Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
No, no.. Transmisi yang lebih "slow" tidak menyebabkan lebih irit dibanding transmisi "responsif". Apalagi di kondisi macet.. FC nya akan sama-sama saja.
Jadi irrelevan ngomongin kondisi stop and go.. Yang coba diraih dengan settingan torsi "slow" dan transmisi yang soft bukan itu
Jadi irrelevan ngomongin kondisi stop and go.. Yang coba diraih dengan settingan torsi "slow" dan transmisi yang soft bukan itu
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
http://www.dapurpacu.com/chevrolet-trax ... -dan-juke/
dari dimensi ga beda dengan OS nih... bisa jadi panantang OS nanti
btw, yg turbo dieselnya menarik tuh.. torsinya gede amat 300nm



dari dimensi ga beda dengan OS nih... bisa jadi panantang OS nanti
btw, yg turbo dieselnya menarik tuh.. torsinya gede amat 300nm

PARIS (DP) — Chevrolet Trax akan debut di Paris Motor Show 2012, pada akhir September mendatang. Spesifikasi Chevrolet Trax mulai diungkap oleh Chevrolet Eropa.
Crossover compact (kecil) ini akan menggunakan sistem gerak roda-depan serta AWD. Memiliki dimensi panjang 4.248 mm, lebar 1.776 mm dengan wheelbase 2.555 mm.
Trax Menggunakan basis Buick Encore and Opel/Vauxhall Mokka. Pabrikan mengklaim Trax diciptakan memiliki banyak ruang penyimpanan dengan kapasitas volume bagasi hingga 358 liter.
Di bawah bonnet depan tersimpan beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin bensin 1,6-liter, tersedia pula 1,4-liter turbocharger bertenaga 136 hp dengan transmisi manual 6-speed. Serta mesin 1,7-liter turbodiesel bertenaga 129 hp bertorsi 300 Nm.
Versi 1,4-liter dan 1,7-liter dikencani transmisi otomatis 6-speed serta AWD. Model 1,7 turbodiesel didukung teknologi fungsi Start/Stop.
Ada 6 airbag yang ditanam di dalam kabin Trax. Trax didukung pula oleh Electronic Stability Control (ESC) termasuk Hill Start Assist (HSA), Traction Control (TC), Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution, serta Trailer Stability Assist (TSA) dan Hill Descent Control (HDC)
“Chevrolet Trax merupakan SUV modern dengan dimensi kecil namun serbaguna dan irit bahan bakar,” terang Susan Docherty, President & Managing Director Chevrolet Eropa.
Trax bakal melenggang di 140 negara dan mulai dijual perdana di Amerika Utara pada akhir 2012. Jika dilihat dimensi dan spesifikasinya Chevrolet Trax bakal bersinggungan dengan Nissan Juke dan Toyota Rush.
Indonesia sebagai salah satu pasar besar di segmen SUV compact tampaknya menjadi tempat yang sangat cocok untuk Trax. Akankah Trax membidik Indonesia?



MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
AD74YA wrote:No, no.. Transmisi yang lebih "slow" tidak menyebabkan lebih irit dibanding transmisi "responsif". Apalagi di kondisi macet.. FC nya akan sama-sama saja.
Jadi irrelevan ngomongin kondisi stop and go.. Yang coba diraih dengan settingan torsi "slow" dan transmisi yang soft bukan itu
kalau begitu, apa alasan mitsubishi menciptakan invecs III ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
INVECS-III CVT
INVECS-III CVT achieves low fuel consumption and a smooth ride
INVECS = Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System
CVT = Continuously Variable Transmission
INVECS-III is an advanced system that automatically selects the optimal gear ratio based on road and driving conditions ("optimal control"), and utilizes "learning control" to match the particular driver's driving style. In addition, a CVT that brings out the efficiency from the engine performance is provided. Like a conventional automatic transmission, there is no jolt when shifting gears and every time the accelerator is applied there is enjoyable, smooth acceleration.
Furthermore , a torque converter enables creep forward driving (slight deceleration) when the accelerator is not applied and hillstarts are made fun.
INVECS-III Sports Mode 6-CVT
INVECS-III CVT is equipped on the Colt, Lancer/Lancer Wagon, and Dion.
Lancer/Lancer Wagon are equipped with a 6-speed sports mode for a sporty, manual-like driving experience.
Lancer Wagon
CVT continuously controls the pulley diameter and changes the gear ratio
The Continuously Variable Transmission makes for optimal driving pleasure by downsizing the pulley piston, reducing the oil pump discharge rate, and controlling direct torque control. All of this results in efficient engine output, offering drivers an exceptionally smooth ride. Based on driver demand as measured by accelerator travel information, optimal efficiency is achieved between the engine and CVT according to the motive forces experienced under driving circumstances. Supple acceleration and smooth driving feel are realized in all kinds of conditions while also improving fuel economy.
CVT Assembly (Illustration)
To Top
(c) 2003 Mitsubishi Motors Corporation. All rights reserved.
HOME | Media Services | Site Map | Site Disclaimer | Search
INVECS-III CVT achieves low fuel consumption and a smooth ride
INVECS = Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System
CVT = Continuously Variable Transmission
INVECS-III is an advanced system that automatically selects the optimal gear ratio based on road and driving conditions ("optimal control"), and utilizes "learning control" to match the particular driver's driving style. In addition, a CVT that brings out the efficiency from the engine performance is provided. Like a conventional automatic transmission, there is no jolt when shifting gears and every time the accelerator is applied there is enjoyable, smooth acceleration.
Furthermore , a torque converter enables creep forward driving (slight deceleration) when the accelerator is not applied and hillstarts are made fun.
INVECS-III Sports Mode 6-CVT
INVECS-III CVT is equipped on the Colt, Lancer/Lancer Wagon, and Dion.
Lancer/Lancer Wagon are equipped with a 6-speed sports mode for a sporty, manual-like driving experience.
Lancer Wagon
CVT continuously controls the pulley diameter and changes the gear ratio
The Continuously Variable Transmission makes for optimal driving pleasure by downsizing the pulley piston, reducing the oil pump discharge rate, and controlling direct torque control. All of this results in efficient engine output, offering drivers an exceptionally smooth ride. Based on driver demand as measured by accelerator travel information, optimal efficiency is achieved between the engine and CVT according to the motive forces experienced under driving circumstances. Supple acceleration and smooth driving feel are realized in all kinds of conditions while also improving fuel economy.
CVT Assembly (Illustration)
To Top
(c) 2003 Mitsubishi Motors Corporation. All rights reserved.
HOME | Media Services | Site Map | Site Disclaimer | Search
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Kan udah saya bilang sebelumnya intinya adalah smoother response.claude_wallace wrote:AD74YA wrote:No, no.. Transmisi yang lebih "slow" tidak menyebabkan lebih irit dibanding transmisi "responsif". Apalagi di kondisi macet.. FC nya akan sama-sama saja.
Jadi irrelevan ngomongin kondisi stop and go.. Yang coba diraih dengan settingan torsi "slow" dan transmisi yang soft bukan itu
kalau begitu, apa alasan mitsubishi menciptakan invecs III ?
