Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
yaa krn gak ada org teknis2 amat, nyerempet2 aja dah. biar kita2 yg awam jd ada lah gambaran sikit2.
spt ABS gitu, gimana aja sih komponen2nya...sensornya kayak gimana
dann laen sebagenya
silakan. kalem2 aja, ga hrs buru2.
spt ABS gitu, gimana aja sih komponen2nya...sensornya kayak gimana
dann laen sebagenya
silakan. kalem2 aja, ga hrs buru2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
gak enak jg siih mau bilang: Pertamax !
tp ya gimana lagi
tp ya gimana lagi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Gagal pertamax...
Gpp, keduaaaax
Gpp, keduaaaax
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Yang penting masih dapet podium. Habis panitia curang, pertamax masa diambil sendiri???
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
gak tahu teknis sampe kek gitu om... tapi ane permisi absen ya.... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Sedikit yg nubie tau ttg ABS
Sistem pengereman ini punya 4 komponen inti :
1. Speed sensor - umumnya dipasang di setiap roda atau di differential mobil.
2. Valve - katup di jalur brake line untuk mengatur sirkulasi oli rem (membuka atau menutup oli dari master silinder rem).
3. Pump - pembalik tekanan oli rem yang dilepaskan valve.
4. Controller - sistem komputer yg mengatur kerja speed sensor & valve.
Inti dari sistem ABS adalah membuat pengereman pada kendaraan menjadi bentuk pulsa (rem-lepas-rem-lepas dst) untuk mencegah terkuncinya ban disaat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan kita untuk bisa lebih mengontrol kendaraan di saat pengereman keras dan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Menurut kabar burung yang beredar, pulsa rem-lepas yang dihasilkan sistem ABS bisa mencapai 15 pulsa per detik (15 kali rem-lepas per detiknya).
Cerita dari temen nubie yang tukang nyiksa mobil, sistem ABS akan mengeluarkan bunyi "duk-duk-duk" saat bekerja. Mungkin ini suara akibat pulsa rem-lepas dari ABS itu sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau koreksi...ane nubie pgn belajar jg

Sistem pengereman ini punya 4 komponen inti :
1. Speed sensor - umumnya dipasang di setiap roda atau di differential mobil.
2. Valve - katup di jalur brake line untuk mengatur sirkulasi oli rem (membuka atau menutup oli dari master silinder rem).
3. Pump - pembalik tekanan oli rem yang dilepaskan valve.
4. Controller - sistem komputer yg mengatur kerja speed sensor & valve.
Inti dari sistem ABS adalah membuat pengereman pada kendaraan menjadi bentuk pulsa (rem-lepas-rem-lepas dst) untuk mencegah terkuncinya ban disaat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan kita untuk bisa lebih mengontrol kendaraan di saat pengereman keras dan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Menurut kabar burung yang beredar, pulsa rem-lepas yang dihasilkan sistem ABS bisa mencapai 15 pulsa per detik (15 kali rem-lepas per detiknya).
Cerita dari temen nubie yang tukang nyiksa mobil, sistem ABS akan mengeluarkan bunyi "duk-duk-duk" saat bekerja. Mungkin ini suara akibat pulsa rem-lepas dari ABS itu sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau koreksi...ane nubie pgn belajar jg

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
sekedar ingin menambahkan..kucing_garong wrote:Sedikit yg nubie tau ttg ABS
Sistem pengereman ini punya 4 komponen inti :
1. Speed sensor - umumnya dipasang di setiap roda atau di differential mobil.
2. Valve - katup di jalur brake line untuk mengatur sirkulasi oli rem (membuka atau menutup oli dari master silinder rem).
3. Pump - pembalik tekanan oli rem yang dilepaskan valve.
4. Controller - sistem komputer yg mengatur kerja speed sensor & valve.
Inti dari sistem ABS adalah membuat pengereman pada kendaraan menjadi bentuk pulsa (rem-lepas-rem-lepas dst) untuk mencegah terkuncinya ban disaat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan kita untuk bisa lebih mengontrol kendaraan di saat pengereman keras dan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Menurut kabar burung yang beredar, pulsa rem-lepas yang dihasilkan sistem ABS bisa mencapai 15 pulsa per detik (15 kali rem-lepas per detiknya).
Cerita dari temen nubie yang tukang nyiksa mobil, sistem ABS akan mengeluarkan bunyi "duk-duk-duk" saat bekerja. Mungkin ini suara akibat pulsa rem-lepas dari ABS itu sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau koreksi...ane nubie pgn belajar jg
di buku petunjuk kepemilikan mobil yg ane prnh baca:
"Dilarang melakukan pengereman menginjak tuas pedal rem dengan cara memompa,
biarkan teknologi ABS yang melakukan untuk anda."

