Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

hanzz wrote::mky_02: udah ada iklannya di kompas hari ini... 2.5vnt
Today acara launching di Epicentrum jam 1 siang.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by vote42ner »

Turboman wrote:
vote42ner wrote:1. (Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender)
kalo hanya di tambah kayak di atas ini bisa sampai berapa om turbo?

2. trus kalo mau agak lembutan goyangannya...di ganti apa ya suspensinya...??
:mky_01: :mky_02:
1. Lihat grafik Dynosheet atas, kalo VNT mestinya gain bisa sedikit lebih besar drpd D4 D biasa, krn boost VNT bisa dikontrol si Cube.

2. Per belakang pakai MB W123 punya, atau kalau mau lebih stabil ganti per nya TRD Spotivo, Shock pakai HotBits DT-1

Mengapa HB DT-1 ? karena bisa disetel tingkat kekerasannya.
Oooo...sekitar 160 ya om...kalo vnt brarti bisa sampai 170...bener begitu om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

vote42ner wrote: Oooo...sekitar 160 ya om...kalo vnt brarti bisa sampai 170...bener begitu om?
Bisa segitu / bisa lebih, harus di test dulu.

Kalau MonMax KD di mesin yg sama bisa sampe 250 Hp / 520 Nm dlm kondisi mesin Full Std, di Dyno yg sama dgn gbr di atas. (Beda Dyno bisa beda hasil ya)
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Good_boy86 wrote:
Gold Pocket wrote:http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... bus_320_Dk_
wah.. kalau uda kaya gini saya ma gak mau lah.
repot uda banyak yang dirubah.
walau tenaganya jadi sadis.

pengennya sih cuman perubahan sesedikit mungkin dan original part masih dipertahankan. mungkin target 200PS cukup lah ya :D.
sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW :big_peace:
belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.

@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: @om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
Yg sudah dicoba pakai ECU Shop MonsterMax bahkan bisa mencapai 250 Hp / 520 Nm, kondisi mesin Full STD. (HiLuk 2KD VN T)

Note :
Bacaan tiap mesin Dyno dr merek yg sama bisa ada selisih.
* Bukan ajakan Beli *
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by mr_mytplx »

tp serem jg kl kondisi standar hp dan torsinya naek sampe segitu...mesti EGT nya cepet naek tuh... :mky_03:
eman2 mobilnya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote:tp serem jg kl kondisi standar hp dan torsinya naek sampe segitu...mesti EGT nya cepet naek tuh... :mky_03:
eman2 mobilnya...
Ya kalo naek extreme mesti pasang EGT meter dah......trus ATF Cooler dan ATF sintetis....hehehehehe

EGT sih gimana driving style kita aza, trus kalo Piggyback yg ada bbrp pilihan Map kan buat daily driving pilih yg Map Mild Power atau di OFF kan saja......Map Max Power betul2 berguna utk nanjak gunung dgn beban penuh, sebaiknya jgn buat kebut2-an.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: @om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
Yg sudah dicoba pakai ECU Shop MonsterMax bahkan bisa mencapai 250 Hp / 520 Nm, kondisi mesin Full STD. (HiLuk 2KD VN T)

Note :
Bacaan tiap mesin Dyno dr merek yg sama bisa ada selisih.
wah... sadis bener bisa naik sampai 250hp kondisi standart.
kalau sudah begitu, apakah sistem rem dll masih bisa pakai yang std bro (baca masih cukup aman).

kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?

dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
senoajipringgon
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jul 27, 2012 6:48

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by senoajipringgon »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote:oo begitu toh bro. jadi harus dirasakan sendiri ya..
jadi mendingan tune nya step by step gitu ya bro. dimulai dari paket hemat 5jt di atas, trus coba. kalau kurang baru tambah lagi.. tambah lagi gitu bro maksudnya?
Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender
Kalo mau Power betul2 besar = ECU Sop MonsterMax KD + SCV Controller

Kalo yg gak mau potong kabel : PP / RCP / TNT

Kalau pake Dastek Q dgn Extender atau ECU Sop MonMax sgt disarankan install ATF cooler tembahan.
masangnya dimana ya om kalau yg dastek dkk? terus biayanya berapa? oh iya atf cooler gunanya untuk apa om?
:thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

senoajipringgon wrote: masangnya dimana ya om kalau yg dastek dkk? terus biayanya berapa? oh iya atf cooler gunanya untuk apa om?
:thanks:
Dastek bisa pasang either di Lestari motor - veteran - Bintaro atau di REV - Kedoya, mana yg lebih dekat buat anda saja.