Sisanya yang di copy bro RVR sebagian besar hanya "marketing" saja.. Mungkin oom maskopat bisa lebih baik jelasinnya
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Most Fuel Efficient SUVs 2012-2013
Vehicles don’t have to be small to be fuel efficient. With today’s progressive technology, the auto industry is incorporating hybrid technology and lighter building materials into SUVs allowing them to get excellent fuel economy. So if you want to be environmentally friendly by owning a vehicle that is fuel efficient that can comfortably carry your family, you can always choose an SUV.
Best Gas Mileage SUVs in the U.S. - Top 10 List:
1. Ford Escape Hybrid: 34 City/31 Hwy (32 Avg.), Base Price: $30,570. 2.5-liter 4-cylinder engine with 177 hp. Reaching 0-60 mph in 9.5 secs. The Ford Escape Hybrid is sure to turn heads with the progressive styling of an SUV. Scoring high on safety tests and obtaining the best gas mileage for an SUV makes this vehicle a great buy.
2. Lexus RX 450h: 32 City/28 Hwy (30 Avg.), Base Price: $45,235.
3.5-liter V6 engine with 295 hp. Goes from 0-60 mph in 7.8 secs. The stylish and luxurious Lexus RX 450h is the second most fuel efficient SUV. Improving on the looks and overall driving performance of this model brings Lexus to the forefront of the Hybrid SUV category. The vehicle is considered a Super Ultra Low Emissions Vehicle meaning that it is 90 percent cleaner than the current average year's models.
3. Mazda CX-5: 26 City/35 Hwy (30 Avg.), Base Price: $20,695.
2.0-liter 4-cylinder engine with 155 hp. A compact crossover SUV with SKYACTIV® TECHNOLOGY that promised to deliver the efficiency in fuel economy as well as the driving experience.
4. Nissan Juke: 27 City/32 Hwy (29 Avg.), Base Price: $19,990.
1.6-liter 4-cylinder engine with 188 hp. Accelerating from 0-60 mph in 7.3 secs. Fast, fuel efficient and affordable sports like SUV. If you prefer a crossover between a sports car and an SUV, go with the Nissan Juke unique design.
5. Toyota Highlander Hybrid: 28 City/28 Hwy (28 Avg.), Base Price: $38,540. 3.5-liter V6 engine with 280 hp. Reaching 0-60 mph in 7.4 secs. Toyota has always produced great vehicles and the Highlander Hybrid is no exception. If you are willing to spend more than $37k, you will love this SUV due to its great gas mileage, great cargo space and a powerful engine.
6. Mitsubishi Outlander Sport: 25 City/31 Hwy (27 Avg.), Base Price: $18,795. 2.0-liter 4-cylinder engine with 148 hp. Reaching 0-60 mph in 8.4 secs. Costing less than $19k, the Outlander Sport is a great bargain with amazing fuel efficiency that will top many competitions.
7. Hyundai Tucson: 23 City/31 Hwy (26 Avg.), Base Price: $19,145.
2.0-liter 4-cylinder engine with 165 hp. Accelerating from 0-60 mph in 10.2 secs. A smaller SUV, the Hyundai Tucson is sometimes considered a CUV (Crossover) and is a lot easier to maneuver and park in tight situations. Even though small, the cabin has been designed in a way that provides plenty of room for passengers and cargo. So, for the combination of having a rugged SUV that drives like a compact car, the Hyundai Tuscon might be just the vehicle for you.
8. Honda CR-V: 23 City/31 Hwy (26 Avg.), Base Price: $22,495.
2.4-liter 4-cylinder engine with 185 hp. Able to reach from 0 to 60 mph in 9.2 secs. The newly redesigned CR-V looks like a sports car in an SUV body.
9. Chevrolet Equinox: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $23,530. 2.4-liter 4-cylinder engine with 182 hp. Reaching 0-60 mph in 9.3 secs. With five passenger seating, a stylish design, and excellent performance makes the Chevy Equinox very appealing for those looking for an SUV with great gas mileage.
10. GMC Terrain: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $25,560.
2.4-liter 4-cylinder engine with 182 hp. Able to reach from 0-60 mph in 9.2 secs. The GMC Terrain is a quality built SUV offering excellent mileage and clean emissions. The Terrain is a full SUV with a decent price tag and you won't have to sacrifice space or a smaller engine for the 26 mpg combined fuel efficiency.
More Fuel Efficient SUVs You Might Want to Consider:
Chevrolet HHR: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $18,720.
Jeep Patriot: 23 City/29 Hwy (25 Avg.), Base Price: $15,995.
Jeep Compass: 23 City/29 Hwy (25 Avg.), Base Price: $19,295.
Share this:
Comments
24 Responses to “Most Fuel Efficient SUVs 2012-2013”
« Older Comments
car fan says:
August 4, 2012 at 7:11 am
i know being an owner to honda crv everyone looking at your car and you feel like boss of the road
REPLY
Jack says:
June 29, 2012 at 8:46 pm
Go with a Dodge Journey. Can’t go wrong.
But, what’s with this? You get better mileage in the city than on the highway????????!!!
REPLY
James Walkup - Fuel Economy says:
April 12, 2012 at 10:36 am
@suv fan:
The Escape gets an overhaul for the 2013 model. The styling is quite different now and gas mileage for the non hybrid model is improved as well.
REPLY
Honda CRV 2012 says:
March 31, 2012 at 6:14 am
Lexus is great exactly . Like Hybrid technology.
REPLY
« Older Comments
Leave a Reply
Name (required)
Mail (will not be published) (required)
Website
Notify me of follow-up comments by email.
Notify me of new posts by email.
Vehicles don’t have to be small to be fuel efficient. With today’s progressive technology, the auto industry is incorporating hybrid technology and lighter building materials into SUVs allowing them to get excellent fuel economy. So if you want to be environmentally friendly by owning a vehicle that is fuel efficient that can comfortably carry your family, you can always choose an SUV.
Best Gas Mileage SUVs in the U.S. - Top 10 List:
1. Ford Escape Hybrid: 34 City/31 Hwy (32 Avg.), Base Price: $30,570. 2.5-liter 4-cylinder engine with 177 hp. Reaching 0-60 mph in 9.5 secs. The Ford Escape Hybrid is sure to turn heads with the progressive styling of an SUV. Scoring high on safety tests and obtaining the best gas mileage for an SUV makes this vehicle a great buy.
2. Lexus RX 450h: 32 City/28 Hwy (30 Avg.), Base Price: $45,235.
3.5-liter V6 engine with 295 hp. Goes from 0-60 mph in 7.8 secs. The stylish and luxurious Lexus RX 450h is the second most fuel efficient SUV. Improving on the looks and overall driving performance of this model brings Lexus to the forefront of the Hybrid SUV category. The vehicle is considered a Super Ultra Low Emissions Vehicle meaning that it is 90 percent cleaner than the current average year's models.
3. Mazda CX-5: 26 City/35 Hwy (30 Avg.), Base Price: $20,695.
2.0-liter 4-cylinder engine with 155 hp. A compact crossover SUV with SKYACTIV® TECHNOLOGY that promised to deliver the efficiency in fuel economy as well as the driving experience.
4. Nissan Juke: 27 City/32 Hwy (29 Avg.), Base Price: $19,990.
1.6-liter 4-cylinder engine with 188 hp. Accelerating from 0-60 mph in 7.3 secs. Fast, fuel efficient and affordable sports like SUV. If you prefer a crossover between a sports car and an SUV, go with the Nissan Juke unique design.
