Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

claude_wallace wrote: hehehe... di antika raya bisa pasang anti karat di firewall juga ya ? kena berapa nih ?
bonus inservice 2 tahun/50k km itu lumayan sih benernya, termasuk sparepart dan oli, tadi ak pastiin ke salesnya.
untuk 3M, ak jadiin duit saja, daripada nempel nanti pasti kulepas lagi, jelek, mending huperoptik.
tdk ada bonus lagi bro. waktu launching biasanya pelit promo.

benarnya kursi belakang itu tegak jika dibandingkan dengan crv atau mobil2 3 baris yg jok kedua pasti bisa reclining sih.
kalau dibandingkan mobil2 2 baris, OS uda termasuk bagus.
apalagi misal dibandingkan fiesta, yaris, juke, sx4, pasti lebih tegak lagi dari OS. cuma jazz aja yg ok untuk jok belakangnya.
bonus service 2thn/50K itu s.part yg dimaksud sih s.part tertentu aja ga semua.. ada listnya kata sales mitsu.

KF 3M sih ga jelek.. tergantung type yg dibandingkan, KF huper juga ga semua bagus :)

iya no other bonus lagi... sudah biasa pelit u/ mobil baru launching.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
jemmy_aryandi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jul 14, 2012 12:35

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by jemmy_aryandi »

Wow..
ok2.. ty all..

biasa sih emank saya gnti huper drei+ceramic05..cuma itu yg bagus,,tpi dapatna 3m blachawk,,mgkin syaa uangkan juga,,,,,,

tpi masih miki2 beli OS, mw TD dlu,,hahaa....

beli OS selama lauching cuma dpt kcfim +servis s/d50k,,

sedangkan beli yg kuningnya saya dpt sharp 40inch, led 26inc , sama kulkas,,haha
jemmy_aryandi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jul 14, 2012 12:35

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by jemmy_aryandi »

btw, untuk variable stering ratio, emank tidak ada pada si OS ya,, agak ribet donk kite...

"Hanya, pada tikungan patah, untuk kembali ke kondisi semula, pengemudi agak repot atau harus cepat memutar lebih banyak. Ya, Mitsubishi belum menggunakan variable steering ratio.""


untuk OS sudah greenglas belum ya ? klo panaromicnya si sudah anti UV..

btw, selain huperoptic dibandingkan dgn kelas yg sama bagus mana ya,, 3m crtalyne, huper optic drei/ceramic, eco tint/rayberier,dll??
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

jemmy_aryandi wrote:btw, untuk variable stering ratio, emank tidak ada pada si OS ya,, agak ribet donk kite...

"Hanya, pada tikungan patah, untuk kembali ke kondisi semula, pengemudi agak repot atau harus cepat memutar lebih banyak. Ya, Mitsubishi belum menggunakan variable steering ratio.""


untuk OS sudah greenglas belum ya ? klo panaromicnya si sudah anti UV..

btw, selain huperoptic dibandingkan dgn kelas yg sama bagus mana ya,, 3m crtalyne, huper optic drei/ceramic, eco tint/rayberier,dll??
waktu test drive sih ga merasa ribet u/ mengemudi atau kendala u/ parkir maupun manuver, coba test drive dulu aja .. omongan reporter jangan terlalu di ambil mentah2 ...

panoramic sudah sptnya sudah ada anti UV dan ada shading (tidak bening) tapi terasa panas tembus masuk saat test drive jam 10an.


soal KF??. .. u/ compare spec dan referensi spec penting saat memilih KF bisa lihat di Spesifikasi Penting Untuk Memilih Kaca Film
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by herry_chen »

Semalam hendak ke senaya untuk Td si OS
Udah sampai mall. Lalu makan dulu biar perut gak kelaperan dan nemenin anak bini jalan dulu.biar semuanya puas ke mall hehe
Akhirnya waktu yg di tunggu2. TD OS. Pas di cari2 kok kaga ada pameran mobilnya
Tanya CS katanya belum ada pameran mitsu os. Gak percaya. Tanya 1 lagi cs yg di lobby. Merasa heran. G buka page belakang2 di seraya. Dan.....
Tralaaa.. Ternyata sama mall haaaa
Gue ke senci. Taunya acaranya di plaza senayan.. Haaa
Pulang dengan hati kecewa hihih
Moga2 tar sempet ke plasa senayan
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

herry_chen wrote:Semalam hendak ke senaya untuk Td si OS
Udah sampai mall. Lalu makan dulu biar perut gak kelaperan dan nemenin anak bini jalan dulu.biar semuanya puas ke mall hehe
Akhirnya waktu yg di tunggu2. TD OS. Pas di cari2 kok kaga ada pameran mobilnya
Tanya CS katanya belum ada pameran mitsu os. Gak percaya. Tanya 1 lagi cs yg di lobby. Merasa heran. G buka page belakang2 di seraya. Dan.....
Tralaaa.. Ternyata sama mall haaaa
Gue ke senci. Taunya acaranya di plaza senayan.. Haaa
Pulang dengan hati kecewa hihih
Moga2 tar sempet ke plasa senayan
Hari ini di artha gading ada parade test drive dari majalah CTG (jam 10.00-18.00) ... juga tersedia 2 unit mitsu OS u/ test drive tuh.

