Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Permisi....salam kenal semua......stlh 1 bulan nunggu STNK selesai, sdh 2 minggu ini menggunakan PS Exceed 4X2 utk harian. KM baru 800an, stlh saya perhatikan, kalo pagi hari/stlh parkir lama waktu mesin start, indikator Oli nggak langsung mati, kira2 5-6 detik baru mati, apakah ini wajar? soalnya baru kali ini ngalamin mobil baru yg lampu oilnya gak langsung mati...mohon info rekan2 .....thanks....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
hello report perjalanan mudik nih
pajero sport exceed VIN 2010 47000km
piggy back powerplug
boost controller 1.2 bar
K&N filter replacement (pakai box standar, ganti isinya saja)
HID Gartner 4300k 55W
Hella Super tone
bbm campuran bio solar dg shell diesel
GPS garmin 1390 dengan peta dari www.navigasi.net
berangkat dari jakarta 19 agustus 8am
3 dewasa 1 baby 10 bulan (child seat omni guard coco latte)
tol jakarta cikampek lancar banget
bisa lari 180km/h dari pluit cikampek 45 min
jalanan lancar sampai ciasem pamanukan
ciasem sampai lewat pamanukan macet, karena naik pajero gak takut lewat bahu jalan. jalanan sangat berdebu, kotor banget mobilnya. tapi semua lubang jalanan jelek libas terus.
isi bio solar 35 lt di rest area tol kanci, sekalian mampir di pos siaga mitsubishi minta peta.
keluar tol pajagan tersendat. karena sudah lapar makan dulu di sate kambing rajawali, enak juga sop kambing dan sate kambingnya.
lanjut perjalanan relatif lancar sampai semarang.
karena macet tadi jadi sampai semarang sudah jam 20.
nginep semalam.
besoknya lanjut ke solo. isi bio solar lagi di semarang rp 131rb, pas sepi. isi aja deh. banyak spbu antri parah.
tapi menurut twitter macet di ungaran bawen. disarankan lewat purwodadi.
setelah baca peta, lanjut perjalanan.
dekat Purwodadi, ketemu sama petugas polisi tanya jalan. bail lho pak polisinya sayang saya lupa namanya, dia naik Mitsubishi Strada Triton. dia telepon2 tanya jalan yang terbaik buat saya.
akhirnya kami lewat Juwangi-Kedunggede-Andong setiap ketemu pos polisi kami berhento dan tanya arah. baik2 polisi nya sangat sopan.
juwangi kedunggede andong adalah jalan desa, tembus hutan. jalanan sih 90% cukup mulus,5% rusak, 5% rusak parah. jalan utama juga sangat bergelombang gak kayak jalan utama
untung naik pajero sport, gak takut, suspensi masih cukup nyaman.
pemandangan di jalan ini bagus dihiasi sawah dan pegunungan.
jalan ini sepi banget 50 km lebih,kayaknya cuma bareng sama 20 mobil.
sampai solo setelah 4 jam lebih. tanpa macet.
nginep 2 malam disolo.
mau lanjut lagi ke madiun.
nanti laporannya.
sekian dulu
pajero sport exceed VIN 2010 47000km
piggy back powerplug
boost controller 1.2 bar
K&N filter replacement (pakai box standar, ganti isinya saja)
HID Gartner 4300k 55W
Hella Super tone
bbm campuran bio solar dg shell diesel
GPS garmin 1390 dengan peta dari www.navigasi.net
berangkat dari jakarta 19 agustus 8am
3 dewasa 1 baby 10 bulan (child seat omni guard coco latte)
tol jakarta cikampek lancar banget
bisa lari 180km/h dari pluit cikampek 45 min
jalanan lancar sampai ciasem pamanukan
ciasem sampai lewat pamanukan macet, karena naik pajero gak takut lewat bahu jalan. jalanan sangat berdebu, kotor banget mobilnya. tapi semua lubang jalanan jelek libas terus.
isi bio solar 35 lt di rest area tol kanci, sekalian mampir di pos siaga mitsubishi minta peta.
keluar tol pajagan tersendat. karena sudah lapar makan dulu di sate kambing rajawali, enak juga sop kambing dan sate kambingnya.
lanjut perjalanan relatif lancar sampai semarang.
karena macet tadi jadi sampai semarang sudah jam 20.
nginep semalam.
besoknya lanjut ke solo. isi bio solar lagi di semarang rp 131rb, pas sepi. isi aja deh. banyak spbu antri parah.
tapi menurut twitter macet di ungaran bawen. disarankan lewat purwodadi.
setelah baca peta, lanjut perjalanan.
dekat Purwodadi, ketemu sama petugas polisi tanya jalan. bail lho pak polisinya sayang saya lupa namanya, dia naik Mitsubishi Strada Triton. dia telepon2 tanya jalan yang terbaik buat saya.
akhirnya kami lewat Juwangi-Kedunggede-Andong setiap ketemu pos polisi kami berhento dan tanya arah. baik2 polisi nya sangat sopan.
juwangi kedunggede andong adalah jalan desa, tembus hutan. jalanan sih 90% cukup mulus,5% rusak, 5% rusak parah. jalan utama juga sangat bergelombang gak kayak jalan utama
untung naik pajero sport, gak takut, suspensi masih cukup nyaman.
pemandangan di jalan ini bagus dihiasi sawah dan pegunungan.
jalan ini sepi banget 50 km lebih,kayaknya cuma bareng sama 20 mobil.
sampai solo setelah 4 jam lebih. tanpa macet.
nginep 2 malam disolo.
mau lanjut lagi ke madiun.
nanti laporannya.
sekian dulu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
kayaknya kalo 5-6 detik masi normal deh. tapi cek aja level oli mesin, mungkin kurang.zulkarnaen siregar wrote:Permisi....salam kenal semua......stlh 1 bulan nunggu STNK selesai, sdh 2 minggu ini menggunakan PS Exceed 4X2 utk harian. KM baru 800an, stlh saya perhatikan, kalo pagi hari/stlh parkir lama waktu mesin start, indikator Oli nggak langsung mati, kira2 5-6 detik baru mati, apakah ini wajar? soalnya baru kali ini ngalamin mobil baru yg lampu oilnya gak langsung mati...mohon info rekan2 .....thanks....
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Aug 21, 2012 17:19
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
... Salam kenal...
Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...
terima kasih
Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...
terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
mau tanya nih..
saya pengguna dakar.
itu auto-levelling headlampnya tahu kalau bekerja bagaimana ya ?
soalnya saya baca manual, misal bekerja, lambang auto-levelling di dashboard akan menyala.
nah, ini kok tdk ya ?
mohon pengarahan dari master2 nih..
saya pengguna dakar.
itu auto-levelling headlampnya tahu kalau bekerja bagaimana ya ?
soalnya saya baca manual, misal bekerja, lambang auto-levelling di dashboard akan menyala.
nah, ini kok tdk ya ?
mohon pengarahan dari master2 nih..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
saya gak tau kalo di pajero sport dakar, kalo di merek lain, saya pakai mercedea benz, pengguna gak tau auto leveling kerja atau tidak. kelihatannya waktu start dan lampu menyala kelihatan mobilnya menset ketinggian lampu. terlihat sinar bergerak atas ke bawah mencari posisi yang tepat, setelah itu gak terlihat lagi.claude_wallace wrote:mau tanya nih..
saya pengguna dakar.
itu auto-levelling headlampnya tahu kalau bekerja bagaimana ya ?
soalnya saya baca manual, misal bekerja, lambang auto-levelling di dashboard akan menyala.
nah, ini kok tdk ya ?
mohon pengarahan dari master2 nih..
mungkin yang dibuku petunjuk bilang, adalah waktu mesin distart. coba hidupkan mesin dengan lampu menyala. atau waktu distart lihat fisik lampunya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Lampu indicatornya di sebelah kanan setir, bukan di dash board, kalau mau di starter, lampunya nyala sebentar. Penyetelan secara otomatis kalau lagi mesin nyala dan lagi berhenti, dia akan setel lampu secara otomatisclaude_wallace wrote:mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..onibudi wrote:... Salam kenal...
Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...
terima kasih
BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?htannis wrote:Lampu indicatornya di sebelah kanan setir, bukan di dash board, kalau mau di starter, lampunya nyala sebentar. Penyetelan secara otomatis kalau lagi mesin nyala dan lagi berhenti, dia akan setel lampu secara otomatisclaude_wallace wrote:mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres ajaclaude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
kok bisa begitu ya...remedusakti wrote:Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..onibudi wrote:... Salam kenal...
Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...
terima kasih
BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.