5. Toyota Highlander Hybrid: 28 City/28 Hwy (28 Avg.), Base Price: $38,540. 3.5-liter V6 engine with 280 hp. Reaching 0-60 mph in 7.4 secs. Toyota has always produced great vehicles and the Highlander Hybrid is no exception. If you are willing to spend more than $37k, you will love this SUV due to its great gas mileage, great cargo space and a powerful engine.
6. Mitsubishi Outlander Sport: 25 City/31 Hwy (27 Avg.), Base Price: $18,795. 2.0-liter 4-cylinder engine with 148 hp. Reaching 0-60 mph in 8.4 secs. Costing less than $19k, the Outlander Sport is a great bargain with amazing fuel efficiency that will top many competitions.
7. Hyundai Tucson: 23 City/31 Hwy (26 Avg.), Base Price: $19,145.
2.0-liter 4-cylinder engine with 165 hp. Accelerating from 0-60 mph in 10.2 secs. A smaller SUV, the Hyundai Tucson is sometimes considered a CUV (Crossover) and is a lot easier to maneuver and park in tight situations. Even though small, the cabin has been designed in a way that provides plenty of room for passengers and cargo. So, for the combination of having a rugged SUV that drives like a compact car, the Hyundai Tuscon might be just the vehicle for you.
8. Honda CR-V: 23 City/31 Hwy (26 Avg.), Base Price: $22,495.
2.4-liter 4-cylinder engine with 185 hp. Able to reach from 0 to 60 mph in 9.2 secs. The newly redesigned CR-V looks like a sports car in an SUV body.
9. Chevrolet Equinox: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $23,530. 2.4-liter 4-cylinder engine with 182 hp. Reaching 0-60 mph in 9.3 secs. With five passenger seating, a stylish design, and excellent performance makes the Chevy Equinox very appealing for those looking for an SUV with great gas mileage.
10. GMC Terrain: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $25,560.
2.4-liter 4-cylinder engine with 182 hp. Able to reach from 0-60 mph in 9.2 secs. The GMC Terrain is a quality built SUV offering excellent mileage and clean emissions. The Terrain is a full SUV with a decent price tag and you won't have to sacrifice space or a smaller engine for the 26 mpg combined fuel efficiency.
More Fuel Efficient SUVs You Might Want to Consider:
Chevrolet HHR: 22 City/32 Hwy (26 Avg.), Base Price: $18,720.
Jeep Patriot: 23 City/29 Hwy (25 Avg.), Base Price: $15,995.
Jeep Compass: 23 City/29 Hwy (25 Avg.), Base Price: $19,295.
Share this:
Comments
24 Responses to “Most Fuel Efficient SUVs 2012-2013”
« Older Comments
car fan says:
August 4, 2012 at 7:11 am
i know being an owner to honda crv everyone looking at your car and you feel like boss of the road
REPLY
Jack says:
June 29, 2012 at 8:46 pm
Go with a Dodge Journey. Can’t go wrong.
But, what’s with this? You get better mileage in the city than on the highway????????!!!
REPLY
James Walkup - Fuel Economy says:
April 12, 2012 at 10:36 am
@suv fan:
The Escape gets an overhaul for the 2013 model. The styling is quite different now and gas mileage for the non hybrid model is improved as well.
REPLY
Honda CRV 2012 says:
March 31, 2012 at 6:14 am
Lexus is great exactly . Like Hybrid technology.
REPLY
« Older Comments
Leave a Reply
Name (required)
Mail (will not be published) (required)
Website
Notify me of follow-up comments by email.
Notify me of new posts by email.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 584
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Mitsubishi Outlander Sport: 25 City/31 Hwy (27 Avg.), Base Price: $18,795. 2.0-liter 4-cylinder engine with 148 hp. Reaching 0-60 mph in 8.4 secs
gile kenceng juga nih OS, ngalahin CRV yang 2400cc
gile kenceng juga nih OS, ngalahin CRV yang 2400cc
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
hahaha.. master2nya pada keluar semua..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Hasil penerawangan di dunia maya,
mitsu lagi concern di US market, makanya yg 2013MY munculnya di sana dulu, bukan di japan
mitsu lagi concern di US market, makanya yg 2013MY munculnya di sana dulu, bukan di japan
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Nov 27, 2011 8:26
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
td baca di autobild hasil tes outlander sport konsumsi bbm dalam kota 1:9an jalan tol 1:14an.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Oke mengenai fuel consumption yang berhubungan dengan transmisi, nubie cuman mau share aja ya... Dalam hal ini nubie akan memberikan perbandingan menggunakan 2 mobil yang spek nya mirip, yaitu OS dan CX-5, dan nggak ada maksud menjelek-jelekkan salah satu produk ya.
Oke pertama yang udah TD OS dan CX-5 sepanjang ane baca tret ini adalah setuju kalau mesin transmisi CX-5 diputaran bawah lebih responsif sedangkan OS lebih smooth dengan CVT nya.
Kedua, performance figure kedua mobil ini 0-60 di sebagian besar review profesional sama atau beda 0,1 atau 0,x detik dimana x so far yang ane dapat gak lebih dari 3 (sebagian menang CX-5, sebagian menang OS), asal jangan salah membandingkan spesifikasi unit yang di test di luar dengan yang didalam negeri (karena kedua mobil ada versi AWD, dan transmisi manual, sehingga kalau lihat review, lihat dulu spesifikasi mobilnya).
Ketiga, in case ane salah liat, semua pengetesan profesional menghasilkan angka FC CX-5 yang lebih irit dibandingkan OS (spesifikasi yang sama dengan di Indonesia).
Oke sekarang nubie akan jabarkan faktor apa saja yang berpengaruh untuk FC mobil ya (terutama kalau 2 mobil ini spesifikasinya sama, diurut dari yang paling tinggi pengaruhnya AFAIK):
Displacement (cc), berat, transmisi/gearing, batasan intake dan exhaust (contoh: penggunaan catalytic conv), aerodinamis, teknologi induksi dan sisa lainnya yang kurang relevan seperti antara lain: suhu, kondisi jalan, ketinggian, dll. Nah hampir semua faktor diatas bisa diabaikan karena untuk faktor yang kurang relevan kita bisa asumsikan sama, dan untuk faktor teknis seperti displacement dan restriction juga mirip. Perbedaan kedua mobil ini utamanya ada di transmisi dan berat kendaraan (dimana CX-5 lebih berat 100kg). So.... CX-5 lebih responsif di putaran bawah dan lebih berat badannya, tapi kenapa FC nya bisa lebih irit dibanding OS? Nubie akan coba analisis..
Peran transmisi utamanya adalah mengkonversi putaran mesin menjadi daya gerak. Ketika mobil bergerak dalam keadaan diam, dibutuhkan momen puntir yang spesifik, yang terkenal dengan sebutan torque, untuk membuat mobil bergerak. Akselerasi membutuhkan torque yang paling besar, pada kondisi low rev, transmisi akan menggunakan gear kecil, semakin cepat mobil, gear yang digunakan berubah menggunakan gear yang lebih besar karena momentum mobil lebih cepat dan membutuhkan torsi yang semakin kecil.
