Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zulkarnaen siregar
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by zulkarnaen siregar »

Permisi....salam kenal semua......stlh 1 bulan nunggu STNK selesai, sdh 2 minggu ini menggunakan PS Exceed 4X2 utk harian. KM baru 800an, stlh saya perhatikan, kalo pagi hari/stlh parkir lama waktu mesin start, indikator Oli nggak langsung mati, kira2 5-6 detik baru mati, apakah ini wajar? soalnya baru kali ini ngalamin mobil baru yg lampu oilnya gak langsung mati...mohon info rekan2 .....thanks....
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by aspsilver »

hello report perjalanan mudik nih

pajero sport exceed VIN 2010 47000km
piggy back powerplug
boost controller 1.2 bar
K&N filter replacement (pakai box standar, ganti isinya saja)
HID Gartner 4300k 55W
Hella Super tone
bbm campuran bio solar dg shell diesel
GPS garmin 1390 dengan peta dari www.navigasi.net

berangkat dari jakarta 19 agustus 8am
3 dewasa 1 baby 10 bulan (child seat omni guard coco latte)

tol jakarta cikampek lancar banget
bisa lari 180km/h dari pluit cikampek 45 min

jalanan lancar sampai ciasem pamanukan
ciasem sampai lewat pamanukan macet, karena naik pajero gak takut lewat bahu jalan. jalanan sangat berdebu, kotor banget mobilnya. tapi semua lubang jalanan jelek libas terus.

isi bio solar 35 lt di rest area tol kanci, sekalian mampir di pos siaga mitsubishi minta peta.

keluar tol pajagan tersendat. karena sudah lapar makan dulu di sate kambing rajawali, enak juga sop kambing dan sate kambingnya.

lanjut perjalanan relatif lancar sampai semarang.
karena macet tadi jadi sampai semarang sudah jam 20.

nginep semalam.

besoknya lanjut ke solo. isi bio solar lagi di semarang rp 131rb, pas sepi. isi aja deh. banyak spbu antri parah.
tapi menurut twitter macet di ungaran bawen. disarankan lewat purwodadi.

setelah baca peta, lanjut perjalanan.

dekat Purwodadi, ketemu sama petugas polisi tanya jalan. bail lho pak polisinya sayang saya lupa namanya, dia naik Mitsubishi Strada Triton. dia telepon2 tanya jalan yang terbaik buat saya.

akhirnya kami lewat Juwangi-Kedunggede-Andong setiap ketemu pos polisi kami berhento dan tanya arah. baik2 polisi nya sangat sopan.

juwangi kedunggede andong adalah jalan desa, tembus hutan. jalanan sih 90% cukup mulus,5% rusak, 5% rusak parah. jalan utama juga sangat bergelombang gak kayak jalan utama
untung naik pajero sport, gak takut, suspensi masih cukup nyaman.

pemandangan di jalan ini bagus dihiasi sawah dan pegunungan.
jalan ini sepi banget 50 km lebih,kayaknya cuma bareng sama 20 mobil.

sampai solo setelah 4 jam lebih. tanpa macet.

nginep 2 malam disolo.
mau lanjut lagi ke madiun.

nanti laporannya.

sekian dulu
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by aspsilver »

zulkarnaen siregar wrote:Permisi....salam kenal semua......stlh 1 bulan nunggu STNK selesai, sdh 2 minggu ini menggunakan PS Exceed 4X2 utk harian. KM baru 800an, stlh saya perhatikan, kalo pagi hari/stlh parkir lama waktu mesin start, indikator Oli nggak langsung mati, kira2 5-6 detik baru mati, apakah ini wajar? soalnya baru kali ini ngalamin mobil baru yg lampu oilnya gak langsung mati...mohon info rekan2 .....thanks....
kayaknya kalo 5-6 detik masi normal deh. tapi cek aja level oli mesin, mungkin kurang.
onibudi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Aug 21, 2012 17:19

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by onibudi »

... Salam kenal...

Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...

terima kasih
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by claude_wallace »

mau tanya nih..
saya pengguna dakar.
itu auto-levelling headlampnya tahu kalau bekerja bagaimana ya ?
soalnya saya baca manual, misal bekerja, lambang auto-levelling di dashboard akan menyala.
nah, ini kok tdk ya ?
mohon pengarahan dari master2 nih..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by aspsilver »

claude_wallace wrote:mau tanya nih..
saya pengguna dakar.
itu auto-levelling headlampnya tahu kalau bekerja bagaimana ya ?
soalnya saya baca manual, misal bekerja, lambang auto-levelling di dashboard akan menyala.
nah, ini kok tdk ya ?
mohon pengarahan dari master2 nih..
saya gak tau kalo di pajero sport dakar, kalo di merek lain, saya pakai mercedea benz, pengguna gak tau auto leveling kerja atau tidak. kelihatannya waktu start dan lampu menyala kelihatan mobilnya menset ketinggian lampu. terlihat sinar bergerak atas ke bawah mencari posisi yang tepat, setelah itu gak terlihat lagi.
mungkin yang dibuku petunjuk bilang, adalah waktu mesin distart. coba hidupkan mesin dengan lampu menyala. atau waktu distart lihat fisik lampunya.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by claude_wallace »

mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

claude_wallace wrote:mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
Lampu indicatornya di sebelah kanan setir, bukan di dash board, kalau mau di starter, lampunya nyala sebentar. Penyetelan secara otomatis kalau lagi mesin nyala dan lagi berhenti, dia akan setel lampu secara otomatis
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by remedusakti »

onibudi wrote:... Salam kenal...

Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...

terima kasih
Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..

BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by claude_wallace »

htannis wrote:
claude_wallace wrote:mungkin buku manualnya salah ya..
ini saya amatin dari mesin nyala, nyalain lampu pertama kali, tetap saja tdk ada indikator yg menyala..
Lampu indicatornya di sebelah kanan setir, bukan di dash board, kalau mau di starter, lampunya nyala sebentar. Penyetelan secara otomatis kalau lagi mesin nyala dan lagi berhenti, dia akan setel lampu secara otomatis
iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

claude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres aja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

remedusakti wrote:
onibudi wrote:... Salam kenal...

Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...

terima kasih
Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..

BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.
kok bisa begitu ya... :e-think:

PJS nya dilengkapi dengan electric fan di balik grill gak? atau hanya ada 1 viscous fan di ruang mesin?
Image
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by aspsilver »

pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.

aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.

saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

aspsilver
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Today, 07:36
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.

aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.

saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.


mungkin juga waktu macet ketahan di D
pasalnya oil cooler AT di radiator juga
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by remedusakti »

RVR wrote:aspsilver
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Today, 07:36
pajero 2009 ada fan di belakang grill tapi sejak model 2010 seperti saya punya sudah gak ada lagi.

aneh tuh bisa overheat.
tapi masih garansi kan? komplain saja.

saya punya sih kuat banget. ini juga dipake mudik menembus segala medan. naik pegunungan, jalan jelek, offroad.


mungkin juga waktu macet ketahan di D
pasalnya oil cooler AT di radiator juga
Nah ini juga yng ane bingung.. wakt itu ane konvoi juga ama ortu pake pajero sport exceed cm beda 1 bln umurnya, ntuh mobil gak overheat sm sekali. Ane curiga apa karna adek ane cw yg bawa so mungkin sering ditahan di D saat macet n nanjak. Ampe skrng tuh mobil udh gak overheat sm sekali, terakhir jakarta - lampung 7 jam ( mesin+ac ttp nyala saat dikapal ) gak ada overheat..
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by claude_wallace »

htannis wrote:
claude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres aja
punya bos jg dakar kan ?
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Dino_lowrider »

Tuh banyak cewek yang gaptek , sama sekali nggak pernah pakai gigi d1 atau 2 saat nanjak. Selalu dipanteng gigi d.

Ini udah sering kejadian , temen ane xtrail kinyis2 dipakai gigi d saat tanjakan curam di tretes.akibatnya overheat gosong.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

Itu X-trail yg CVT bro?
Wah kalo gitu manner proper driving untuk AT berlaku untuk semua merk yah.....

