Risol1 wrote:JESKONENG wrote:awalnya mempromosikan norival di forum2 bmw (dan lumayan bagus respons-nya), kok lama2 malah keracunan bmw .. hahaha... sapatau suatu saat bisa melepas si 306, dan ambil E36 (buatan skitar th 96-99)...
mau nanya2 kpd om2 yg paham mengenai E36 :
- mana yg direkomen, 318i atau 320i atau 323i ?
- di antara ketiga seri itu, mana yg pake nikasil ?
- E36 yg masuk Indonesia, ada pilihan transmisi apa aja ? manual/matic/steptronic ? AT nya 4 atau 5 speed ?
- gimana cara mendeteksi nikasil oke atau sudah rusak karna sulfur bbm ?
eh, salah kamar ya ? kalok salah, mohon dimaafken... nanti akan saya co-pas aja di thread yg bener...
nambahin jawaban dari ryan steele dan bivanos88:
1. BMW yg terkenal itu mesin inline 6 nya, 'suara'nya khas kalo lagi di geber.
Kalo ane sih udah pasti ambil yg 6 cyl 323i karena tenaga paling gede. Udah beli BMW sekalian dinikmati 
, lagian juga kalo dipake jarang2 gak gitu berasa borosnya.
Kalo mao lebih irit ambil yg 4cyl.
2. yg pake nikasil itu yg mesinnya M52 (320i thn 05 keatas dan semua 323i)
3. dua2nya ada, tapi pembagiannya begini:
E36 (1991 akhir - 1999):
318i Mesin M40 (mesin dipake juga di E30): 1991-1994 awal --> Ada MT dan AT 4 speed, kenop AC masih model jewer, belom airbag
318i Mesin M43: 1996-1999 --> cuma ada MT, AC udah digital, airbag satu di setir (thn 95 gak ada 318i)
320i Mesin M50 (mesin dipake juga di seri 520i E34): 1993-1995 awal --> Ada MT dan AT 5 speed, kenop AC masih model jewer, belom airbag
320i Mesin M52 (NIKASIL): 1995 pertengahan - 1996 awal --> Ada MT dan AT 5 speed, kebanyakan kenop AC masih model jewer, belom airbag TAPI ada bbrp yg tahun 1996 atau yg limited edition udah pake AC digital dan airbag
323i Mesin M52 (NIKASIL): 1996-1999 --> Ada MT dan AT 5 speed, AC udah digital dan airbag
Yg 96 kalo AT, tuas transmisinya masih model palang horizontal kaya 320i
Yg 97 keatas kalo AT, tuas transmisinya udah model vertikal mirip2 E46
Semua E36 belum steptronic.
4. Spt Kata bivanos88