Nah ngefeknya gimana ke FC? Jumlah bahan bakar yang digunakan tergantung dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan crankshaft, artinya apa? semakin besar putaran mesin (RPM) atau semakin lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil bergerak, semakin dereslah bbm yang digunakan. Semakin lama kita menghabiskan waktu di putaran bawah, berulang kali akselerasi dan membutuhkan waktu tunggu untuk menunggu rpm naik, akan menghabiskan bensin lebih banyak. Jadi intinya, secara teori, mobil yang akselerasinya lambat, belum tentu lebih irit.
Nah sekarang nubie akan bicara mengenai CVT secara AFAIK. CVT ada beberapa jenis, ada yang menggunakan gear sama, ada yang yang variabel (most cars), dalam hal ini, OS menggunakan yang variabel kalau ane liat dari copas bro RVR. Oke, apa kelebihan CVT tipe ini? Bisa menggunakan momen puntir lebih "efisien" dalam artian rata ke semua speed. Maksudnya gini, pada transmisi konvensional, semakin cepat kita jalan, kita harus menggunakan gear yang semakin tinggi agar bisa menjaga konsistensi RPM untuk bisa mendapatkan FC yang efisien , nah pada CVT (dimana tidak ada perpindahan gear), dengan konsistensi RPM yang sama, bisa mendapatkan speed yang semakin bertambah dari bawah sampai atas. Oleh karena itu ane baca review user OS disini nunjukin lari 160 kpj rpm nya cuma 2500, itu bukan hal aneh untuk CVT. Memang begitu adanya. Disinilah maksudnya CVT itu lebih efisien dalam artian "performance to consumption" bbm bisa didapatkan hasil maksimal.. karena RPM mesin cenderung konsisten.
Lalu kenapa OS yang menggunakan CVT bisa lebih boros dari CX-5 yang secara teori menggunakan matik konvensional untuk akselerasi? Nah AFAIK, dalam kondisi standar, dari kondisi diam menuju bergerak, CVT membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding matik konvensional untuk mengkonversi tenaga putar mesin menjadi momentum kendaraan. (Dan dan memang sampai saat ini untuk kondisi diam ke gerak, conventional torque converter di transmisi matik konvensional merupakan yang paling "efisien" dan "responsif" - lebih cepat membuat kondisi mobil bergerak dari diam). Meskipun setelah dapat RPM yang dibutuhkan mobil bergerak, berikutnya pergerakan mobil akan lebih smooth dibanding konvensional dan cenderung lebih cepat akselerasinya. Inilah yang membuat semua mobil CVT terasa "ngeden" di putaran bawah, dan menyebabkan efek tidak responsif. Kekurangan lain dari CVT adalah, pada kecepatan tinggi, bunyi transmisi akan semakin berisik semakin tinggi kecepatan yang diraih.
Nah analisis nubie, dari awal nubie nyoba OS dan bikin review di tret ini, adalah bahwa CVT OS yang masalah. Dia pengen membuat mobil yang irit dengan CVT, tetapi nggak ada torque converter di putaran rendah yang nge-lock sehingga nggak perlu nunggu RPM mesin naik baru jalan. Agak salah memang, karena dengan bobot small SUV, hal seperti ini dibutuhkan. Hasilnya,? Either kita harus bejek gas agak dalam untuk mendapatkan akselerasi yang sama dengan matik konvensional, atau kita ikuti cara mainnya Mitsu yang harus bejek gas secara haluuuusss... Dan menunggu beberapa saat mobilnya baru jalan. Sayangnya, kalau ikut cara yang pertama, maka FC nya gak akan seberapa bagus.
Ada contoh menarik yang berkaitan dengan RPM mesin berhubungan dengan FC ya.. Berikut ada video perbandingan Prius dengan M3, dimana Priusnya mencoba menggunakan speed normal (bukan dalam mode driving irit / RPM rendah nan stagnan), dan M3 hanya berusaha mengikutinya:
http://www.streetfire.net/video/143-top ... 180378.htm
Dan pada akhir ending video itu, JC menjelaskan apa yang membuat FC mobil bisa irit, secara realita. Semoga kebayang analisis yang nubie jelaskan ya...
CMIIW.
Oke pertama yang udah TD OS dan CX-5 sepanjang ane baca tret ini adalah setuju kalau mesin transmisi CX-5 diputaran bawah lebih responsif sedangkan OS lebih smooth dengan CVT nya.
Kedua, performance figure kedua mobil ini 0-60 di sebagian besar review profesional sama atau beda 0,1 atau 0,x detik dimana x so far yang ane dapat gak lebih dari 3 (sebagian menang CX-5, sebagian menang OS), asal jangan salah membandingkan spesifikasi unit yang di test di luar dengan yang didalam negeri (karena kedua mobil ada versi AWD, dan transmisi manual, sehingga kalau lihat review, lihat dulu spesifikasi mobilnya).
Ketiga, in case ane salah liat, semua pengetesan profesional menghasilkan angka FC CX-5 yang lebih irit dibandingkan OS (spesifikasi yang sama dengan di Indonesia).
Oke sekarang nubie akan jabarkan faktor apa saja yang berpengaruh untuk FC mobil ya (terutama kalau 2 mobil ini spesifikasinya sama, diurut dari yang paling tinggi pengaruhnya AFAIK):
Displacement (cc), berat, transmisi/gearing, batasan intake dan exhaust (contoh: penggunaan catalytic conv), aerodinamis, teknologi induksi dan sisa lainnya yang kurang relevan seperti antara lain: suhu, kondisi jalan, ketinggian, dll. Nah hampir semua faktor diatas bisa diabaikan karena untuk faktor yang kurang relevan kita bisa asumsikan sama, dan untuk faktor teknis seperti displacement dan restriction juga mirip. Perbedaan kedua mobil ini utamanya ada di transmisi dan berat kendaraan (dimana CX-5 lebih berat 100kg). So.... CX-5 lebih responsif di putaran bawah dan lebih berat badannya, tapi kenapa FC nya bisa lebih irit dibanding OS? Nubie akan coba analisis..
Peran transmisi utamanya adalah mengkonversi putaran mesin menjadi daya gerak. Ketika mobil bergerak dalam keadaan diam, dibutuhkan momen puntir yang spesifik, yang terkenal dengan sebutan torque, untuk membuat mobil bergerak. Akselerasi membutuhkan torque yang paling besar, pada kondisi low rev, transmisi akan menggunakan gear kecil, semakin cepat mobil, gear yang digunakan berubah menggunakan gear yang lebih besar karena momentum mobil lebih cepat dan membutuhkan torsi yang semakin kecil.
Nah ngefeknya gimana ke FC? Jumlah bahan bakar yang digunakan tergantung dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan crankshaft, artinya apa? semakin besar putaran mesin (RPM) atau semakin lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil bergerak, semakin dereslah bbm yang digunakan. Semakin lama kita menghabiskan waktu di putaran bawah, berulang kali akselerasi dan membutuhkan waktu tunggu untuk menunggu rpm naik, akan menghabiskan bensin lebih banyak. Jadi intinya, secara teori, mobil yang akselerasinya lambat, belum tentu lebih irit.