btw, ga usah ke PS juga sudah bisa test drive di dealer Mitsu, sudah tersedia unit test drivenya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

Kira kira time 0-100 km/h nya os cvt brp detik ya?? Di youtube hasilnya 9.5 detik an rata2.. ga tau itu akurat or nggak yg itung :)

Klo bener 9.5 detik berarti ni boil emang responsif ! (Untuk small suv ber cc 2.0)

Bro Maxx ayo coba diitung nanti pas TD lg.. wkwk...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

untuk kaca film sih, saya percaya pada huperoptik, lebih worthed it daripada vkool.
pengalaman pemakaian sendiri, kalau 3M, belum coba yg crystaline nya aja.
untuk kaca depan, spek kaca film lain belum ada yg bisa mengalahkan huperdrei.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

untuk firewall saya cek sudah ada peredamannya, berarti masih kurang saja.
misal ditambah peredaman lain, apakah peredaman yg lama perlu dilepas ya ?
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by remedusakti »

Barusan test drive
Kesan pertama kok mobil nya kecil bgt..
Interiornya bahannya ok lah sdh pake bahan empuk dibgian atas dashboard dan doortrim.
Bagasinya kecil bgt kayanya luasan jazz.
Tarikan mesinnya agak ketahn kayanya faktor cvtnya, tp kl dipindah ke paddleshift jadi jauh lebih responsif..

Jadi bingung neh jd inden atau gak...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

bagasi sempit dan cvt bermasalah lg..
jemmy_aryandi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jul 14, 2012 12:35

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by jemmy_aryandi »

claude_wallace wrote:bagasi sempit dan cvt bermasalah lg..
bagasi besar mana dgn jazz <2007?

cVt bermasalah gimana?

saya blm sempat TD nie,,, sibuk banget....

share2 nya ditunggu teman2,,haha
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by pcx »

yup penasaran banget sama klaim bagasi dan head room row 2 di OS yang sempit banget. selain cvt nya juga :e-think:
sayang banget belom sempet liat di PS :e-wall:
temen yang sudah liat katanya mobil nya kecil banget, malah lebih imut dari Rush dan Terios.
pengen liat unitnya langsung, baru lebih mantep ketimbang foto ato crita doank.
tapi review master2 SM memang sungguh :off_good_job:
ayo ditambah lagi yang sudah test drive :mky_03:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by herry_chen »

Barusan mampir ke showroom
Gak sempet td karena antri.dah kek beli gorengan.showroom rame bangat.
Cuman sempet duduk2 aja dalam mobil.
IMHO menurut gue.kualitas interiol rada kasar. Di jok penumpang depan saya liat.banyak kerutan2 dan motif kulitnya juga kurang kelihatan lux.mungkin ini buat menekan harga kali ya. Lalu dashbord juga tidak terkesan mewah. Bahakan menurut saya agak kasar.
Beralih coba cucuk di bangku belakang. Posisi duduk cukup tegak.untuk headroom lupa saya perhatiin tadi. Dan ruang kaki gak terlalu lega juga gak terlalu sempit.pas pasan lah..beralih ke bagasi gak terlalu saya perhatiin. Tapi menurut saya gak terlalu luas. Karena sepintas saya cuman liat gitu aja.
Saya putuskan gak ambil os.
#saya di sini bukan sales merk lain. Murni opini dari user mobil aja
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by nugroho bagor »

Siap mantap keputusannya
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

kykyhalim4 wrote:Kira kira time 0-100 km/h nya os cvt brp detik ya?? Di youtube hasilnya 9.5 detik an rata2.. ga tau itu akurat or nggak yg itung :)

Klo bener 9.5 detik berarti ni boil emang responsif ! (Untuk small suv ber cc 2.0)

Bro Maxx ayo coba diitung nanti pas TD lg.. wkwk...
kalo mo drag time.. pakai sport mode .. bisa jadi <10 detik, OS cukup responsif di sport mode.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

remedusakti wrote:Barusan test drive
Kesan pertama kok mobil nya kecil bgt..
Interiornya bahannya ok lah sdh pake bahan empuk dibgian atas dashboard dan doortrim.
Bagasinya kecil bgt kayanya luasan jazz.
Tarikan mesinnya agak ketahn kayanya faktor cvtnya, tp kl dipindah ke paddleshift jadi jauh lebih responsif..

