siappppppp fer..... hehehe.....doq wrote:hayooo pak sjamsul........jangan bolos aja yah

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
siappppppp fer..... hehehe.....doq wrote:hayooo pak sjamsul........jangan bolos aja yah
iya sayang juga.... padahal ada calon pembeli..... hehehe....singachu wrote:sayang yah....tapi banyak website juga begitu...no contact yang tercantum susah dihubungisjamsul wrote:@singachu:
bro, ane sdh coba hub penjual alat tsb, tp sayang sekali tlp yg ada di link tsb ga diangkat2.....![]()
thanks anyway om
om, aki-ku per Mei kemaren dah ultah taon ke 3sjamsul wrote: iya sayang juga.... padahal ada calon pembeli..... hehehe....
sama2 bro.....
Feb 2012 kemaren ngukurnya sih : http://otodiy.blogspot.com/2012/02/diy- ... ndisi.htmlsjamsul wrote:hmmmm..... sebaiknya nt ukur kondisi air akinya pake hydrometer. Dari hasil pemeriksaan kondisi air aki, bisa diperkirakan apakah aki msh bisa dipakai atau sebaiknya diganti. Trus apakah penambahan air aki dlm waktu yg sama, misalkan dalam sebulan lbh banyak atau sama aja ?....singachu wrote:om, aki-ku per Mei kemaren dah ultah taon ke 3sjamsul wrote: iya sayang juga.... padahal ada calon pembeli..... hehehe....
sama2 bro.....
udah mulai drop des kemaren soalnya kalo pagi hari ukur voltase sisa 12.42 volt s/d 12.45 volt
tadi pagi sempetin ngukur voltase sebelum aku nyalakan, sekarang voltase dah 12.39 volt
mobil dipake harian kecuali sabtu minggu kadang dipake kadang enggak.
starter udah terasa panjang
pertanyaannya bisa diperkirakan ga aki ini masih bisa dipake brp lama ?![]()
regards,
singachu
smoga bermanfaat.....
hmmmm..... sebaiknya nt ukur kondisi air akinya pake hydrometer. Dari hasil pemeriksaan kondisi air aki, bisa diperkirakan apakah aki msh bisa dipakai atau sebaiknya diganti. Trus apakah penambahan air aki dlm waktu yg sama, misalkan dalam sebulan lbh banyak atau sama aja ?....singachu wrote:om, aki-ku per Mei kemaren dah ultah taon ke 3sjamsul wrote: iya sayang juga.... padahal ada calon pembeli..... hehehe....
sama2 bro.....
udah mulai drop des kemaren soalnya kalo pagi hari ukur voltase sisa 12.42 volt s/d 12.45 volt
tadi pagi sempetin ngukur voltase sebelum aku nyalakan, sekarang voltase dah 12.39 volt
mobil dipake harian kecuali sabtu minggu kadang dipake kadang enggak.
starter udah terasa panjang
pertanyaannya bisa diperkirakan ga aki ini masih bisa dipake brp lama ?![]()
regards,
singachu
Ga ada yg salah bro.... klo kondisi aki msh bagus dlm waktu satu jam ga akan terasa hangat apalagi ampe panas. Coba nt charge selama lebih dari 4 atau 5 jam, akan terasa hangat di bodi akinya.....ilhami wrote:Saya men-charge aki dengan charger krisbow, yang 6ampere. Saya cek tegangannya sekitar 14V ketika charge, selama jam. Tapi akinya nggak terasa hangat sama sekali. Apa yang salah ya?
hmmm.... agak susah jawabnya....ak4ng wrote:masbro... emg kl aki kering sekalinya abis bener2 ga ada tanda2 ya??? tiba2 ga bisa di starter tanpa gejala awal.. tadi malem kejadian..
sundul lagi pertanyaan yang inisingachu wrote:Feb 2012 kemaren ngukurnya sih : http://otodiy.blogspot.com/2012/02/diy- ... ndisi.htmlsjamsul wrote:hmmmm..... sebaiknya nt ukur kondisi air akinya pake hydrometer. Dari hasil pemeriksaan kondisi air aki, bisa diperkirakan apakah aki msh bisa dipakai atau sebaiknya diganti. Trus apakah penambahan air aki dlm waktu yg sama, misalkan dalam sebulan lbh banyak atau sama aja ?....singachu wrote: om, aki-ku per Mei kemaren dah ultah taon ke 3
udah mulai drop des kemaren soalnya kalo pagi hari ukur voltase sisa 12.42 volt s/d 12.45 volt
tadi pagi sempetin ngukur voltase sebelum aku nyalakan, sekarang voltase dah 12.39 volt
mobil dipake harian kecuali sabtu minggu kadang dipake kadang enggak.
starter udah terasa panjang
pertanyaannya bisa diperkirakan ga aki ini masih bisa dipake brp lama ?![]()
regards,
singachu
smoga bermanfaat.....
kira2nya :
cell 1 : 1226
cell 2 : 1250
cell 3 : 1250
cell 4 : 1260
cell 5 : 1250
cell 6 : 1230
penambahan air sekarang 1 bulan sekali, kurleb masih sama untuk bulan-bulan terakhir. kalo dibandingkan pas aki baru ya lebih banyak yang sekarang.
Dengan data seperti itu bagaimana analisanya pak Sjamsul ?
regards,
singachu
Sorry bro singachu, ane ga liat pertanyaan ini sebelumnya....singachu wrote: sundul lagi pertanyaan yang ini![]()
kondisi masih dipake sampe sekarang udah 37 bulan berarti...... jaga2 bawa aki bekas ups buat bantu jumper kalo tau2 ga bisa starter
regards,
singachu
Nah, saat ga bisa nyala, apakah mesin mbl berputar, tp lemah atau cuma ada bunyi spt : ck...ck...ck..... krn klo ga bisa distarter krn ada cuma bunyi ck...ck...ck... kemungkinan besar masalah bukan pada aki, tp pada starternya.....tp klo bunyinya ngeeekkk.... ngeeekkk....ngekkk..... artinya mesin berputar, tp lemah.... kemungkinan besar adalah pada akinya sdh lemah atau bisa juga (kemungkinan lainnya) dari kepala akinya ada yg kendor..... coba periksa dulu.....ak4ng wrote:@SJ: katanya sih awal pake ga berasa aneh.. karna uda mau brangkat dan masih bisa nyala ya pake dah.. lalu pas mau isi bensin kan matiin mesin.. nah pas uda selesai ga bisa di nyalain lagi... akhirnya di cas dikit biar nyala. dan bisa.. ini kejadian yg kedua kalinya... dan sama2 kejadian di spbu.besoknya beli aki baru dah. mobilnya freed 2009.. kl ane dulu jga pernah di apanja... tp kan masi bisa di dorong buat nyalainnya jadi ga terlalu riskan mogok/stuck .. uda tau akinya abis ya pake aja kan manual ini.. hehhe .. dua hari dah klling2 pake mobil aki tekor.. nyalain mesinnya di dorong..
sep2 tengkyu....... kalo pembersih kepala aki yang terbuat dari sikat kawat....ntuh lebih baik dari amplas ato malah dihindari ?sjamsul wrote: Sorry bro singachu, ane ga liat pertanyaan ini sebelumnya....
klo diliat dr link yg nt kasi, bearti aki msh bisa dipake. Coba aja kepala akinya dibersihkan dg cara dilepas kepala akinya, kmd diamplas kleman aki n kepala akinya. Jangan disiram dg air panas tanpa melepaskan kepala akinya, krn yg bersih cuma bagian luarnya aja, sedangkan bagian dalamnya tdk bersih.
Smoga bermanfaat....
ane pernah punya alat spt itu, tp ane ga terlalu suka pakenya. Menurut pengamatan ane, alat tsb akan mengikis kepala aki lbh cepat dibandingkan klo pake amplas. Nah, perlu diperhatikan amplasnya pake amplas yg halus yah, jangan yg kasar , spy kepala aki ga cepat terkikis. Klo buat kleman akinya, nt bisa pake kikir bulat yg berdiameter secukupnya (sekitar dia 5 mm)...atau klo ga ada kikir bulat, nt tinggal bentuk amplasnya menyerupai kikir. Jadi akan mempermudah membersihkan kleman akinya.singachu wrote:sep2 tengkyu....... kalo pembersih kepala aki yang terbuat dari sikat kawat....ntuh lebih baik dari amplas ato malah dihindari ?sjamsul wrote: Sorry bro singachu, ane ga liat pertanyaan ini sebelumnya....
klo diliat dr link yg nt kasi, bearti aki msh bisa dipake. Coba aja kepala akinya dibersihkan dg cara dilepas kepala akinya, kmd diamplas kleman aki n kepala akinya. Jangan disiram dg air panas tanpa melepaskan kepala akinya, krn yg bersih cuma bagian luarnya aja, sedangkan bagian dalamnya tdk bersih.
Smoga bermanfaat....
Soalnya ada di ace pembersih kepala aki yang terdiri dua bagian.....1 model kek sikat botol buat bersihin klemnya, 1 nya lagi lubang dengan sikat menghadap ke dalam buat bersihkan terminal akinya...
ato om Sjamsul ada trik buat bersihkan klem aki..... kalo pake jari ama amplas kan sedikit susah
O ya ama kalo liat di ace ama internet kan ada emergency jump starter. Di dalamnya kan ada battery nya..... nah dia pake battery apa ya ? Kalo tipe deep cycle, gimana caranya biar dia bisa kasi CCA yang gede buat start mesin ?
regards,
singachu
Ow ngikis timah kepala aki yah.....sep2 nice info deh, untung dulu ga jadi beli, padahal dah tergoda diskonansjamsul wrote:ane pernah punya alat spt itu, tp ane ga terlalu suka pakenya. Menurut pengamatan ane, alat tsb akan mengikis kepala aki lbh cepat dibandingkan klo pake amplas. Nah, perlu diperhatikan amplasnya pake amplas yg halus yah, jangan yg kasar , spy kepala aki ga cepat terkikis. Klo buat kleman akinya, nt bisa pake kikir bulat yg berdiameter secukupnya (sekitar dia 5 mm)...atau klo ga ada kikir bulat, nt tinggal bentuk amplasnya menyerupai kikir. Jadi akan mempermudah membersihkan kleman akinya.
ga sampe segede itu yang butuh roda..... kira2 begini :sjamsul wrote: Apakah alat yg dimaksud ada rodanya, shg bisa dipindah2kan kesana kemari spt yg dipake di salah satu beres (klo ga salah di auto 2000) ?....
aku juga ga pernah makan bangku sekolahan...... ga pernah nyoba sih, tapi keknya kayu keras gitu ga bisa dimakan memangsjamsul wrote: Nah, ane ga ngarti yg dimaksud dg deep cycle nih..... apakah maksudnya dipake buat starter terus menerus atau gimana ya ?
Dari pada bingung pake bahasa sansekerta, sebaiknya nt kasi pertanyaan dlm bahasa indonesia, spy bisa dicerna dg cepat. Maklum deh, ane ga pernah makan bangku sekolaan nihhh......
Sep tengkyu buat penjelasan jepit dan kabelnya.....sjamsul wrote: Tapi ane bisa sedikit kasi pengalaman dlm hal kabel pancing aki (mudah2an ga melenceng dari pertanyaan)....Yg perlu diperhatikan pada kabel pancing adalah besarnya kabel n jepitan buat ke kepala akinya (dlm bahasa sansekerta disebut 'alligator clip'). Selain itu perlu diperhatikan cara jepit terminalnya. Klo hal tsb sdh diperhatikan, mk akan sangat mudah dlm starter mbl yg mogok krn akinya soak......
smoga bermanfaat.......