Nah sekarang nubie akan bicara mengenai CVT secara AFAIK. CVT ada beberapa jenis, ada yang menggunakan gear sama, ada yang yang variabel (most cars), dalam hal ini, OS menggunakan yang variabel kalau ane liat dari copas bro RVR. Oke, apa kelebihan CVT tipe ini? Bisa menggunakan momen puntir lebih "efisien" dalam artian rata ke semua speed. Maksudnya gini, pada transmisi konvensional, semakin cepat kita jalan, kita harus menggunakan gear yang semakin tinggi agar bisa menjaga konsistensi RPM untuk bisa mendapatkan FC yang efisien , nah pada CVT (dimana tidak ada perpindahan gear), dengan konsistensi RPM yang sama, bisa mendapatkan speed yang semakin bertambah dari bawah sampai atas. Oleh karena itu ane baca review user OS disini nunjukin lari 160 kpj rpm nya cuma 2500, itu bukan hal aneh untuk CVT. Memang begitu adanya. Disinilah maksudnya CVT itu lebih efisien dalam artian "performance to consumption" bbm bisa didapatkan hasil maksimal.. karena RPM mesin cenderung konsisten.
Lalu kenapa OS yang menggunakan CVT bisa lebih boros dari CX-5 yang secara teori menggunakan matik konvensional untuk akselerasi? Nah AFAIK, dalam kondisi standar, dari kondisi diam menuju bergerak, CVT membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding matik konvensional untuk mengkonversi tenaga putar mesin menjadi momentum kendaraan. (Dan dan memang sampai saat ini untuk kondisi diam ke gerak, conventional torque converter di transmisi matik konvensional merupakan yang paling "efisien" dan "responsif" - lebih cepat membuat kondisi mobil bergerak dari diam). Meskipun setelah dapat RPM yang dibutuhkan mobil bergerak, berikutnya pergerakan mobil akan lebih smooth dibanding konvensional dan cenderung lebih cepat akselerasinya. Inilah yang membuat semua mobil CVT terasa "ngeden" di putaran bawah, dan menyebabkan efek tidak responsif. Kekurangan lain dari CVT adalah, pada kecepatan tinggi, bunyi transmisi akan semakin berisik semakin tinggi kecepatan yang diraih.
Nah analisis nubie, dari awal nubie nyoba OS dan bikin review di tret ini, adalah bahwa CVT OS yang masalah. Dia pengen membuat mobil yang irit dengan CVT, tetapi nggak ada torque converter di putaran rendah yang nge-lock sehingga nggak perlu nunggu RPM mesin naik baru jalan. Agak salah memang, karena dengan bobot small SUV, hal seperti ini dibutuhkan. Hasilnya,? Either kita harus bejek gas agak dalam untuk mendapatkan akselerasi yang sama dengan matik konvensional, atau kita ikuti cara mainnya Mitsu yang harus bejek gas secara haluuuusss... Dan menunggu beberapa saat mobilnya baru jalan. Sayangnya, kalau ikut cara yang pertama, maka FC nya gak akan seberapa bagus.
Ada contoh menarik yang berkaitan dengan RPM mesin berhubungan dengan FC ya.. Berikut ada video perbandingan Prius dengan M3, dimana Priusnya mencoba menggunakan speed normal (bukan dalam mode driving irit / RPM rendah nan stagnan), dan M3 hanya berusaha mengikutinya:
http://www.streetfire.net/video/143-top ... 180378.htm
Dan pada akhir ending video itu, JC menjelaskan apa yang membuat FC mobil bisa irit, secara realita. Semoga kebayang analisis yang nubie jelaskan ya...
CMIIW.

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Yang ini ane ga setujuAD74YA wrote:Oke pertama yang udah TD OS dan CX-5 sepanjang ane baca tret ini adalah setuju kalau mesin transmisi CX-5 diputaran bawah lebih responsif sedangkan OS lebih smooth dengan CVT nya.


nubie coba tarik kesimpulan dari penjelasan AD7AYA:AD74YA wrote: Nah ngefeknya gimana ke FC? Jumlah bahan bakar yang digunakan tergantung dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan crankshaft, artinya apa? semakin besar putaran mesin (RPM) atau semakin lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil bergerak, semakin dereslah bbm yang digunakan. Semakin lama kita menghabiskan waktu di putaran bawah, berulang kali akselerasi dan membutuhkan waktu tunggu untuk menunggu rpm naik, akan menghabiskan bensin lebih banyak. Jadi intinya, secara teori, mobil yang akselerasinya lambat, belum tentu lebih irit.
Nah sekarang nubie akan bicara mengenai CVT secara AFAIK. CVT ada beberapa jenis, ada yang menggunakan gear sama, ada yang yang variabel (most cars), dalam hal ini, OS menggunakan yang variabel kalau ane liat dari copas bro RVR. Oke, apa kelebihan CVT tipe ini? Bisa menggunakan momen puntir lebih "efisien" dalam artian rata ke semua speed. Maksudnya gini, pada transmisi konvensional, semakin cepat kita jalan, kita harus menggunakan gear yang semakin tinggi agar bisa menjaga konsistensi RPM untuk bisa mendapatkan FC yang efisien , nah pada CVT (dimana tidak ada perpindahan gear), dengan konsistensi RPM yang sama, bisa mendapatkan speed yang semakin bertambah dari bawah sampai atas. Oleh karena itu ane baca review user OS disini nunjukin lari 160 kpj rpm nya cuma 2500, itu bukan hal aneh untuk CVT. Memang begitu adanya. Disinilah maksudnya CVT itu lebih efisien dalam artian "performance to consumption" bbm bisa didapatkan hasil maksimal.. karena RPM mesin cenderung konsisten.
Lalu kenapa OS yang menggunakan CVT bisa lebih boros dari CX-5 yang secara teori menggunakan matik konvensional untuk akselerasi? Nah AFAIK, dalam kondisi standar, dari kondisi diam menuju bergerak, CVT membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding matik konvensional untuk mengkonversi tenaga putar mesin menjadi momentum kendaraan. (Dan dan memang sampai saat ini untuk kondisi diam ke gerak, conventional torque converter di transmisi matik konvensional merupakan yang paling "efisien" dan "responsif" - lebih cepat membuat kondisi mobil bergerak dari diam). Meskipun setelah dapat RPM yang dibutuhkan mobil bergerak, berikutnya pergerakan mobil akan lebih smooth dibanding konvensional dan cenderung lebih cepat akselerasinya. Inilah yang membuat semua mobil CVT terasa "ngeden" di putaran bawah, dan menyebabkan efek tidak responsif. Kekurangan lain dari CVT adalah, pada kecepatan tinggi, bunyi transmisi akan semakin berisik semakin tinggi kecepatan yang diraih.
Nah analisis nubie, dari awal nubie nyoba OS dan bikin review di tret ini, adalah bahwa CVT OS yang masalah. Dia pengen membuat mobil yang irit dengan CVT, tetapi nggak ada torque converter di putaran rendah yang nge-lock sehingga nggak perlu nunggu RPM mesin naik baru jalan. Agak salah memang, karena dengan bobot small SUV, hal seperti ini dibutuhkan. Hasilnya,? Either kita harus bejek gas agak dalam untuk mendapatkan akselerasi yang sama dengan matik konvensional, atau kita ikuti cara mainnya Mitsu yang harus bejek gas secara haluuuusss... Dan menunggu beberapa saat mobilnya baru jalan. Sayangnya, kalau ikut cara yang pertama, maka FC nya gak akan seberapa bagus.