Perlu diajarin yah untuk semua pembeli mobil AT, sebelum pakai

Ada yg tahu ga atpm mana yg udah ada program ini ya (training penggunaan mobil baru)
Kalo ada, sangat berguna yah...
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

claude_wallace wrote:
htannis wrote:
claude_wallace wrote:iya bos, di sebelah kanan setir, ada lambangnya kok. cuma distarterpun tetap aja kok tidak menyala ya ?
btw, pajero sport saya itu yg dakar tahun 2012 februari. apa mgkn ada perbedaan spek ya..
Sama bro, ane punya juga feb 2012, coba diperhatiin bener2 pas colok dan puter kontak, gak nyala sama sekali? Kl ane punya sih nyala terus, atau cek ke beres aja
punya bos jg dakar kan ?
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
indikatornya gak nyala terus, nyala-nya cuman beberapa detik trus padam lagi.
coba perhatikan saat pertama puter kunci kontak.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

claude_wallace wrote:punya bos jg dakar kan ?
maksud bos nyala terus itu berarti dalam kondisi apapun indikatornya menyala ya ?
tdk nyala sama sekali bos. saya sempat coba unit dakar baru di showroom, juga sama seperti punya saya. tdk nyala sama sekali.
ok deh, nanti coba saya cek ulang ke bengkel resmi, apa tanggapannya.
Ngak nyala terus, pas mau starter nyala bentar doang kok
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
onnynugros87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by onnynugros87 »

Saya pemilik dakar 2012, udah ganti filter k&n replacemen + dp-ep + simota set + pivot raizin groundwire + cusco oil tank + powerplug, sy mau tanya modif sgt perlu oil + transmisi cooler g yah?? Klo perlu merk yg recomended apa?? Sy BB pake dex trus..mohon saran...
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

remedusakti wrote:
onibudi wrote:... Salam kenal...

Mohon petunjuk dari para suhu ... maaf jika sebelumnya sudah ada yang bertanya dan sudah terjawab .... tp saya sudah berusaha browsing tdk ketemu . , PS exceed saya kalau dibuat belok (kanan ataupun kiri ) muncul bunyi kretek -kretek .. dari sisi kiri, sempat saya bawa ke Beres .. analisanya ada masalah di power steering .. waktu service 3-4 hari jika parts ada, 3 minggu kalau parts inden , karena terlalu dekat dengan libur hari raya , saya urungkan dulu niat rawat inapnya. Mohon petunjuk / sharing dari suhu nih apakah ada yang mengalami hal serupa ? dan apakah problem solvingnya harus ganti 1 set power steering nya...

terima kasih
Om coba sharing ya.. btw, itu bunyinya dari kiri atau kanan ? kalau dari kiri bunyi kret-kret itu kemungkinan dari gesekan plastik dashboard. tapi kl dari sisi kanan di setir terasa ada sensasi glek-glek itu dari bearing setirnya, sy punya sdh ganti bearingnya hilang tuh glek-gleknya. kalau kata beres hampir semua pajero seperti itu karen desain selang AC tepat diatas bearing setir jadi kl AC netes kena bearing lama2 bearing aus. waktu itu kalau nunggu klaim satu steering rack agak lama, beres nawarin beli bearingnya aj tapi jasanya free, bearing cm 35 rb..

BUAT master2 n user pajero sport lainnya Ane mau mau berkeluh kesah nih ama Pajero Ane mungkin ada yang alamin hal serupa.
2 hari yang lalu ane n sekeluarga pergi ke puncak taman safari, waktu itu jalanan macet bgt, jauh sebelum pintu tol sudah macet total so hampir 3-4 jam kejebak macet, saat itu ane curiga kok AC nih mobil gak dingin kaya biasanya ane pikir karena macet n memang hari lagi terik, sesampainya kira2 5km seblm taman safari ane kaget liat temperatur suhu hampir nyentuh merah, so was was deh AC langsung ane matiin. untungnya gak lama kemudian lalu lintas agak lancar so suhu pelan2 turun ke setengah seperti biasa, sempet keluar seperti uang air dari kap mobil cuma sekali, kira2 2 km ane minggirin mobil terus ane cek kipas jalan normal, air radiator penuh, kebocoran gak ada. So Ane jadi tanda tanya, selemah itukah daya tahan mesin Pajero Sport ? yang digadang2 basic triton yg durability katanya bagus. setelah itu ane lanjutin perjalann sampe ketaman safari, dalam hati kalau sampe kenapa napa neh mobil apalgi sampe mogok ane sumpah langsung ane jual hbs lebaran, syukurnya mobilnya gak mogok. besoknya sekitar puncak ada mitsubishi siaga, lalu ane mampir n ceratain, kata montirnya waktu hari pertama juga ada pajero yang overheat, menurut analisa montirnya mungkin karena EGR kotor, atau Intake kotor. Ane bilang baru bulan lalu bersihin EGR n belum genap 2500km kok udh kotor lagi ? jadi keinget OM turboman buat tutup EGR, tp msh pertimbangan emisi Nox. BTW, menurut master2 turbo diesel (ex om turboman )kira2 apa yah penyebabnya kok bisa overheat ? apakah ada kemungkinan karena final gear pajero yang terlalu halus ? atau karena matic sering ketahan di D waktu nanjak ? soalnya selama ini gak pernah tuh pake mobil apa aja overheat nanjak dipuncak.
Om..
IMHO ..Klo mobilnya matic memang sudah kodratnya bakalan overheat jika kondisi macet transmisi dipanteng terus di posisi D atau posisi mana aja (1,2,3 atau R) karena power engine yang disalurkan lewat Torque Convereter direm sehingga lama-lama temperatur oli torque converter akan naik. Kebanyakan pendinginan oli transmisi digabung di radiator bareng pendinginan engine (pipanya terpisah), sehingga klo transmisi overheat maka engine bisa ikutan overheat.

Kondisi menyebabkan beban sistempendinginan jadi berat, apalagi ditambah AC yg nggak pake extra fan. Klo sering-sering overheat gini umur torque converter bisa lebih pendek. demikian juga umur komponen transmisi matic. Penambahan auxiliary Cooler bisa menjadi solusi walaupun cara yang paling tepat adalah cara berkendara yang tepat dan benar.

Jadi tidak hanya dalam posisi D saja tetapi dalam semua posisi transmisi klo ditahan/ direm maka akan menyebabkan temperatur oli naik. Ada juga yang entah secara nggak sadar atau pun sengaja membiarkan transmisi dalam posisi D/1/2/3 di tanjakan lagi ditahan dengan Parking Brake/ Rem tangan karena kondisi Stop & Go. Sebaiknya jika berhenti lebih dari 10 detik transmisi dinetralkan dan aktifkan rem tangan. Klo transmisi Matic ini rusak bakalan bikin kantong bolong..he3x..
Thanks
sayur
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Sep 14, 2012 4:26

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by sayur »

Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini :e-dance:

@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L

saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ... :big_slap:
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000) :mky_03:

thks
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

sayur wrote:Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini :e-dance:

@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L

saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ... :big_slap:
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000) :mky_03:

thks
Caranya begini om sayur :
1. Tampilkan display di posisi layar yg menunjukkan avg speed, FC, jarak tempuh tangki (spt di foto attachment)

2. Tekan tombol kedua dari kiri dan tahan agak lama sampai tulisannya berubah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
sayur
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Sep 14, 2012 4:26

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by sayur »

Hansen wrote:
sayur wrote:Salam kenal, saya baru bergabung disini siang ini :e-dance:

@all saya mau tanya...gimana ya cara setting MID dari L/100KM menjadi KM/L

saya pakai PS Exceed, rakitan 2009 pemakaian 2010
MID nya masih yang warna biru
saya sdh googling tapi gak ketemu ... :big_slap:
Trus satu lagi, dimana saya bisa dapatkan owner manual book ya ? (saya belinya second dengan KM 25.000) :mky_03:

thks
Caranya begini om sayur :
1. Tampilkan display di posisi layar yg menunjukkan avg speed, FC, jarak tempuh tangki (spt di foto attachment)

2. Tekan tombol kedua dari kiri dan tahan agak lama sampai tulisannya berubah.
Wah.... Thks A Lot om Hansen....wuah...akhirnya bisa juga...hore :mky_02:
om Hansen, dimana saya bisa mendapatkan manual book ya ? :e-pray: