Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Sy Ga tau mau taro dibagian apa...
So, sdh ada yg tau berita Mobil Listrik Tanpa Emisi Buatan Kemenristek-LIPI..
Menurut member gmn?? (^▽^)-σ
http://us.wap.vivanews.com/news/read/32 ... onal-diuji
http://m.republika.co.id/berita/nasiona ... di-jakarta
So, sdh ada yg tau berita Mobil Listrik Tanpa Emisi Buatan Kemenristek-LIPI..
Menurut member gmn?? (^▽^)-σ
http://us.wap.vivanews.com/news/read/32 ... onal-diuji
http://m.republika.co.id/berita/nasiona ... di-jakarta
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Ya bagus dong, teknologi berkembang terus. Kalau mau jadi bangsa maju harus selangkah di depan.
Kemarin lihat Sepeda Motor Listrik buatan PII. Sebetulnya udah banyak dibuat oleh Cina dengan merk Beatrix dll. Tapi baguslah dikopi dulu, ntar teknologinya bisa dikuasai.
Sekarang sepeda listrik sudah bisa lari 35 kpj dengan range lebih dari 70 km. Bahkan ada yg bisa lari lebih kenceng lagi (ngeri juga sih). Cocok nih buat pp ke kantor. Mana gak pakai biaya apa2 selain investasi kira2 8 juta termasuk sepedanya. Gak ada STNK gak ada SIM gak ada razia. Listrik juga gratis kalau nyoloknya di kantor.
Kemarin lihat Sepeda Motor Listrik buatan PII. Sebetulnya udah banyak dibuat oleh Cina dengan merk Beatrix dll. Tapi baguslah dikopi dulu, ntar teknologinya bisa dikuasai.
Sekarang sepeda listrik sudah bisa lari 35 kpj dengan range lebih dari 70 km. Bahkan ada yg bisa lari lebih kenceng lagi (ngeri juga sih). Cocok nih buat pp ke kantor. Mana gak pakai biaya apa2 selain investasi kira2 8 juta termasuk sepedanya. Gak ada STNK gak ada SIM gak ada razia. Listrik juga gratis kalau nyoloknya di kantor.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
iya ini kemaren sy ngobrol2 sama org LIPI bdg, mau dipamerin.. ntah bentuknya kayak apa, keren kalo emang beneran jadi... tapi realisasi nya siapa yg pegang, bus2 yg jadul pake solar nasibnya gimana itu...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Udh jd mobil tp baru sebatas uji coba di acara harteknas kmarin rute sekitaran thamrin..
Denger2 katanya mau kerja sama antar kementrian.. Cmiiw

Denger2 katanya mau kerja sama antar kementrian.. Cmiiw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
dukung
sekail recharge itu ngabisin listriknya brp KWh ya?
butuh intslasi listrik brp watt utk recharge? listrik rumahan yg 450 watt ckup gak?- 15 orang penumpang.
- Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.
- Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere.
Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04
sekail recharge itu ngabisin listriknya brp KWh ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Ikut dukung juga, biar udara yang tercemar ngga tambah bikin bebal otak manusia2 Indonesia yang berharga ini...
Karya nyata, itu JAUH LEBIH BERMARTABAT bagi bangsa ini..



Karya nyata, itu JAUH LEBIH BERMARTABAT bagi bangsa ini..


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Mobil listrik bukannya cuma memindahkan polusi dari jakarta ke PLTU suralaya di banten sono?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Then, take walk, bro, good for our health too.. 

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
andy1800 wrote:dukung
butuh intslasi listrik brp watt utk recharge? listrik rumahan yg 450 watt ckup gak?- 15 orang penumpang.
- Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.
- Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere.
Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04
sekail recharge itu ngabisin listriknya brp KWh ya?
Entah om brp yg dibutukan energy pngisian'a, krn blm ada spek yg lengkap.. Klo dr sumber website ristek

"Electric bus menggunakan motor type Brushless DC Motor, nominal voltage 320 VDC, kecepatan maksimal 5000rpm, peak power 300 Nm, battery pack menggunakan Lithium (Life P04) dengan 320 VDC dan 24 amphere, performance 100km/jam. Kendaraan ini memiliki berat sekitar 2 ton dengan panjang lebih dari 6 meter"
http://www.ristek.go.id/index.php/modul ... s/id/11421
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
andy1800 wrote:dukung
butuh intslasi listrik brp watt utk recharge? listrik rumahan yg 450 watt ckup gak?- 15 orang penumpang.
- Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.
- Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere.
Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04
sekail recharge itu ngabisin listriknya brp KWh ya?
Entah om brp yg dibutukan energy pngisian'a, krn blm ada spek yg lengkap.. Klo dr sumber website ristek

