Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Secara mobil terlaris nomor 6, tentu saja dah byk keliaran di jalan...melihatnya secara lansgsung, desain buritan yg hampir semua org keluhkan itu, mmg tidak bagus, tp lama-lama lihat, jadi ok-ok aja...
adlh wajar jg bhw hal itu gak menyurutkan niat mereka membeli evalia, krn alasan fungsional. Dan scara keseluruhan nampaknya mmg cenderung lbh disukai drpd Luxio.
Good (enough) job from nissan, dlm semesta kelas tsb.
Tinggal kita tunggu saja report dr user bbrp taun kemudian, ttg kehandalannya dan klo ada keluhan2 ttg printilan lainnya.
adlh wajar jg bhw hal itu gak menyurutkan niat mereka membeli evalia, krn alasan fungsional. Dan scara keseluruhan nampaknya mmg cenderung lbh disukai drpd Luxio.
Good (enough) job from nissan, dlm semesta kelas tsb.
Tinggal kita tunggu saja report dr user bbrp taun kemudian, ttg kehandalannya dan klo ada keluhan2 ttg printilan lainnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Kalo ane pribadi sih om, liat bagian belakang Lusy keliatan jauh lebih berkelas dibanding jeng Eva. Gedenya juga sebelas duabelas.andy1800 wrote:Secara mobil terlaris nomor 6, tentu saja dah byk keliaran di jalan...melihatnya secara lansgsung, desain buritan yg hampir semua org keluhkan itu, mmg tidak bagus, tp lama-lama lihat, jadi ok-ok aja...
adlh wajar jg bhw hal itu gak menyurutkan niat mereka membeli evalia, krn alasan fungsional. Dan scara keseluruhan nampaknya mmg cenderung lbh disukai drpd Luxio.
Good (enough) job from nissan, dlm semesta kelas tsb.
Tinggal kita tunggu saja report dr user bbrp taun kemudian, ttg kehandalannya dan klo ada keluhan2 ttg printilan lainnya.
Utility, setelah ane liat2 antara jeng Lusy dan jeng Eva, IMHO sih, jauh lebih enak jeng Lusy untuk utility interiornya ya. Motor bebek bisa masuk leluasa pula di jeng Lusy tanpa lepas spion.
Selain itu, jendela tengah masih bisa dibuka dengan cara normal..
Keliatannya, kalok hanya ada 2 pilihan antara jeng Lusy aatau jeng Eva, ane ngga pake ba bi bu, milih jeng Lusy

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
ic...VanzMatic wrote:Kalo ane pribadi sih om, liat bagian belakang Lusy keliatan jauh lebih berkelas dibanding jeng Eva. Gedenya juga sebelas duabelas.andy1800 wrote:Secara mobil terlaris nomor 6, tentu saja dah byk keliaran di jalan...melihatnya secara lansgsung, desain buritan yg hampir semua org keluhkan itu, mmg tidak bagus, tp lama-lama lihat, jadi ok-ok aja...
adlh wajar jg bhw hal itu gak menyurutkan niat mereka membeli evalia, krn alasan fungsional. Dan scara keseluruhan nampaknya mmg cenderung lbh disukai drpd Luxio.
Good (enough) job from nissan, dlm semesta kelas tsb.
Tinggal kita tunggu saja report dr user bbrp taun kemudian, ttg kehandalannya dan klo ada keluhan2 ttg printilan lainnya.
Utility, setelah ane liat2 antara jeng Lusy dan jeng Eva, IMHO sih, jauh lebih enak jeng Lusy untuk utility interiornya ya. Motor bebek bisa masuk leluasa pula di jeng Lusy tanpa lepas spion.
Selain itu, jendela tengah masih bisa dibuka dengan cara normal..
Keliatannya, kalok hanya ada 2 pilihan antara jeng Lusy aatau jeng Eva, ane ngga pake ba bi bu, milih jeng Lusy