Ada contoh menarik yang berkaitan dengan RPM mesin berhubungan dengan FC ya.. Berikut ada video perbandingan Prius dengan M3, dimana Priusnya mencoba menggunakan speed normal (bukan dalam mode driving irit / RPM rendah nan stagnan), dan M3 hanya berusaha mengikutinya:
http://www.streetfire.net/video/143-top ... 180378.htm
Dan pada akhir ending video itu, JC menjelaskan apa yang membuat FC mobil bisa irit, secara realita. Semoga kebayang analisis yang nubie jelaskan ya...
CMIIW.
CVT OS >> lebih boros dari pd AT konvensional pada putaran bawah dlm arti dari stop untuk go (menggerakkan mobil diam atau berakselerasi cepat), tapi bisa lebih irit dari AT konvensional bila sudah bergerak krn bisa pertahankan rpm scr otomatis dan kecepatan bertambah. CVT kalo mo irit putaran bawah maka kaki kanan harus sgt sabar .. alias pedal gas cuma nempel saja dan sabar u/ nunggu mobil bergerak pelan tanpa akselerasi berlebihan krn mobil akan bertambah kecepatan dg sendirinya pada rpm yg tetap.
IMO, sebenarnya setiap teknologi mesin ada keunggulan dan kekurangannya masing2 .. tinggal pilih mana yg lebih cocok dg style pengemudi atau bagaimana pengemudi dapat menyesuaikan dg karakter teknologi mesin untuk maksimalisasi feature yg difokuskan oleh mesin tsb.

spt pada video tsb >> soal FC jelas dibilang "it is not what you drive does matter, but it's how you drive it .. that's everything" ... dan kalo mo bisa irit .. "Don't change the car, but change your driving style"AD74YA wrote: Ada contoh menarik yang berkaitan dengan RPM mesin berhubungan dengan FC ya.. Berikut ada video perbandingan Prius dengan M3, dimana Priusnya mencoba menggunakan speed normal (bukan dalam mode driving irit / RPM rendah nan stagnan), dan M3 hanya berusaha mengikutinya:
http://www.streetfire.net/video/143-top ... 180378.htm
Dan pada akhir ending video itu, JC menjelaskan apa yang membuat FC mobil bisa irit, secara realita. Semoga kebayang analisis yang nubie jelaskan ya...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
menyimak sambil mengangguk2kan kepala.. 

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Anyway, ane review CX-5 di tret lain juga ane bilang kalau waktu nanjak, mesin meraung keras.maxx wrote:Yang ini ane ga setujuAD74YA wrote:Oke pertama yang udah TD OS dan CX-5 sepanjang ane baca tret ini adalah setuju kalau mesin transmisi CX-5 diputaran bawah lebih responsif sedangkan OS lebih smooth dengan CVT nya... krn saat coba test drive di Artha Gading .. dlm kondisi Full Auto (D) respon mesin OS lebih terasa dan pada tanjakan CX5 terasa berat pedal gas di tambah tekanpun ga bertambah cepat. .. diluar dari apakah isi bensin premium / pertamax .. krn ga tau dikasih minum apa ...
![]()
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... hp?t=16420
Unfortunately, ane merasakan hal yang serupa di OS, waktu nanjak ngeden keras.. Tapi ga ane timing keduanya mana yang lebih cepat di tanjakan kondisi stop and go. Di kondisi nanjak yang stop and go, mungkin perbedaan 100 kg ini kali ya oom maxx yang berpengaruh?

Partinya.
Thank you.. Finally ada yang kena poin ane (dalam hati bersyukur udah cape jelasin panjang-panjang),maxx wrote:
nubie coba tarik kesimpulan dari penjelasan AD7AYA:
CVT OS >> lebih boros dari pd AT konvensional pada putaran bawah dlm arti dari stop untuk go (menggerakkan mobil diam atau berakselerasi cepat), tapi bisa lebih irit dari AT konvensional bila sudah bergerak krn bisa pertahankan rpm scr otomatis dan kecepatan bertambah. CVT kalo mo irit putaran bawah maka kaki kanan harus sgt sabar .. alias pedal gas cuma nempel saja dan sabar u/ nunggu mobil bergerak pelan tanpa akselerasi berlebihan krn mobil akan bertambah kecepatan dg sendirinya pada rpm yg tetap.
IMO, sebenarnya setiap teknologi mesin ada keunggulan dan kekurangannya masing2 .. tinggal pilih mana yg lebih cocok dg style pengemudi atau bagaimana pengemudi dapat menyesuaikan dg karakter teknologi mesin untuk maksimalisasi feature yg difokuskan oleh mesin tsb.
CVT OS itu bisa irit.. Tapi driving style nya mesti tidak responsif..
Betulll....maxx wrote:spt pada video tsb >> soal FC jelas dibilang "it is not what you drive does matter, but it's how you drive it .. that's everything" ... dan kalo mo bisa irit .. "Don't change the car, but change your driving style"AD74YA wrote: Ada contoh menarik yang berkaitan dengan RPM mesin berhubungan dengan FC ya.. Berikut ada video perbandingan Prius dengan M3, dimana Priusnya mencoba menggunakan speed normal (bukan dalam mode driving irit / RPM rendah nan stagnan), dan M3 hanya berusaha mengikutinya:
http://www.streetfire.net/video/143-top ... 180378.htm
Dan pada akhir ending video itu, JC menjelaskan apa yang membuat FC mobil bisa irit, secara realita. Semoga kebayang analisis yang nubie jelaskan ya...
Poinnya yang pertama adalah, ane mematahkan pendapat oom claude:
C 250 CGI misalkan, torsi besar, hp besar (well, lebih jauh dibanding OS), masih bisa dapet irit banget dengan eco driving, tapi disaat driving normal, mesinnya sangat responsif.. Ini maksud ane hp dan torsi irrelevan dengan FC.claude_wallace wrote: lagian skrg mau tarikan enak, cepat dll, emang masih ada jalan atau medan yg memadai ya ?
di surabaya, jalan raya, jalan tikus, jalan tol, sudah macet semua. mau cepat seberapa emang.
torsi besar, HP besar, sama aja bohong, tdk bisa dirasakan. malah nanti mengeluh kena borosnya.
Just IMHO ya.. jaman sudah berubah, skrg beralih ke mesin yg irit daripada mesin yg powerful.
Poin yang kedua, adalah basically ane mau ngomong kalau mobil yang disetting untuk hemat itu pada kondisi jalan normal, belum tentu hemat.. Much like Prius di video. Nah, ini ane cuman mau ngasih awareness aja ke OS owner agar jangan terlalu termakan marketing irit nya... Kalau mau irit ya harus disesuaikan driving style nya. Seperti yang ane tulis diatas:
AD74YA wrote:......Either kita harus bejek gas agak dalam untuk mendapatkan akselerasi yang sama dengan matik konvensional, atau kita ikuti cara mainnya Mitsu yang harus bejek gas secara haluuuusss... Dan menunggu beberapa saat mobilnya baru jalan. Sayangnya, kalau ikut cara yang pertama, maka FC nya gak akan seberapa bagus......