kalau ECU Shop hanya di REV, kodenya : "promo ECU Shop utk komunitas Diesel"

ATF Cooler ya supaya suhu ATF gak kelewat panas saat beban tinggi (akselerasi / nanjak / hauling)

erja ATF di Matic kan sgt berat, makanya std-nya mobil matic ada ATF Cooler, tapi buat yg Modif berat ATF cooler perlu ditambah.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?

dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
Buat sehari-hari pakai Map yg Mild Power aja, minta set naik 20 - 25% dari kondisi std.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?

dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
Buat sehari-hari pakai Map yg Mild Power aja, minta set naik 20 - 25% dari kondisi std.
terima kasih bro turbo untuk pencerahannya.
jadi boleh saya simpulkan kalau untuk pemakaian harian dan sesekali luar kota dengan part standart seluruhnya, modifikasi dengan peningkatan 20% - 25% dari tenaga standart awal masih aman dan tidak perlu mengganti part lain kan begitu?

wah.. lumayan juga lah kalau fortuner VNT plus piggy back = 175HP.
tenaga moderat lah walau gak akan bisa imbangi akselarasi CRV. tapi seharusnya untuk luar kota ud cukup :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: terima kasih bro turbo untuk pencerahannya.
jadi boleh saya simpulkan kalau untuk pemakaian harian dan sesekali luar kota dengan part standart seluruhnya, modifikasi dengan peningkatan 20% - 25% dari tenaga standart awal masih aman dan tidak perlu mengganti part lain kan begitu?

wah.. lumayan juga lah kalau fortuner VNT plus piggy back = 175HP.
tenaga moderat lah walau gak akan bisa imbangi akselarasi CRV. tapi seharusnya untuk luar kota ud cukup :D
Cube kan ada 2 Map, jadi tinggal bikin Map2 naik 20 - 25% aja, Map1 - nya naik se-tinggi2-nya sejauh gak check engine, mestinya bisa lewatin 185 Hp.

Buat Daily driving pakai Map 2, kalo bawa penumpang full + barang saat nanjak baru pakai Map 1

Enaknya 42ner VN T udah ada Intercooler-nya jadi bisa lgs pasang piggyback, juga Downpipe std-nya udah lebih proporsional drpd Ipah D4 D.

Paling tinggal pakai oli mesin / Matic dan Gardan yg bagus aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by F-man10 »

sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?

thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

F-man10 wrote:sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?
thanks
1. Kualitas solar (kadar sulphur / CN / kadar additive)
2. Saringan udara mampat
3. Nozzle mulai kotor
4. Setting AFR kelewat rich (jika di tune / piggyback)
5. beban mesin berat / mesin kerja keras

Solusi-nya :
- Solar kasih additive yg berkualitas
- Purging tiap 20 - 25 rb. Km sekali
- Jaga kondisi air filter
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by F-man10 »

Turboman wrote:
F-man10 wrote:sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?
thanks
1. Kualitas solar (kadar sulphur / CN / kadar additive)
2. Saringan udara mampat
3. Nozzle mulai kotor
4. Setting AFR kelewat rich (jika di tune / piggyback)
5. beban mesin berat / mesin kerja keras

Solusi-nya :
- Solar kasih additive yg berkualitas
- Purging tiap 20 - 25 rb. Km sekali
- Jaga kondisi air filter
Kalau pakai bio solar tetapi yang lain bagus apakah akan keluar juga tuh asap hitam? maklum belum pernah pake mobil diesel :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

F-man10 wrote:
Kalau pakai bio solar tetapi yang lain bagus apakah akan keluar juga tuh asap hitam? maklum belum pernah pake mobil diesel :mky_01:
yg pasti akan lebih berasap dibanding jika kita pakai DEX / Shell Diesel

tapi dgn dicampur "racun" berkualitas asap bisa diminimalisir.
* Bukan ajakan Beli *
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Good_boy86 »

Gold Pocket wrote:
Good_boy86 wrote: sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW :big_peace:
belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.

@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?

lebih ringan captiva dibanding dengan apa om?
berat captiva itu sekitar 1930kg.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Good_boy86 wrote:
Gold Pocket wrote:
Good_boy86 wrote: sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW :big_peace:
belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.

@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?

lebih ringan captiva dibanding dengan apa om?
berat captiva itu sekitar 1930kg.
tadinya saya fikir lebih ringan dari fortuner. ternyata gak juga ya...
berarti memang mesin diesel captiva ini yang ok ya.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by maxx »

Mohon pencerahan soal mesin turbo diesel, selama ini buta deh soal mesin diesel

mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?

byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

maxx wrote:mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?

byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
Dalam hal performa / daya tahan / potensi utk dikembangkan Hp / Torsinya ?

Kalo soal peforma std tinggal dilihat Hp / Torsi vs Kerb weight dan jumlah gigi transmisinya saja.

Tapi kalo bicara mau dikembangkan Tenaga dan Torsinya hingga setinggi mungkin, nah ini ketahanan mesin dan transmisi beda2.....mesin yg std nya sudah 150 - 160 Hp belum tentu punya potensi yg sama utk ditingkatkan hingga 300 - 350 Hp dibanding mesin yg std nya cuman 100 - 120 Hp. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by maxx »

Turboman wrote:
maxx wrote:mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?

byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
Dalam hal performa / daya tahan / potensi utk dikembangkan Hp / Torsinya ?

Kalo soal peforma std tinggal dilihat Hp / Torsi vs Kerb weight dan jumlah gigi transmisinya saja.

Tapi kalo bicara mau dikembangkan Tenaga dan Torsinya hingga setinggi mungkin, nah ini ketahanan mesin dan transmisi beda2.....mesin yg std nya sudah 150 - 160 Hp belum tentu punya potensi yg sama utk ditingkatkan hingga 300 - 350 Hp dibanding mesin yg std nya cuman 100 - 120 Hp. :mrgreen:
OK.. jadi klo mo pakai std2 aja... bearti mesin si captiva plg ok ya ... trus kalo u/ potensi oprek2 naikin hp dan torque .. mesin tyt?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

maxx wrote: 1. OK.. jadi klo mo pakai std2 aja... bearti mesin si captiva plg ok ya ...
2. trus kalo u/ potensi oprek2 naikin hp dan torque .. mesin tyt?
1. So far begitu, tapi nanti IIMS Sept dengar2 Hyundai mau masuk Tucson 2.0 CRDi, harusnya tenaga minimal 150 Hp juga + 6 sp Matic.

2. So far utk Diesel populer di ASEAN utk mesin = Toyota D4 D, Isuzu I-TEQ & Mitsubishi Di-D, dan harusnya Ford / Mazda TDCi 2.5 serta Kolorado / TB 2.5 / 2.8 juga, karena mesin2 itu termasuk mesin Diesel Heavy Duty buat kendaraan penarik beban.

Masing2 ada tekniknya, kalo lewat 300 Hp si Mitsu 4D56 Di-D harus ganti head stud, kalo Isuzu 4JJ1-TCX 3.0 harus ganti Con Rod, kalo 2KD-FTV itu kalo maen di atas 400 Hp baru ganti head stud.

All new Kolorado dan all new D-Max di Thailand mulai ada yg turun drag juga, 402 M dah maen under 15 - 14 detik

Kalo tuk Transmisi matic Ipah & 42ner D4 D yaitu Aisin W A 304 udah terbukti sanggup handle Torsi lebih dr 600 Nm - shortburst, kalo Matic-nya PJS sy masih belum tahu kekuatan maksimum-nya sampe brp.

Kalo dilihat dari klasifikasi scr umum yg konstruksinya kuat buat di tune gila2-an = pilih mesin yg kategori Heavy Duty Diesel yg juga std nya dipake di Dobel cabin / Light Truck, cari yg kapasitas 2500 cc ke atas.

Kalo feeling saya mesinnya Foton Thunland = Cummins ISF 2.8 harusnya juga kuat buat di oprek gila2-an, bila performance kit-nya ada. CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
SaebaRyo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by SaebaRyo »

logikanya, 42ner 2.5G diesel bakalan diskon gede neh krn pricelistnya cuma beda 10jt antara yg STD & VNT..

bagi info diskonnya ya guys (utk yg non VNT) kalo ada yg punya bocorannya, lg incer CRV tp kok kesengsem juga sama tampang 42ner 2011 yg macho mampus ini :big_peace:
Image
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Belphegor »

Mesin fortuner dan pajero memang sudah teruji keandalannya, sedangkan mesin captiva karena merupakan mesin yg baru, jadi belum teruji. Tapi kalo dari segi mesin std, memang captiva yang saya rasakan paling enak tenaganya. Cuma alangkah baiknya, di tes secara pribadi.