu kiri only. plus pintu belakng.
kaca jendela seleian depan msh model sliding.

----------
yep.. itu downsidenya.. dengan kenikmatan kemudahan pemeliharaan yg nyaris semua bs do-it-yourself.. ini mesin bs dibilang 'nyaris nggak ada rusaknya' hehehe..... lelet sih.t.entu ada lack of features ("kekunoan") di kijang super taun2 awal ini dibanding yg taun2 lbh muda. tp ya gpp lah, terima dulu aja.
beberapa catatan buat ts:
- ati2 aja jangan dapet yg cooling systemnya penyakitan, perhatiin bener2, karena pd kasus yg cooling systemnya dibiarkan sampe kronis oleh owner2 sebelumnya, yg kena adalah cylnder head, keropos.
- gardan blakang, jangan ambil yg kondisinya berdenging. tanda gigi nanas uda aus nggak dirawat/males ganti oli/bekas mobil kerja pembebanan berat.
coba jalan kecepatan 50-60an gigi 3 lalu lepas gas (persneling tetep di 3 jgn netral).. kedengaran berdenging apa nggak 'NGINNNNNGGGGGG..'.. buka baut oli gardan, colok jari, liat tekstur olinya, seller nakal suka nyampur oli gardan DENGAN PISANG untuk mengentalkan viskositas oli gardan (makin kental, makin tersamar bunyi dengingnya).
- interior, susah ngarepin yg msh ori taun segitu, terima apa adanya aja, yg penting mah mesin, girboks, DAN chassis (jgn karatan).
- soal lain (kaki2) benahin sambil jalan.
----------
kalo dirasa ketuaan, alternatif lain cr yg pesek2 macem carry atau espass. ngerawat mesinnya aja menjengkelkan, mesin bawah/dalem, sy pribadi bener2 nggak suka.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: mobil mpv 50 juta
Saran ane mending kijang super, jangan beli yg pesek2. mengapa? karena yg pesek2 itu carry , zebra , espass itu, coil platinanya menghadap bawah , sehingga saat melewati daerah genangan atau musim hujan dapat dipastikan akan sering mogok (ini pengalaman ane nyetir espass soalnya)
kalo kijang terus terang selain spares mudah mesinnya itu bandel b anget
kalo kijang terus terang selain spares mudah mesinnya itu bandel b anget
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: mobil mpv 50 juta
koil espass mah di tengah bro di atas girbox hehe..
yup, yg ada di bawah itu delco (distributor) dan platinanya..
solusi sebenernya gampang, pake lem silicon aja, dilumurin di area pertemuan tutup delco dan bodi delco, jg di 5 kabel busi yg nempel ke kepala delco, beres.
ada orang pake gasket sealer, tp jd ribet saat mo buka tutup delco, lengket bener wkwkwkw..


solusi sebenernya gampang, pake lem silicon aja, dilumurin di area pertemuan tutup delco dan bodi delco, jg di 5 kabel busi yg nempel ke kepala delco, beres.
ada orang pake gasket sealer, tp jd ribet saat mo buka tutup delco, lengket bener wkwkwkw..