nah klo begitu justru disitulah "keanehannya".
org spt ki lurah VM ini kan byk ya....tp kenapa angka evalia bulan agustus bs tinggi gitu?
itu angka (wholesale) real atau gak sih?
knp orang kbyakan pake ba bi bu lbh milih evalia 2.410 unit, drpd luxio 994 unit (trmsuk Gmax) ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Dulu sy malah lebih kesengsem sama GranMax dibanding Luxio (karena Luxio terlalu "rame"), om.. Bentuknya JDM-sekali, kalau "nakal" bisa diupgrade modifikasi jadi Toyota Town-Ace. Tetapi kartu mati alias skak-mat nya gara2 mesin bawah itu.. Jadi teringat naik Suzuki Carry-APV/Daihatsu Hijet. Masalah kelegaan nggak bisa diragukan (bahkan dibanding Evalia, volume ruang kalah dari Gr/Lx). Kecuali peruntukannya murni untuk cargo tampa mikir harus mengemudi.VanzMatic wrote:
-CUT-
Kalo ane pribadi sih om, liat bagian belakang Lusy keliatan jauh lebih berkelas dibanding jeng Eva. Gedenya juga sebelas duabelas.
Utility, setelah ane liat2 antara jeng Lusy dan jeng Eva, IMHO sih, jauh lebih enak jeng Lusy untuk utility interiornya ya. Motor bebek bisa masuk leluasa pula di jeng Lusy tanpa lepas spion.
Selain itu, jendela tengah masih bisa dibuka dengan cara normal..
Keliatannya, kalok hanya ada 2 pilihan antara jeng Lusy aatau jeng Eva, ane ngga pake ba bi bu, milih jeng Lusy

アイドリング!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Betul, dari segi facia, bentuk depan GranMax yang malah diadopt menjadi Toyota Town Ace dan Lite Ace.Tomiko_Van wrote:Dulu sy malah lebih kesengsem sama GranMax dibanding Luxio (karena Luxio terlalu "rame"), om.. Bentuknya JDM-sekali, kalau "nakal" bisa diupgrade modifikasi jadi Toyota Town-Ace. Tetapi kartu mati alias skak-mat nya gara2 mesin bawah itu.. Jadi teringat naik Suzuki Carry-APV/Daihatsu Hijet. Masalah kelegaan nggak bisa diragukan (bahkan dibanding Evalia, volume ruang kalah dari Gr/Lx). Kecuali peruntukannya murni untuk cargo tampa mikir harus mengemudi.VanzMatic wrote:
-CUT-
Kalo ane pribadi sih om, liat bagian belakang Lusy keliatan jauh lebih berkelas dibanding jeng Eva. Gedenya juga sebelas duabelas.
Utility, setelah ane liat2 antara jeng Lusy dan jeng Eva, IMHO sih, jauh lebih enak jeng Lusy untuk utility interiornya ya. Motor bebek bisa masuk leluasa pula di jeng Lusy tanpa lepas spion.
Selain itu, jendela tengah masih bisa dibuka dengan cara normal..
Keliatannya, kalok hanya ada 2 pilihan antara jeng Lusy aatau jeng Eva, ane ngga pake ba bi bu, milih jeng Lusy
Karena mesin bawah itulah makanya saya lebih melirik Jeng Lusy, karena sisi peredaman panas dan suara, lebih baik dibanding si Granmax..
saya udh pernah ditebengin Lusy, walaupun nggerung masih terdengar wajar akibat mesin di bawah, tapi masih jauh lebih baik dibanding Granmax untuk kenyamanan dan peredaman panas..
Sayang, yang Lusy belom dibekalin airbag untuk versi teratas. Kalo dilengkapin, wah bisa jadi versi Town Ace nya Indonesia, karena fiturnya sudah sangat mendekati spek JDM..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Nissan Evalia (NV200) sudah terpilih nih jadi NYC Taxi
Nissan’s NV200 is New York's Taxi of Tomorrow
http://www.torquenews.com/397/nissans-n ... i-tomorrow

Nissan’s NV200 is New York's Taxi of Tomorrow
http://www.torquenews.com/397/nissans-n ... i-tomorrow

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
bukannya mmg dah dari bbrp wkt yg lalu ya om? foto2 yg di bbrp halaman sblmnya kan yellow cab NY itu. hal 46 an klo ga salah, dipost sm om GS bulan mei.
atau maksudnya wktu itu msh proposal, klo yg skrg ini adlh kepastian Surat Keputusan nya. gitu ya?
atau maksudnya wktu itu msh proposal, klo yg skrg ini adlh kepastian Surat Keputusan nya. gitu ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
^^ iya bro andy, kayanya kemarin baru proposal, sekarang udah officially approved.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
ternyata lebih keren ya dengan V shape grill sperti ituboilers wrote:Nissan Evalia (NV200) sudah terpilih nih jadi NYC Taxi
Nissan’s NV200 is New York's Taxi of Tomorrow
http://www.torquenews.com/397/nissans-n ... i-tomorrow

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Model kayak X-trail kalo disini yah om?nescafe wrote:ternyata lebih keren ya dengan V shape grill sperti ituboilers wrote:Nissan Evalia (NV200) sudah terpilih nih jadi NYC Taxi
Nissan’s NV200 is New York's Taxi of Tomorrow
http://www.torquenews.com/397/nissans-n ... i-tomorrow

yah, namanya juga salero...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Cakeep ya taxi NY, keknya taxi dsna mayoritas wrna yellow semua apa emg udh kebijakan dsna'nya ya semua taxi hrs wrna tsb.. Cmn peleknya euy bikin 
Evalia udh dmn2 yee, keknya indent'a ga pke lama cepet bgt,, smlem ngeliat evalia putih ϑî sms dr blkg gw blng lampu'a aneh ke bokap eh tnyata d dlm msih ada supir'a! Gubraak

Evalia udh dmn2 yee, keknya indent'a ga pke lama cepet bgt,, smlem ngeliat evalia putih ϑî sms dr blkg gw blng lampu'a aneh ke bokap eh tnyata d dlm msih ada supir'a! Gubraak

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Info dari tabloid A**o B**d edisi liga irit, ternyata Evalia cukup irit (bersaing ketat dgn pesaingnya Suzuki R3), dalkot 9.48 km/l luar kota 14.05 km/l.
Mnrut sy luar biasa, karena prediksi awal (dan hasil test drive) mesin 1500cc di body besar evalia akan kurang cocok (tarikan bolot, konsumsi kurang irit). Kenyataannya menghasilkan FC yg cukup hebat. FYI, FC evalia (dalkot & tol) -bersama R3- unggul jauh FC-nya atas jawara nasional kembar (yg saat test itu diwakili varian V***z 1.5l & 1.0M S****y). Dari hasil tsb ternyata bisa membuka mata sy lebih lebar lagi tentang jeng Eva ini.


Mnrut sy luar biasa, karena prediksi awal (dan hasil test drive) mesin 1500cc di body besar evalia akan kurang cocok (tarikan bolot, konsumsi kurang irit). Kenyataannya menghasilkan FC yg cukup hebat. FYI, FC evalia (dalkot & tol) -bersama R3- unggul jauh FC-nya atas jawara nasional kembar (yg saat test itu diwakili varian V***z 1.5l & 1.0M S****y). Dari hasil tsb ternyata bisa membuka mata sy lebih lebar lagi tentang jeng Eva ini.

アイドリング!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Yap, itu wajar om kalo hasil tes majalah 'satu itu' bilang dalkot 9,48km per liter. Deviasi maksimal sekitar 10%, atau paling boros sekira 8,53km/liter.andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
Sama lah dengan mini mpv ane yg rwd..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Yup bener bro, background HR15DE ini memang cukup sangar di GL (responsif & irit(, ternyata dipakai di Jeng Eva masih cukup sakti mandra guna menghasilkan FC yg cukup hemat. Bisajadi karena layout sama2 FWD yg meminimalisasi loss of power sehingga masih tetap efisien. Yang sekarang ditunggu itu report pemakaian jangka panjang Evalia dari rekan2 disini (torsi, tarikan, FC, kenyamanan, dll)andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
アイドリング!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Tomiko_Van wrote:Yup bener bro, background HR15DE ini memang cukup sangar di GL (responsif & irit(, ternyata dipakai di Jeng Eva masih cukup sakti mandra guna menghasilkan FC yg cukup hemat. Bisajadi karena layout sama2 FWD yg meminimalisasi loss of power sehingga masih tetap efisien. Yang sekarang ditunggu itu report pemakaian jangka panjang Evalia dari rekan2 disini (torsi, tarikan, FC, kenyamanan, dll)andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
Om ane punya GL 1.5 XV di jkt. Kemana mana, tol tol-an terus, krn kalo di jkt pas om ane liburan. Kerjanya di Jambi. Di sana, di site, dapet GL juga.
Waktu lebaran kmrn ini, sewa si sejuta umat tipe G manual.
Dia bilang,"Ni mobil irit juga ya.. Om pake puter2 jogja, trus ke Solo, Wonogiri, Ambarawa, Semarang atas dan bawah, balik lewat borobudur, ngga abis 1 tangki ya..masih sisa 1/4 tangki... Om balikin aja, cuman isi bbm 180rb premium."
Semobil isi 6 orang.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
btw, jangan dilupakan spec mesin Epaliah & Lipina itu kompresinya di atas 10 : 1. Apa artinya ? Bisa aja pake bbm oktan 92 (Pertamax/Shell Super), tapi apa konsekwensinya ? Performa mesin (kemampuan akselerasi, dan FC) sudah pasti jadi lebih jeblok, syukur2 kalok mesin enggak ngelitik (karna ada fitur "knocking sensor" yg bisa men-trigger ECU utk memundurkan timing pengapian, utk menghindari gejala knocking). Utk kompresi di atas 10 : 1 itu paling pas ya pake bbm oktan 95
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
ini juga dah sewajarnya. bobot curb 1.05 ton dg meisen 1300cc.VanzMatic wrote:Tomiko_Van wrote:Yup bener bro, background HR15DE ini memang cukup sangar di GL (responsif & irit(, ternyata dipakai di Jeng Eva masih cukup sakti mandra guna menghasilkan FC yg cukup hemat. Bisajadi karena layout sama2 FWD yg meminimalisasi loss of power sehingga masih tetap efisien. Yang sekarang ditunggu itu report pemakaian jangka panjang Evalia dari rekan2 disini (torsi, tarikan, FC, kenyamanan, dll)andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
Om ane punya GL 1.5 XV di jkt. Kemana mana, tol tol-an terus, krn kalo di jkt pas om ane liburan. Kerjanya di Jambi. Di sana, di site, dapet GL juga.
Waktu lebaran kmrn ini, sewa si sejuta umat tipe G manual.
Dia bilang,"Ni mobil irit juga ya.. Om pake puter2 jogja, trus ke Solo, Wonogiri, Ambarawa, Semarang atas dan bawah, balik lewat borobudur, ngga abis 1 tangki ya..masih sisa 1/4 tangki... Om balikin aja, cuman isi bbm 180rb premium."
Semobil isi 6 orang.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Wah kalo Evalia sudah dual vvti secara teknologi berarti avanza dan yg lain sekelas ketinggalan dong, kalo di Toyota dual vvti biasanya dipasang di kelas atas macam alphard 3.5 liter, bukan yg 2.4.andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
kompresi mesin avanza juga > 10:1. Apa beda nya dengan Livina / evalia?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Engga selamanya ketertinggalan berarti out of competition apalagi out of date..Deasegara wrote:Wah kalo Evalia sudah dual vvti secara teknologi berarti avanza dan yg lain sekelas ketinggalan dong, kalo di Toyota dual vvti biasanya dipasang di kelas atas macam alphard 3.5 liter, bukan yg 2.4.andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
K3VE, sebelumnya adalah K3DE. Tanpa vvt-i. Padahal, asal muasal enjin itu dari Daihatsu YRV yang sudah vvt-i duluan.
Semua pasti ada pertimbangan awal dari pihak pabrikan, antara lain, investasi dlam hal cost pembuatan, pelatihan mekanik, peralatan yang tersedia untuk mem-backup teknologi yang sudah ada.
Dulu jaman pertama keluar, memang belum disertakan teknologi vvt-i, mungkin untuk mengejar penghematan cost manufaktur, dan sebagai sarana perkenalan dulu kepada konsumen, setelah bertahun tahun dicekoki teknologi OHV jadul yang hanya ditempelin injeksi pada Kijang kapsul, setelah sebelumnya mengadopsi karburator.
Setelah konsumen terbiasa dengan mesin injeksi, sekarang ditambahi fitur single vvt-i. Semua tu kan butuh proses.
contoh lain..
Dulu ngga pernah dikenal transmisi matik pada people carrier. Transmisi matik hanya sebatas level sedan ke atas.
Sekarang, dengan semakin murahnya teknologi matik, people carrier bs menikmati transmisi matik, ya..walaupun dalam teknologi yang masih simple, tapi sudah fully controlled by ECU.
Mungkin dengan diadopt nya dual-vvt-i pada kendr2 sekelas Altis ke atas, adalah tanda2 bakal diadopsinya teknologi dual vvt-i untuk people carrier...Karena, dengan semakin teredukasinya masyarakat, pabrikan akan lebih mudah menyematkan teknologi tinggi pada mobil2 hi-level ke level dibawahnya dan seterusnya..
Cmiiw..

Last edited by VanzMatic on Tue Oct 02, 2012 8:06, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
K3VE -> 11:1ilhami wrote:kompresi mesin avanza juga > 10:1. Apa beda nya dengan Livina / evalia?
3SZ-VE -> 10,5:1
Semua mensyaratkan minimal oktan 95.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
tapi faktanya, banyak pengguna Avanza/Xenia dan juga Livina dan mobil lain dng kompresi di atas 10.5 yg attitude-nya : "gue kan udah pake pertamax (oktan 92)" ... ck.. ck.. ck... memang mesin mgkn enggak ngelitik karna ada fitur "knocking sensor" yg mendeteks bbm dng oktan di bawah 95, lalu men-trigger ECU utk memundurkan timing pengapian utk menghindari gejala mesin ngelitik.... cuma yg mgkn kurang disadari oleh para pemilik mobil itu adalah terjadinya penurunan performa (aksel jadi lbh lemot, bbm lebih boros) sbg konsekwensi dari pemunduran timing pengapian itu ....VanzMatic wrote:K3VE -> 11:1ilhami wrote:kompresi mesin avanza juga > 10:1. Apa beda nya dengan Livina / evalia?
3SZ-VE -> 10,5:1
Semua mensyaratkan minimal oktan 95.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Ya artinya kalo sekarang sudah ada yg dual vvti di kelas bawah berarti selangkah lebih maju ya bro secara teknologi, dan pasti suatu nilai + dan patut kita acungi jempol macam si Eva ini.VanzMatic wrote:Engga selamanya ketertinggalan berarti out of competition apalagi out of date..Deasegara wrote:Wah kalo Evalia sudah dual vvti secara teknologi berarti avanza dan yg lain sekelas ketinggalan dong, kalo di Toyota dual vvti biasanya dipasang di kelas atas macam alphard 3.5 liter, bukan yg 2.4.andy1800 wrote:mesin 1500cc HR15DE tsb adlh yg dipakai buat narik Grand Livina. disana dia dah terbukti: gak ada yg bilang bhw GL tu boros.
GL bobotnya 1.2 ton
mesin HR15DE tsb juga lah (bahkan yg udah diupgrade/versi dual 'VVTi') yg dicangkokkan ke Evalia.
bobot kosong Evalia selisih 150an kg, yaitu 1.35 ton. jd klo didapat FC segitu, tentu saja sudah sewajarnya
K3VE, sebelumnya adalah K3DE. Tanpa vvt-i. Padahal, asal muasal enjin itu dari Daihatsu YRV yang sudah vvt-i duluan.
Semua pasti ada pertimbangan awal dari pihak pabrikan, antara lain, investasi dlam hal cost pembuatan, pelatihan mekanik, peralatan yang tersedia untuk mem-backup teknologi yang sudah ada.
Dulu jaman pertama keluar, memang belum disertakan teknologi vvt-i, mungkin untuk mengejar penghematan cost manufaktur, dan sebagai sarana perkenalan dulu kepada konsumen, setelah bertahun tahun dicekoki teknologi OHV jadul yang hanya ditempelin injeksi pada Kijang kapsul, setelah sebelumnya mengadopsi karburator.
Setelah konsumen terbiasa dengan mesin injeksi, sekarang ditambahi fitur single vvt-i. Semua tu kan butuh proses.
contoh lain..
Dulu ngga pernah dikenal transmisi matik pada people carrier. Transmisi matik hanya sebatas level sedan ke atas.
Sekarang, dengan semakin murahnya teknologi matik, people carrier bs menikmati transmisi matik, ya..walaupun dalam teknologi yang masih simple, tapi sudah fully controlled by ECU.
Mungkin dengan diadopt nya dual-vvt-i pada kendr2 sekelas Altis ke atas, adalah tanda2 bakal diadopsinya teknologi dual vvt-i untuk people carrier...Karena, dengan semakin teredukasinya masyarakat, pabrikan akan lebih mudah menyematkan teknologi tinggi pada mobil2 hi-level ke level dibawahnya dan seterusnya..
Cmiiw..
