Today acara launching di Epicentrum jam 1 siang.hanzz wrote:udah ada iklannya di kompas hari ini... 2.5vnt
Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Oooo...sekitar 160 ya om...kalo vnt brarti bisa sampai 170...bener begitu om?Turboman wrote:1. Lihat grafik Dynosheet atas, kalo VNT mestinya gain bisa sedikit lebih besar drpd D4 D biasa, krn boost VNT bisa dikontrol si Cube.vote42ner wrote:1. (Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender)
kalo hanya di tambah kayak di atas ini bisa sampai berapa om turbo?
2. trus kalo mau agak lembutan goyangannya...di ganti apa ya suspensinya...??
![]()
2. Per belakang pakai MB W123 punya, atau kalau mau lebih stabil ganti per nya TRD Spotivo, Shock pakai HotBits DT-1
Mengapa HB DT-1 ? karena bisa disetel tingkat kekerasannya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Bisa segitu / bisa lebih, harus di test dulu.vote42ner wrote: Oooo...sekitar 160 ya om...kalo vnt brarti bisa sampai 170...bener begitu om?
Kalau MonMax KD di mesin yg sama bisa sampe 250 Hp / 520 Nm dlm kondisi mesin Full Std, di Dyno yg sama dgn gbr di atas. (Beda Dyno bisa beda hasil ya)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 429
- Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
- Location: Home sweet home
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.Good_boy86 wrote:sori OOT sebelumnyaGold Pocket wrote:http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... bus_320_Dk_
wah.. kalau uda kaya gini saya ma gak mau lah.
repot uda banyak yang dirubah.
walau tenaganya jadi sadis.
pengennya sih cuman perubahan sesedikit mungkin dan original part masih dipertahankan. mungkin target 200PS cukup lah ya.
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW
@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Yg sudah dicoba pakai ECU Shop MonsterMax bahkan bisa mencapai 250 Hp / 520 Nm, kondisi mesin Full STD. (HiLuk 2KD VN T)Gold Pocket wrote: @om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
Note :
Bacaan tiap mesin Dyno dr merek yg sama bisa ada selisih.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
tp serem jg kl kondisi standar hp dan torsinya naek sampe segitu...mesti EGT nya cepet naek tuh...
eman2 mobilnya...

eman2 mobilnya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Ya kalo naek extreme mesti pasang EGT meter dah......trus ATF Cooler dan ATF sintetis....hehehehehemr_mytplx wrote:tp serem jg kl kondisi standar hp dan torsinya naek sampe segitu...mesti EGT nya cepet naek tuh...![]()
eman2 mobilnya...
EGT sih gimana driving style kita aza, trus kalo Piggyback yg ada bbrp pilihan Map kan buat daily driving pilih yg Map Mild Power atau di OFF kan saja......Map Max Power betul2 berguna utk nanjak gunung dgn beban penuh, sebaiknya jgn buat kebut2-an.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 429
- Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
- Location: Home sweet home
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
wah... sadis bener bisa naik sampai 250hp kondisi standart.Turboman wrote:Yg sudah dicoba pakai ECU Shop MonsterMax bahkan bisa mencapai 250 Hp / 520 Nm, kondisi mesin Full STD. (HiLuk 2KD VN T)Gold Pocket wrote: @om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
Note :
Bacaan tiap mesin Dyno dr merek yg sama bisa ada selisih.
kalau sudah begitu, apakah sistem rem dll masih bisa pakai yang std bro (baca masih cukup aman).
kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?
dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Jul 27, 2012 6:48
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
masangnya dimana ya om kalau yg dastek dkk? terus biayanya berapa? oh iya atf cooler gunanya untuk apa om?Turboman wrote:Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan ExtenderGold Pocket wrote:oo begitu toh bro. jadi harus dirasakan sendiri ya..
jadi mendingan tune nya step by step gitu ya bro. dimulai dari paket hemat 5jt di atas, trus coba. kalau kurang baru tambah lagi.. tambah lagi gitu bro maksudnya?
Kalo mau Power betul2 besar = ECU Sop MonsterMax KD + SCV Controller
Kalo yg gak mau potong kabel : PP / RCP / TNT
Kalau pake Dastek Q dgn Extender atau ECU Sop MonMax sgt disarankan install ATF cooler tembahan.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Dastek bisa pasang either di Lestari motor - veteran - Bintaro atau di REV - Kedoya, mana yg lebih dekat buat anda saja.senoajipringgon wrote: masangnya dimana ya om kalau yg dastek dkk? terus biayanya berapa? oh iya atf cooler gunanya untuk apa om?
kalau ECU Shop hanya di REV, kodenya : "promo ECU Shop utk komunitas Diesel"
ATF Cooler ya supaya suhu ATF gak kelewat panas saat beban tinggi (akselerasi / nanjak / hauling)
erja ATF di Matic kan sgt berat, makanya std-nya mobil matic ada ATF Cooler, tapi buat yg Modif berat ATF cooler perlu ditambah.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Buat sehari-hari pakai Map yg Mild Power aja, minta set naik 20 - 25% dari kondisi std.Gold Pocket wrote: kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?
dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 429
- Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
- Location: Home sweet home
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
terima kasih bro turbo untuk pencerahannya.Turboman wrote:Buat sehari-hari pakai Map yg Mild Power aja, minta set naik 20 - 25% dari kondisi std.Gold Pocket wrote: kalau untuk pemakaian harian (sistem pasang trus lupain) yang aman kita dongkrak sampai berapa HP ya bro?
dalam artian tidak mau merubah bagian lain. cukup dengan piggyback pada kondisi 2kd ftv VNT.
jadi boleh saya simpulkan kalau untuk pemakaian harian dan sesekali luar kota dengan part standart seluruhnya, modifikasi dengan peningkatan 20% - 25% dari tenaga standart awal masih aman dan tidak perlu mengganti part lain kan begitu?
wah.. lumayan juga lah kalau fortuner VNT plus piggy back = 175HP.
tenaga moderat lah walau gak akan bisa imbangi akselarasi CRV. tapi seharusnya untuk luar kota ud cukup

