(ask) metode pengukuran konsumsi bbm
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
(ask) metode pengukuran konsumsi bbm
apa saja seh yg bisa dipakai dan memang dijadikan standar baku ?
nemu tulisan ini.
http://mulyantogoblog.wordpress.com/201 ... e-r40-itu/
Pada tahun 1979, United Nations
Economic Commission for Europe
(UNECE) , sebuah organisasi bagian dari
PBB, mengeluarkan regulasi untuk emisi
sepeda motor. Regulasi ini bernama
UNECE no 40, atau lebih dikenal sebagai
ECE R40. Silahkan download pdf
regulasinya kalau berminat :p
r040e
Cara testnya mulai dijabarkan pada hal 19.
Bagaimana cara nyetir motornya
dijabarkan pada hal 20 :
Mumet toh bacanya
. Prinsipnya pada test ECE R40, motor
digas mengikuti grafik berikut :
Nah grafik diatas merupakan grafik 1
siklus. Pada pengujian dilakukan beberapa
siklus. Contohnya :
Tentu saja test tidak dilakukan di jalan
raya sambil dikawal polisi yah
. Test dilakukan di lab, diatas suatu
“DYNAMOMETER BENCH
“, sesuai UNECE no 40 hal 19. Contohnya
seperti ini :
Nampak knalpot motor masuk dalam pipa
sensor. Karena dalam test ECE R40 tidak
hanya diukur pemakaian BBM, tapi juga
emisinya seperti : gas CO, HC, NOx, dan
CO2.
Kenapa hasil test ECE R40 lebih boros
daripada test touring atau test irt2an.
Karena pada ECE R40, banyak dilakukan
berhenti dan akselerasi. Sedangkan pada
test touring atau test irt2an, hanya sekali
berhenti pada akhir test. Tarik gas pelan2
sampai 50 km, panteng gas stabil sambil
dikawal pak polisi, menjelang garis finis
baru kendorkan gas sampai motor
berhenti sendiri
. Tentu saja pada kenyataanya,
pengendara motor tidak banyak berhenti
seperti ECE R40, tapi juga tidak sehalus
dan selancar seperti test touring atau test
irt2an.
. Tapi test ECE R40 bisa jadi perbandingan
antara tiap merk/jenis motor
sori gambar gak kluar. toh ada link.
kalo buat motor ada, mobil pasti ada juga. apa ada standar laen ? gimana ke valid an hasilnya apabila dibandingkan dgn penggunaan sehari-hari, cukup mewakili kah ?
sharinh yok..nambah ilmu. jd bukan menurut, rasanya, keknya, kata si.
jd bukan
nemu tulisan ini.
http://mulyantogoblog.wordpress.com/201 ... e-r40-itu/
Pada tahun 1979, United Nations
Economic Commission for Europe
(UNECE) , sebuah organisasi bagian dari
PBB, mengeluarkan regulasi untuk emisi
sepeda motor. Regulasi ini bernama
UNECE no 40, atau lebih dikenal sebagai
ECE R40. Silahkan download pdf
regulasinya kalau berminat :p
r040e
Cara testnya mulai dijabarkan pada hal 19.
Bagaimana cara nyetir motornya
dijabarkan pada hal 20 :
Mumet toh bacanya
. Prinsipnya pada test ECE R40, motor
digas mengikuti grafik berikut :
Nah grafik diatas merupakan grafik 1
siklus. Pada pengujian dilakukan beberapa
siklus. Contohnya :
Tentu saja test tidak dilakukan di jalan
raya sambil dikawal polisi yah
. Test dilakukan di lab, diatas suatu
“DYNAMOMETER BENCH
“, sesuai UNECE no 40 hal 19. Contohnya
seperti ini :
Nampak knalpot motor masuk dalam pipa
sensor. Karena dalam test ECE R40 tidak
hanya diukur pemakaian BBM, tapi juga
emisinya seperti : gas CO, HC, NOx, dan
CO2.
Kenapa hasil test ECE R40 lebih boros
daripada test touring atau test irt2an.
Karena pada ECE R40, banyak dilakukan
berhenti dan akselerasi. Sedangkan pada
test touring atau test irt2an, hanya sekali
berhenti pada akhir test. Tarik gas pelan2
sampai 50 km, panteng gas stabil sambil
dikawal pak polisi, menjelang garis finis
baru kendorkan gas sampai motor
berhenti sendiri
. Tentu saja pada kenyataanya,
pengendara motor tidak banyak berhenti
seperti ECE R40, tapi juga tidak sehalus
dan selancar seperti test touring atau test
irt2an.
. Tapi test ECE R40 bisa jadi perbandingan
antara tiap merk/jenis motor
sori gambar gak kluar. toh ada link.
kalo buat motor ada, mobil pasti ada juga. apa ada standar laen ? gimana ke valid an hasilnya apabila dibandingkan dgn penggunaan sehari-hari, cukup mewakili kah ?
sharinh yok..nambah ilmu. jd bukan menurut, rasanya, keknya, kata si.
jd bukan
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
cara yg klasik dan sederhana saja yg saya pake Om..
full to full.
trus pilih driving style mode yg digunakan.
full to full.
trus pilih driving style mode yg digunakan.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
baku = buat konsumsi publik/pabrikan yah.. kl ane mah gak repot om.. full to full, diulang beberapa kali dgn rute, sikon, dan driving style yg kurang lebih sama biar valid.
itu teorinya. prakteknya, seumur2 cm SATU KALI pk full to full. gak mau ribetlah cari FC valid yg sevalid mungkin toh ane gak dijatah siapa pun duit bensin.. emangnya om aryo?

itu teorinya. prakteknya, seumur2 cm SATU KALI pk full to full. gak mau ribetlah cari FC valid yg sevalid mungkin toh ane gak dijatah siapa pun duit bensin.. emangnya om aryo?


Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
^^ @ NG
Hahahahaha aryo mah koplak. ra nduwe utek.
Untung gak di mari, kalo sampe sini tak pisuhi tu orang
itu td jalan jalan ke blog roda dua TMC ada balasan yg mosting metode itu. penasaran jd timbul setelah baca.
ya memang paling gampang full to full, diulang berkali-kali hasilnya gak jauh beda paling 2-3 km-an (itu hasil itungan saya).
cuman kalo ada yg pake metode kek link itu kan nambah pengetahuan juga. ooo ternyata ada metode buat ngukur hal kek gini to. lalu tahu caranya ngukur gimana. maaf maaf kata ya, yg pake roda dua aja ngerti mosok yg pake roda empat kalah pengetahuannya.
memang seh banyaknya pancal gas wae gak mikir mlaku piro sak litere. saya juga gitu. cuman ngitung waktu baru saja. lewat 5000 km dah gak kepikiran lagi.
ayo ommm NG balik ke kolam rendam lg
biar bisa
ada idola baru gak omm ? share dunk
Hahahahaha aryo mah koplak. ra nduwe utek.


Untung gak di mari, kalo sampe sini tak pisuhi tu orang
itu td jalan jalan ke blog roda dua TMC ada balasan yg mosting metode itu. penasaran jd timbul setelah baca.
ya memang paling gampang full to full, diulang berkali-kali hasilnya gak jauh beda paling 2-3 km-an (itu hasil itungan saya).
cuman kalo ada yg pake metode kek link itu kan nambah pengetahuan juga. ooo ternyata ada metode buat ngukur hal kek gini to. lalu tahu caranya ngukur gimana. maaf maaf kata ya, yg pake roda dua aja ngerti mosok yg pake roda empat kalah pengetahuannya.
memang seh banyaknya pancal gas wae gak mikir mlaku piro sak litere. saya juga gitu. cuman ngitung waktu baru saja. lewat 5000 km dah gak kepikiran lagi.
ayo ommm NG balik ke kolam rendam lg

