[NEW] Official Mazda CX-5 - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by claude_wallace »

hahaha..
ini bingung OS kan panoramic, mau diredam atap bagian belakangnya saja kok nanggung ya.. :big_slap:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by Asfur »

Oh gt yah om helm putih, jadi kalo sama2 standar, peredaman cx5 compare competitor selevel gmn om? Siapa the best nya?
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by MazNisHo »

Kalo dari TD pengalaman ane lebih hening cx5 dibanding crv.

Btw, ada yg perhatikan console ac di row ke-2 di crv gen4 kayaknya gak simetris gitu, masukin jari disisi kanan dekat kursi driver bisa tp sisi kiri gak bisa ato memang disain dari sananya sepeti itu ya
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

WK1 wrote:
AD74YA wrote:Makanya saya tanya..

AD74YA wrote: Oya itu beneran softpad apa kerasa seperti softpad karena empuk ketika di teken? :e-think:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Maksud saya, kalau empuk ketika di tekan ya karena doortrim nya dipasangnya kurang kenceng...

wkwkwkw

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Wahahahaha

Dalem abis......
Yg baru beli CRV jgn baca deh......

Kabur juga deh..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
cmiw...
bukan maksudnya ngebelain crv, cuma menurut ane pendapat ente itu ente liat pas TD, apa liat pas pameran, dan udah di oprek semuanya belom seperti bro adjaya? kalo mau diperhatiin semua drop trim kalo di teken juga bisa masuk lah, di CX5 aja juga sama kok.
kalo soal build quality emang bagusan CX5 (gara gara review nya bro helm nih, akhirnya gua spk juga tuh CX5). cuma kalo pendapat ane, soal interior bagusan mana, menurut gua bagusan crv kok, cx5 plain banget interiornya. yah kalo fitur emang top abis, kalo model interior menurut gua mirip sama OS dan PS. gemana soal materialnya, wah menurut gua material nya CX5 juga plastik semua. cuma cakep di bangkunya aja tuh. jahitannya dobel stitch nya keren.

soal kenyamanan itu relatif lo...contoh yah, ane tanya menkeu ane nih, pas TD CRV sama TD CX5, menurut menkeu ane dia lebih seneng sama kenyamanannya CRV, walo menurut gua bantingannya keras. hehehe...soal kekedapan, mobil apapun menurut gua kurang kedap. tetep aja kalo tuh bajaj lewat di samping kedengeran. secara keheningan, CX5 lebih hening, tapi CRV buat kekedapan sudah lebih baik dibanding gen3. buat yang mau tau crv gen4 itu sebenernya sama kaya crv gen3 cuma kaya naek kelas aja.

cowo pasti lebih demen CX5, tapi cewe rata rata lebih demen CRV. karena cewe demen yang modelnya bulet bulet, makanya yah cowo bulet bulet yang perutnya ndut di depan rata rata gandengnya cewe [cencored]. hahaha...joking yah.

gua udah td cx5, walo belom secara mendalam kaya bro helm. let see nanti kalo unit gua uda dateng. cuma feel yang gua dapet pas naek cx5 dengan crv itu agak beda. crv kesannya lebih lux, kalo cx5 lebih maskulin.
ibarat orang, kalo crv kaya manajer klub bola, kalo cx5 kaya kuli pikul..hahaha joking lagi. kalo cx5 itu ibaratnya kaya messi / ronaldo nya.
tinggal ente pilih yang mana, mau jadi manager klub apa mau jadi pemain bolanya. sorry ye kalo analoginya jelek.

balik lagi, both crv and cx5 punya kelebihan dan kekurangan masing masing. inget lo di rentang harga 400an, crv itu mesinnya 2400cc sedangkan cx5 itu 2000cc. kalo sama sama di 2000cc harga cx5 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan crv.

no offense and no hard feeling yah

its only my one cent...
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

kalo soal peredaman yah, cx5 lebih baik dibanding crv.
cuma saran saya kalo buat yang mau beli, meningan td dua duanya deh. pasti nanti jadi bingung. hahaha...
kalo udah kaya gitu, yah selanjutnya tergantung feeling masing masing.
kalo ente termasuk orang yang bosenan dan artinya dalam 5 taon akan mau ganti, sebaiknya resale value dimasukkan sebagai bahan pertimbangan, cuma kalo ente berencana pake sampe 10taon, yah resale value nga usah di masukkan sebagai bahan pertimbangan.

makin lama makin nga sabaran aja nih nunggu cx5 gua dateng...pengen ngebuktiin sendiri kalo skyactive engine 2000cc fc nya nga kalah sama mesin ivtec 1500cc.
one small step for a man, a giant leap for mankind
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by claude_wallace »

hehehe.. akhirnya fan CRV keluar juga neh.. :mky_02:
IMHO, interior crv itu "terlihat bagus" karena memang honda jago buat sugesti seperti itu, entah dari warna jok dibuat cerah agar mobil keliatan lebih lapang, dashboard dibuat two tone biar keliatan mewah, pernak pernik di sana sini yg disukai org awam.
kalau sudah bicara soal kualitas material, kualitas interiornya tdk sesuai dgn harga mobil 400 jt an.
bahan2 dashboard dan doortrim crv tdk jauh beda dgn veloz, satu contoh kecil blm menggunakan soft padded plastic.

belum lagi bicara soal mesin crv. saya sudah coba kapannya. said 2400cc 190 ps, saya coba kok tdk jauh beda dgn OS yg hanya 2000cc 150 ps. (dalam kondisi digenjot dari putaran bawah smp atas)

anyway, saya juga pengen kok beli crv, sekali lagi karena it's a crv.
sempat ada pikiran jual OS dan ganti CRV juga malahan.. karena beli crv rasanya lbh aman dan tdk repot gitu..
saudara saya sih uda inden 1 unit prestige..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by AD74YA »

Ngemeng2...

Saya lebih penasaran sama alasan oom hbobo kenapa beli SuV sekelas lagi selagi ada CRV?.......
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by evolution21 »

claude_wallace wrote:hehehe.. akhirnya fan CRV keluar juga neh.. :mky_02:
IMHO, interior crv itu "terlihat bagus" karena memang honda jago buat sugesti seperti itu, entah dari warna jok dibuat cerah agar mobil keliatan lebih lapang, dashboard dibuat two tone biar keliatan mewah, pernak pernik di sana sini yg disukai org awam.
kalau sudah bicara soal kualitas material, kualitas interiornya tdk sesuai dgn harga mobil 400 jt an.
bahan2 dashboard dan doortrim crv tdk jauh beda dgn veloz, satu contoh kecil blm menggunakan soft padded plastic.

belum lagi bicara soal mesin crv. saya sudah coba kapannya. said 2400cc 190 ps, saya coba kok tdk jauh beda dgn OS yg hanya 2000cc 150 ps. (dalam kondisi digenjot dari putaran bawah smp atas)

anyway, saya juga pengen kok beli crv, sekali lagi karena it's a crv.
sempat ada pikiran jual OS dan ganti CRV juga malahan.. karena beli crv rasanya lbh aman dan tdk repot gitu..
saudara saya sih uda inden 1 unit prestige..
hah beneran um, OS digenjot serasa crv 2400cc?
dengan catatan udah dimodif seperti milik um claude kali ya?
kalo adu standart ?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by AD74YA »

Tinggal liat perbandingan torsi sama power to weight keduanya saja...

Ubahan XCS gak akan se bagus itu kok... Kalau perbandingan 2 diatas bagusan CRV berarti sugesti
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

AD74YA wrote:Ngemeng2...

Saya lebih penasaran sama alasan oom hbobo kenapa beli SuV sekelas lagi selagi ada CRV?.......
soalnya ane sekarang pake crv gen3, bokin pake xtrail. jadi rencana ini dua dua nya mo dijual dan ganti yang baru.

tadinya ane ngincernya cx5, captiva, os atau crv. setelah berpusink pusink kepala, akhirnya jatuhlah ke crv dengan banyak sekali pertimbangan. nah masalahnya emang dari awal ane naksirnya cx5. hahaha...
akhirnya sungkeman lah ke menkeu di rumah, dengan alesan xtrail autechnya udah agak tuwir, padahal baru 3 taon dan kilometer nga sampe 12rb. jadi akhirnya menkeu setuju nih bro helm.

kalo weekdays ane kerja dengan crv, bokin pake cx5. nah kalo weekend baru deh pake cx5 buat jalan jalan sama bokin. kalo minggu mau pergi bareng ortu, baru deh naek crv karena baris 2 lebih lapang. gitu lo bro. karena emang di rumah ane mobil 2 2 nya suv.

daerah rumah ane polisi tidur dan jalannya agak ancur, kalo pake sedan, ane dan istri ane suka nga sabaran, bisa bisa habis lah tuh bagian bawah mobil. begitulah singkat ceritanya.

begitu kelar nih crv gen4 di pasangin yang diperlukan, itu crv gen3 langsung deh di jual. nah kalo cx5 uda nongol, baru deh tuh xtrail di lego juga. hehehe...
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

claude_wallace wrote:hehehe.. akhirnya fan CRV keluar juga neh.. :mky_02:
IMHO, interior crv itu "terlihat bagus" karena memang honda jago buat sugesti seperti itu, entah dari warna jok dibuat cerah agar mobil keliatan lebih lapang, dashboard dibuat two tone biar keliatan mewah, pernak pernik di sana sini yg disukai org awam.
kalau sudah bicara soal kualitas material, kualitas interiornya tdk sesuai dgn harga mobil 400 jt an.
bahan2 dashboard dan doortrim crv tdk jauh beda dgn veloz, satu contoh kecil blm menggunakan soft padded plastic.