Jadi bingung neh jd inden atau gak...
hari ini test drive di artha gading... parade test drive.. ada CX5 dan OS ... kebetulan deh jadi gw test dua2nya sekaligus. :mky_08:
OS dari luar .. Kesannya memang lebih kecil.. apalagi abis lihat CX5 ..
tapi saat di dalam ga terasa beda jauh berada dlm CX5 maupun OS ... kebetulan bareng temen2 4 orang + satu sales .. jadi ber 5 dalam mobil .. kondisi saat di dalam mobil ga beda jauh ... tapi kalo bagasi lebih besar CX5.

iya.. bahan d.board dan d.trimnya bagus... empuk2 :mky_02:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

pcx wrote:yup penasaran banget sama klaim bagasi dan head room row 2 di OS yang sempit banget. selain cvt nya juga :e-think:
sayang banget belom sempet liat di PS :e-wall:
temen yang sudah liat katanya mobil nya kecil banget, malah lebih imut dari Rush dan Terios.
pengen liat unitnya langsung, baru lebih mantep ketimbang foto ato crita doank.
tapi review master2 SM memang sungguh :off_good_job:
ayo ditambah lagi yang sudah test drive :mky_03:
masalah cvt gimana?
IMO .. u/ full auto mmg di set u/ fuel eco, kalo mo performa switch ke sport mode... thats it... no problem with cvt OS.
lebih kecil dari Rush?.. he he he... compact looks iya.. tp kalo lebih kecil sih kaga ya... didalam cabin lebih luas dari pada Rush. kalo bagasi mungkin lebih besar (panjang) rush.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

OS vs CX5

Post by maxx »

mo share .. tp ini IMO ya... mungkin beda opini sama orang lain

Hari ini gw test CX5 dan OS di Artha gading yg kebetulan ada parade test drive
kondisi 5 orang penumpang dewasa dg berat 48-50kg 1orang, 70-80kg 4orang.

OS vs CX5

performa mesin
CX5 kalah performa mesinnya, baik di full auto apalagi di sport mode. ditanjakan parkian artha (lumayan tinggi dan curam) full auto CX5 agak kerepotan spt ngeden.. smp musti pindah ke sport mode gear 1 baru enak nanjaknya, kalo OS ga ada kesusahan berarti dibanding CX5 pada full auto sekalipun.
sayang, Ga sempat coba berhenti di tengah tanjakkan parkiran .. pasti akan lebih aktual dlm kondisi bila sedang jalan ke puncak macet.
Kalo drag time ... gw pegang OS

Interior
Terkesan lebih mewah CX5, kalo OS terkesan lebih simple & plain, tapi IMO bahan yg digunakan OS u/ interior ga jelek amat .. bagian d.board dan d.trim ada part yg memakai bahan empuk2... dan kalo di teliti jelas2 itu bahannya ga murahan.
Leather seat .. keduanya pakai campuran alias tidak full leather dimana bagian part2 tertentu pakai bahan synthetic, kualitas leather yg digunakan tidak jauh berbeda kelasnya cuma beda pada texture kulitnya.
Kekedapan suara mesin yg masuk ke ruang kabin >> CX5 lebih baik dibanding OS.
Space cabin CX5 dan OS saat berada dalam cabin isi 5 orang .. tidak dirasakan perbedaan yg berarti, tapi space bagasi lebih luas CX5.


Exterior
CX5 berkesan besar, gagah dan mewah
OS berkesan Sporty, Compact, Agressif.

Feature
pada type tertinggi feature yg ditawarkan oleh keduanya tidak jauh berbeda

OS PX 325jt
CX5 410jt (baru naik)
dg harga terpaut 85jt menjadi bargain tersendiri yg menarik buat konsumen, its value for money compact SUV, fresh modern sporty style, fun to drive thanks to sport mode yg responsif.
Last edited by maxx on Sun Jul 15, 2012 10:25, edited 2 times in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

Aaaaa... bulan ini terasa lama skali berlalunya... ga sabar mode on"
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: OS vs CX5

Post by remedusakti »

maxx wrote:mo share .. tp ini IMO ya... mungkin beda opini sama orang lain

Hari ini gw test CX5 dan OS di Artha gading yg kebetulan ada parade test drive
kondisi 5 orang penumpang dewasa dg berat 48-50kg 1orang, 70-80kg 4orang.