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Cube kan ada 2 Map, jadi tinggal bikin Map2 naik 20 - 25% aja, Map1 - nya naik se-tinggi2-nya sejauh gak check engine, mestinya bisa lewatin 185 Hp.Gold Pocket wrote: terima kasih bro turbo untuk pencerahannya.
jadi boleh saya simpulkan kalau untuk pemakaian harian dan sesekali luar kota dengan part standart seluruhnya, modifikasi dengan peningkatan 20% - 25% dari tenaga standart awal masih aman dan tidak perlu mengganti part lain kan begitu?
wah.. lumayan juga lah kalau fortuner VNT plus piggy back = 175HP.
tenaga moderat lah walau gak akan bisa imbangi akselarasi CRV. tapi seharusnya untuk luar kota ud cukup
Buat Daily driving pakai Map 2, kalo bawa penumpang full + barang saat nanjak baru pakai Map 1
Enaknya 42ner VN T udah ada Intercooler-nya jadi bisa lgs pasang piggyback, juga Downpipe std-nya udah lebih proporsional drpd Ipah D4 D.
Paling tinggal pakai oli mesin / Matic dan Gardan yg bagus aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?
thanks
thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
1. Kualitas solar (kadar sulphur / CN / kadar additive)F-man10 wrote:sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?
thanks
2. Saringan udara mampat
3. Nozzle mulai kotor
4. Setting AFR kelewat rich (jika di tune / piggyback)
5. beban mesin berat / mesin kerja keras
Solusi-nya :
- Solar kasih additive yg berkualitas
- Purging tiap 20 - 25 rb. Km sekali
- Jaga kondisi air filter
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Kalau pakai bio solar tetapi yang lain bagus apakah akan keluar juga tuh asap hitam? maklum belum pernah pake mobil dieselTurboman wrote:1. Kualitas solar (kadar sulphur / CN / kadar additive)F-man10 wrote:sorry pertanyaan newbie nih, kalau asap hitam di fortie atau passport itu selain disebabkan kualitas solar, penyebabnya apa? piggy back ngaruh nggak? bagaimana cara menghilangkan atau at least ngurangin deh?
thanks
2. Saringan udara mampat
3. Nozzle mulai kotor
4. Setting AFR kelewat rich (jika di tune / piggyback)
5. beban mesin berat / mesin kerja keras
Solusi-nya :
- Solar kasih additive yg berkualitas
- Purging tiap 20 - 25 rb. Km sekali
- Jaga kondisi air filter

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
yg pasti akan lebih berasap dibanding jika kita pakai DEX / Shell DieselF-man10 wrote:
Kalau pakai bio solar tetapi yang lain bagus apakah akan keluar juga tuh asap hitam? maklum belum pernah pake mobil diesel
tapi dgn dicampur "racun" berkualitas asap bisa diminimalisir.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Gold Pocket wrote:belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.Good_boy86 wrote: sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW
@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
lebih ringan captiva dibanding dengan apa om?
berat captiva itu sekitar 1930kg.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 429
- Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
- Location: Home sweet home
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
tadinya saya fikir lebih ringan dari fortuner. ternyata gak juga ya...Good_boy86 wrote:Gold Pocket wrote:belum pernah nih bro.. mungkin sih lebih gesit captiva ya. soalnya dari tampang juga kayanya captiva lebih ringan bodynya.Good_boy86 wrote: sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW
@om turbo :
berarti kalau yang VNT dikasih piggyback, (tanpa perubahan dan tambahan lain) apakah bisa mencapai 200HP?
lebih ringan captiva dibanding dengan apa om?
berat captiva itu sekitar 1930kg.
berarti memang mesin diesel captiva ini yang ok ya.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Mohon pencerahan soal mesin turbo diesel, selama ini buta deh soal mesin diesel
mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?
byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?
byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Dalam hal performa / daya tahan / potensi utk dikembangkan Hp / Torsinya ?maxx wrote:mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?
byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
Kalo soal peforma std tinggal dilihat Hp / Torsi vs Kerb weight dan jumlah gigi transmisinya saja.
Tapi kalo bicara mau dikembangkan Tenaga dan Torsinya hingga setinggi mungkin, nah ini ketahanan mesin dan transmisi beda2.....mesin yg std nya sudah 150 - 160 Hp belum tentu punya potensi yg sama utk ditingkatkan hingga 300 - 350 Hp dibanding mesin yg std nya cuman 100 - 120 Hp.

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
OK.. jadi klo mo pakai std2 aja... bearti mesin si captiva plg ok ya ... trus kalo u/ potensi oprek2 naikin hp dan torque .. mesin tyt?Turboman wrote:Dalam hal performa / daya tahan / potensi utk dikembangkan Hp / Torsinya ?maxx wrote:mesin turbo diesel siapa lebih canggih sih antara chevrolet captiva , mitsu PJS dan TYT 42ner?
byk yg bilang kalo turbo diesel captiva lebih canggih dari pada mesin lain yg ada di pasaran skrg ini?
Kalo soal peforma std tinggal dilihat Hp / Torsi vs Kerb weight dan jumlah gigi transmisinya saja.
Tapi kalo bicara mau dikembangkan Tenaga dan Torsinya hingga setinggi mungkin, nah ini ketahanan mesin dan transmisi beda2.....mesin yg std nya sudah 150 - 160 Hp belum tentu punya potensi yg sama utk ditingkatkan hingga 300 - 350 Hp dibanding mesin yg std nya cuman 100 - 120 Hp.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
1. So far begitu, tapi nanti IIMS Sept dengar2 Hyundai mau masuk Tucson 2.0 CRDi, harusnya tenaga minimal 150 Hp juga + 6 sp Matic.maxx wrote: 1. OK.. jadi klo mo pakai std2 aja... bearti mesin si captiva plg ok ya ...
2. trus kalo u/ potensi oprek2 naikin hp dan torque .. mesin tyt?
2. So far utk Diesel populer di ASEAN utk mesin = Toyota D4 D, Isuzu I-TEQ & Mitsubishi Di-D, dan harusnya Ford / Mazda TDCi 2.5 serta Kolorado / TB 2.5 / 2.8 juga, karena mesin2 itu termasuk mesin Diesel Heavy Duty buat kendaraan penarik beban.
Masing2 ada tekniknya, kalo lewat 300 Hp si Mitsu 4D56 Di-D harus ganti head stud, kalo Isuzu 4JJ1-TCX 3.0 harus ganti Con Rod, kalo 2KD-FTV itu kalo maen di atas 400 Hp baru ganti head stud.
All new Kolorado dan all new D-Max di Thailand mulai ada yg turun drag juga, 402 M dah maen under 15 - 14 detik
Kalo tuk Transmisi matic Ipah & 42ner D4 D yaitu Aisin W A 304 udah terbukti sanggup handle Torsi lebih dr 600 Nm - shortburst, kalo Matic-nya PJS sy masih belum tahu kekuatan maksimum-nya sampe brp.
Kalo dilihat dari klasifikasi scr umum yg konstruksinya kuat buat di tune gila2-an = pilih mesin yg kategori Heavy Duty Diesel yg juga std nya dipake di Dobel cabin / Light Truck, cari yg kapasitas 2500 cc ke atas.
Kalo feeling saya mesinnya Foton Thunland = Cummins ISF 2.8 harusnya juga kuat buat di oprek gila2-an, bila performance kit-nya ada. CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
logikanya, 42ner 2.5G diesel bakalan diskon gede neh krn pricelistnya cuma beda 10jt antara yg STD & VNT..
bagi info diskonnya ya guys (utk yg non VNT) kalo ada yg punya bocorannya, lg incer CRV tp kok kesengsem juga sama tampang 42ner 2011 yg macho mampus ini
bagi info diskonnya ya guys (utk yg non VNT) kalo ada yg punya bocorannya, lg incer CRV tp kok kesengsem juga sama tampang 42ner 2011 yg macho mampus ini


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan
Mesin fortuner dan pajero memang sudah teruji keandalannya, sedangkan mesin captiva karena merupakan mesin yg baru, jadi belum teruji. Tapi kalo dari segi mesin std, memang captiva yang saya rasakan paling enak tenaganya. Cuma alangkah baiknya, di tes secara pribadi.