Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu May 17, 2012 23:58
Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Saya mau nanya ya bro semua.
1. Misalkan ada mobil dengan spesifikasi sama (mesin, body), tetapi ada dua pilihan tipe transmisi manual dan automatic. Apakah bisa dilakukan penggantian transmisi dari matic ke manual atau sebaliknya? Sebagai contoh Toyota Yaris transmisi matic diganti transmisi manual atau sebaliknya. Memungkinkan dilakukan? Tapi bukan dengan cara ganti mobil lho ya....ganti transmisinya saja. Rencananya saya mau ganti transmisi matic mobil saya (Peugeot 307SW)menjadi manual saja klo suatu saat nanti rusak.
2. Hampir sama dengan nomor 1 tapi kali ini mobilnya tidak ada versi manualnya. Contohnya Honda Freed atau Nissan Juke matic mau dijadikan bertransmisi manual. Atau Suzuki Ertiga manual mau diubah menjadi matic. Bisakah dilakukan?
1. Misalkan ada mobil dengan spesifikasi sama (mesin, body), tetapi ada dua pilihan tipe transmisi manual dan automatic. Apakah bisa dilakukan penggantian transmisi dari matic ke manual atau sebaliknya? Sebagai contoh Toyota Yaris transmisi matic diganti transmisi manual atau sebaliknya. Memungkinkan dilakukan? Tapi bukan dengan cara ganti mobil lho ya....ganti transmisinya saja. Rencananya saya mau ganti transmisi matic mobil saya (Peugeot 307SW)menjadi manual saja klo suatu saat nanti rusak.
2. Hampir sama dengan nomor 1 tapi kali ini mobilnya tidak ada versi manualnya. Contohnya Honda Freed atau Nissan Juke matic mau dijadikan bertransmisi manual. Atau Suzuki Ertiga manual mau diubah menjadi matic. Bisakah dilakukan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Pekerjaan penggantian transmisi 307 sw dari automatik ke manual bisa saja. Pertanyaannya transmisi 307 manualnya dapat dari mana?
Penggantian 307 dari manual ke matik lebih sulit krn banyak komponen yg hrs disiapkan. Kembali siapa yg jual? Kalau mau beli baru dari Astra mungkin bisa aja, tapi harganya bisa seratus juta.
Mengapa takut sih, transmisi matiknya rusak? Untuk transmisi Peugeot paling yg rusak solenoidnya aja khan. Emang banyak kejadian di mana montirnya gak tahu kemudian coba2 bongkar. Padahal cuma solenoid aja. Akhirnya transmisinya hancur, namanya juga dipakai percobaan.
Transmisi automatik Citroen BX TRS saya udah hampir 500 ribu km. Masih going strong. Kickdown juga bagus, perpindahan gigi saat kickdown di rev limiter 5500 rpm. Saya sih cuma jaga oli dan filter transmisi otomatik ganti tiap tahun.
Penggantian 307 dari manual ke matik lebih sulit krn banyak komponen yg hrs disiapkan. Kembali siapa yg jual? Kalau mau beli baru dari Astra mungkin bisa aja, tapi harganya bisa seratus juta.
Mengapa takut sih, transmisi matiknya rusak? Untuk transmisi Peugeot paling yg rusak solenoidnya aja khan. Emang banyak kejadian di mana montirnya gak tahu kemudian coba2 bongkar. Padahal cuma solenoid aja. Akhirnya transmisinya hancur, namanya juga dipakai percobaan.
Transmisi automatik Citroen BX TRS saya udah hampir 500 ribu km. Masih going strong. Kickdown juga bagus, perpindahan gigi saat kickdown di rev limiter 5500 rpm. Saya sih cuma jaga oli dan filter transmisi otomatik ganti tiap tahun.
Ready to Race
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
asudarsono wrote:Pekerjaan penggantian transmisi 307 sw dari automatik ke manual bisa saja. Pertanyaannya transmisi 307 manualnya dapat dari mana?
Penggantian 307 dari manual ke matik lebih sulit krn banyak komponen yg hrs disiapkan. Kembali siapa yg jual? Kalau mau beli baru dari Astra mungkin bisa aja, tapi harganya bisa seratus juta.
Mengapa takut sih, transmisi matiknya rusak? Untuk transmisi Peugeot paling yg rusak solenoidnya aja khan. Emang banyak kejadian di mana montirnya gak tahu kemudian coba2 bongkar. Padahal cuma solenoid aja. Akhirnya transmisinya hancur, namanya juga dipakai percobaan.
Transmisi automatik Citroen BX TRS saya udah hampir 500 ribu km. Masih going strong. Kickdown juga bagus, perpindahan gigi saat kickdown di rev limiter 5500 rpm. Saya sih cuma jaga oli dan filter transmisi otomatik ganti tiap tahun.

yang penting buat matic dijaga oli transmisi matic-nya, rajin tapping ma kuras

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
seinget ane dulu ada yg namanya easy clutch, mrk pasang alat utk ngubah mobil manual jd matic. tp udah lama ga denger pernah liat iklannya lg. ada yg tau ga?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
masih ada kok..dealer + tempat pasangnya kalo gak salah di daerah sunter.y_anjasrana wrote:seinget ane dulu ada yg namanya easy clutch, mrk pasang alat utk ngubah mobil manual jd matic. tp udah lama ga denger pernah liat iklannya lg. ada yg tau ga?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu May 17, 2012 23:58
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Bukannya takut om, tapi kayaknya saya lebih doyan nyetir manual. Tapi klo biaya segitu saya juga nggak mau...heheheasudarsono wrote:Pekerjaan penggantian transmisi 307 sw dari automatik ke manual bisa saja. Pertanyaannya transmisi 307 manualnya dapat dari mana?
Penggantian 307 dari manual ke matik lebih sulit krn banyak komponen yg hrs disiapkan. Kembali siapa yg jual? Kalau mau beli baru dari Astra mungkin bisa aja, tapi harganya bisa seratus juta.
Mengapa takut sih, transmisi matiknya rusak? Untuk transmisi Peugeot paling yg rusak solenoidnya aja khan. Emang banyak kejadian di mana montirnya gak tahu kemudian coba2 bongkar. Padahal cuma solenoid aja. Akhirnya transmisinya hancur, namanya juga dipakai percobaan.
Transmisi automatik Citroen BX TRS saya udah hampir 500 ribu km. Masih going strong. Kickdown juga bagus, perpindahan gigi saat kickdown di rev limiter 5500 rpm. Saya sih cuma jaga oli dan filter transmisi otomatik ganti tiap tahun.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu May 17, 2012 23:58
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Klo pakai transmisi sesuai standar pabrik bisa gak om? semisal Suzuki Swift manual mau diganti matic dengan part ori standar?tian79 wrote:masih ada kok..dealer + tempat pasangnya kalo gak salah di daerah sunter.y_anjasrana wrote:seinget ane dulu ada yg namanya easy clutch, mrk pasang alat utk ngubah mobil manual jd matic. tp udah lama ga denger pernah liat iklannya lg. ada yg tau ga?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
easy clucth tu mirip2 AMT lah... ttp harus pindah2 gigi tp ga nginjek lg kopling... seinget ane sih gitu... 8 jutaan dulu... tp kagok lah.. apanja manual vs apanja AT nambah 10 juta dapet metik tulen....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
coba cek disini oom, langsung webnyaeka0409 wrote:Klo pakai transmisi sesuai standar pabrik bisa gak om? semisal Suzuki Swift manual mau diganti matic dengan part ori standar?tian79 wrote:masih ada kok..dealer + tempat pasangnya kalo gak salah di daerah sunter.y_anjasrana wrote:seinget ane dulu ada yg namanya easy clutch, mrk pasang alat utk ngubah mobil manual jd matic. tp udah lama ga denger pernah liat iklannya lg. ada yg tau ga?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
ganti transmisi baik dari manual ke matic dan sebaliknya asal ada rumah transmisi yang cocok jadi ga perlu merubah dudukan transmisi di bodi mobil. kalau ga mau repot2 rubah transmisi dan memerlukan biaya yang besar, kalau mobil kamu mau merubah dari manual ke matic, kamu mungkin cukup memasang eazy-cluth jadi tanpa merubah transmisi tapi bisa merasakan sensasi transmisi manual dengan harga yang lebih terjangkau. alat tersebut bisa menggunakan transmisi matic dan maual hanya dengan menekan tombol saja.
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
1. Utk ganti ke manual perlu di cek apa ECU yg udah di set kerja bareng TCM / TCU dimana nanti kabel2 diskonek semua perlu di cek apa lampu cek engine jadi nyala terus / enggaeka0409 wrote:Saya mau nanya ya bro semua.
1. Misalkan ada mobil dengan spesifikasi sama (mesin, body), tetapi ada dua pilihan tipe transmisi manual dan automatic. Apakah bisa dilakukan penggantian transmisi dari matic ke manual atau sebaliknya? Sebagai contoh Toyota Yaris transmisi matic diganti transmisi manual atau sebaliknya. Memungkinkan dilakukan? Tapi bukan dengan cara ganti mobil lho ya....ganti transmisinya saja. Rencananya saya mau ganti transmisi matic mobil saya (Peugeot 307SW)menjadi manual saja klo suatu saat nanti rusak.
2. Hampir sama dengan nomor 1 tapi kali ini mobilnya tidak ada versi manualnya. Contohnya Honda Freed atau Nissan Juke matic mau dijadikan bertransmisi manual. Atau Suzuki Ertiga manual mau diubah menjadi matic. Bisakah dilakukan?
2. Kalo rubah manual jadi matic kalo mau kerjanya smooth maka harus dengan TCU / TCM-nya juga dan ini harus dikonsultasikan apakah ECU nya bisa lgs dikonek dengan TCU / TCM nya.
atau jika gak pake modul TCU / TCM apa ECU si manual ada port utk soket2 ke transmisi Matik.
Btw kalo robah ke Matic coba aja tanya2 ke bengkel Ricardo yg di belakang ModernLand Tangerang itu.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
semua bisa saja.. asal ada duitnya.. dulu jg sempet kepikiran swap a/t ke m/t di mobil saya.. tp setelah mempertimbangkan biaya.. gearbox m/t + pedal set copotan saja 13 jt.. blom beli kopling baru.. blom ongkos pasang.. bs 20jt sendiri kali... mendingan jual mobilnya dan beli yg m/t hehehehe
EZclutch dulu pernah pake tahun 97-an di mazda familia.. (dulu bokap yang pasang).. aneh lah.. tetep pake kopling cuman bedanya kopling nya digantikan dengan tombol. buat gue sih harga segitu ga worth it. Lagi macet2 jg endut2an.. harus rajin di setting sensitifitas nya...
akhrinya gue cabut aja tuh ezclutch nya pas akhirnya selang hidrolik koplingnya pecah..
EZclutch dulu pernah pake tahun 97-an di mazda familia.. (dulu bokap yang pasang).. aneh lah.. tetep pake kopling cuman bedanya kopling nya digantikan dengan tombol. buat gue sih harga segitu ga worth it. Lagi macet2 jg endut2an.. harus rajin di setting sensitifitas nya...
akhrinya gue cabut aja tuh ezclutch nya pas akhirnya selang hidrolik koplingnya pecah..
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Feb 06, 2013 14:56
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
DIJUAL EASY CLUTH MATIC second, Kopling Otomatis Multifungsi yang menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendara mobil supaya tdk pegel lagi, dan dapat diaplikasikan pada semua jenis mobil yang bertransmisi manual, tanpa merubah orisinil kendaraan. Pemakaiannya sangat Fleksibel krn dpt memilih memakai Manualnya / Matic, tinggal click on/off saja. Easy Cluth Matic dihadirkan untuk menggantikan semua aktifitas yang dilakukan kaki kiri pengemudi dengan sempurna, sehingga pengemudi merasa lebih nyaman berkendara dalam situasi lalu lintas apapun. Karena kopling otomatis Easy Cluth Matic dapat menggabungkan kenyamanan layaknya sistem transmisi otomatis, dengan sifat responsif pada sistem transmisi manual, pada mobil yang sama.
Adapun Easy Cluth Matic ini masih sangat bagus dan lengkap yg terdiri dari:
1. CPU yg berfungsi unit kontrol sistem Easy Cluth Matic, menerima beberapa sinyal seperti putaran mesin, kecepatan, pergerakan pedal akselerasi/gas dan pedal kopling. Kemudian memberi perintah kepada Actuator (penggerak) untuk melakukan pergerakan menekan atau melepas plat kopling. Menggunakan microchip sebagai otak pengoperasian sistem Easy Cluth Matic dan terdiri dari beberapa Dip Switches yang dapat mengatur seting program yang sesuai dengan karakter mengemudi.
2. ACTUATOR berfungsi melakukan perintah yang diterima dari CPU, dengan bantuan motor penggerak untuk menekan atau melepas plat kopling, melalui sistem kopling yang ada pada kendaraan (sistem hidrolik atau kabel). Terdiri sensor mekanis dan Dip Switches untuk mengatur posisi dan kecepatan lengan mekanis yang bergerak menekan/melepas plat kopling.
3. GEAR KNOB terdiri beberapa tombol yang memberikan sinyal kepada CPU dan meneruskannya ke Actuator untuk menekan/melepas plat kopling. Jadi setiap perpindahan gear dilakukan secara manual sambil menekan tombol metal pada gear knob, tanpa kaki kiri perlu menekan pedal kopling lagi. Simple, just click n go.
Harga Rp. 5.000.000 (Harga baru sekarang Rp. 9.000.000)
Hub: 0812.8836.7722
Adapun Easy Cluth Matic ini masih sangat bagus dan lengkap yg terdiri dari:
1. CPU yg berfungsi unit kontrol sistem Easy Cluth Matic, menerima beberapa sinyal seperti putaran mesin, kecepatan, pergerakan pedal akselerasi/gas dan pedal kopling. Kemudian memberi perintah kepada Actuator (penggerak) untuk melakukan pergerakan menekan atau melepas plat kopling. Menggunakan microchip sebagai otak pengoperasian sistem Easy Cluth Matic dan terdiri dari beberapa Dip Switches yang dapat mengatur seting program yang sesuai dengan karakter mengemudi.
2. ACTUATOR berfungsi melakukan perintah yang diterima dari CPU, dengan bantuan motor penggerak untuk menekan atau melepas plat kopling, melalui sistem kopling yang ada pada kendaraan (sistem hidrolik atau kabel). Terdiri sensor mekanis dan Dip Switches untuk mengatur posisi dan kecepatan lengan mekanis yang bergerak menekan/melepas plat kopling.
3. GEAR KNOB terdiri beberapa tombol yang memberikan sinyal kepada CPU dan meneruskannya ke Actuator untuk menekan/melepas plat kopling. Jadi setiap perpindahan gear dilakukan secara manual sambil menekan tombol metal pada gear knob, tanpa kaki kiri perlu menekan pedal kopling lagi. Simple, just click n go.
Harga Rp. 5.000.000 (Harga baru sekarang Rp. 9.000.000)

Hub: 0812.8836.7722
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Mohon maaf ngebangkitin thread dari kubur, biar gak nyampah dengan bikin thread baru hehe
Mau nanya juga buat suhu2 SM
Kira2 situasinya begini:
Saya pemilik mobil A/T dan ada teman yang ajak tukar transmisi dengan punya dia M/T (jenis mobil sama, dalam kasus ini Honda Civic Century alias ES, trim kedua mobil sama Vti-S)
Alasan saya mau tukar transmisi adalah saya emang lebih suka bawa M/T, dan teman saya ini juga butuh A/T karena dari ortunya ngeluh bawa mobilnya yang M/T.
Disini yang mau ditukar seluruh printilan yang diperlukan buat masing2 transmisi jadi gak hanya gearbox, sebut saja ECU, subframe, as roda, speedo, pedal, interior, dll.
Sehingga dalam kasus saya ini, gak ada variabel 'biaya beli parts' yang membuat orang2 bilang lebih worth untuk jual saja mobilnya dan beli yang emang manual dari pabriknya. Dan juga untuk mobil seumuran ini, kadang gak hanya beli mobil tapi beli masalah juga sehingga harus ada biaya ekstra lagi untuk rekondisi/restorasi.
Nah barangkali suhu2 disini pernah ada yang punya/dengar pengalaman yang mirip seperti saya diatas, mohon masukan dan pendapatnya untuk ubahan seperti ini, dan gak harus berpatokan pada tipe mobil saya, karena setau saya belum pernah ada yang melakukan modifikasi yang seperti ini untuk tipe mobil saya (2 mobil ditukar gearboxnya, kalau yang swap gearbox dengan beli parts sudah ada)
Mau nanya juga buat suhu2 SM
Kira2 situasinya begini:
Saya pemilik mobil A/T dan ada teman yang ajak tukar transmisi dengan punya dia M/T (jenis mobil sama, dalam kasus ini Honda Civic Century alias ES, trim kedua mobil sama Vti-S)
Alasan saya mau tukar transmisi adalah saya emang lebih suka bawa M/T, dan teman saya ini juga butuh A/T karena dari ortunya ngeluh bawa mobilnya yang M/T.
Disini yang mau ditukar seluruh printilan yang diperlukan buat masing2 transmisi jadi gak hanya gearbox, sebut saja ECU, subframe, as roda, speedo, pedal, interior, dll.
Sehingga dalam kasus saya ini, gak ada variabel 'biaya beli parts' yang membuat orang2 bilang lebih worth untuk jual saja mobilnya dan beli yang emang manual dari pabriknya. Dan juga untuk mobil seumuran ini, kadang gak hanya beli mobil tapi beli masalah juga sehingga harus ada biaya ekstra lagi untuk rekondisi/restorasi.
Nah barangkali suhu2 disini pernah ada yang punya/dengar pengalaman yang mirip seperti saya diatas, mohon masukan dan pendapatnya untuk ubahan seperti ini, dan gak harus berpatokan pada tipe mobil saya, karena setau saya belum pernah ada yang melakukan modifikasi yang seperti ini untuk tipe mobil saya (2 mobil ditukar gearboxnya, kalau yang swap gearbox dengan beli parts sudah ada)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Halo om, soal ini berkaitan sama apa yang udah dilaluin kami terhadap masing2 mobil hehe. Mungkin bisa kita sebut faktor 'sayang', dari hasil browsing saya juga faktor ini yang jadi faktor terbesar seseorang gak begitu aja jual mobilnya dan beli mobil lain hehe.FMEAKD wrote:Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini

Opsi tersebut possible namun masih belum preferable hehe
Terimakasih buat masukan dan opininya om.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Ya bisa aja.... Asal mau bayarin swap komponenya.. terus bisa jadi beli masalah juga dr komponen yg di tukar dan timbul dari proses swap.aabx wrote:Mohon maaf ngebangkitin thread dari kubur, biar gak nyampah dengan bikin thread baru hehe
Mau nanya juga buat suhu2 SM
Kira2 situasinya begini:
Saya pemilik mobil A/T dan ada teman yang ajak tukar transmisi dengan punya dia M/T (jenis mobil sama, dalam kasus ini Honda Civic Century alias ES, trim kedua mobil sama Vti-S)
Alasan saya mau tukar transmisi adalah saya emang lebih suka bawa M/T, dan teman saya ini juga butuh A/T karena dari ortunya ngeluh bawa mobilnya yang M/T.
Disini yang mau ditukar seluruh printilan yang diperlukan buat masing2 transmisi jadi gak hanya gearbox, sebut saja ECU, subframe, as roda, speedo, pedal, interior, dll.
Sehingga dalam kasus saya ini, gak ada variabel 'biaya beli parts' yang membuat orang2 bilang lebih worth untuk jual saja mobilnya dan beli yang emang manual dari pabriknya. Dan juga untuk mobil seumuran ini, kadang gak hanya beli mobil tapi beli masalah juga sehingga harus ada biaya ekstra lagi untuk rekondisi/restorasi.
Nah barangkali suhu2 disini pernah ada yang punya/dengar pengalaman yang mirip seperti saya diatas, mohon masukan dan pendapatnya untuk ubahan seperti ini, dan gak harus berpatokan pada tipe mobil saya, karena setau saya belum pernah ada yang melakukan modifikasi yang seperti ini untuk tipe mobil saya (2 mobil ditukar gearboxnya, kalau yang swap gearbox dengan beli parts sudah ada)
Sya owner cj7 81 sudah saya swap jadi matic.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Thanks a lot responnya ombillyd1773dz wrote: Ya bisa aja.... Asal mau bayarin swap komponenya.. terus bisa jadi beli masalah juga dr komponen yg di tukar dan timbul dari proses swap.
Sya owner cj7 81 sudah saya swap jadi matic.

Untuk cj7 om ada kendala juga kah dalam proses swap maupun ketika udah running?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Jujur aja, aku sependapat sm om FMEAKD...aabx wrote:Halo om, soal ini berkaitan sama apa yang udah dilaluin kami terhadap masing2 mobil hehe. Mungkin bisa kita sebut faktor 'sayang', dari hasil browsing saya juga faktor ini yang jadi faktor terbesar seseorang gak begitu aja jual mobilnya dan beli mobil lain hehe.FMEAKD wrote:Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini![]()
Opsi tersebut possible namun masih belum preferable hehe
Terimakasih buat masukan dan opininya om.
Klo bs tuker mobil aja ngapain repot" ngeswap...
Karena: g keluar duit bnyk (paling kluar duit bwt gnti selisih hrg jual barang sm gnti nama di surat), g ada resiko klo smpe somehow ada yg slh dlm proses swapping, g ruwet ngurusi surat"mobil klo smpe trnyt ada ket transmisi di suratnya(kecuali klo sdh biasa g ngurusin legalitas dll) krn klo smpe mobilnya mw dijual lg mungkin bakal nyulitin proses negonya (klo buyernya teliti)
Dan bner kata om billy... namanya swap ada resikonya...
At ke mt sih relatif aman... tp klo mt ke at ini agak risiko... apa ecunya nyambung ke tcu? Apa ecu mt sm ecu at sama? Apa ada lg yg beda?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Kalau mobil dianggap sekadar transporter maka tukar mobil adalah hal yang paling logis.doge wrote:Jujur aja, aku sependapat sm om FMEAKD...aabx wrote:Halo om, soal ini berkaitan sama apa yang udah dilaluin kami terhadap masing2 mobil hehe. Mungkin bisa kita sebut faktor 'sayang', dari hasil browsing saya juga faktor ini yang jadi faktor terbesar seseorang gak begitu aja jual mobilnya dan beli mobil lain hehe.FMEAKD wrote:Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini![]()
Opsi tersebut possible namun masih belum preferable hehe
Terimakasih buat masukan dan opininya om.
Klo bs tuker mobil aja ngapain repot" ngeswap...
Karena: g keluar duit bnyk (paling kluar duit bwt gnti selisih hrg jual barang sm gnti nama di surat), g ada resiko klo smpe somehow ada yg slh dlm proses swapping, g ruwet ngurusi surat"mobil klo smpe trnyt ada ket transmisi di suratnya(kecuali klo sdh biasa g ngurusin legalitas dll) krn klo smpe mobilnya mw dijual lg mungkin bakal nyulitin proses negonya (klo buyernya teliti)
Dan bner kata om billy... namanya swap ada resikonya...
At ke mt sih relatif aman... tp klo mt ke at ini agak risiko... apa ecunya nyambung ke tcu? Apa ecu mt sm ecu at sama? Apa ada lg yg beda?
Tapi kalau dianggap sebagai lebih dari itu ya memang hal2 yang lebih logis akan dikesampingkan dan resiko yang lebih besar harus diambil. Kalau siap dengan semua itu ya please.. Go ahead..
Dibengkel langganan saya bahkan ada orang yang swap dari diesel AT ke bensin MT dan fine2 aja.
Oya kalau kalau mau tuker transmisi setau saya bukan cm mekanikal transmisi, ecu, tcu/tcm yang ditukar. Bahkan shift knob dan konsol speedometer juga ikut ditukar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Kalau mobil dianggap sekadar transporter maka tukar mobil adalah hal yang paling logis.doge wrote:Jujur aja, aku sependapat sm om FMEAKD...aabx wrote:Halo om, soal ini berkaitan sama apa yang udah dilaluin kami terhadap masing2 mobil hehe. Mungkin bisa kita sebut faktor 'sayang', dari hasil browsing saya juga faktor ini yang jadi faktor terbesar seseorang gak begitu aja jual mobilnya dan beli mobil lain hehe.FMEAKD wrote:Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini![]()
Opsi tersebut possible namun masih belum preferable hehe
Terimakasih buat masukan dan opininya om.
Klo bs tuker mobil aja ngapain repot" ngeswap...
Karena: g keluar duit bnyk (paling kluar duit bwt gnti selisih hrg jual barang sm gnti nama di surat), g ada resiko klo smpe somehow ada yg slh dlm proses swapping, g ruwet ngurusi surat"mobil klo smpe trnyt ada ket transmisi di suratnya(kecuali klo sdh biasa g ngurusin legalitas dll) krn klo smpe mobilnya mw dijual lg mungkin bakal nyulitin proses negonya (klo buyernya teliti)
Dan bner kata om billy... namanya swap ada resikonya...
At ke mt sih relatif aman... tp klo mt ke at ini agak risiko... apa ecunya nyambung ke tcu? Apa ecu mt sm ecu at sama? Apa ada lg yg beda?
Tapi kalau dianggap sebagai lebih dari itu ya memang hal2 yang lebih logis akan dikesampingkan dan resiko yang lebih besar harus diambil. Kalau siap dengan semua itu ya please.. Go ahead..
Dibengkel langganan saya bahkan ada orang yang swap dari diesel AT ke bensin MT dan fine2 aja.
Oya kalau kalau mau tuker transmisi setau saya bukan cm mekanikal transmisi, ecu, tcu/tcm yang ditukar. Bahkan shift knob dan konsol speedometer juga ikut ditukar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Kalau mobil dianggap sekadar transporter maka tukar mobil adalah hal yang paling logis.doge wrote:Jujur aja, aku sependapat sm om FMEAKD...aabx wrote:Halo om, soal ini berkaitan sama apa yang udah dilaluin kami terhadap masing2 mobil hehe. Mungkin bisa kita sebut faktor 'sayang', dari hasil browsing saya juga faktor ini yang jadi faktor terbesar seseorang gak begitu aja jual mobilnya dan beli mobil lain hehe.FMEAKD wrote:Kenapa susah susah bongkar mesin kalo bisa tukeran aja mobilnya sekalian.
Mobil om dipake temen om, mobil temenya dipake oleh om...
temennya dapet matic, omnya dapet manual
Win win solution..
tanpa mesti bongkar sana-sini![]()
Opsi tersebut possible namun masih belum preferable hehe
Terimakasih buat masukan dan opininya om.
Klo bs tuker mobil aja ngapain repot" ngeswap...
Karena: g keluar duit bnyk (paling kluar duit bwt gnti selisih hrg jual barang sm gnti nama di surat), g ada resiko klo smpe somehow ada yg slh dlm proses swapping, g ruwet ngurusi surat"mobil klo smpe trnyt ada ket transmisi di suratnya(kecuali klo sdh biasa g ngurusin legalitas dll) krn klo smpe mobilnya mw dijual lg mungkin bakal nyulitin proses negonya (klo buyernya teliti)
Dan bner kata om billy... namanya swap ada resikonya...
At ke mt sih relatif aman... tp klo mt ke at ini agak risiko... apa ecunya nyambung ke tcu? Apa ecu mt sm ecu at sama? Apa ada lg yg beda?
Tapi kalau dianggap sebagai lebih dari itu ya memang hal2 yang lebih logis akan dikesampingkan dan resiko yang lebih besar harus diambil. Kalau siap dengan semua itu ya please.. Go ahead..
Dibengkel langganan saya bahkan ada orang yang swap dari diesel AT ke bensin MT dan fine2 aja.
Oya kalau kalau mau tuker transmisi setau saya bukan cm mekanikal transmisi, ecu, tcu/tcm yang ditukar. Bahkan shift knob dan konsol speedometer juga ikut ditukar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
lokasi civic2nya dimana tuh? kalo di jakarta ada bbrp bengkel yang bisa. malah kalo 2 mobil dateng barengan, mereka suka karena bisa langsung digarap ga perlu nunggu parts2 lain.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
A bit risky... Tapi kalo 2 mobil identik, better ECU/TCU nya dituker semua...
Krn pernah kejadian di mobil temen sy honda jazz gd3 swap cvt ke manual ga bisa lebih dari rpm 3000 krn entah ecu apa tcu nya masih default setting nya CVT... Jd dia di limit di rpm 3000 krn dianggap masih gigi netral.
Di mobil yang sama, terkadang sama sama at dan mt juga bisa beda di design komponen lain misal exhaust... ukuran exhaust at biasa lebih kecil dari mt...
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Krn pernah kejadian di mobil temen sy honda jazz gd3 swap cvt ke manual ga bisa lebih dari rpm 3000 krn entah ecu apa tcu nya masih default setting nya CVT... Jd dia di limit di rpm 3000 krn dianggap masih gigi netral.
Di mobil yang sama, terkadang sama sama at dan mt juga bisa beda di design komponen lain misal exhaust... ukuran exhaust at biasa lebih kecil dari mt...
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
jangan lupa wiring harness nya beda atau sama identik. nanti sdh cape2 pindahin parts taunya beda .... apalagi kl yg dibutuhkan jd 1 sama body harness lainnya.
ujung2nya diakalin tarik kabel baru sana sini .... udah ga ori look fire hazard pula
ujung2nya diakalin tarik kabel baru sana sini .... udah ga ori look fire hazard pula