"Electric bus menggunakan motor type Brushless DC Motor, nominal voltage 320 VDC, kecepatan maksimal 5000rpm, peak power 300 Nm, battery pack menggunakan Lithium (Life P04) dengan 320 VDC dan 24 amphere, performance 100km/jam. Kendaraan ini memiliki berat sekitar 2 ton dengan panjang lebih dari 6 meter"
http://www.ristek.go.id/index.php/modul ... s/id/11421
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
"Kalau sistem pengisian isian baterai itu tergantung dari stasiun pengisian. kalau sistem quick charging itu hanya membutuhkan 100 kilo watt dan bisa mengisi penuh dalam 30 menit, dan membutuhkan soket yang lebih besar," katanya.andy1800 wrote:dukung
butuh intslasi listrik brp watt utk recharge? listrik rumahan yg 450 watt ckup gak?- 15 orang penumpang.
- Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.
- Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere.
Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04
sekail recharge itu ngabisin listriknya brp KWh ya?
"Sedangkan slow charging itu bisa dilakukan di rumah, dengan membutuhkan listrik 1.300 watt. Dan akan memakan waktu hingga 3-4 jam pengisian," tambahnya.
http://oto.detik.com/read/2012/06/26/13 ... ngan-cepat
----
dan sepertinya bukan bus ya, lebih mirip long-chassis microbus/elf

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
mobil listrik kok berat nya 2 ton yah...Heran saya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Bukannya ini sejenis microbus om?ilhami wrote:mobil listrik kok berat nya 2 ton yah...Heran saya
Once again.... desain..desain...desain...

Duh duh duh...
Karoseri kita tuh udh jago jago logh bikin desain bus yang mantap mantap
mudahan desain tsb masih prototipe ya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
apa perlu diperjelas...Lihat toyota prius yang 1/2 listrik atau hybrid.
Desainnya dibuat agar bisa menyapu angin. Beratnya juga ringan.
Ini micro bus berat 2 ton.
Desainnya dibuat agar bisa menyapu angin. Beratnya juga ringan.
Ini micro bus berat 2 ton.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Moga2 mengadopsi sistem regenerative braking, saat ngerem dia nge-cas batere
dan yg paling penting kehandalannya, krn EV menggunakan tegangan tinggi.
dan yg paling penting kehandalannya, krn EV menggunakan tegangan tinggi.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Imho idenya bagus.. tapi kontribusi apa yang akan didapat masyarakat umum kedepannya ?
maksudnya idenya harus diperjelas dan diperluas...
Sasarannya kedepan apa ?
Produksi massal ? (Pesimis)
Konsumen yg mau beli siapa ? (Pesimis)
Imho lagi mending desain kendaraan yang mendukung transportasi massal dan pengurai kemacetan..
Misalnya bikin yang bener2 bus listrik, kasih tiang, trus kasih di jalur busway.. (Mirip di china ya ?)
Or, mending bus Hybrid sekalian dah spt di eropa..
maksudnya idenya harus diperjelas dan diperluas...
Sasarannya kedepan apa ?
Produksi massal ? (Pesimis)
Konsumen yg mau beli siapa ? (Pesimis)
Imho lagi mending desain kendaraan yang mendukung transportasi massal dan pengurai kemacetan..
Misalnya bikin yang bener2 bus listrik, kasih tiang, trus kasih di jalur busway.. (Mirip di china ya ?)
Or, mending bus Hybrid sekalian dah spt di eropa..

Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Rasanya sih wajar ya om kalo Curb weight sebuah microbus, yang notabene sudah tambah berat karena dikasih karoseri body, beratnya 2 ton.ilhami wrote:apa perlu diperjelas...Lihat toyota prius yang 1/2 listrik atau hybrid.
Desainnya dibuat agar bisa menyapu angin. Beratnya juga ringan.
Ini micro bus berat 2 ton.
Isuzu Elf yang 6 ban aja
Curb Weight kg 2180
Gross Vehicle Mass (GVW) kg 8250
Kalo antara bus/microbus dibandingin dengan Prius, ya nda masuk lhaa om...
Memperbandingkan Grand Livina 1.5 dengan GranMax 1.5 aja udh nda masuk lho om... Udh beda kelas, beda kasta, beda spek kendr, walaupun displacement nya sama..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
dimana masalahnya?ilhami wrote:apa perlu diperjelas...Lihat toyota prius yang 1/2 listrik atau hybrid.
Desainnya dibuat agar bisa menyapu angin. Beratnya juga ringan.
Ini micro bus berat 2 ton.
meskipun spt kata om VM pada dasarnya kita gak bs membandingkannya dg Prius, krn Prius adlh hybrid + regenerative braking. sdgkan bus ini adlh murni elektrik. Prius dimaksudkan sbg mobil pribadi, sdgkan Bus ini pangsanya adlh sbg angkutan shuttle.
tp ok deh, secara ngasal kita bandingin aja (pura2nya Prius adlh elektrik doang)
Prius beratnya 1,38 - 1,42 ton ....mampu bawa 5 penumpang.
sdgkan Bus ini beratnya 2 ton.... .mampu bawa 15 penumpang, dg sekali full charge mampu sejauh 150 km.
lah, ratio nya mlh lbh baik dong...
trus, masalahnya dimana dg 2 ton itu?
.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
mungkin sumbangan terbesar dari motor listrik dan batere-nya....cmiiw loh..ilhami wrote:mobil listrik kok berat nya 2 ton yah...Heran saya
saya pernah baca, untuk teknologi saat ini buat motor listrik, masalah terbesar adalah penambahan bobot gara-gara batere-nya

