Hansen wrote:Kok bisa tambah enak ya setelah pake itu XCS3? Gimana tu logikanya? Maklum newbie ndeso...

saya belum pernah bongkar apa isi xcs3 ini, masih sayang soalnya harga 1 jt lebih.
sekilas sih isinya seperti pivot mega raizin ya, komponen utamanya berupa kapasitor2.
secara elektrik sih tugasnya menyimpan daya. sesuai dengan rumus P (daya) = V (tegangan) x I (arus).
fungsi lainnya juga membuat grounding lebih bersih.
jadi di saat arus aki tersedot banyak, tegangan naik turun karena beban listrik lagi peak di mobil, capasitor akan bekerja untuk menstabilkan arus dan tegangan sehingga alat2 listrik di mobil tdk ada yg menjadi korban atas ketidakstabilan beban penuh.
sebaliknya, saat kondisi beban tdk peak, xcs3 ini memperkuat apa yg sudah ada, tegangan lebih stabil dan tinggi.
saya belum ukur sendiri pakai voltmeter, tetapi seharusnya setelah dipasang xcs3, tegangan akan lebih stabil di angka 14 V dan titik2 grounding akan lebih bersih dari segala riak2.
kalau tegangan bagus, grounding bagus, semua alat listrik akan bekerja lebih sempurna, seperti busi, injector, transmisi (apalagi CVT yg elektris), ECU, otomatis pembakaran akan lebih sempurna, dan berefek tarikan akan lebih enak dan perpindahan gigi pasti lebih smooth.
IMHO ya..