OS vs CX5

performa mesin
CX5 kalah performa mesinnya, baik di full auto apalagi di sport mode. ditanjakan parkian artha (lumayan tinggi dan curam) full auto CX5 agak kerepotan spt ngeden.. smp musti pindah ke sport mode gear 1 baru enak nanjaknya, kalo OS ga ada kesusahan berarti dibanding CX5 pada full auto sekalipun.
sayang, Ga sempat coba berhenti di tengah tanjakkan parkiran .. pasti akan lebih aktual dlm kondisi bila sedang jalan ke puncak macet.
Kalo drag time ... gw pegang OS

Interior
Terkesan lebih mewah CX5, kalo OS terkesan lebih simple & plain, tapi IMO bahan yg digunakan OS u/ interior ga jelek amat .. bagian d.board dan d.trim ada part yg memakai bahan empuk2... dan kalo di teliti jelas2 itu bahannya ga murahan.
Leather seat .. keduanya pakai campuran alias tidak full leather dimana bagian part2 tertentu pakai bahan synthetic, kualitas leather yg digunakan tidak jauh berbeda kelasnya cuma beda pada texture kulitnya.
Space cabin CX5 dan OS saat berada dalam cabin isi 5 orang .. tidak dirasakan perbedaan yg berarti, tapi space bagasi lebih luas CX5.


Exterior
CX5 berkesan besar, gagah dan mewah
OS berkesan Sporty, Compact, Agressif.

Feature
pada type tertinggi feature yg ditawarkan oleh keduanya tidak jauh berbeda

OS PX 325jt
CX5 410jt (baru naik)
dg harga terpaut 85jt menjadi bargain tersendiri yg menarik buat konsumen, its value for money compact SUV, fresh modern sporty style, fun to drive thanks to sport mode yg responsif.

Setuju bgt ama bro maxx untuk os seperti itu juga yg ane rasain saat test drive..

Pengen liat os dijalan jd bisa dibaningin dengan mobil lain...
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

Mitsubishi udah banyak makan asam garam bro maxx klo mengenai performa mesin.. apalagi yg tentang naek ditanjakan curam full beban.. liat aja tuh colt colt tua yg jadi angkutan di daerah puncak.. dulu gw pake jazz mau nyalip ga kuat padahal isinya orang ama sayuran banyak bgt ampe miring2 boilnya.. nanjak mah tetep aja gila.. ampun dah.. :frm_bang_head:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

Btw intermeso dikit .. , .. gw juga nyoba Audi A4 1.8L Turbo...
ya ampun.. itu mesin delicious banget ya padahal turbo blm aktif dan masih full auto .. belum sport mode paddle shift .. ada settingan driving style segala ... 610jt sih.. :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: OS vs CX5

Post by bodapa »

maxx wrote:mo share .. tp ini IMO ya... mungkin beda opini sama orang lain

Hari ini gw test CX5 dan OS di Artha gading yg kebetulan ada parade test drive
kondisi 5 orang penumpang dewasa dg berat 48-50kg 1orang, 70-80kg 4orang.

OS vs CX5

performa mesin
CX5 kalah performa mesinnya, baik di full auto apalagi di sport mode. ditanjakan parkian artha (lumayan tinggi dan curam) full auto CX5 agak kerepotan spt ngeden.. smp musti pindah ke sport mode gear 1 baru enak nanjaknya, kalo OS ga ada kesusahan berarti dibanding CX5 pada full auto sekalipun.
sayang, Ga sempat coba berhenti di tengah tanjakkan parkiran .. pasti akan lebih aktual dlm kondisi bila sedang jalan ke puncak macet.
Kalo drag time ... gw pegang OS
Bro Maxx, mungkin tidak itu pengaruh dari bobot kendaraannya sendiri? Saya belum sempat TD OS tapi sudah pegang brosur-nya. Kebetulan saya juga punya brosurnya si CX-5, dan kalau kita bandingkan varian tertinggi dari kedua kendaraan, jelas power-to-weight ratio-nya lebih unggul OS. Secara:

OS PX curb weight: 1435 kg
CX-5 Touring curb weight: 1522 kg
Perbedaan: 87 kg

87 kg rasanya setara dengan 1 orang dewasa yang makannya nggak dijaga (kalo nggak mau dibilang gendut...hehehehe), dan dengan spek tenaga serta torsi yang mirip sekali baik angka maupun pada puncak rpm-nya, wajar kalau diajak kebut-kebutan OS bisa jadi lebih unggul.
maxx wrote: OS PX 325jt
CX5 410jt (baru naik)
dg harga terpaut 85jt menjadi bargain tersendiri yg menarik buat konsumen, its value for money compact SUV, fresh modern sporty style, fun to drive thanks to sport mode yg responsif.
Yang satu CKD, satunya lagi CBU...dengan perlakuan pajak yang berbeda antara keduanya. Seandainya CX-5 full CKD kaya OS, kira-kira berapa yah penurunan harganya? Pasti perbedaan harganya menjadi lebih kecil dari 85 jt...

