ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

met pagi gan... maap, mo nanya, kode TJ, YJ, JK arti dan bedanya masing2 apa sih? terus kalo rubicon apa lagi tuh?
mohon pencerahannya ya agan2 sekalian..
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
User avatar
278bubba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
Location: Indonesia

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by 278bubba »

Setahu saya TJ, YJ, JK itu mengacu pada kode model (body) tergantung generasinya, jadi gak susah ngebayangin klo ada orang nyebut Jeep Wrangler anu. Misalnya orang nyebut Jeep Wrangler YJ, berarti orang lain udah tau klo itu yang punya headlamp depan kotak generasi tahun 80-an akhir sampai '95 (tapi di Indonesia ada yg sampai thn '98, CMIIW). Begitu juga TJ, JK berada di generasi berbeda n punya ciri masing, yang jelas terlihat berbeda di tiap generasinya. Klo Rubicon, Renegade, Sahara, Rocky Mountain, dll itu sepertinya edisi khusus dengan penambahan fitur2 tertentu, mungkin bisa mengacu pada trim level kali ya...(saya kurang begitu paham)...biar Om Nightster Guy yang menjelaskan lebih detail....
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by Nightster Guy »

Lebih tepat bro Billy sih hehe....... Ane cuman pernah miara Jeep jadul setaun kurang.

Gak pake lama.. langsung pict aja yah.. Bedanya apa antar YJ TJ JK? Semuanya. Beda mesin, chassis, bodi, interior. Too much to listed.

Oya, JK sempat pake warisan mesin dari TJ, tapi sejak kuartal pertama 2012 uda ganti ke enjin modern DOHC VVTI, gak pake valvetrain mesin PURBA (OHV pushrod) lagi.

:mky_01:


Penjelasan om Bubba uda bener.

Jeep YJ Wrangler: '87 - '95 (North America)

Image

----------

Jeep TJ Wrangler: '97 - '06

Image

----------

Jeep JK Wrangler: '06 - current

Image

----------

Rubicon? Bukan edisi spesial/limited kek opini sebagian orangs. Lebih tepat trim level tapi dengan fokus option di kapabilitas off-roading: diff lock electronic, transfer case badak, heavy duty axles, sill guards, dll gak apal.

Currently trim level JK: Sport, Sport S, Sahara, Rubicon, Call of Duty.

Tiap generasi Jeep pasti banyak trim levelnya kok. Dari jaman jebot, uda ada CJ Renegade, Laredo, Golden Eagle, plus yang konyol2 gimmicks kek edisi Levi's.. Masuk era Wrangler YJ juga ada Renegade, Sahara, dst di era TJ ada Islander, blablabla.

Ada trim yang pure kosmetik, ada yang bersifat esensial fungsional kek si Rubicon itu.
Das Beste oder nichts.
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

makasih buat pencerahannya agan2.. :)
gan, terus, kalo yang disebut mesin 'pentastar' itu apa kelebihannya dibanding mesin biasa? dan apakah jenis mesin tsb adalah mesin standar jeep sekarang?

btw, ane sering denger ttg 'differential lock'... itu barang apa sih? dan gunanya buat apa?

maaf ya gan, nanyanya blo'on.. :)
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by kapsul 97 »

numpang nyimak gan wat nambah elmu :mky_02:
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by dany_pos »

pentastar itu nama mesinnya chrysler. kelebihannya apa ya? rasanya kurang lebih aja ma mesin laen. kan masing2 punya nama buat mesin kek mazda namanya MZR, Ford Duratec, Chevy namanya duramax, Lotus campro...
Difflock ndak tau persis, ndak punya, ndak pernah lihat, ndak pernah pakek sih
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by andy1800 »

dany_pos wrote:
turtle wrote: btw, ane sering denger ttg 'differential lock'... itu barang apa sih? dan gunanya buat apa?

maaf ya gan, nanyanya blo'on.. :)
Difflock ndak tau persis, ndak punya, ndak pernah lihat, ndak pernah pakek sih
ah knp hrs minta maaf? :mky_01: nanya aja sebebasnya.

difflock, differential lock....spt namanya, fungsinya utk ngelock si differential/gardan...supaya tenaga ga tersalur cuma ke salah satu roda aja, akibat si roda tsb nggantung.
penjelasan gini doang dah kebayang blm?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

@bang kapsul, bang dany : thanks for the info.. :)

@bang andy, apakah difflock ini fungsi dan cara kerjanya mirip seperti traction control pada mobil2 non off roader?
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by VanzMatic »

kapsul 97 wrote:numpang nyimak gan wat nambah elmu :mky_02:
Mantap nih...kayaknya om kapsul lagi prospek calon kastemer yg punya Rubicon neh..... :mky_01:

Atau...jangan2....... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by kapsul 97 »

andy1800 wrote:
dany_pos wrote:
turtle wrote: btw, ane sering denger ttg 'differential lock'... itu barang apa sih? dan gunanya buat apa?

maaf ya gan, nanyanya blo'on.. :)
Difflock ndak tau persis, ndak punya, ndak pernah lihat, ndak pernah pakek sih
ah knp hrs minta maaf? :mky_01: nanya aja sebebasnya.

difflock, differential lock....spt namanya, fungsinya utk ngelock si differential/gardan...supaya tenaga ga tersalur cuma ke salah satu roda aja, akibat si roda tsb nggantung.
penjelasan gini doang dah kebayang blm?
nge-gantung nya itu gmana ya maksudnya..? apa hanya pada saat kondisi offroad..? kalau pada saat jalan aspal biasa gmana..?
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by kapsul 97 »

VanzMatic wrote:
kapsul 97 wrote:numpang nyimak gan wat nambah elmu :mky_02:
Mantap nih...kayaknya om kapsul lagi prospek calon kastemer yg punya Rubicon neh..... :mky_01:

Atau...jangan2....... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
he he he ... amiin :mky_02:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by ak4ng »

difflock yg ane tau membagi tenaga 50:50 biasanya ada di TC,. baik di mobil awd and 4wd,. bbbrp juga ada yg naro di gardan macem G klas,. Difflock ada yg elektrik ada yg mekanik,. ada juga LSD,. ini bisa 70:30 atw sebaliknya,. cmiiw sangat,.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

gan, tc dan lsd tuh apaan ya? dan lsd gunanya buat apa? makasih gan.. :)
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by andy1800 »

turtle wrote: @bang andy, apakah difflock ini fungsi dan cara kerjanya mirip seperti traction control pada mobil2 non off roader?
sebenarnya klo secara teknis sih beda om...
jd, posisi skrg gimana pengertian om turtle thdp traction control ini. silakan kemukakan dulu, baru ntar kita bisa jelasin persamaan dan perbedaannya dg diff lock.

pada dasarnya:
biasanya, traction control ini terkontrol secara elektronik, dan yg dikendalikan adlh besar kecilnya tenaga mesin.
sdgkan difflock pada dasarnya adlh penguncian gigi2 gardan secara mekanikal.

sebenernya klo mau penjelasan lengkap, mustinya didahului dg pengertian ttg cara kerja diferensial dulu. dlm hal ini kita asumsikan kita semua udah paham dg cara kerja diferensial/gardan tsb ya.







========================




kapsul 97 wrote:
andy1800 wrote:
difflock, differential lock....spt namanya, fungsinya utk ngelock si differential/gardan...supaya tenaga ga tersalur cuma ke salah satu roda aja, akibat si roda tsb nggantung.
penjelasan gini doang dah kebayang blm?
nge-gantung nya itu gmana ya maksudnya..? apa hanya pada saat kondisi offroad..? kalau pada saat jalan aspal biasa gmana..?
yg dimaksud ngegantung adlh, misalnya roda belakang kiri didongkrak... itu kan ngegantung om...
sama jg bila kedua roda depan + roda blkg kanan masih di aspal, tp roda belakang kiri berada di atas got, gak menjejak tanah apapun.

nah pas kondisi begitu, klo mobil kita gas, maka roda yg berputar adalh yg tergantung itu doang. dg kata lain tenaga semuanya tersalur kesana.... sdgakn di roda belakang kanan, gak ada tenaga yg tersalur sama sekali. jd ya mobil kan gak bisa maju kan?
makin kebayang om?
kejadian tsb merupakan "efek samping" negatif dr mekanisme rangkaian gigi2 di dalam gardan/diferensial.

@turtle
nah ketika dlm kondisi begitu, trus di-on kan difflock nya, maka akan ada gigi2 di dalam gardan yg dikunci. bayangkan as roda kiri dan kanan dilas deh. kira2 begitu akibatnya.... nah dg begitu kan trus mengakibatkan tenaga gak lari cuma ke kiri doang, tp terbagi secra sama rata ke yg kanan jg....shg, roda kanan yg masih menjejak tanah trsebut bisa mendorong mobil utk maju.





