Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
turtle wrote:gan, mo nanya lagi.. itu mobil jip yg dipake di dokumenter 'one car too far' (discovery channel) jenis apa sih? koq keliatannya udah 'berumur' tapi masih gagah banget dan keliatan sangat simple.. gak pake peralatan dan aksesoris yg ajubilah canggih dan rame.. simple.. just a jeep..
makasih gan..
yang ini?
kayaknya dari keluarga Jeep... tapi kurang paham serinya yang mana...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
turtle wrote:wah, terima kasih untuk penjelasannya bang andy dan bang kopat.. sekarang ane udah jelas deh gunanya difflock tsb.. penjelasan bang andy dan bang kopat begitu sederhana sehingga sangat mudah dimengerti.. soalnya kalo ane baca di wikipedia atau literatur lain bahasanya teknis banget.. susah ngertinya..
kalo kata om davinci bilang 'simplicity is the ultimate sophistication'
jadi kesimpulannya? lebih mudah memahami penjelasan ane atau pak'E?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ummm.. jujur, saat ini saya masih bilang penjelasan om andy agak lebih mudah dicerna oleh otak ane yang lemot seperti kura2 ini.. contoh2nya lebih mudah dipahami..
tapi daku sangat sedih dan berat hati ketika harus memilih seperti ini.. ;( *hiks
ummm.. jujur, saat ini saya masih bilang penjelasan om andy agak lebih mudah dicerna oleh otak ane yang lemot seperti kura2 ini.. contoh2nya lebih mudah dipahami..
tapi daku sangat sedih dan berat hati ketika harus memilih seperti ini.. ;( *hiks
okay.. thanks... berarti besok ane akan pake penjelasan gerobak deh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
turtle wrote:gan, mo nanya lagi.. itu mobil jip yg dipake di dokumenter 'one car too far' (discovery channel) jenis apa sih? koq keliatannya udah 'berumur' tapi masih gagah banget dan keliatan sangat simple.. gak pake peralatan dan aksesoris yg ajubilah canggih dan rame.. simple.. just a jeep..
makasih gan..
yang ini?
kayaknya dari keluarga Jeep... tapi kurang paham serinya yang mana...
itu TJ om kopat.. pa kabar nih?? lama gw g mampir.. wkwkwk
di pilem itu TJnya pke tahun lama sebelum 2000 kayanya masih pke distributor, versi 4cyld juga yg mesinya imut.. axlenya dana 30 n 35 kaya di XJ, masih kalah kuat dibanding dana44 yg di pke di rubicon, makanya di eps 2 gtu yah, yg di gunung es, sempet patah as rodanya..
di indo TJ bakal lebih mahal dri JK kayanya.. unitnya dikit banget...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
billyd1773dz wrote:
itu TJ om kopat.. pa kabar nih?? lama gw g mampir.. wkwkwk
di pilem itu TJnya pke tahun lama sebelum 2000 kayanya masih pke distributor, versi 4cyld juga yg mesinya imut.. axlenya dana 30 n 35 kaya di XJ, masih kalah kuat dibanding dana44 yg di pke di rubicon, makanya di eps 2 gtu yah, yg di gunung es, sempet patah as rodanya..
di indo TJ bakal lebih mahal dri JK kayanya.. unitnya dikit banget...
hei Billy... kemana aja sih loe, lama bener ga pernah mampir. lbh byk nongol dmana sih? di kaskus?
klo mau ngilang tu jgn jauh2 doong, biar mudah kita panggil.... soalnya kita2 disini jd kelabakan neeeh, klo ada soal2 ttg 4x4, klo ga ada elu trus siapa yg bs jawab
billyd1773dz wrote:
itu TJ om kopat.. pa kabar nih?? lama gw g mampir.. wkwkwk
di pilem itu TJnya pke tahun lama sebelum 2000 kayanya masih pke distributor, versi 4cyld juga yg mesinya imut.. axlenya dana 30 n 35 kaya di XJ, masih kalah kuat dibanding dana44 yg di pke di rubicon, makanya di eps 2 gtu yah, yg di gunung es, sempet patah as rodanya..
di indo TJ bakal lebih mahal dri JK kayanya.. unitnya dikit banget...
hei Billy... kemana aja sih loe, lama bener ga pernah mampir. lbh byk nongol dmana sih? di kaskus?
klo mau ngilang tu jgn jauh2 doong, biar mudah kita panggil.... soalnya kita2 disini jd kelabakan neeeh, klo ada soal2 ttg 4x4, klo ga ada elu trus siapa yg bs jawab
halo bro andy, pa kabar nih?
hehe gw sih ya muter2 aja klw ada yg ane ngerti ya nimbrung wkwkw banyak g ngertinya padahal haha ... rada jarang juga d FO skrng sih...
wkwkkw jd malu nih.... padahal uda djawab semua ama bro andy n suhu2 yg lain kok... gw juga nubie cuma penggemar aja hehe
thx yah
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Nightster Guy wrote:gak pernah liat/tau/denger malahan lj eksis di indo brooo hehehe.. ada kah?
kalo tj/jk aev brute uda ada yg ngebangun blom yak? tu jk kuning pikap di iims ini yg uda dibeli org 1,5 em itu, keknya dr kit nya aev brute ya bro?
pernah liat sekali bro.... pasti IU hehehe
yah orng sini sih pasti ada yg punya... hahaha yg di IIMS, itu pke kitconversi mopar.... jadi JK 4pintu bisa di konversi jadi pickup...
harga kitnya sendiri tu 4000-5000$ gtu yah... d amriknya... haha dan pasti hrs ngelas sana sini.. sulit di balikin lagi..
di luar bnyk ribut karna, kecewa JK pickup pke model kit gtu... banyak yang ngarepin factory built aja biar bisa lebi murah... basisnya J8 aja padahal hehe ngehidupin lagi jeep truck kaya comanche dan gladiator..
imho klw pickup asli di indo harusnya harganya bisa jauh lebih murah.... pajaknya pickup kan cuma 25% dibanding SUV >3000cc sampai 75%...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
jujur br tau mopar punya kit konversi ke pikap bro, kirain aev doank, makanya ane bingung, kl aev kan antara kabin dan bak TERPISAH, si koneng iims nyambung tuh.
gugling mopar ah uda lama gak berkunjung.
betuuuuuuuuullll uda bertaun2 kan para jeepers teriak2 ke jeep minta pikap diidupin lg, malah tempo hari prototipe udah reveal to public kan bro? yg tampangnya jk banget depannya bukan yg di moab di foto bawah ini.
yup mengenang j series gladiator dan comanche !!
ntah kok chrysler tetep gak ngeluarin pikap.. basis j8 ex mesir okelah, dan ane yakin peminat banyak lah.
adanya pikap ginian.. jeep j-12 concept.. capek deh prototipe showoff doank..
Nightster Guy wrote:jujur br tau mopar punya kit konversi ke pikap bro, kirain aev doank, makanya ane bingung, kl aev kan antara kabin dan bak TERPISAH, si koneng iims nyambung tuh.
gugling mopar ah uda lama gak berkunjung.
betuuuuuuuuullll uda bertaun2 kan para jeepers teriak2 ke jeep minta pikap diidupin lg, malah tempo hari prototipe udah reveal to public kan bro? yg tampangnya jk banget depannya bukan yg di moab di foto bawah ini.
yup mengenang j series gladiator dan comanche !!
ntah kok chrysler tetep gak ngeluarin pikap.. basis j8 ex mesir okelah, dan ane yakin peminat banyak lah.
adanya pikap ginian.. jeep j-12 concept.. capek deh prototipe showoff doank..
ada bro... mungkin bisa dibilang uda jadi divisi performance officialnya chrysler gtu.. kaya TRD gtu...
bedanya bisa ngerobahanya sampe radikal gtu yah... hahaha modifikasi berat tp ga ngilangin garansi... wkwk
nah, klw g salah pernah baca, d UU pajak tu, yang masuk kendaraan komersial/pickup tu kendaraan bak terbuka, gw lupa lagi ada kata2 mesti terpisah dengan body kabin depan, atau boleh nyatu selama interiornya misah aja...
soalnya kepikiran aja yg ngerubah JKnya pke mopar kit itu urusan suratnya jd gmn... jd pke KIR kah.. dianggap pickup atw gmn...
Jeep J8 ajib tu.. diesel 2.8ltr gardan depan dana44 blkng dana60.. wkwkwk lebih sangar dari rubicon.. wkwkw
sampe skrng masih ngimpi JK diesel... wkwkw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
turtle wrote:gan, maap, oot abisbingung mo nanya dimana..
kalo yg disebut 'naturally aspirated' engine tuh apaan sih?
makasih gan..
naturally aspirated engine itu gak pake induksi udara om untuk memasukkan udara ke silinder. jadi udara yang masuk ke ruang bakar hanya karena tarikan piston.
kalo satu lagi, melalui induksi, bantuan tekanan ke ruang bakar. ada bermacam2. yang ane tahu menggunakan supercharger dan turbocharger. keduanya bekerja dengan memompa udara masuk ke ruang bakar. jadi volume udara yang masuk jadi lebih banyak daripada volume silinder....
kebayang gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
turtle wrote:wah, terima kasih untuk penjelasannya bang andy dan bang kopat.. sekarang ane udah jelas deh gunanya difflock tsb.. penjelasan bang andy dan bang kopat begitu sederhana sehingga sangat mudah dimengerti.. soalnya kalo ane baca di wikipedia atau literatur lain bahasanya teknis banget.. susah ngertinya..
kalo kata om davinci bilang 'simplicity is the ultimate sophistication'
klw g ngerti kerja differential, pantengin video ini aja.. di jamin langsung ngerti... trus ke difflock general pasti uda bisa simpulin.. tinggal type difflock trus lsd, clucth LSD n torsen LSD wkwkw dan klw niat smua ada d yutub....
turtle wrote:gan, maap, oot abisbingung mo nanya dimana..
kalo yg disebut 'naturally aspirated' engine tuh apaan sih?
makasih gan..
nambahin penjelasan om kopat, bro..
ini teori dasar mesin bakar dalam alias internal combustion engine:
untuk melakukan siklus pembakaran, mesin perlu 2 komponen utama : udara dan bbm. keduanya harus dimasukkan ke dalam mesin dengan berbagai cara.
cara memasukkan udara:
1) naturally aspirated alias n/a
pemasukan udara ke mesin dgn cara alami, semata karena hisapan langkah piston. isep2 heeeeeeehehehehe......
2) lawannya, forced induction alias induksi paksa
pemasukan udara ke mesin 'dipaksa' pake turbin, nah mekanisme penggerak turbin ini terbagi 2, turbocharger (turbin diputar oleh gas buang), dan supercharger (turbin diputar oleh putaran mesin).
kl susah ngebayangin yg poin 2 ini, yah.. mirip2 cara kerja pompa air sanyo lah bro dll hehehe..
sebenernya 3 sih, turbo elektrik, tp ini produk gatot..
tambahan, baik Naturally Aspirated (NA) atao supercharged/turbocharged, semuanya sama,
sama2 memerlukan udara+bahan bakar+panas,
ketiga komponen ini mutlak diperlukan untuk pembakaran.
udara dan bahan bakar harus bercampur rata (homogen), dengan perbandingan tepat,
tapi tidak hanya bercampur rata, bahan bakar harus dalam fase gas agar bisa terbakar bersama udara (yang berfase gas juga) tidak dalam bentuk cair.
meski sudah ada karburator/injector, bahan bakar masih belum sepenuhnya berbentuk gas, tapi masih berupa droplet/butiran yang kecil,
yang biasa disebut kabut.
nah, perubahan bahan bakar dari kabut ini menjadi gas dilakukan oleh proses kompresi. dengan kompresi, suhu akan naik, kalor diserap bbm untuk berubah fase dari cair ke gas. jika sudah jadi gas, maka bbm bisa bereaksi dengan udara yang berfase gas juga.
kalo fasenya sudah sama2 gas, belum berarti bisa bereaksi/terbakar/meledak, tapi perlu panas sebagai pemicu ledakan.
disini peran busi memantikkan api. jika sudah dipicu, maka pembakaran pun terjadi, dengan merambat, tidak serta merta.
pembakaran bisa terjadi tanpa igniter/pemantik/busi, bisa pula karena tekanan kompresi yang terlalu tinggi,
ataupun kerak yang terlalu banyak yang menyala di ruang bakar.
pada mesin diesel, pembakaran terjadi karena kompresi yang tinggi, dan agar bahan bakar terbakar pada saat yang tepat, bbm diinjeksikan ketika puncak kompresi (tekanan rata2 sedang tinggi), dan meledak di saat yang tepat.
meski demikian, proses terbakarnya bbm samadengan mesin bensin, solar diinjeksikan dalam udara yang dikompresikan (bersuhu tinggi),
droplet (butiran kabut solar) akan menyerap kalor dari udara, berubah jadi gas, dan karena kalor terlalu tinggi, langsung terbakar,
jadi dari cair menjadi gas, lalu mendapat kalor/panas, baru terbakar.
pada mesin bensin, ukuran droplet makin kecil makin bagus mempermudah pencampuran dengan udara dan mempermudah berubah menjadi gas,
tapi pada mesin diesel ukuran droplet tidak bisa dibuat terlalu kecil, karena diperlukan untuk menembus udara bertekanan dan bersuhu tinggi di ruang bakar, agar bisa menjangkau keseluruhan ruang bakar sehingga bercampur homogen dengan udara.
jika droplet terlalu kecil, bbm langsung menguap dan terbakar saat itu juga sehingga belum sempat menjangkau bagian ruang bakar lebih jauh. akibatnya, sisa bbm yang diinjeksikan banyak yang tidak tidak mendapat oksigen karena oksigen sudah bereaksi dengan bbm yang keluar duluan, sementara untuk menjangkau lebih jauh lagi terhalang ledakan yang sudah terjadi.
akibatnya, bbm malah tak terbakar, terbentuk karbon, asap mengepul, tenaga loyo,
demikian pula jika droplet terlalu besar, dan kecepatannya kurang, maka solar tak akan homogen, dan tak tuntas berubah jadi gas, sehingga tak terbakar semua. terbentuk karbon, asap mengepul, tenaga loyo.
semakin kecil droplet solar, perlu injector yang lebih sempurna, yaitu bertekanan tinggi agar droplet mampu menjangkau seluruh ruang bakar secara merata, sehingga homogen dan dapat terbakar tuntas.
ok! thanks buat infonya ya om kopat, om billy, om nightser dan om cloud.. akhirnya sekarang ane udah ngerti..
om, mohon sedikit pencerahannya lagi.. apakah mesin jenis naturally aspirated (n/a) tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan mesin forced induction? dan apakah mesin n/a ini bisa diubah sehingga akselerasinya bisa sebaik mesin forced induction?