PJS nya dilengkapi dengan electric fan di balik grill gak? atau hanya ada 1 viscous fan di ruang mesin?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.
aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.
saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.
saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
aspsilver
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Today, 07:36
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.
aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.
saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
mungkin juga waktu macet ketahan di D
pasalnya oil cooler AT di radiator juga
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Today, 07:36
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.
aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.
saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
mungkin juga waktu macet ketahan di D
pasalnya oil cooler AT di radiator juga
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Nah ini juga yng ane bingung.. wakt itu ane konvoi juga ama ortu pake pajero sport exceed cm beda 1 bln umurnya, ntuh mobil gak overheat sm sekali. Ane curiga apa karna adek ane cw yg bawa so mungkin sering ditahan di D saat macet n nanjak. Ampe skrng tuh mobil udh gak overheat sm sekali, terakhir jakarta - lampung 7 jam ( mesin+ac ttp nyala saat dikapal ) gak ada overheat..RVR wrote:aspsilver
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Today, 07:36
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.
aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.
saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
mungkin juga waktu macet ketahan di D
pasalnya oil cooler AT di radiator juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
punya bos jg dakar kan ?htannis wrote:Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres ajaclaude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Tuh banyak cewek yang gaptek , sama sekali nggak pernah pakai gigi d1 atau 2 saat nanjak. Selalu dipanteng gigi d.
Ini udah sering kejadian , temen ane xtrail kinyis2 dipakai gigi d saat tanjakan curam di tretes.akibatnya overheat gosong.
Ini udah sering kejadian , temen ane xtrail kinyis2 dipakai gigi d saat tanjakan curam di tretes.akibatnya overheat gosong.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Itu X-trail yg CVT bro?
Wah kalo gitu manner proper driving untuk AT berlaku untuk semua merk yah.....
Perlu diajarin yah untuk semua pembeli mobil AT, sebelum pakai
Ada yg tahu ga atpm mana yg udah ada program ini ya (training penggunaan mobil baru)
Kalo ada, sangat berguna yah...
Wah kalo gitu manner proper driving untuk AT berlaku untuk semua merk yah.....
Perlu diajarin yah untuk semua pembeli mobil AT, sebelum pakai
Ada yg tahu ga atpm mana yg udah ada program ini ya (training penggunaan mobil baru)
Kalo ada, sangat berguna yah...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
indikatornya gak nyala terus, nyala-nya cuman beberapa detik trus padam lagi.claude_wallace wrote:punya bos jg dakar kan ?htannis wrote:Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres ajaclaude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
coba perhatikan saat pertama puter kunci kontak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ngak nyala terus, pas mau starter nyala bentar doang kokclaude_wallace wrote:punya bos jg dakar kan ?
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Saya pemilik dakar 2012, udah ganti filter k&n replacemen + dp-ep + simota set + pivot raizin groundwire + cusco oil tank + powerplug, sy mau tanya modif sgt perlu oil + transmisi cooler g yah?? Klo perlu merk yg recomended apa?? Sy BB pake dex trus..mohon saran...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Om..remedusakti wrote:Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..onibudi wrote:... Salam kenal...
Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...
terima kasih
BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.
IMHO ..Klo mobilnya matic memang sudah kodratnya bakalan overheat jika kondisi macet transmisi dipanteng terus di posisi D atau posisi mana aja (1,2,3 atau R) karena power engine yang disalurkan lewat Torque Convereter direm sehingga lama-lama temperatur oli torque converter akan naik. Kebanyakan pendinginan oli transmisi digabung di radiator bareng pendinginan engine (pipanya terpisah), sehingga klo transmisi overheat maka engine bisa ikutan overheat.
Kondisi menyebabkan beban sistempendinginan jadi berat, apalagi ditambah AC yg nggak pake extra fan. Klo sering-sering overheat gini umur torque converter bisa lebih pendek. demikian juga umur komponen transmisi matic. Penambahan auxiliary Cooler bisa menjadi solusi walaupun cara yang paling tepat adalah cara berkendara yang tepat dan benar.
Jadi tidak hanya dalam posisi D saja tetapi dalam semua posisi transmisi klo ditahan/ direm maka akan menyebabkan temperatur oli naik. Ada juga yang entah secara nggak sadar atau pun sengaja membiarkan transmisi dalam posisi D/1/2/3 di tanjakan lagi ditahan dengan Parking Brake/ Rem tangan karena kondisi Stop & Go. Sebaiknya jika berhenti lebih dari 10 detik transmisi dinetralkan dan aktifkan rem tangan. Klo transmisi Matic ini rusak bakalan bikin kantong bolong..he3x..
Thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Sep 14, 2012 4:26
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini
@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L
saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ...
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000)
thks

@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L
saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ...

Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000)

thks
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Caranya begini om sayur :sayur wrote:Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini![]()
@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L
saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ...![]()
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000)![]()
thks
1. Tampilkan display di posisi layar yg menunjukkan avg speed, FC, jarak tempuh tangki (spt di foto attachment)
2. Tekan tombol kedua dari kiri dan tahan agak lama sampai tulisannya berubah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Sep 14, 2012 4:26
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Wah.... Thks A Lot om Hansen....wuah...akhirnya bisa juga...horeHansen wrote:Caranya begini om sayur :sayur wrote:Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini![]()
@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L
saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ...![]()
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000)![]()
thks
1. Tampilkan display di posisi layar yg menunjukkan avg speed, FC, jarak tempuh tangki (spt di foto attachment)
2. Tekan tombol kedua dari kiri dan tahan agak lama sampai tulisannya berubah.

om Hansen, dimana saya bisa mendapatkan manual book ya ?