=======================



turtle wrote:gan, tc dan lsd tuh apaan ya? dan lsd gunanya buat apa? makasih gan.. :)
nah klo diff lock kan itu dioperasikan dg sekali putar/pencet tombol.
pd saat diff-lock aktif, maka antara roda kanankiri gak ada difference lagi.
sdgkan dlm limited slip diferensial ini, konciannya gak sebegitu "kaku" spt roda kiri kanan yg dilas..... maka lsd ini masih membolehkan terjadinya difference antara roda kiri-kanan, tp difference nya terbatas saja (limited).



sdgkan TC, spt awalan penjelasan di atas.
ini percontohannya akan mudah klo mobil yg dilepas kopling scara tiba2, dg gas meraung tinggi...maka ban blkang kan akan spin tuh.
knp spin? krn tenaga mesin terlalu besar. .. sebegitu besarnya shg malah sampai melepaskan gigitan ban ke aspal.
* ini salah satu contoh saja ya....lepasnya gigitan/grip ban ke aspal ini bisa juga terjadi dlm kasus aquaplanning.

nah, spin nya ban tsb akan di sensor oleh komputer TC, yg lalu akan ngasih perintah ke ECU utk menurunkan tenaga mesin. ...bisa dg berbagai cara, misalnya mengurangi pasokan bahan bakar, mematikan busi, atau kombinasi2...sehingga tenaga mesin yg tersalur ke roda tsb jd cukup kecil, sampai si ban mendapatkan gigitannya ke aspal kembali.



kira2 gitu dulu....
klo ada penjelasan yg krg mudah terpahami, jgn ragu silakan terus tanyain aja ya. kejar terus aja.
krn saya jg ingin belajar sampai bisa menerangkan sesuatu dg singkat, tp udah cukup mudah utk dipahami bahkan oleh awam.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by Kuruma »

mantwba neh penjelasan oom andy....ane nyimak terus deh sambil nonton mu vs liv....:)
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by andy1800 »

hahaha .iya nih om ane sambil jg, tp berhubung mata cm sepasang, otaknya cm satu.... jdnya bolak-balik gonta-ganti chanel deh sama balapan singapur :big_slap:
30 mnit dan msh kosong2. it's good ada Garuda di Anfield
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

sip! thanks buat infonya bang andy.. :)
bang, masih seputar difflock.. kapan biasanya diff lock itu perlu diaktifkan? bukankah sepertinya lebih baik bila diff lock tsb terus aktif?
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by maskopat »

turtle wrote:sip! thanks buat infonya bang andy.. :)
bang, masih seputar difflock.. kapan biasanya diff lock itu perlu diaktifkan? bukankah sepertinya lebih baik bila diff lock tsb terus aktif?
bahaya kalo diff lock selalu aktif. karena dengan menyamakan putaran roda penggerak kanan dan kiri, maka ketika belok gardan bisa trondol.
bayangannya gini, ketika belok, roda sisi dalam akan berputar lebih lambat daripada roda sisi luar. misalnya ketika belok kiri, roda kiri akan berputar lebih lambar daripada roda kanan. nah kebayang kalo diff lock diaktifkan terus.
diff lock biasanya digunakan ketika jalan licin, cendrung berlumpur. ini memaksa roda selalu berputar dengan putaran yang sama.

kebayang gak om kura2 ninja? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by kapsul 97 »

maskopat wrote:
turtle wrote:sip! thanks buat infonya bang andy.. :)
bang, masih seputar difflock.. kapan biasanya diff lock itu perlu diaktifkan? bukankah sepertinya lebih baik bila diff lock tsb terus aktif?
bahaya kalo diff lock selalu aktif. karena dengan menyamakan putaran roda penggerak kanan dan kiri, maka ketika belok gardan bisa trondol.
bayangannya gini, ketika belok, roda sisi dalam akan berputar lebih lambat daripada roda sisi luar. misalnya ketika belok kiri, roda kiri akan berputar lebih lambar daripada roda kanan. nah kebayang kalo diff lock diaktifkan terus.
diff lock biasanya digunakan ketika jalan licin, cendrung berlumpur. ini memaksa roda selalu berputar dengan putaran yang sama.

kebayang gak om kura2 ninja? :e-think:
nice inpoh Oom :thanks:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote:
maskopat wrote:
turtle wrote:sip! thanks buat infonya bang andy.. :)
bang, masih seputar difflock.. kapan biasanya diff lock itu perlu diaktifkan? bukankah sepertinya lebih baik bila diff lock tsb terus aktif?
bahaya kalo diff lock selalu aktif. karena dengan menyamakan putaran roda penggerak kanan dan kiri, maka ketika belok gardan bisa trondol.
bayangannya gini, ketika belok, roda sisi dalam akan berputar lebih lambat daripada roda sisi luar. misalnya ketika belok kiri, roda kiri akan berputar lebih lambar daripada roda kanan. nah kebayang kalo diff lock diaktifkan terus.
diff lock biasanya digunakan ketika jalan licin, cendrung berlumpur. ini memaksa roda selalu berputar dengan putaran yang sama.

kebayang gak om kura2 ninja? :e-think:
nice inpoh Oom :thanks:
kapan ketemuan neh...??? ente masih di sebelah kan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by kapsul 97 »

@Oom Kopat : masih lah oom, belom kemana-mana kita, ayuuk dah diatur, siapa aja yang bisa :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote:@Oom Kopat : masih lah oom, belom kemana-mana kita, ayuuk dah diatur, siapa aja yang bisa :big_peace:
kita berdua aja lhaar.... rabu ya? lunch bareng... gimana?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by andy1800 »

maskopat wrote:
turtle wrote:sip! thanks buat infonya bang andy.. :)
bang, masih seputar difflock.. kapan biasanya diff lock itu perlu diaktifkan? bukankah sepertinya lebih baik bila diff lock tsb terus aktif?
bahaya kalo diff lock selalu aktif. karena dengan menyamakan putaran roda penggerak kanan dan kiri, maka ketika belok gardan bisa trondol.
bayangannya gini, ketika belok, roda sisi dalam akan berputar lebih lambat daripada roda sisi luar. misalnya ketika belok kiri, roda kiri akan berputar lebih lambar daripada roda kanan. nah kebayang kalo diff lock diaktifkan terus.
diff lock biasanya digunakan ketika jalan licin, cendrung berlumpur. ini memaksa roda selalu berputar dengan putaran yang sama.

kebayang gak om kura2 ninja? :e-think:
sebenernya salah jg ane tdnya asumsikan dah pada ngeh prinsip kerja gardan/diferensial-gear.
ok deh om kura, kita flashback dikit yak ttg gardan. udah dijelasin sm kopat, tp ane coba kasih penggambaran yg beda dikit:

gini, bayangin sebuah gerobak/pedati...itu kan lengan yg ke depan ada 2 ya...
nah, lengan yg kiri itu anda yg pegang....trus mintalah temen anda utk pegang yg kanan.

trus ingin maju lurus, maka anda dan teman anda akan menariknya dg tenaga yg kira2 seimbang...gitu kan?

nah trus mau belok kanan. maka caranya adalah teman anda yg di sebelah kanan mengurangi tenaganya (bahkan bisa saja sampai berhenti), sedangkan anda yg di sebelah kiri justru menambah tenaga. gitu nggak?

jd itulah kenapa, utk belok, diperlukan adanya difference (perbedaan kecepatan), antara roda kiri dan kanan tsb.
bayangkan klo anda ingin pedatinya belok kanan, tapi anda dan teman anda tenaga/kecepatan nariknya tetep sama.....wah, mana bisa belok dong?? hayoh bayangin!

nah, klo di mobil, utk pengaturan tenaga (dan kecepatan putar) antara roda kiri-kanan itulah, maka dibuatkan suatu rangkaian gigi2 yg dissusun sedemikian rupa, yg kemudian disebut: gardan.



====
sampai disitu dulu....kebayang gak om?

sebenarnya penjelasannya sama persisss sis sis siih, sm mbakkopat.
tp tlg kemukakan ya, penjelasan yg mana yg bs lsg lbh mudah anda cerna, om trutel?

ini bukan masalah menang2an loh ya, bukan masalah siapa yg lbh bener... tp saya bener2 ingin evaluasi diri sendiri, apakah cara saya dlm menjelaskan tu mudah dipahami atau malah bikin bingung...soalnya sering2nya sih begitu :wkkk:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

wah, terima kasih untuk penjelasannya bang andy dan bang kopat.. sekarang ane udah jelas deh gunanya difflock tsb.. :frm_tumbleft: penjelasan bang andy dan bang kopat begitu sederhana sehingga sangat mudah dimengerti.. :off_good_job: soalnya kalo ane baca di wikipedia atau literatur lain bahasanya teknis banget.. susah ngertinya..

kalo kata om davinci bilang 'simplicity is the ultimate sophistication'
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com
turtle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 09, 2012 17:32

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by turtle »

gan, mo nanya lagi.. itu mobil jip yg dipake di dokumenter 'one car too far' (discovery channel) jenis apa sih? koq keliatannya udah 'berumur' tapi masih gagah banget dan keliatan sangat simple.. gak pake peralatan dan aksesoris yg ajubilah canggih dan rame.. simple.. just a jeep.. :)

makasih gan..
TTS Online Bahasa Indonesia
www.zambal.com