Ane gak ada maksud apa-apa ya komen begini, cuma share aja..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
jaman sekarang udah jamannya mesin powerful dan irit pula
pernah dibuktikan sendiri jg
2 mobil yg cukup powerful macam captiva diesel n mazda6, dengan eco driving, 100% cruising di tol ane bisa dapet diatas 1:15
pernah dibuktikan sendiri jg
2 mobil yg cukup powerful macam captiva diesel n mazda6, dengan eco driving, 100% cruising di tol ane bisa dapet diatas 1:15
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Keiritan mobil yang dibuatnya nanggung seperti OS ini salah satu fenomena marketing yang gampang bermasalah menurut ane. Karena apa? karena penggunanya akan berekspektasi berlebih, bahwa mobilnya lebih irit dari yang lain. Mark my word, setelah nyoba, OS bagi nubie langsung kerasa concern utamanya bukan keiritan, tapi smoothness mesin dan transmisi.evolution21 wrote:jaman sekarang udah jamannya mesin powerful dan irit pula
pernah dibuktikan sendiri jg
2 mobil yg cukup powerful macam captiva diesel n mazda6, dengan eco driving, 100% cruising di tol ane bisa dapet diatas 1:15
Seperti kata master evo, dengan sedikit penyesuaian, even mobil yang sangat responsif, bisa menjadi sangat irit..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Tue Aug 14, 2012 4:21
- Location: Jakarta
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Kalau menurut pendapat saya bener banget bro mslh irit itu kembali ke style pengemudinya masing2, saat test drive bener yang saya rasain pergantian gigi nya smooth.AD74YA wrote:Keiritan mobil yang dibuatnya nanggung seperti OS ini salah satu fenomena marketing yang gampang bermasalah menurut ane. Karena apa? karena penggunanya akan berekspektasi berlebih, bahwa mobilnya lebih irit dari yang lain. Mark my word, setelah nyoba, OS bagi nubie langsung kerasa concern utamanya bukan keiritan, tapi smoothness mesin dan transmisi.evolution21 wrote:jaman sekarang udah jamannya mesin powerful dan irit pula
pernah dibuktikan sendiri jg
2 mobil yg cukup powerful macam captiva diesel n mazda6, dengan eco driving, 100% cruising di tol ane bisa dapet diatas 1:15
Seperti kata master evo, dengan sedikit penyesuaian, even mobil yang sangat responsif, bisa menjadi sangat irit..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
hehehe..
berarti mungkin driving style saya ya yg mgkn cocok dgn transmisi cvt. smooth gitu..
saya bisa mengeluarkan statement sperti ini karena dari pengalaman pribadi saya, bukan berarti pendapat saya selalu benar. makanya saya bilang IMHO terus.. hehehe..
"torsi besar, HP besar, sama aja bohong, tdk bisa dirasakan"
mungkin ini sekedar pengalaman saya saja waktu menggunakan pajero sport dakar. torsi 350 NM, 178 ps.
mesinnya bagus, tapi waktu di dalam kota, saya merasa kurang optimal dalam memanfaatkan mesin ini.
baru ngegas dikit uda harus rem lagi gara2 kena macet. padahal saya ingin sekali mencoba kemampuan asli mesin ini.
sayangnya rute pemakaian saya sehari2 adalah jalan2 di dalam kota yg selalu macet.
begitu saya ke luar kota, baru saya merasa worthed it menebus uang 400 jt lebih utk mendapatkan mobil dengan mesin diesel VGT ini.
sekali lagi, just IMHO..
seperti captiva diesel temen saya, torsi besar, HP besar, tetapi FC kurang bagus utk ukuran diesel. (di bawah 1:10).
kembali ke user, kalau bisa menggunakan torsi besarnya dgn optimal, worthed it saja. kalau tdk bisa, mungkin bakal berpikiran seperti saya.
berarti mungkin driving style saya ya yg mgkn cocok dgn transmisi cvt. smooth gitu..
saya bisa mengeluarkan statement sperti ini karena dari pengalaman pribadi saya, bukan berarti pendapat saya selalu benar. makanya saya bilang IMHO terus.. hehehe..
"torsi besar, HP besar, sama aja bohong, tdk bisa dirasakan"
mungkin ini sekedar pengalaman saya saja waktu menggunakan pajero sport dakar. torsi 350 NM, 178 ps.
mesinnya bagus, tapi waktu di dalam kota, saya merasa kurang optimal dalam memanfaatkan mesin ini.
baru ngegas dikit uda harus rem lagi gara2 kena macet. padahal saya ingin sekali mencoba kemampuan asli mesin ini.
sayangnya rute pemakaian saya sehari2 adalah jalan2 di dalam kota yg selalu macet.
begitu saya ke luar kota, baru saya merasa worthed it menebus uang 400 jt lebih utk mendapatkan mobil dengan mesin diesel VGT ini.
sekali lagi, just IMHO..
seperti captiva diesel temen saya, torsi besar, HP besar, tetapi FC kurang bagus utk ukuran diesel. (di bawah 1:10).
kembali ke user, kalau bisa menggunakan torsi besarnya dgn optimal, worthed it saja. kalau tdk bisa, mungkin bakal berpikiran seperti saya.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
No problem, nice discussion anyway oom hehehe
Ane juga IMHO yaa....
Ane juga IMHO yaa....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Ngomong2 tentang irit bisa.. tapi hp en torsi nampol bgt.. tsi (engine of the year 2009 2010) koq ga dibawa2 nich 
Udah 2 hari ini pp rumah - kantor ( tangerang - harmoni ) so far puas bgt pakai tsi.. torsi nya pas mendahului kendaraan yg lambat pakai jalur kanan tol bener2 terasa berlebihan
sampe suka senyum2 sendiri wkwk.. saya baru ngerasain sendiri beda spec let say torsi 240nm @ only 4500 rpm dengan 240nm @ 1500-4500 rpm.. ternyata emang berbeda rasanya.. mulai dari rpm bawah tenaga ga ada abisnya dan menambah kecepatan let say dari 100 kmh ke 120 kmh ( ketika mendahului mobil lain dng cara yg santai ) bener bener effortless ( which is gak mungkin hal ini dilakukan oleh mesin 1400 cc biasa )
ketika saya jalan santai gak tarik2 layar di mid menunjukkan fc 1:12 jalanan kombinasi tol dan macet tidak parah di dalam kota.. tapi memang jadi gatel rasanya ni kaki klo bawa terlalu santai..
Namun yg namanya buatan manusia pasti tidak mungkin sempurna.. dibalik kehebatan mesin 1.4 tsi + dsg transmission nya yg bisa kita nikmati pada saat jalan cruising yg lenggang.. bagai pisau bermata dua pada saat jalanan macet stop and go.. sepertinya transmisi dsg yg dipakai di tsi terdapat delay yg cukup terasa dibandingkan dng matic konvensional.. hampir tidak mungkin saya memotong mobil lain yg mau ambil jalur saya pada saat saya sedang benar2 berhenti.. kira2 dpt dibayangkan kan ya? Seperti dulu waktu saya pakai matic konvensionalnya anj ge8 kondisi stop and go seperti ini saya dng mudah bisa menutup pergerakan mobil yg mau ambik jalur saya..