kecuali ngga bawa batere seperti bom-bom-car, tinggal colok kayak KRL

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
lumayan juga yah..bobotnya priusandy1800 wrote:dimana masalahnya?ilhami wrote:apa perlu diperjelas...Lihat toyota prius yang 1/2 listrik atau hybrid.
Desainnya dibuat agar bisa menyapu angin. Beratnya juga ringan.
Ini micro bus berat 2 ton.
meskipun spt kata om VM pada dasarnya kita gak bs membandingkannya dg Prius, krn Prius adlh hybrid + regenerative braking. sdgkan bus ini adlh murni elektrik. Prius dimaksudkan sbg mobil pribadi, sdgkan Bus ini pangsanya adlh sbg angkutan shuttle.
tp ok deh, secara ngasal kita bandingin aja (pura2nya Prius adlh elektrik doang)
Prius beratnya 1,38 - 1,42 ton ....mampu bawa 5 penumpang.
sdgkan Bus ini beratnya 2 ton.... .mampu bawa 15 penumpang, dg sekali full charge mampu sejauh 150 km.
lah, ratio nya mlh lbh baik dong...
trus, masalahnya dimana dg 2 ton itu?
.

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
ini yang harganya 900 jutaan itu ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
terlepas idealisme dan karya bangsa, pernyataan ini memang ada benarnya...ilhami wrote:Mobil listrik bukannya cuma memindahkan polusi dari jakarta ke PLTU suralaya di banten sono?
karena musti diakui, energi pembangkit listrik di negara kita sekarang ini memang masih pakai fossil, entah itu Batubara maupun Minyak Bumi
kalau ngga salah, ini pernah dibahas dulu di trid lama...tar cari2 dulu deh

konversi ke elektrik akan lebih baik jika saja pembangkit listriknya juga ga pakai fossil, misalnya dari alam (kincir air/angin) geothermal, nuklir?, hidrogen?
sotoy dikit...
pernah lihat di salah satu episode di BBC Top Gear mengenai mobil elektrik ini,
untuk proses pembuatan batere-nya, teknologi saat ini membutuhkan sumber daya energi (fossil...?) yg luar biasa (umumya disumbang ongkos transportasi pembuatan batere ini) dan bahan batere-nya sendiri tdk ramah lingkungan
paradoks ini mirip dengan CC (catalytic converter), dimana alat ini bertugas mengurangi emisi, namun bahan aktif pembuat CC (palladium dan platinum) ini justru didapatkan dengan cara yg cukup merusak lingkungan
bagaimanapun juga, saya salu dan dukung untuk setiap usaha untuk lebih ramah lingkungan dan hemat energi


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
imo, diliat dr prospeknya sptnya utk awal2 mobil ini palingan akan dipakai/diujicobakan khusus kendaraan dinas lintas kementrian or pemerintahan, cz klo dilihat dr innovasi yg dibuat dr lmbaga tsb jrg ada yg dipakai oleh masy. umum atau mngkin blm terasa secara luar... Cmiiw
Klo sy sih lg penasaran interior'a itu spt apa yaa.. Ntr sy coba tnya bapake mngkin pernah foto2 pas pameran kmrin krn kbtulan kantor'a mmg dsna..

Klo sy sih lg penasaran interior'a itu spt apa yaa.. Ntr sy coba tnya bapake mngkin pernah foto2 pas pameran kmrin krn kbtulan kantor'a mmg dsna..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
pencermatan yg mantaaap, tanuchychan wrote:imo, diliat dr prospeknya sptnya utk awal2 mobil ini palingan akan dipakai/diujicobakan khusus kendaraan dinas lintas kementrian or pemerintahan, cz klo dilihat dr innovasi yg dibuat dr lmbaga tsb jrg ada yg dipakai oleh masy. umum atau mngkin blm terasa secara luar... Cmiiw

data distribusi sumber pembangkitnya PLN di seluruh Indonesia tu gmana sih meneer?imsus2c wrote: karena musti diakui, energi pembangkit listrik di negara kita sekarang ini memang masih pakai fossil, entah itu Batubara maupun Minyak Bumi
kalau ngga salah, ini pernah dibahas dulu di trid lama...tar cari2 dulu deh![]()
brp MW yg dari PLTA, brp MW dari PLTD, PLTUap/Steam dari BatuBara/Gas, PLTU steam dr panas bumi....
soalnya yg ane srg lihat di alur Citarum utk Jabar, itu ada 3 stage PLTA...gak kecil jg loh listrik yg dihasilkannya.
Saguling 1.400, Cirata 1.008 MW dan Jatiluhur 187 MW
energi yg dihasilkan tsb setara BBM sebanyak 16 Juta ton/tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Mobil Listrik Buatan Kemenristek - LIPI
Setahu saya kalau bushless DC nggak bisa regeneratif. Mobil lisyrik jelas lebih berat krn baterainya besar. Berat Jenis BBM cuma 0,8 sedangkan logam sekitar 10an.
Ready to Race