biar bisa

ada idola baru gak omm ? share dunk
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
setiap pergantian signature, harus lapor! ke http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100Nightster Guy wrote:baku = buat konsumsi publik/pabrikan yah.. kl ane mah gak repot om.. full to full, diulang beberapa kali dgn rute, sikon, dan driving style yg kurang lebih sama biar valid.
itu teorinya. prakteknya, seumur2 cm SATU KALI pk full to full. gak mau ribetlah cari FC valid yg sevalid mungkin toh ane gak dijatah siapa pun duit bensin.. emangnya om aryo?
![]()
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
Ane pake metode full to full.
Dulu pake mobil kantor kalau isi bensin harus full to full, dan memang cukup akurat. Kalo pas lagi beringasan FC boros, kalau lagi santai FC irit.
Trus di motor ane pernah nyobain juga. Pake pertamax dan shell super FC mirip2. rata2 1:42-43.
Sekarang pake premium, perasan si lebih irit, tapi ya harus dites bener. Lagi full to full kalo pol2an lari sama kalo macet2an di tengah Jakarta.
Dulu pake mobil kantor kalau isi bensin harus full to full, dan memang cukup akurat. Kalo pas lagi beringasan FC boros, kalau lagi santai FC irit.
Trus di motor ane pernah nyobain juga. Pake pertamax dan shell super FC mirip2. rata2 1:42-43.
Sekarang pake premium, perasan si lebih irit, tapi ya harus dites bener. Lagi full to full kalo pol2an lari sama kalo macet2an di tengah Jakarta.
no signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
berarti metode majalah AB yg pernah jd kasus bbm boros harus diganti yah. dgn metode ini tiap mobil/motor bisa ditest dgn cara yg sama. beda dgn tes di jalan raya. cuma disini yg punya alatnya siapa ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
Jakarta - Pesta Ertiga di Taman Mini menjadi ajang bagi Suzuki untuk .membuktikan keiritan MPV tersebut Dalam lomba irit yang diikuti pengguna Ertiga mobil tersebut memiliki .konsumsi BBM yang mencengangkan
.Angkanya seperti konsumsi BBM motor HQ1563 lomba irit dari Bogor F 1Juara dengan pemilik Yukkas mencatat angka
. km52,243 liter untuk 1konsumsi BBM DO atas nama Moh.Iman1416, F2Juara
km43,843liter untuk 1 .1:43,843 LG Sanny8898, pemilik Ertiga B 3Juara liter1Renata membukukan angka
. km40,507untuk Kami ingin mengajak pemakai ertiga" untuk membuktikan keiritan Ertiga lewat lomba irit tanpa memodifikasi mesin jadi mobil apa adanya," ujar W Marketing & Dealer Network4 Development Director PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di ,Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta
.)24/11/2012Sabtu ( Endro menuturkan Ertiga yang sudah irit akan makin irit jika pengendara mobilnya mengenal cara mengemudi
.yang ramah BBM Mobil Ertiga yang irit akan lebih luar" biasa kalau pemakainya tahu cara mengemudi efisien hasilnya pasti luar .biasa," ujarnya
http://m.detik.com/oto/read/2012/11/24/ ... 0256/1207/
Gimana bisa ? Kek gini ni vontoh media koplak nanggung kasih berita gak komplit.
Percaya hak masbroo ? Kok susah buat masuk nalar saya ya...
Caranya gimana bisa sampe 52km ?? Motor aja kalah...
.Angkanya seperti konsumsi BBM motor HQ1563 lomba irit dari Bogor F 1Juara dengan pemilik Yukkas mencatat angka
. km52,243 liter untuk 1konsumsi BBM DO atas nama Moh.Iman1416, F2Juara
km43,843liter untuk 1 .1:43,843 LG Sanny8898, pemilik Ertiga B 3Juara liter1Renata membukukan angka
. km40,507untuk Kami ingin mengajak pemakai ertiga" untuk membuktikan keiritan Ertiga lewat lomba irit tanpa memodifikasi mesin jadi mobil apa adanya," ujar W Marketing & Dealer Network4 Development Director PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di ,Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta
.)24/11/2012Sabtu ( Endro menuturkan Ertiga yang sudah irit akan makin irit jika pengendara mobilnya mengenal cara mengemudi
.yang ramah BBM Mobil Ertiga yang irit akan lebih luar" biasa kalau pemakainya tahu cara mengemudi efisien hasilnya pasti luar .biasa," ujarnya
http://m.detik.com/oto/read/2012/11/24/ ... 0256/1207/
Gimana bisa ? Kek gini ni vontoh media koplak nanggung kasih berita gak komplit.
Percaya hak masbroo ? Kok susah buat masuk nalar saya ya...
Caranya gimana bisa sampe 52km ?? Motor aja kalah...
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
Wah om salut dah,kritis banget omdieselkiki wrote:Jakarta - Pesta Ertiga di Taman Mini menjadi ajang bagi Suzuki untuk .membuktikan keiritan MPV tersebut Dalam lomba irit yang diikuti pengguna Ertiga mobil tersebut memiliki .konsumsi BBM yang mencengangkan
.Angkanya seperti konsumsi BBM motor HQ1563 lomba irit dari Bogor F 1Juara dengan pemilik Yukkas mencatat angka
. km52,243 liter untuk 1konsumsi BBM DO atas nama Moh.Iman1416, F2Juara
km43,843liter untuk 1 .1:43,843 LG Sanny8898, pemilik Ertiga B 3Juara liter1Renata membukukan angka
. km40,507untuk Kami ingin mengajak pemakai ertiga" untuk membuktikan keiritan Ertiga lewat lomba irit tanpa memodifikasi mesin jadi mobil apa adanya," ujar W Marketing & Dealer Network4 Development Director PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di ,Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta
.)24/11/2012Sabtu ( Endro menuturkan Ertiga yang sudah irit akan makin irit jika pengendara mobilnya mengenal cara mengemudi
.yang ramah BBM Mobil Ertiga yang irit akan lebih luar" biasa kalau pemakainya tahu cara mengemudi efisien hasilnya pasti luar .biasa," ujarnya
http://m.detik.com/oto/read/2012/11/24/ ... 0256/1207/
Gimana bisa ? Kek gini ni vontoh media koplak nanggung kasih berita gak komplit.
Percaya hak masbroo ? Kok susah buat masuk nalar saya ya...
Caranya gimana bisa sampe 52km ?? Motor aja kalah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
kalau ane sih pake metode full to full di pom bensin yang sama..lebih manteb di hati, gak yakin dan gak manteb kalo cuma liat MID doang 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
................ 

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: (ask) metode pengukuran konsumsi bbm
Ane pake full to full. R3 gadungan ane ga ada MID nya 

Obey the mahakitteh. 