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
asal jgn terjadi failure aja...kalo ABS error ya terpaksa dipompamr-saga wrote:sekedar ingin menambahkan..kucing_garong wrote:Sedikit yg nubie tau ttg ABS
Sistem pengereman ini punya 4 komponen inti :
1. Speed sensor - umumnya dipasang di setiap roda atau di differential mobil.
2. Valve - katup di jalur brake line untuk mengatur sirkulasi oli rem (membuka atau menutup oli dari master silinder rem).
3. Pump - pembalik tekanan oli rem yang dilepaskan valve.
4. Controller - sistem komputer yg mengatur kerja speed sensor & valve.
Inti dari sistem ABS adalah membuat pengereman pada kendaraan menjadi bentuk pulsa (rem-lepas-rem-lepas dst) untuk mencegah terkuncinya ban disaat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan kita untuk bisa lebih mengontrol kendaraan di saat pengereman keras dan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Menurut kabar burung yang beredar, pulsa rem-lepas yang dihasilkan sistem ABS bisa mencapai 15 pulsa per detik (15 kali rem-lepas per detiknya).
Cerita dari temen nubie yang tukang nyiksa mobil, sistem ABS akan mengeluarkan bunyi "duk-duk-duk" saat bekerja. Mungkin ini suara akibat pulsa rem-lepas dari ABS itu sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau koreksi...ane nubie pgn belajar jg
di buku petunjuk kepemilikan mobil yg ane prnh baca:
"Dilarang melakukan pengereman menginjak tuas pedal rem dengan cara memompa,
biarkan teknologi ABS yang melakukan untuk anda."


-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Rajin rajin buka Google / wikipedia / website vendor electronic active safety spt BOSCH / ADVICS dll.
lebih oke lagi utk belajar : beli service manual / buku wiring diagram mobil yg active safety nya komplit, dr situ kita akan paham bagaimana mekanisme-nya, komponen apa aja yg terlibat.
lebih oke lagi utk belajar : beli service manual / buku wiring diagram mobil yg active safety nya komplit, dr situ kita akan paham bagaimana mekanisme-nya, komponen apa aja yg terlibat.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
mantappp...jd mulai bisa kebayang nih subsistem ABS
printilan2 yg lain jg ya...apapun, yg lg kepikir apa gitu trus tuangkan dimari.
lanjut
yak tulll, mohon kepada yg rajin buka google/wikipedia/buku2 utk menshare terjemahan dan pengetahuan2nya dimari.
ane dkk setia menunggu di SM sini, makin rajin buka SM, masuk kelas, n terima gizi tinggi.
juga sangat dipersilakan bagi yg berkenan mau ngasih penjelasan ngawur2an n sotoy....gpp laah ngawur2an dulu...ntar klo keliru kan pasti akan ada yg benerin. tenang aja



printilan2 yg lain jg ya...apapun, yg lg kepikir apa gitu trus tuangkan dimari.
lanjut
yak tulll, mohon kepada yg rajin buka google/wikipedia/buku2 utk menshare terjemahan dan pengetahuan2nya dimari.
ane dkk setia menunggu di SM sini, makin rajin buka SM, masuk kelas, n terima gizi tinggi.


juga sangat dipersilakan bagi yg berkenan mau ngasih penjelasan ngawur2an n sotoy....gpp laah ngawur2an dulu...ntar klo keliru kan pasti akan ada yg benerin. tenang aja

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
kalau memang dibenerin (umumnya sih iya)... baguslahandy1800 wrote:mantappp...jd mulai bisa kebayang nih subsistem ABS![]()
![]()
printilan2 yg lain jg ya...apapun, yg lg kepikir apa gitu trus tuangkan dimari.
lanjut
yak tulll, mohon kepada yg rajin buka google/wikipedia utk menshare terjemahan dan pengetahuan2nya dimari.
ane dkk setia menunggu di SM sini, makin rajin buka SM, masuk kelas, n terima gizi tinggi.
![]()
![]()
juga sangat dipersilakan bagi yg berkenan mau ngasih penjelasan ngawur2an n sotoy....gpp laah ngawur2an dulu...ntar klo keliru kan pasti akan ada yg benerin. tenang aja

tapi kalau ngawur dan salah trus diomelin berjamaah gimana?

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
ya gpp lah meneer... klo naga2nya mau posting yg potensial diomelin, bikin nick baru aja haha.imsus2c wrote:kalau memang dibenerin (umumnya sih iya)... baguslahandy1800 wrote:mantappp...jd mulai bisa kebayang nih subsistem ABS![]()
![]()
printilan2 yg lain jg ya...apapun, yg lg kepikir apa gitu trus tuangkan dimari.
lanjut
yak tulll, mohon kepada yg rajin buka google/wikipedia utk menshare terjemahan dan pengetahuan2nya dimari.
ane dkk setia menunggu di SM sini, makin rajin buka SM, masuk kelas, n terima gizi tinggi.
![]()
![]()
juga sangat dipersilakan bagi yg berkenan mau ngasih penjelasan ngawur2an n sotoy....gpp laah ngawur2an dulu...ntar klo keliru kan pasti akan ada yg benerin. tenang aja
![]()
tapi kalau ngawur dan salah trus diomelin berjamaah gimana?
dia rela korbankan diri diomel2in, tp jd sangat berguna buat yg lain, dpt gizi nya
ya gak meneer?


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
sedikit tambahan ttg ABS
macam ABS berdasarkan jumlah valve yang dikontrol dan jumlah speed sensor :
1. sistem ABS dengan 4 buah valve dan 4 buah speed sensor.
konon katanya sistem ini adalah sistem ABS terbaik dimana masing2 roda akan mendapat 1 buah valve dan 1 buah speed sensor.
2. sistem ABS dengan 3 buah valve dan 3 buah speed sensor.
sistem ini adalah sistem ABS untuk keempat roda kendaraan dengan pembagian 1 buah valve dan 1 buah speed sensor untuk masing2 roda kiri dan kanan depan, sementara 1 valve dan 1 speed sensor terakhir ditempatkan pada diferensial belakang untuk mengatur roda kiri & kanan belakang. secara umum sistem ini handal untuk mengatur ABS di kedua roda depan. hanya saja untuk roda belakang, sistem ABS baru akan bekerja saat kedua roda telah mengunci saat direm (kalau hanya salah satu yg terkunci sistem tidak bekerja).
3. sistem ABS dengan 1 buah valve dan 1 buah sensor.
sistem yang hanya dipakai untuk kendaraan dengan ABS pada kedua roda belakang saja. secara prinsip sama dengan sistem nomor 2 diatas. ABS baru akan bekerja ketika kedua roda belakang sudah terkunci.
silahkan ditambahkan atau dikoreksi
macam ABS berdasarkan jumlah valve yang dikontrol dan jumlah speed sensor :
1. sistem ABS dengan 4 buah valve dan 4 buah speed sensor.
konon katanya sistem ini adalah sistem ABS terbaik dimana masing2 roda akan mendapat 1 buah valve dan 1 buah speed sensor.
2. sistem ABS dengan 3 buah valve dan 3 buah speed sensor.
sistem ini adalah sistem ABS untuk keempat roda kendaraan dengan pembagian 1 buah valve dan 1 buah speed sensor untuk masing2 roda kiri dan kanan depan, sementara 1 valve dan 1 speed sensor terakhir ditempatkan pada diferensial belakang untuk mengatur roda kiri & kanan belakang. secara umum sistem ini handal untuk mengatur ABS di kedua roda depan. hanya saja untuk roda belakang, sistem ABS baru akan bekerja saat kedua roda telah mengunci saat direm (kalau hanya salah satu yg terkunci sistem tidak bekerja).
3. sistem ABS dengan 1 buah valve dan 1 buah sensor.
sistem yang hanya dipakai untuk kendaraan dengan ABS pada kedua roda belakang saja. secara prinsip sama dengan sistem nomor 2 diatas. ABS baru akan bekerja ketika kedua roda belakang sudah terkunci.
silahkan ditambahkan atau dikoreksi

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
kalo yg di pake veloz , yg mana om ? yg nomor 1,2 , atau 3 ?? 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Ternyata ABS pun ada versi KW1, KW2 nya yah...wkwkwk 


-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
AFAIK :
Sistem electronic active sfatey terus berkembang dan kalau mau dijabarkan semua bisa berlembar lembar
saran saya kalau mmg mau dibahas bagaimana jika TS membuat artikel dr hasil study sana sini dalam sebuah Blog, baru nanti dibahas ramai2 utk ditambahkan apa aja yg kurangnya
Skg gak cuman ABS+ EBD aja, sistem rem sudah ada : Hydraulic Brake assist (HBA) / cornering brake control
Traction control yes, dr dulu sampe skg
Stability control dan sekarang sudah ada Roll Stability control (RSC)
Utk 4X4 ada Hill start assist & Hill descent control
Utk sistem alert ada Line departure warning yg membantu bila supir mulai kantuk dan gak sadar pindah jalur.
utk convenient ada Auto parking system & auto brake spt di Focus baru.
Jadi betapa luasnya sistem electronic assist pada sebuah kendaraan, dan ke depannya akan semakin memainkan penting.
Sistem electronic active sfatey terus berkembang dan kalau mau dijabarkan semua bisa berlembar lembar
saran saya kalau mmg mau dibahas bagaimana jika TS membuat artikel dr hasil study sana sini dalam sebuah Blog, baru nanti dibahas ramai2 utk ditambahkan apa aja yg kurangnya
Skg gak cuman ABS+ EBD aja, sistem rem sudah ada : Hydraulic Brake assist (HBA) / cornering brake control
Traction control yes, dr dulu sampe skg
Stability control dan sekarang sudah ada Roll Stability control (RSC)
Utk 4X4 ada Hill start assist & Hill descent control
Utk sistem alert ada Line departure warning yg membantu bila supir mulai kantuk dan gak sadar pindah jalur.
utk convenient ada Auto parking system & auto brake spt di Focus baru.
Jadi betapa luasnya sistem electronic assist pada sebuah kendaraan, dan ke depannya akan semakin memainkan penting.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
^
mohon maaf om, kebetulan saya bukan hobby atau kompeten ngeblog. bahkan utk baca sana-sini pun jg krg kemampuannya.
shg justru krn itulah niat awal saya buka trit ini, mmg bukan ingin sbg si penjelas, tp justru sbg si penanya...krn saya sadar saya tu awam.
dan krn saya berdiskusi/menyimak diskusi otomotif hanya senang di SM ini, maka ngarep bahwa ada secercah dua cercah penegtahuan yg akan diberikan oleh para member disini, baik yg tongkrongers maupun yg selewat dualewat. siapa saja. tentunya yg sangat saya arep ya para master2, spt om turboman sendiri, om NG, om VM, om imsus, om maskopat, om abu2, om ZombiEE, om Hansen, dan kawan2 lain.
bagi yg berkenan menjelaskan, silakan dlm bentuk apa pun. ...baik yg berbentuk penjelasan lsg ...yg berbentuk link pun juga silakan....semuanya tentu akan kami terima dg senang hati.
========================
baiklah, lanjut...
saya sdg kepikir/bertanya2 dlm hati ttg Knock Sensor
itu bagaimana prinsip kerjanya,
sensor nya berbentuk apa,
sejauh apa dia bisa mengenyahkan knocking
lalu apa akibatya jika mekanisme anti-knocking ini terus menerus "kita pekerjakan" ?
mohon maaf om, kebetulan saya bukan hobby atau kompeten ngeblog. bahkan utk baca sana-sini pun jg krg kemampuannya.
shg justru krn itulah niat awal saya buka trit ini, mmg bukan ingin sbg si penjelas, tp justru sbg si penanya...krn saya sadar saya tu awam.
dan krn saya berdiskusi/menyimak diskusi otomotif hanya senang di SM ini, maka ngarep bahwa ada secercah dua cercah penegtahuan yg akan diberikan oleh para member disini, baik yg tongkrongers maupun yg selewat dualewat. siapa saja. tentunya yg sangat saya arep ya para master2, spt om turboman sendiri, om NG, om VM, om imsus, om maskopat, om abu2, om ZombiEE, om Hansen, dan kawan2 lain.
bagi yg berkenan menjelaskan, silakan dlm bentuk apa pun. ...baik yg berbentuk penjelasan lsg ...yg berbentuk link pun juga silakan....semuanya tentu akan kami terima dg senang hati.

========================
baiklah, lanjut...
saya sdg kepikir/bertanya2 dlm hati ttg Knock Sensor
itu bagaimana prinsip kerjanya,
sensor nya berbentuk apa,
sejauh apa dia bisa mengenyahkan knocking
lalu apa akibatya jika mekanisme anti-knocking ini terus menerus "kita pekerjakan" ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
ane pernah baca tuh ttg line departure warning. klu ga salah dgn masang sensor yg dpt membaca garis/rambu2 jalan. jd klu si driver jalannya condong kluar jalan akan muncul semacam warning. tul ga om?
sistem ini trus dikembangkan utk sistem auto drive. jd tinggal masukkan tujuan, mobil jalan sendiri. tp msh tahap riset.
yg jd masalah adalah klu ktemu jalan yg ga ada garisnya...
sistem ini trus dikembangkan utk sistem auto drive. jd tinggal masukkan tujuan, mobil jalan sendiri. tp msh tahap riset.
yg jd masalah adalah klu ktemu jalan yg ga ada garisnya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
hahahaha iya om klo dipake di indonesia bisa masuk jurang nih mobilnya soalnya ga ad garisnya hihihi...y_anjasrana wrote:ane pernah baca tuh ttg line departure warning. klu ga salah dgn masang sensor yg dpt membaca garis/rambu2 jalan. jd klu si driver jalannya condong kluar jalan akan muncul semacam warning. tul ga om?
sistem ini trus dikembangkan utk sistem auto drive. jd tinggal masukkan tujuan, mobil jalan sendiri. tp msh tahap riset.
yg jd masalah adalah klu ktemu jalan yg ga ada garisnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
transmisi berpindah kasar, jeduk2
penyebabnya dr software...?
setau ane beberapa merk ada suka yg ngalamin ini
penyebabnya dr software...?
setau ane beberapa merk ada suka yg ngalamin ini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
pernah nyoba bro, pake captiva ane rem mendadak,.. bunyinya kaya suspensi yang uda tua karatan bro, berdecit berulang2 tapi teratur,.. brisik juga sihkucing_garong wrote:Sedikit yg nubie tau ttg ABS
Sistem pengereman ini punya 4 komponen inti :
1. Speed sensor - umumnya dipasang di setiap roda atau di differential mobil.
2. Valve - katup di jalur brake line untuk mengatur sirkulasi oli rem (membuka atau menutup oli dari master silinder rem).
3. Pump - pembalik tekanan oli rem yang dilepaskan valve.
4. Controller - sistem komputer yg mengatur kerja speed sensor & valve.
Inti dari sistem ABS adalah membuat pengereman pada kendaraan menjadi bentuk pulsa (rem-lepas-rem-lepas dst) untuk mencegah terkuncinya ban disaat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan kita untuk bisa lebih mengontrol kendaraan di saat pengereman keras dan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Menurut kabar burung yang beredar, pulsa rem-lepas yang dihasilkan sistem ABS bisa mencapai 15 pulsa per detik (15 kali rem-lepas per detiknya).
Cerita dari temen nubie yang tukang nyiksa mobil, sistem ABS akan mengeluarkan bunyi "duk-duk-duk" saat bekerja. Mungkin ini suara akibat pulsa rem-lepas dari ABS itu sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau koreksi...ane nubie pgn belajar jg
engineer's has only need one wife..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Byk mesin nissan yg bearing alternatornya sistem one-way (sbnernya pulley alternatornya)...bukan 'fixie'....jd mirip spt visco-coupling (visco fan).
Tentu saja mmg scara logika ada keutungan sistem demikian itu...putaran alternator jd lbh kontinyu.
Tp toh toyota pakai pulley konvensional aja kelistrikannya baik2 aja deh. Awet2 aja.
Jd yg ane herankan, knp nissan ngotot pakai pulley one-way di alterantor2nya ya? Pdhl unggulnya gak unggul2 amat...tp kerugiannya gede, dah mahal, bikin berisik pulak...
Tentu saja mmg scara logika ada keutungan sistem demikian itu...putaran alternator jd lbh kontinyu.
Tp toh toyota pakai pulley konvensional aja kelistrikannya baik2 aja deh. Awet2 aja.
Jd yg ane herankan, knp nissan ngotot pakai pulley one-way di alterantor2nya ya? Pdhl unggulnya gak unggul2 amat...tp kerugiannya gede, dah mahal, bikin berisik pulak...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
om Andy, dsini blh bahas tentang teknologi transmisi apa gk ya?
kebetulan ada topic yg sedang hot(lagi) tentang transmisi CVT..
kebetulan ada topic yg sedang hot(lagi) tentang transmisi CVT..

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48
Re: Nyerempet teknikal: Kumpulan Printilan Engine & Fitur
Izin bergabung Oom.y_anjasrana wrote:ane pernah baca tuh ttg line departure warning. klu ga salah dgn masang sensor yg dpt membaca garis/rambu2 jalan. jd klu si driver jalannya condong kluar jalan akan muncul semacam warning. tul ga om?
sistem ini trus dikembangkan utk sistem auto drive. jd tinggal masukkan tujuan, mobil jalan sendiri. tp msh tahap riset.
yg jd masalah adalah klu ktemu jalan yg ga ada garisnya...

Betul sekali, mengenai fitur LDP (Lane Departure Warning), sudah ada pada beberapa mobil yang tersedia di Indonesia.
LDP sebetulnya adalah semacam kamera sensorik yang tugasnya memantau pergerakan mobil terhadap marka jalan (dalam hal ini adalah marka jalan tidak putus, yang tidak boleh diinjak / dilanggar).
Tugas LDP adalah :
1. Memberi peringatan kepada pengemudi apabila kamera sensorik mendeteksi mobil bergerak menuju marka jalan tidak terputus.
2. Apabila peringatan diabaikan (dalam hal ini apabila pengemudi mengantuk / tidak sadar), sistem akan secara otomatis mengarahkan mobil menjauh dari marka jalan tidak terputus, kembali ke jalurnya.
Cara kerjanya :
1. Kamera sensorik mendeteksi marka jalan tidak terputus yang ada di jalan (karena marka jalan di-cat menggunakan cat khusus yang mengandung fosfor, yang dapat memantulkan cahaya, sehingga pantulan tersebut tertangkap oleh kamera).
2. Apabila mobil dirasa bergerak mendekati marka jalan tidak terputus, sistem akan mengeluarkan nada peringatan kepada pengemudi + indikator peringatan pada meter cluster, supaya pengemudi kembali ke jalurnya.
3. Apabila pengemudi tetap tidak merespon, maka sistem akan secara otomatis dan perlahan mengarahkan mobil kembali ke jalurnya. Caranya adalah sistem akan secara otomatis melakukan pengereman pada 2 roda depan belakang (sebelah kiri / kanan, tergantung pada marka jalan yang terdeteksi), dengan tujuan supaya mobil bergeser kembali ke jalurnya.
Contoh mobil dengan LDP di Indonesia : Infiniti FX50, Infinti M37.
Mungkin video ini bisa membantu : http://www.youtube.com/watch?v=gYGQ6D-HHcE