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Oct 31, 2012 5:06
Re: mobil mpv 50 juta
Nightster Guy wrote:mbah andy ane potong2 yah postnya biar si ts jelas:
ide bagus, memang harus gini kl beli sekenan.kijang jenis apa?
dimaximise aja budgetnya itu menjadi skitar 41-42jt beli mobilnya, 3-4 jt utk urusan balik nama. dan tersedia 5 jt lg utk dandan.
----------
1) yep, dana 40 mepet buat kijang, bisanya dapet taun2 awal 87-89.utk segitu mmg dpt nya adlh kijang super taun2 awal. 87-88.
silakan mencermati sejarah body kijang.
shg stlh paham ntarnya bisa hunting yg karoserie terbaik, yaitu se-astra mungkin. atau nasmoco klo di masa itu ya? ntar para ahli sejarah kijang akan menerangkan dg baik ttg gimana aja sih ciri2 modelnya utk taun2 segitu.
termasuk ttg versi long atau short.
cm tebakan ane, di taun2 itu kbykan yg mengaspal adlh body pendek/short. entah apakah mmg klo karoseri astra cm tersedia yg short? atau sbenernya byk jg astra yg long?
2) HINDARIN karoseri non astra. jaman itu jaman jayanya karoseri aneh2, BANYAK DEMPUL. so, stick ke karoseri astra aja, ada 3: nasmoco auto body, superior coach, dan nusa cendana harum. sama aja kualitasnya tp paling banyak bededar yg superior dan nusa.
the next best karoseri di luar astra cm jantan, by adhi jaya tama mobilindo. kl jantan (karoseri roda, tangerang) kalah di lualitas bodi dan interior, walau jantan memang paling mewah dibanding karoseri lainnya (uda power window yg pastinya udah macet semua, semua kaca pintu naik turun, wiper belakang yg pastinya udah jebol semua wkwkwkwkw..)
3) short atau long sepengamatan ane sama aja populasinya. trim levelnya cm 2 sih, estede (SX = short, LX = long) dan 'mewah' (SSX = short = SSX, long = LSX), beda utamanya setau ane yg 'mewah (SSX LSX):
dasbor ada tutup lacinya, ada outlet tengah buat ac (tp nggak ada ac loh semua varian astra ini wkwkwkwkwkw..), jok dan doortrim fabric, 5 speed = disc brake depan, 4 speed = drum brake depan.
----------
yep, walau tetep aja aneh buat ane. lampu depan 'ala grand' tp tetep aja jendela samping paling belakang masih sliding hehehe.. tetep ketauan.ane sndiri gak punya preferensi ttg: mau yg msh kondisi/tampilan std, atau yg tampilan udah "difacelift". imo, sama aja. konsekuensinya, biasanya yg udah difacelift jd lbh mahal. memfacelift nya pun bisa as simple as diganti grill dan lampu doang. tp bisa jg dg cara mengganti body nya mnjd kiajng grand, yg artinya empat pintu dan jendela putar engkol.
----------
betul, 3 pintu only, DENGAN CATATAN, ini berlaku hanya di generasi awal 87-88, masuk di 88 akir walau udah jadi 4 pintu, babe pernah punya beli baru yg '89 awal, short. kurang lebih kek gini (foto milik bro OMB at my fb):yg std nya utk kijang super generasi taun tsb adlh 3 pintu, maksudnya 2 dpn, di tengah 1, yaitu kiri only. plus pintu belakng.
kaca jendela seleian depan msh model sliding.
----------
yep.. itu downsidenya.. dengan kenikmatan kemudahan pemeliharaan yg nyaris semua bs do-it-yourself.. ini mesin bs dibilang 'nyaris nggak ada rusaknya' hehehe..... lelet sih.t.entu ada lack of features ("kekunoan") di kijang super taun2 awal ini dibanding yg taun2 lbh muda. tp ya gpp lah, terima dulu aja.
beberapa catatan buat ts:
- ati2 aja jangan dapet yg cooling systemnya penyakitan, perhatiin bener2, karena pd kasus yg cooling systemnya dibiarkan sampe kronis oleh owner2 sebelumnya, yg kena adalah cylnder head, keropos.
- gardan blakang, jangan ambil yg kondisinya berdenging. tanda gigi nanas uda aus nggak dirawat/males ganti oli/bekas mobil kerja pembebanan berat.
coba jalan kecepatan 50-60an gigi 3 lalu lepas gas (persneling tetep di 3 jgn netral).. kedengaran berdenging apa nggak 'NGINNNNNGGGGGG..'.. buka baut oli gardan, colok jari, liat tekstur olinya, seller nakal suka nyampur oli gardan DENGAN PISANG untuk mengentalkan viskositas oli gardan (makin kental, makin tersamar bunyi dengingnya).
- interior, susah ngarepin yg msh ori taun segitu, terima apa adanya aja, yg penting mah mesin, girboks, DAN chassis (jgn karatan).
- soal lain (kaki2) benahin sambil jalan.
----------
kalo dirasa ketuaan, alternatif lain cr yg pesek2 macem carry atau espass. ngerawat mesinnya aja menjengkelkan, mesin bawah/dalem, sy pribadi bener2 nggak suka.

Yang penting ndak nyusahun aja ngerawatnya klu sedan si lumayan murah2 harganya susah bawa keluarga klu kijang jantan gitu konsumsi bbmnya bagaimana ya banding berapalah???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: mobil mpv 50 juta
nah tuh..Dengerin! Dengerin! Dengerin! Jgn lewat satu kata pun, klo NG dah turun gunung gitu, pasti muantab abies!
Hahaa...
canda bro setiyar
Intinya, dah semua dasar2 kijang dikasih dg very good sm om NG...dimana lg bs dapetin ilmu berkelas kek gitu, klo bukan di SM? heehe
Klo saya, dg jumlah uang yg sama, merasa jauh lbh baik dpt karoserie astra yg lbh tua-an drpd karoserie jantan atau roda mskipun mudaan.
Itu klo saya ya. Klo bro setiyar, silaken kasih wktu buat diri sndiri yg lbh panjang, utk tengok2 dan ngetes sndiri semuanya lbh dulu.
Hahaa...
canda bro setiyar
Intinya, dah semua dasar2 kijang dikasih dg very good sm om NG...dimana lg bs dapetin ilmu berkelas kek gitu, klo bukan di SM? heehe

Klo saya, dg jumlah uang yg sama, merasa jauh lbh baik dpt karoserie astra yg lbh tua-an drpd karoserie jantan atau roda mskipun mudaan.
Itu klo saya ya. Klo bro setiyar, silaken kasih wktu buat diri sndiri yg lbh panjang, utk tengok2 dan ngetes sndiri semuanya lbh dulu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: mobil mpv 50 juta
apanya yg gimana bro hehehe.. ya itu td, kl harga 'masuk', kondisi overall bagus, ya sikat. spt ane tulis di atas, ane pribadi nggak terlalu prefer kijang karoseri non astra, kalah di material bodi dan interior walau fitur lebih oke.
tp kl situ udah naksir ya go ahead. soal tombol power window yg macet ya no big deal lah. sepele, asalkan kondisi lainnya mantep.
ati2, HARUS ADA cadangan dana buat benah2, namanya mobil seken apalagi berumur, NGGAK ADA YG TROUBLE FREE 100%. kl dana benah2 bener2 mepet jgn dibuang buat aksesoris, pake aja dulu si mobil 1-2-3 minggu ntar baru ketauan penyakit susulannya.
lupa soal konsumsi bbm bro, bawa kijang terakir mid 90an hahaha udah nyaris 20 taun lalu.
kl '95 brarti enjin 7k 1.800 cc, estimasi di 1:9an kali yah kondisi sehat ac on, cmiiw.
----------
opo tho mbaaaaaah.. wong awakku kie ngertine montor tuek thok mbah bwaaaaahahahaha kl wes montor sing anyaran wes nyerah ben liyane ae sing ngadep.
perlulah di sebuah forum ada orjadul yg ngertinya 'cuma' mobjadul biar jd bandul penyeimbang, agar warna forum makin komprehensif, nggih mbah?
yup setuju, tetep ane prefer karoseri astra tp mundur taun. kembali ke selera masing2.
tp kl situ udah naksir ya go ahead. soal tombol power window yg macet ya no big deal lah. sepele, asalkan kondisi lainnya mantep.
ati2, HARUS ADA cadangan dana buat benah2, namanya mobil seken apalagi berumur, NGGAK ADA YG TROUBLE FREE 100%. kl dana benah2 bener2 mepet jgn dibuang buat aksesoris, pake aja dulu si mobil 1-2-3 minggu ntar baru ketauan penyakit susulannya.
lupa soal konsumsi bbm bro, bawa kijang terakir mid 90an hahaha udah nyaris 20 taun lalu.

----------
andy1800 wrote:nah tuh..Dengerin! Dengerin! Dengerin! Jgn lewat satu kata pun, klo NG dah turun gunung gitu, pasti muantab abies!
- CUT -
Intinya, dah semua dasar2 kijang dikasih dg very good sm om NG...dimana lg bs dapetin ilmu berkelas kek gitu, klo bukan di SM? heehe
Klo saya, dg jumlah uang yg sama, merasa jauh lbh baik dpt karoserie astra yg lbh tua-an drpd karoserie jantan atau roda mskipun mudaan.
- CUT -

opo tho mbaaaaaah.. wong awakku kie ngertine montor tuek thok mbah bwaaaaahahahaha kl wes montor sing anyaran wes nyerah ben liyane ae sing ngadep.
perlulah di sebuah forum ada orjadul yg ngertinya 'cuma' mobjadul biar jd bandul penyeimbang, agar warna forum makin komprehensif, nggih mbah?

yup setuju, tetep ane prefer karoseri astra tp mundur taun. kembali ke selera masing2.
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Oct 31, 2012 5:06
Re: mobil mpv 50 juta
kalau mitsu kuda exceed berapa harga secondnya sekarang ya.tampilanya lebih keren.sparepartnya bagaimana ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil mpv 50 juta
Mitsu Kuda Exceed? Artinya yang lampu depan kotak ala Pajero grill lurus?setiyarbekenz wrote:kalau mitsu kuda exceed berapa harga secondnya sekarang ya.tampilanya lebih keren.sparepartnya bagaimana ya
Kayak gini?

Kalau yang itu 75jt-an om. Ana rega ana rupa..
Mitsu Kuda, mostly ngga kerawat di body dan aksesoris, payahnya, itu yg gawat: Karat, penyok, cat kusem, dashboard kusem, kisi2 AC protol2, interior jorok.doortrim acakadut.
Kalau ambil Kuda, mending yang diesel aja. Perhatian khusus ke radiator, cek karatnya, cek saat kondisi dingin maupun panas, kalau air di reservoir berkurang saat kondisi mesin panas, pegas relief valve udah lemah. Normally, untuk radiator yg sudah berumur, kalau kondisi panas (habis jalan), air di tabung reservoir akan naik dikit. Kalau Radiator masih gress, dan kondisi reservoir, pegas relief maupun water jacket di dalam blok mesin belum berkarat parah, akan tidak naik itu air di tangki reservoir..
Cek asap knalpot, cek filter solar, water sedimenter, kuras tangki dan ganti filter tangki.
Kalau ujung knalpot asapnya item, setelan pompa solarnya terlalu boros. Kalau udah putih dan pedes, lupain.
Kalau ada sedikit asap yg keluar di daerah kompartemen mesin, lupakan aja. Karena kadang retak kecil/sedikit di cylinder head, bisa bikin keluar asap tipis...kalau sudah jalan, baru terasa penurunan performanya.
Oia, cek juga chassis. Sebisa mungkin, jangan ambil yang sudah berkarat karat, utamanya di deket daerah radiator dan water reservoir. Kalau ada banyak karat di sekitar daerah itu, walaupun disitu chassisnya masih lempeng dan nggada cacat bekas las lasan, berarti tanda pernah bermasalah berat di radiatornya, dan usernya sangat sangat ceroboh...
mesin mitsu Kuda Diesel ini sangat2 bandel, asal rutin ganti oli, ganti filter solar dan water sedimenter plus kuras tangki paling ngga setaun sekali, engine colant dirawat (bukan asal isi pake air kran apalagi air pam) alias selalu paka radiator coolant, biasanya awet seawet awetnya.
Oh iya, sekalian cek water pump nya.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 442
- Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33
Re: mobil mpv 50 juta
Setuju ma om vanz.. di rumah ada yg disel tahun 99 ato 2000. Lupa. Km kurang lbh 200rb. Sampai saat ini, keluhan cuma di spedometer... klo udh lewat 150kpj, jarumnya jatuh ke angka 180.wkwkwk.setiyarbekenz wrote:kalau mitsu kuda exceed berapa harga secondnya sekarang ya.tampilanya lebih keren.sparepartnya bagaimana ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil mpv 50 juta
bali_juventino wrote:Setuju ma om vanz.. di rumah ada yg disel tahun 99 ato 2000. Lupa. Km kurang lbh 200rb. Sampai saat ini, keluhan cuma di spedometer... klo udh lewat 150kpj, jarumnya jatuh ke angka 180.wkwkwk.setiyarbekenz wrote:kalau mitsu kuda exceed berapa harga secondnya sekarang ya.tampilanya lebih keren.sparepartnya bagaimana ya


Om bisa tuh buat motret bukti Kuda bisa lari ampe 180 tanpa gambarnya ngegeter....
Aya2 wae..
Untuk sparepart, di Mitsubishi masih ada.
Oia, untuk Kuda diesel ini, pastiken, sudah ganti bantalan kruk as ama belt belt nya. Agak mahal, tapi worthed, brtahan sampei 10 tahun.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 442
- Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33
Re: mobil mpv 50 juta
Saya juga pas ngelihat lngsung ngakak...VanzMatic wrote:bali_juventino wrote:Setuju ma om vanz.. di rumah ada yg disel tahun 99 ato 2000. Lupa. Km kurang lbh 200rb. Sampai saat ini, keluhan cuma di spedometer... klo udh lewat 150kpj, jarumnya jatuh ke angka 180.wkwkwk.setiyarbekenz wrote:kalau mitsu kuda exceed berapa harga secondnya sekarang ya.tampilanya lebih keren.sparepartnya bagaimana ya![]()
jatuh ke 180...
Om bisa tuh buat motret bukti Kuda bisa lari ampe 180 tanpa gambarnya ngegeter....
Aya2 wae..
Untuk sparepart, di Mitsubishi masih ada.
Oia, untuk Kuda diesel ini, pastiken, sudah ganti bantalan kruk as ama belt belt nya. Agak mahal, tapi worthed, brtahan sampei 10 tahun.
Mksdnya itu pas di kecepatan 150 itu jarumnya tiba jatuh smpai angka 180, bis tuh gk tau bisa balik lg pa kagak om..
Klo smpai 180 yah jelas gk bs om, sy pke pny ortu 2x cuma mentok di 150 pas di tol sby gempol.
Trakhir lihat mbilnya 1thn yg lalu pas plg ke bali, cat di atas kap mesin, di pintu blakang dan kanan kiri udh beda. Wkwk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil mpv 50 juta
Diesel pun, kondisi default, lom kuras tangki solar ama belum dikasih aditif solar aja, masih bisa digeber 140kpj kok..
Padhal gebernya di ringroad barat Jogja yang terkenal sempit dan banyak kambing ladang nyebrang jalan...


Padhal gebernya di ringroad barat Jogja yang terkenal sempit dan banyak kambing ladang nyebrang jalan...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Oct 31, 2012 5:06
Re: mobil mpv 50 juta
thank untuk sepuh-sepuh diatas revieewnya mantap klu panther gitu dari segi onderdil gimana ya masih banyak kayak toyoda ndak