Ngomongin masalah CKD vs CBU, para sesepuh SM, berapa nilai nominal dalam rupiah yang menurut sesepuh adalah "wajar" dari sebuah rakitan luar negeri, misalnya Jepang? Terlepas dari mobil jenis apa, teknologi kaya apa, fitur kaya apa, dll...

Maksud saya gini, kalau misalnya CKD itu kita jadikan baseline sebesar Rp. 0 (nol rupiah), berapa harga sebuah:

Japan CBU? 40 jt? 50 jt? 80 jt?
US CBU? 70 jt? 90 jt?
Europe CBU? 100 jt? 150 jt? 200 jt?
China CBU? 5 jt? 10 jt? Atau malah gak ada harganya?

Saya hanya melempar angka2 tersebut di atas asal-asalan, tapi mungkin para sesepuh di sini yang pengalamannya dalam mengamati perkembangan otomotif lokal maupun dunia bisa memberikan kisaran yang lebih mengena...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: OS vs CX5

Post by maxx »

bodapa wrote: Bro Maxx, mungkin tidak itu pengaruh dari bobot kendaraannya sendiri? Saya belum sempat TD OS tapi sudah pegang brosur-nya. Kebetulan saya juga punya brosurnya si CX-5, dan kalau kita bandingkan varian tertinggi dari kedua kendaraan, jelas power-to-weight ratio-nya lebih unggul OS. Secara:

OS PX curb weight: 1435 kg
CX-5 Touring curb weight: 1522 kg
Perbedaan: 87 kg

87 kg rasanya setara dengan 1 orang dewasa yang makannya nggak dijaga (kalo nggak mau dibilang gendut...hehehehe), dan dengan spek tenaga serta torsi yang mirip sekali baik angka maupun pada puncak rpm-nya, wajar kalau diajak kebut-kebutan OS bisa jadi lebih unggul.

Yang satu CKD, satunya lagi CBU...dengan perlakuan pajak yang berbeda antara keduanya. Seandainya CX-5 full CKD kaya OS, kira-kira berapa yah penurunan harganya? Pasti perbedaan harganya menjadi lebih kecil dari 85 jt...

Ngomongin masalah CKD vs CBU, para sesepuh SM, berapa nilai nominal dalam rupiah yang menurut sesepuh adalah "wajar" dari sebuah rakitan luar negeri, misalnya Jepang? Terlepas dari mobil jenis apa, teknologi kaya apa, fitur kaya apa, dll...

Maksud saya gini, kalau misalnya CKD itu kita jadikan baseline sebesar Rp. 0 (nol rupiah), berapa harga sebuah:

Japan CBU? 40 jt? 50 jt? 80 jt?
US CBU? 70 jt? 90 jt?
Europe CBU? 100 jt? 150 jt? 200 jt?
China CBU? 5 jt? 10 jt? Atau malah gak ada harganya?

Saya hanya melempar angka2 tersebut di atas asal-asalan, tapi mungkin para sesepuh di sini yang pengalamannya dalam mengamati perkembangan otomotif lokal maupun dunia bisa memberikan kisaran yang lebih mengena...
IMO, beda 1 orang dewasa mnrt saya tidak significant power to weight rationya .. krn performanya beda yg dirasakan, coba saja deh test drive nanti bisa rasakan bedanya... plg pas bener ada 2 mobil di test sekaligus pada waktu yg bersamaan .. spt hari ini di artha gading.. jadi bisa benar2 merasakan bedanya pd saat selang waktu yg tidak terpaut jauh.
agar dpt menjawab nanti saat Test Drive tambahin aja 1 orang dewasa dg berat 80kg di OS agar beratnya mirip2 dg di CX5...

soal harga... terpaut itu CBU maupun tidak.. itu adalah harga yg kita bayar secara real u/ barang yg kita dapat.
Kalo rela bayar lebih mahal 85jt .. why not? you got what you paid .. right? :big_peace:

btw, coba test drive dulu keduanya pada selang wkt singkat.. kalo bisa bersamaan agar comparablenya dpt dirasakan secara real time, dan di telaah kembali .. yg saya sampaikan apakah salah atau tidak :)
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport