Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
contohnya captiva diesel
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget
hadeh2.. ini captiva diesel yg paling baru sih bengis gila larinya. ngejar pake mazda2 nggak kekejar. ngejar pake xtrail 2.5 ngap2an. di tanjakan cipularang sih siap2 telen tinta hitam cumi2 captiva aja
Kejar Captiva diesel ya Pake BMW X1 Diesel sama sama 2000 cc dieselnya .... [/quote]
Gak usah pake BMW bro, coba kejar pake Hyundai i20 CRDI, ada kawan pake standard full biosolar bisa dapat 180 kph pedal gas belum kena lantai...[/quote]
dany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
contohnya captiva diesel
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget
hadeh2.. ini captiva diesel yg paling baru sih bengis gila larinya. ngejar pake mazda2 nggak kekejar. ngejar pake xtrail 2.5 ngap2an. di tanjakan cipularang sih siap2 telen tinta hitam cumi2 captiva aja
Kejar Captiva diesel ya Pake BMW X1 Diesel sama sama 2000 cc dieselnya .... [/quote]
Gak usah pake BMW bro, coba kejar pake Hyundai i20 CRDI, ada kawan pake standard full biosolar bisa dapat 180 kph pedal gas belum kena lantai...[/quote]
mazda2 A/T gas blm kena lantai jg 160kph.. tapi kena lantai jg tetep 160kph
ultimate0 wrote:@andy1800: Pembahasan dri step by step aj..krn sy butuh bnyk blajar..haha...
@all: thx y buat masukan dri para master...sy jd tambah wawasan bru...klo ad tambahan ilmu2 bru...bole skalian dishare di sini...buat komparasi mobil2.....btw gear ratio itu bs ngaruh apa y buat mobil? Sy ga ngerti soal gear ratio.. Contohny kyk spek brosur brio & aveo...power sama..tp gear ratio beda...ternyata bnyk faktor jg y dlm nentuin performa mbl...jd tambah bingung dh sy...haha...
gear ratio, gearbox, transmisi, dsb..
kalo ane ngetest gear ratio pake cara testdrive langsung om..
jd bs nyesuaikan langsung dg selera ane. dan setau ane, modif ukuran gear ratio pada mobil tuh jarang yg mau nerapin.
ane nemuin contoh yg paling umum & mudah ditemui itu pada modifikasi motor balap road race negara kita ini.
jd menurut ane, cara mempelajari ttg gear ratio yg gampang itu di hal modif motor..
apalagi ntuh yg ikut di dunia balap liar.hahaha
pengaruh gear ratio secara umum utk menentukan besarnya penyaluran daya/tenaga
dari dlm engine yg terkirim sampe ke roda.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
di motor pun jarang yg modif gear ratio dalam girbox ... yg sering dilakukan adalah gonta-ganti sprocket ratio (ukuran gir depan dan blakang), dan hukum yg berlaku mutlak adalah :
- walaupun mesin dimodif ekstrim, jika perbandingan sprocket enggak berubah, maka top speed gak akan nambah, yg meningkat hanyalah kemampuan akselerasi aja
- jika dng mesin standar ingin meningkatkan kemampuan akselerasi, cukup ganti perbandingan sprocket yg lebih ringan (mengganti gir depan dng yg lebih sedikit jumlah matanya, atau gir blakang yg lebih banyak jumlah matanya), dengan konsekwensi top speed berkurang
- jika mesin sudah dimodif (modif profil cam dan klep, ruang bakar, PnP dsb) sehingga engine output sudah meningkat (antara 3 s/d 7 hp), maka sudah saatnya mengganti sprocket dng yg lebih berat yaitu gir blakang dengan yg lebih sedikit jumlah matanya atau gir depan yg lebih banyak jumlah matanya, utk meningkatkan topspeed, tanpa mengorbankan kemampuan aksel (karna power mesin sudah meningkat)
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Bicara power weight ratio bisa mengacu pada mobil Lotus, bodi karbon fiber (lebih kuat dari besi & sangat ringan), mesin toyota celica 1.8 high-tuned, gearbox sport.
Megalontong wrote:Bicara power weight ratio bisa mengacu pada mobil Lotus, bodi karbon fiber (lebih kuat dari besi & sangat ringan), mesin toyota celica 1.8 high-tuned, gearbox sport.
Klo karbon fiber itu kira2 lbh ringan brp% dri bhn mobil2 pd umumny? Jd yg pling ideal itu yg punya power gede & body enteng y....
@mr-saga: jd klo angka gear ratio mkin gede,tenaga yg disalurkan makin gede? Trus klo jarak antar gear mkin jauh,ganti gigi jd lbih lama?
Megalontong wrote:Bicara power weight ratio bisa mengacu pada mobil Lotus, bodi karbon fiber (lebih kuat dari besi & sangat ringan), mesin toyota celica 1.8 high-tuned, gearbox sport.
Klo karbon fiber itu kira2 lbh ringan brp% dri bhn mobil2 pd umumny? Jd yg pling ideal itu yg punya power gede & body enteng y....
@mr-saga: jd klo angka gear ratio mkin gede,tenaga yg disalurkan makin gede? Trus klo jarak antar gear mkin jauh,ganti gigi jd lbih lama?
iya, kurang lebih seperti itu om ultimate
dg analogi penggunaan gigi rendah utk melewati tanjakan gitu misalnya.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
Megalontong wrote:Bicara power weight ratio bisa mengacu pada mobil Lotus, bodi karbon fiber (lebih kuat dari besi & sangat ringan), mesin toyota celica 1.8 high-tuned, gearbox sport.
Klo karbon fiber itu kira2 lbh ringan brp% dri bhn mobil2 pd umumny? Jd yg pling ideal itu yg punya power gede & body enteng y....
@mr-saga: jd klo angka gear ratio mkin gede,tenaga yg disalurkan makin gede? Trus klo jarak antar gear mkin jauh,ganti gigi jd lbih lama?
Persentase tergantung manufaktur, asal made in europe kualitasnya terjamin.
Heran aja LF-A lexus tabrakan dengan BMW 3series yg baja itu, carbon fiber LF-A hancur & supirnya tewas (test driver kawakan asal jepang).
Ini berarti carbon fiber Lexus adl versi pahe (masih kalah kokoh dgn baja eropa).
siang ini td ane kepikiran:
"jika kamu kurang puas dengan performa kecepatan kendaraanmu,
dan jika kamu khawatir akan dampak akibat yang timbul dari modifikasi sektor engine,
kamu bisa menggunakan solusi alternatif dengan mengurangi bobot kendaraanmu."
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?