Semoga dng berkembangnya riset akan transmisi dsg ini mampu menanggulangi problem diatas.. memang bila dilihat dari umur nya transmisi ini kan masih terbilang baru dan masih membutuhkan revisi2 perbaikan kedepannya, beda dng matic konvensional yg seperti nya sudah berada dalam keadaan stable..
Oh ya 2 lagi
karena konsep dari dsg ini adalah transmisi manual yg dibikin matic.. jadi pada saat di D dan gas kita tidak injak.. maka mobil akan maju dng kecepatan yg jauh lebih lebih pelan dari matic konvensional.. dan pada saat tanjakan mobil dlm keadaan berhenti maka ketika rem dilepas mobil akan mundur meskipun transmisi masuk ke gigi D, beda dng matic biasa yg tidak akan mundur selama gigi di D.. agak aneh awalnya.. tp lama2 mungkin akan terbiasa.. hehe.. ( oh ya untuk problem mundur di tanjakan ini ada feature hill lock yg bisa bikin mobil jadi tidak mundur di tanjakan yaitu dng menginjak pedal rem sampai dalam / mentok )
Terlepas dari kekurangan2 diatas.. saya sgt puas pakai si cabe rawit ini.. fun to drive bgt..
jadi inget kata2 salah satu member sm yg bilang sensasi rambut dijambak jin dari belakang.. hehe.. itu saya rasain pada saat bejek pol nih mobil..
Imho.. menurut saya mobil ini worthed buat perjalanan daily use yg merupakan kombinasi jalan macet dan jln lenggang atau tol ( semacet2nya tol pasti ada bagian yg gak macet ) namun klo dipake 100 persen dalam kota yg macet terus sepertinya memang mubazir dan kita susah mendapatkan fun to drive yg ada pada mobil ini..

Udah 2 hari ini pp rumah - kantor ( tangerang - harmoni ) so far puas bgt pakai tsi.. torsi nya pas mendahului kendaraan yg lambat pakai jalur kanan tol bener2 terasa berlebihan

ketika saya jalan santai gak tarik2 layar di mid menunjukkan fc 1:12 jalanan kombinasi tol dan macet tidak parah di dalam kota.. tapi memang jadi gatel rasanya ni kaki klo bawa terlalu santai..
Namun yg namanya buatan manusia pasti tidak mungkin sempurna.. dibalik kehebatan mesin 1.4 tsi + dsg transmission nya yg bisa kita nikmati pada saat jalan cruising yg lenggang.. bagai pisau bermata dua pada saat jalanan macet stop and go.. sepertinya transmisi dsg yg dipakai di tsi terdapat delay yg cukup terasa dibandingkan dng matic konvensional.. hampir tidak mungkin saya memotong mobil lain yg mau ambil jalur saya pada saat saya sedang benar2 berhenti.. kira2 dpt dibayangkan kan ya? Seperti dulu waktu saya pakai matic konvensionalnya anj ge8 kondisi stop and go seperti ini saya dng mudah bisa menutup pergerakan mobil yg mau ambik jalur saya..
Semoga dng berkembangnya riset akan transmisi dsg ini mampu menanggulangi problem diatas.. memang bila dilihat dari umur nya transmisi ini kan masih terbilang baru dan masih membutuhkan revisi2 perbaikan kedepannya, beda dng matic konvensional yg seperti nya sudah berada dalam keadaan stable..
Oh ya 2 lagi

Terlepas dari kekurangan2 diatas.. saya sgt puas pakai si cabe rawit ini.. fun to drive bgt..

Imho.. menurut saya mobil ini worthed buat perjalanan daily use yg merupakan kombinasi jalan macet dan jln lenggang atau tol ( semacet2nya tol pasti ada bagian yg gak macet ) namun klo dipake 100 persen dalam kota yg macet terus sepertinya memang mubazir dan kita susah mendapatkan fun to drive yg ada pada mobil ini..

Last edited by kykyhalim4 on Wed Aug 15, 2012 5:32, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Nah betul tu.. DSG golf memang seperti itu.. Tapi dia bagus, dalam artian ada resistensi diawal ketika di gas.. Kalau di Fiesta digituin, hasilnya jadi ndut-ndutan..
Well, seinget ane di TSI juga masih sedikit "choking" juga.. Tapi ga parah.. Bener nggak?
Sekarang itu setau ane pabrikan lagi ngembangin double clutch yang saat akselerasi hanya menggunakan single clutch.. Lalu pada RPM tertentu clutch keduanya aktif.. Kalau gak salah di 911, Boxter dan California yang baru..
Gak cuman itu sih.. Bukan DSG pun bisa dimanipulasi rasanya jadi artifisial seperti DSG contohnya seperti Skyactiv di Mazda.. Tapi dengan single clutch sehingga respon diawal baik dan halus, tapi rasa akselerasi berikutnya spontan dan seamless seperti DSG.
Ada lagi gak ya contoh yang lain?
Well, seinget ane di TSI juga masih sedikit "choking" juga.. Tapi ga parah.. Bener nggak?
Sekarang itu setau ane pabrikan lagi ngembangin double clutch yang saat akselerasi hanya menggunakan single clutch.. Lalu pada RPM tertentu clutch keduanya aktif.. Kalau gak salah di 911, Boxter dan California yang baru..
Gak cuman itu sih.. Bukan DSG pun bisa dimanipulasi rasanya jadi artifisial seperti DSG contohnya seperti Skyactiv di Mazda.. Tapi dengan single clutch sehingga respon diawal baik dan halus, tapi rasa akselerasi berikutnya spontan dan seamless seperti DSG.
Ada lagi gak ya contoh yang lain?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Choking artinya apa ya bro? Hehe..AD74YA wrote:Nah betul tu.. DSG golf memang seperti itu.. Tapi dia bagus, dalam artian ada resistensi diawal ketika di gas.. Kalau di Fiesta digituin, hasilnya jadi ndut-ndutan..
Well, seinget ane di TSI juga masih sedikit "choking" juga.. Tapi ga parah.. Bener nggak?
Sekarang itu setau ane pabrikan lagi ngembangin double clutch yang saat akselerasi hanya menggunakan single clutch.. Lalu pada RPM tertentu clutch keduanya aktif.. Kalau gak salah di 911, Boxter dan California yang baru..
Gak cuman itu sih.. Bukan DSG pun bisa dimanipulasi rasanya jadi artifisial seperti DSG contohnya seperti Skyactiv di Mazda.. Tapi dengan single clutch sehingga respon diawal baik dan halus, tapi rasa akselerasi berikutnya spontan dan seamless seperti DSG.
Ada lagi gak ya contoh yang lain?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Agak ndut-ndutan di kondisi stop and go, kalau dalam kondisi stop, terus langsung bejek gas..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Hmm... sudah tidak terasa seperti itu lg bro.. hanya lambat saja (ada delay yg lumayan), kebetulan unit saya sudah diupgrade softwarenya.. dari testi pemakai tsi memang dng upgrade sw ini terasa lebih smooth dsg nya ketika jalan stop and goAD74YA wrote:Agak ndut-ndutan di kondisi stop and go, kalau dalam kondisi stop, terus langsung bejek gas..