belum lagi bicara soal mesin crv. saya sudah coba kapannya. said 2400cc 190 ps, saya coba kok tdk jauh beda dgn OS yg hanya 2000cc 150 ps. (dalam kondisi digenjot dari putaran bawah smp atas)

anyway, saya juga pengen kok beli crv, sekali lagi karena it's a crv.
sempat ada pikiran jual OS dan ganti CRV juga malahan.. karena beli crv rasanya lbh aman dan tdk repot gitu..
saudara saya sih uda inden 1 unit prestige..
tadinya gua juga sempet mau ambilnya os aja, soalnya 3M banget. hahaha...
trus kata orang mesinnya ngeden. yah udah baca di forum dan dikasih apa gitu biar stabil dan lebih enak. gua cobain lah td tuh os.
begitu coba, buset deh nih mobil mah dibejek gas bukannya lari mala betelor dulu. trus di unit td nya, kok banyak banget bunyi plastik plastik yang gak jelas banget, padahal itu unit td kayanya masih baru juga. orang bilang bensinnya premium kali, gua tanya salesnya, dibilang udah pake pertamax plus. gua bilang ancur deh uda pake pertamax plus aja kaya gini, mau diapain juga percuma, ini mah emang kesalahan dari cvt nya, trus salesnya bilang suru manual aja. gua bilang, gile pake manual, bisa bisa belom setaon betis gua uda segede tales bogor gara gara macet dan nginjekin kopling melulu. walo harga murah dan sekelas dengan captiva, tapi tenaga mah bukan lawan captiva diesel. trus juga banyak bunyi bunyi di unit td. nah ini sih gua nga gitu pusink lah kalo soal bunyi, mungkin itu unit td nya aja kali.
cuma kemaren ini ketemu sama bro monza, trus bro monza juga cerita ada beberapa kenalan dia yang pake os dan setelah beberapa bulan banyak bunyi bunyi gajebo.

kalo bro claude udah di modif abis abisan kali mesinnya makanya bisa sebanding dengan crv 2400cc.
karena dari hasil td ane yah, mesin 2000cc yang di gendong os masih kalah tenaganya sama mesin 2000cc yang di gendong cx5.
tenaga cx5 jauh lebih berisi, walo secara tenaga tarikan di tanjakan masih kalah dengan crv. tapi itu bisa dimaklumin, karena cx5 itu kan 2000cc. jadi sebenernya membandingkan tenaga cx5 dengan crv itu sudah tidak fair, karena cx5 itu 2000cc.
gemana tenaganya mazda pake 2400cc skyactiv engine yah....(still wondering)

walo secara spesifikasi tenaga mesin os dngan cx5 tidak berbeda jauh, tapi yang berbeda itu pas nyetirnya.
pas mobil ditarik itu berasa banget bedanya boss claude, antara OS dan CX5. kalo soal tenaga dari putaran rendah sampe putaran tinggi, saya pribadi yah merasa crv 2.4 lebih bertenaga. cuma kalo OS bisa setara dengan crv, wah os nya udah di modif abis.

fyi aja, maksud ane os nya ini matic yah. kita nga ngomongin yang manual, karena ane nga cobain yang manual, karena nga tertarik juga beli yang manual.

mohon maaf kalo ada salah, ini cuma pendapat pribadi saya saja.
mohon nubitol di maklumin kalo ada salah. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by WK1 »

hbobo wrote:
AD74YA wrote:Ngemeng2...

Saya lebih penasaran sama alasan oom hbobo kenapa beli SuV sekelas lagi selagi ada CRV?.......
soalnya ane sekarang pake crv gen3, bokin pake xtrail. jadi rencana ini dua dua nya mo dijual dan ganti yang baru.

tadinya ane ngincernya cx5, captiva, os atau crv. setelah berpusink pusink kepala, akhirnya jatuhlah ke crv dengan banyak sekali pertimbangan. nah masalahnya emang dari awal ane naksirnya cx5. hahaha...
akhirnya sungkeman lah ke menkeu di rumah, dengan alesan xtrail autechnya udah agak tuwir, padahal baru 3 taon dan kilometer nga sampe 12rb. jadi akhirnya menkeu setuju nih bro helm.

kalo weekdays ane kerja dengan crv, bokin pake cx5. nah kalo weekend baru deh pake cx5 buat jalan jalan sama bokin. kalo minggu mau pergi bareng ortu, baru deh naek crv karena baris 2 lebih lapang. gitu lo bro. karena emang di rumah ane mobil 2 2 nya suv.

daerah rumah ane polisi tidur dan jalannya agak ancur, kalo pake sedan, ane dan istri ane suka nga sabaran, bisa bisa habis lah tuh bagian bawah mobil. begitulah singkat ceritanya.

begitu kelar nih crv gen4 di pasangin yang diperlukan, itu crv gen3 langsung deh di jual. nah kalo cx5 uda nongol, baru deh tuh xtrail di lego juga. hehehe...
Borong ya bro?
Justru ane tertarik ente bisa ambil cx5, yg katanya interiornya plain.
Golf juga interiornya plain, tp everlasting. Awet modelnya, kesan mewahnya dewasa.
Gw sendiri pengagum Honda, krn sejarah mobil keluarga kebanyakan Honda. Nyokap gw sendiri pake CRV gen3. Dan ga tau knapa, gw malah lebih suka interior gen3 drpd gen4. Warna cakep, kesan luasnya dapet, tp kalo diperhatikan kualitas interior koq kurang sreg.

Utk mesin, CRV gen3 2.4 topnya cuma 175an, ga lebih. Itu juga hrs dibetot dr D3, kalo mau cepet dapet.

CRV 2000cc + interior dan kemewahan spt CX5, hrg mirip2, ane quote CRV
No offense bro, just my opinion
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

jujur kalo soal interior emang bagusan gen3. hahaha...gen4 cuma menang di i-mid sama keyless nya doank aja. bahkan di bagian cargonya yah, di gen4 tonneau covernya cuma kaya kain kanvas, bagusan di gen3 yang model tray, jadi kalo pas di tutup, kita bisa taro barang barang ringan diatasnya. cuma apa daya, ane nga demen pake mobil km diatas 100rb.
ini gen3 ane km nya udah 95rb. hahaha...padahal baru 2 taon tuh, kontras banget dengan xtrail autech ane yang udah 3 taon tapi km belom tembus 15rb.

overall yah bro wk, ane emang sempet dilema banget milihnya. akhirnya ketemu solusinya, jual dua duanya mobil ane, dan beli dua duanya. kalo beli kontan sih berasa keluar duitnya, tapi jaman sekarnag kalo beli mobil pasti kredit. yah kalo kredit mah nga gitu berasa lah bayarnya.

kalo soal top speed sih ane nga perna nyoba, faktor umur juga sih kalo disuru ngebut. hahaha...
yang ane perluin itu tenaga buat nyalip tronton pas di tanjakan yang cuma 2 jalur buat naek dan turunnya.
jadi kalo soal top speed gak tau juga deh.

@wk1: setiap orang punya pendapat dan pilihan masing masing kok bro. so yah beda orang beda pendapat yah. cuma kalo ada yang bilang cx5 nga nyaman itu baru bole di protes. hahaha...soalnya menurut gua nyaman banget. kalo soal di tanjakan ane cukup yakin sih kalo cx5 maupun os bukan lawan crv. dalam hal lainnya emang crv kalah sama cx5.
jadi apapun pilihanmu, yah di nikmatin aja dan di yakinin aja kalo itu yang terbaik.
one small step for a man, a giant leap for mankind
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by lava85 »

Kok jadi rame bandingin CRV yak :e-whistle: Kalo mau di bandingin sama OS, untuk CRV gen 3 driving eco pulse and glide di kota yg agak nyendat gw jauh lebih suka bawa OS.

Perasaan untuk tarikan bawah itu mirip2 terutama dgn gaya nyetir gw yg jarang sekali ngebejek gas. Cuma kalo udah masuk tol yg agak lengang jauh lebih enak bawa CRV. So buat gw pribadi tinggal bandingin aja medan sehari2 kek gmana tokh. Masing2 ada plus minusnya sendiri.

Yang jelas sejak bawa OS gw jadi ngerti apa maksud dari istilah Suspensi gerobak ala CRV :mky_07: Lom lagi kalo dalem kota itu OS irit jauh, biasa itung manual metode Full to Full dapat 1:9 dimana kalo CRV dapet 1:7 aja udah seneng bgt.

@hbobo
Ditunggu ya boss hasil TD in depthnya kalo CX-5 sudah dateng. Infonya berguna bgt soal tenaga CX-5 ga berasa selemot OS. Saya sempet was2 juga karena review bro Max malah katanya CX-5 lebih boyot dari OS terutama di tanjakan. :frm_salut:
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by hbobo »

kalo dari yang ane coba pas td sih tenaga cx5 mah kedodoran di tanjakan.
kalo soal OS sih sebenernya ane agak ilfil aja sejak TD. walo nga di bejek, tapi namanya kalo pas mau jalan pasti gas di injek, nah pas diinjek itu bro lava coba perhatiin deh, dari sejak injek sampe akselerasinya itu ada jeda, memang cuma itungan detik, tapi ibarat lagi nonton film, tapi subtitlenya nongol lebih lambat sedikit aja, efeknya kan berasa.
ane juga bukan type nyetir yang ngebejek bro, cuma yah ane berasa akselarasinya nga spontan.
ini pas ane td captiva, cx5 dan crv. pas diinjek gas langsung akselarasinya terasa. walo titik kedalaman injekan gas itu beda beda yah buat tiap mobil. tapi buat ctv, crv dan cx5 itu begitu di injek yah kita tau ini mobil udah accelerate. cuma kalo di os berasanya, gua uda injek gas kok ini mobil masi belom jalan, jadi injek lagi lebih dalem, baru deh mobil bergerak. trus mikir gini, oh gas musti agak dalem nih mobilnya baru jalan. dari stop lagi kita test, kali ini langsung diinjek kurang lebih sedalem tadi pas saat mobil jalan. pas diinjek sedalem gitu, kok nga jalan lagi, injek lebih dalem lagi, baru deh bergerak. di tes ketiga, ane injek sedikit dan mobil kaya masih belom bergerak, kali ini ane nga injek lgas lagi, tapi ane biarin aja begitu, mobil baru bergerak. kesimpulan ane, ini mobil bukan letak titik gas nya dalem, tapi emang reaksinya agak telat, btw cvt nya ini sama kata grandis. di grandis kan juga gitu tuh.

kalo menurut ane, os nga bisa dicompare ke crv/cx5, walo mereka sama sama di kelas suv dan maen di pangsa pasar yang sama, tapi harganya terpaut cukup jauh. perbedaan sekitar 25% bukan angka yang kecil.
menurut ane, os lebih bersaing sama captiva. dimana ada di rentang harga yang sama. kalo disuru pilih antara os dan ctv, ane sih lebih pilih ctv. kaga tahan sama mobil yang jeda nya kelamaan. berasanya kaya mobil telmi.
sejujurnya kalo soal interior sih ane lebih demen ctv. hahaha...itu mobil kalo build qualitynya bagus sih udah pasti ane akan ambilnya ctv.
one small step for a man, a giant leap for mankind
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by lava85 »

hauhuaha ngerti kok bro kalo lemotnya kaya apa. Seperti yang ane jelasin sebelumnya, ane bawa itu seringnya dalem kota Jakarta yang lagi padet jadi ga mungkin neken gas dalem2. Kalo dah biasa bawa OS dalem kondisi seperti itu saya prefer OS. Soalnya CRV kalo di toel gas2nya saat dari diem yak ga beda jauhlah yak rasanya. Kecuali yak di kick down baru deh lemotnya OS kluar. Tapi tetep aja kalo memang perlu power tinggal masup sport mode dan turun gigi langsung ngisi kok powernya.

Cuma begitu di TOL lengang, jauh lebih asik injek gas CRV, mau lari di atas 130++KMH pun masih enteng. Sedangkan pas bawa OS di Cipularang itu mo naek ke 130 aja dah berat kecuali masuk ke Sport mode. Makanya saya bilang masing2 ada plus minus lah yak. Kalo memang cocok sama driving stylenya, OS ga seburuk yang saya baca di review2.

Overall menurut saya OS itu asik buat dibawa dalem kota, body berasa kecil dan gesit terus suspensi empuk buat hajar lobang2 dan bensinnya jauh lebih irit OS. Kalo bawa CRV enaknya kalo lagi kluar kota dimana kita bisa merasakan perbedaan HPnya, dan kalo buat family car memang interior CRV jauh lebih bagus dan duduk di row 2 juga lebih enak CRV. Dan kalau kondisi begini bensinnya jadi 11-12 sama OS :mky_03:

Kalo dibilang OS bukan saingan CRV secara harga saya setuju, cuma kalo diparkir sebelah2an ukurannya keliatan hampir sama, jadi saya rasa itu yg bikin orang rancu yak makanya suka dibandingin.

Kalo untuk CTV malah itu kandidat idaman sebelum beralih ke CX-5, kebetulan calon ipar naek CTV non FL. Cuma seperti bro bilang build qualitynya parah, mobil bolak balik bengkel mulu. Tapi power seh enak. Nah pertanyaan saya pas TD CX-5 di jalan non tanjakan apakah selemot OS? Itu yang bikin penasaran :e-think: Kalo seperti OS saya masih bisa toleransi. Tapi kalo lebih lemot dari OS jadi mikir2 juga nih :off_no:
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by claude_wallace »

saya lebih setuju ke poin bos adjaya, dimana power to weight ratio menentukan.
tetapi dgn syarat kalau data2 yg tertulis di spesifikasi bener2 akurat.

ini cerita temen bengkel mesin, saya cuma pernah melihat sekali saja percobaannya
beberapa fortuner diesel standar dgn spek tertulis 102 HP didyno, rentangnya antara 95-103 HP. sedangkan beberapa dakar standar dgn spek tertulis 178 HP didyno, dapatnya 175-190 HP. jadi silakan disimpulkan sendiri.

saya kadang nyetir crv 2000cc at di garasi rumah keluarga. 150 ps torsi 200 Nm an. kondisi standar pakai shell super extra. eh tarikannya lemot banget, sama innova diesel aja kalah. anyway, D4D torsinya lumayan.
kalau yg 2400cc saya coba punya temen saja, tdk bawa sehari2. cuma sedikit banyak tau gimana mesinnya.

OS saya masih termasuk kategori standar. cuma tambah XCS3 yg hanya voltage stabilizer, bahan bakar premium, oli ganti full syn dimana mobil2 sekelas jg pasti full syn.
saat TD, semua hanya melihat tarikan bawah dimana memang karakter CVT lemot.
coba dilihat putaran tengah dan atasnya.
di thread OS 01 sdh saya fotoin dimana OS saya melaju 160 km/jam. itu berakhir di kecepatan 180 km/jam. (kalau saya maksain foto di angka itu, rasanya skrg sudah tdk bs sharing di thread ini :mky_03: ).
di depan tiba2 ada truk pindah jalur dan saya harus rem. walaupun gas masih ada.

utk CX5, saya belum TD langsung, jadi tdk bisa comment terlalu banyak.
utk ctv, ini mobil paling murah meriah yg sy tau. dengan diskonnya, harga OS nambah dikit saja. torsi crdi mgkn terbaik di kelasnya sebelum mesin santa fe keluar.

IMHO, OS tdk bisa dibandingkan langsung baik dgn CX5, CRV, Captiva, Xtrail. karena memang berbeda kelas baik dari ukuran, berat, kelas dll. mungkin OS bisa dibandingkan dengan tucson dan sportage saja..
tadi sy hanya menyampaikan pendapat subyektif mengenai gimana mesin CRV 2400cc yg boyo, cm sy bandingkan saja dgn OS yg saya bawa sehari2.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by campoeran »

Wah wah wah seru2 diskusinya . Sehat moga2 gak berujung adu mulut spt yg biasanya ya hehe.

Kl dari om hbo , wa kurang setuju ttg interior . Crv cm menang di desain doank dan kombinasi warna . thats it.
Kl CX5 menang di bahan , kualitas, build quality , fit and finish. Ya spt member siapa wa lupa yg mengandaikan crv ini spt gadis yg cantik stlh dipoles dengan kosmetik sedangkan cx5 ini natural woman yg kualitasnya sip tp kurang indah dilihat kl gak dilihat secara detil :) .

Mmg objektif kl desain , tp wa pribadi demen model2 simple kl interior , honda dari dulu desainnya rada rame kl wa lihat. Makanya wa sendiri demen altis interiornya drpd civic . Pas tmn wa liat altis wa bilang interiornya simple banget wa cm senyum aja di dlm hati wa bilang civic mah plastik doank gak ada softpadnya hihihi.

Cm ya itu CRV udah menang telak di mata konsumen indonesia karena interior lega , desain interior dan eksterior lbh masuk di selera org indo, its a honda and its a crv :) . Plus ada AC lagi di baris kedua . Udah hal tsb udah mengalahkan cx5 dengan telak walaupun cx5 kualitasnya sip dan fitur ajib.

Utk keheningan wa sendiri blm TD crv jd gak bs wa bandingin .Cm kl dari ketok2 bodi crv dan cx5 wa yakin cx5 lbh hening lah wa pas TD aja kaget pol :) . O ya itu di kolong cx5 kan dilapis tutup lagi tuh makanya peredaman lbh oke .

Utk lemot , yep cx5 pasti lbh lemot dr crv tp masih untung bodi cx5 enteng :) , dan blm lagi gasnya rasanya mmg ada anehnya. Toelnya kudu dalam atau salesnya bilang kudu di gas sekali , trus dua kali baru bejek dalam utk narik ( cobain deh ) .
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by lava85 »

claude_wallace wrote:
OS saya masih termasuk kategori standar. cuma tambah XCS3 yg hanya voltage stabilizer, bahan bakar premium, oli ganti full syn dimana mobil2 sekelas jg pasti full syn.
saat TD, semua hanya melihat tarikan bawah dimana memang karakter CVT lemot.
coba dilihat putaran tengah dan atasnya.
di thread OS 01 sdh saya fotoin dimana OS saya melaju 160 km/jam. itu berakhir di kecepatan 180 km/jam. (kalau saya maksain foto di angka itu, rasanya skrg sudah tdk bs sharing di thread ini :mky_03: ).
di depan tiba2 ada truk pindah jalur dan saya harus rem. walaupun gas masih ada.
bro CLaude dari lihat Photo bro claude saya selalu penasaran. Itu bisa sekenceng itu maen di sport mode terus kah? Soalnya saya jarang geber itu OS mentok2 di 130 aja di D dan itu kalo di gas rada2 susah naek speednya :e-think: . Kalo sepengetesan saya sih masih enak tarikan CRV 2.4 kalo putaran atas.


@Campoeran
Saya juga setuju dengan pendapat bro, CRV cuma menang di design dan kelegaan interior saja sama mungkin kalo di banding CX-5 yak tarikannya aja lebih berasa. Thx infonya bro soal gas CX-5 yang aneh, bisa ane test nanti kalo sempet TD juga :frm_salut:

Sayang yak CX-5 diesel ga masup indo, kalo baca review kayaknya kekurangan powernya sudah dicover dengan baik padahal. Bimbang mo nungguin kejelasan 2.500cc skyactive ato go ahead aja sama yg sekarang :roll:
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by claude_wallace »

waktu mencapai kecepatan 180 km/jam, saya menggunakan paddle shift sih.
kalau pakai D, kapannya cuma sampai 160 km/jam saja, gas masih ada tapi lagi2 jalannya tdk memadai.
ehmmm.. sy pernah mencoba beberapa OS lain, memang sih.. ada beberapa yg sy kerasa lebih lemot dari OS standar saya.
apa mungkin beda settingan ECU ya.

anyway, saya bilang CRV dan CX5 bagus, saya penggemar dua2nya. malah sy sempat pengen ganti OS dgn CRV.
IMHO, saya kurang setuju kalau CRV bagus dilihat dari interior dan mesinnya, yg menurut saya justru poin kurangny CRV di sana.
saya memilih CRV dari resale value, kelegaan kabin driver, bangku kedua yg paling luas dibanding kompetitor2nya, bagasi luas.
yahhh.. misalkan saya sudah bekeluarga, CRV menjadi pilihan family car saya sih..

OS tdk cocok untuk keluarga mungkin ya, baris kedua kurang nyaman untuk dibuat perjalanan jauh.. OS ini lebih cocok untuk org yg blm nikah, profesional muda, dan keluarga kecil.
kalau sehari2 mobil diisi 1 atau 2 org saja, OS bisa menjadi pilihan. bangku depannya nyaman sekali dan mobil ini gesit dan lincah kalau di dalam kota. tdk terasa sy membawa CUV dgn lebar 1.77 m & panjang 4.3 m.

kalau CX5, mungkin nunggu mazda indonesia memperbaiki beresnya di surabaya dulu deh.
sebelum aftersalesnya memadai, saya belum berani ambil mobil mazda.
kalau rejeki berlimpah, nanti nambah mazda biante deh.. MPV favorit neh. :mky_01:
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by MazNisHo »

Info perbandingan transmisi ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by AD74YA »

DOHC wrote:
full peredam gt apa ga berat banget bro mobil nya ??? utk fc, tarikan ada pengaruh ga jadi nya ??
claude_wallace wrote:peredam full itu mentok tambah 50 kg, kayak nambah 1 cewe kurus di mobil. tdk bakal kerasa segimananya..
Logikanya emang cuma nambah 50 kg, tapi karena di pasang merata seluruh bagian monocoque kabin, dan yang paling banyak di atap, maka penambahan bebannya akan terasa, terutama center of gravity yang pasti bergeser dan gejala limbung yang bertambah bikin nyetir mobil makin nggak nyaman.,.. Mobil tidak gesit lagi (50 kg kerasa banget loh..)

Nih installment di mobil saya ada di tret ini:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 9&start=50
claude_wallace wrote:hahaha..
ini bingung OS kan panoramic, mau diredam atap bagian belakangnya saja kok nanggung ya.. :big_slap:
Panoramicnya di aspal...... :upss:
Asfur wrote:Oh gt yah om helm putih, jadi kalo sama2 standar, peredaman cx5 compare competitor selevel gmn om? Siapa the best nya?
Jauh oom... Bahkan CX5 punya struktur peredaman tambahan sendiri di cekungan bawah pintunya.. Mau nggak mau rival nya harus angkat topi terhadap superioritas peredaman CX5. :frm_salut:
claude_wallace wrote:saya lebih setuju ke poin bos adjaya, dimana power to weight ratio menentukan.
tetapi dgn syarat kalau data2 yg tertulis di spesifikasi bener2 akurat.

ini cerita temen bengkel mesin, saya cuma pernah melihat sekali saja percobaannya
beberapa fortuner diesel standar dgn spek tertulis 102 HP didyno, rentangnya antara 95-103 HP. sedangkan beberapa dakar standar dgn spek tertulis 178 HP didyno, dapatnya 175-190 HP. jadi silakan disimpulkan sendiri.


Well, untuk hal ini saya rasa saya gak perlu jadi detektif untuk tau kenapa bisa beda-beda..

Gini, yang namanya Dyno itu sangat tergantung dari kondisi bagian mobil yang mendapat inertia paling tinggi (baca: ban), adapun beberapa hal yang menyebabkan kondisinya berbeda antara lain : ukuran ban dan rims, berat ban dan rims, jenis ban, bahan ban, dan yang paling orang sering lupa: tekanan angin ban. Perbedaan 1 psi lebih tinggi atau rendah dari standar pabrikan bisa berakibat perbedaan baca 1 HP.

Dan ini yang ane suka ketawa liat dyno di Indonesia.. Apalagi kontes dyno... Mobil gak tau kondisi gimana, asal ngantri, test dyno, keluar hasil, bayar.. Ane pernah ikut briefing bareng orang Jerman ngomongin Dyno, beliau merupakan pegawai dari AA atau AAA gitu perusahaan Jerman buat ngukur kualitas mobil baru.. Dia habis supervise kontes dyno di kita, dan dia miris. Kalau Dyno yang asli ; Ban tipe apa, ukuran dicatat. Rims juga. Dan yang paling penting, sebelum dyno, tekanan ban disesuaikan dengan spesifikasi dan ada laser yang menyorot ke bagian tengah ban (dinding ban) yang sedang berputar untuk menghitung variabel stabilitas inertia.. (paket lengkap dyno disana termasuk maintenance kaki-kaki full termasuk spooring dan balancing).Baru hasilnya akurat..

Tambahan lagi mereka ada standar tiap 1 bulan atau ada batasan berapa mobil gitu, alatnya di kalibrasi ulang.

Nah kalau di kita, menurut beliau, orang-orang kita terlalu fokus untuk mempergunakan gimmick nggak penting untuk menambah performa (dalam hal ini contohnya seperti Volt Stabilizer, air filter replacement, busi bagus, dll dsb) dan lupa mengenai cara sederhana untuk menambah performa kendaraan kita yaitu :
1. Merawat bagian penting mobil seperti mesin, transmisi dan (paling penting) ban agar sesuai dengan spesifikasi dan bekerja optimal
2. Mengurangi beban di dalam kendaraan.

Maksud saya bercerita gini, ya itu tadi.. Hasil Dyno (baca: di Indonesia) kalau hasilnya caur... Yah.. Well... .. :shrug:

claude_wallace wrote:

saat TD, semua hanya melihat tarikan bawah dimana memang karakter CVT lemot.
coba dilihat putaran tengah dan atasnya.

claude_wallace wrote:tadi sy hanya menyampaikan pendapat subyektif mengenai gimana mesin CRV 2400cc yg boyo, cm sy bandingkan saja dgn OS yg saya bawa sehari2.


Sebagai orang yang sangat berpengalaman miara CRV, CRV 2.4 juga memiliki karakter low lemot, midrange keatas kuat.. Dan yang jelas, nafas nya jauh lebih panjang dari OS. Mengenai power to weight harusnya 2 mobil ini imbang, karena CX5 saja yang 2000cc punya berat 100kg lebih berat dari OS.... -> maksudnya seinget ane CX5 dan CRV beratnya gak beda jauh
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by claude_wallace »

pengalaman saya peredaman full kok positif ya, tdk ada negatifnya.
malah mobil jadi lebih stabil karena penambahan beban secara merata di seluruh bagian mobil.
seperti yg sy rasakan di OS dan mobil2 lain.
kabin tambah kedap, tarikan tdk beda, handling lbh ok. nangis di duitnya aja..

mengenai penambahan gimmick, itu akan optimal tentu saat hal2 dasar sudah terpenuhi seperti merawat mesin dan hal tersebut sudah saya lakukan.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by AD74YA »

okelah oom kalau begitu :frm_salut:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5

Post by pdm »

Untuk touring 19, spare tire nya 17, berarti gak akan kepake untuk rotasi ban ya?
Kalo yg 17 touring, spare tirenya sama dengan yang 4 utama? Ban dan velg-nya?