Review Elysion 3.000 V6
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Review Elysion 3.000 V6
Sehubungan dengan sudah dapatnya mobil keluarga yang saya cari, maka ini adalah sedikit review setelah 1 mingggu saya kendarai.
Mesin :
Dengan mesin V6 3.000cc, mobil ini mempunyai torsi yang sangat melimpah, sedikit senggol pedal gas, maka efek kickdown langsung terasa, nggak sangka mesin MPV bisa seperti ini. BBM saya isi pertamax plus dicampur premium dengan perbandingan 1 : 1. Mesin sangat halus minim getaran, bahkan pada saat AC dinyalakan, seperti mesin mati saja.
Body :
Dengan body sebesar dan setinggi Elysion, maka nggak perlu takut dalan melibas jalanan keriting, semuanya dengan smooth dilakukan olehnya, permasalahan cuman jika melewati jalanan rusak dan menanjak, maka akan terasa banget kalo suspensi sangat kurang mumpuni untuk menjaga traksi maksimal, selalu terjadi efek spin jika ngegasnya nggak hati-hati. Pintu samping motorized dan bisa dibuka melalui remote originalnya. Dual Sunroof fan moonroof membuatnya kelihatan berkelas dan menyenangkan anak-anak yang bisa melihat bintang saat malam tiba. Satu hal kecil yang sangat detail adalah... semprotan air untuk wiper bukan terletak di engine hood, tapi di plastik hitam sebelah belakang engine hood, jadi waktu disemprotkan nggak meninggalkan jejak air di engine hood.
Suspensi :
Suspensi sangat khas honda, ban depan melibas lobang dan polisi tidur dengan baik, masalahnya roda belakang tidak semulus roda depan saat suspensi belakang menjalankan tugasnya, solusinya kata orang yang faham adakah dengan mengganti Shockbreaker dengan yang Adjustable Rebound and Preload.
Konsumsi BBM :
Dengan komposisi Pertamax Plus dan Premium 1 : 1, perliternya dengan jalur luar kota (Solo - Yogya) dapat menempuh jarak 1 : 13 km dan jika di dalam kota rata-rata perliternya dapat menempuh jarak 8 km, sangat tidak buruk dengan cc sebesar itu.
Kenyamanan :
Kabin sangat silent, sangat menguntungkan jika bawa anak bayi, nggak terganggu bising dari luar.
Multimedia Interface :
Ini nih yang bikin puyeng saya, semuanya dalam bahasa Jepang, sudah tanya beberapa bengkel, adakah caranya untuk merubah jadi bahasa Inggris, tapi nggak ada satupun bengkel lokal maupun Jakarta yang bisa melakukannya, mungkin ada expert disini yang bisa bantuin? Suara audio standar sangat prima, cuman staging kacau. Pada saat mundur layar langsung menunjukkan kondisi belakang.
Utility :
Ban serep berada di bawah body belakang, jadi nggak mengganggu jika akan pasang audio system di belakang.
Overall ini adalah MPV yang paling worth it dengan harga yang disandangnya.
Foto foto menyusul karena lagi disalonin, setelah disalonin saya akan post disini pictures-nya.
Mesin :
Dengan mesin V6 3.000cc, mobil ini mempunyai torsi yang sangat melimpah, sedikit senggol pedal gas, maka efek kickdown langsung terasa, nggak sangka mesin MPV bisa seperti ini. BBM saya isi pertamax plus dicampur premium dengan perbandingan 1 : 1. Mesin sangat halus minim getaran, bahkan pada saat AC dinyalakan, seperti mesin mati saja.
Body :
Dengan body sebesar dan setinggi Elysion, maka nggak perlu takut dalan melibas jalanan keriting, semuanya dengan smooth dilakukan olehnya, permasalahan cuman jika melewati jalanan rusak dan menanjak, maka akan terasa banget kalo suspensi sangat kurang mumpuni untuk menjaga traksi maksimal, selalu terjadi efek spin jika ngegasnya nggak hati-hati. Pintu samping motorized dan bisa dibuka melalui remote originalnya. Dual Sunroof fan moonroof membuatnya kelihatan berkelas dan menyenangkan anak-anak yang bisa melihat bintang saat malam tiba. Satu hal kecil yang sangat detail adalah... semprotan air untuk wiper bukan terletak di engine hood, tapi di plastik hitam sebelah belakang engine hood, jadi waktu disemprotkan nggak meninggalkan jejak air di engine hood.
Suspensi :
Suspensi sangat khas honda, ban depan melibas lobang dan polisi tidur dengan baik, masalahnya roda belakang tidak semulus roda depan saat suspensi belakang menjalankan tugasnya, solusinya kata orang yang faham adakah dengan mengganti Shockbreaker dengan yang Adjustable Rebound and Preload.
Konsumsi BBM :
Dengan komposisi Pertamax Plus dan Premium 1 : 1, perliternya dengan jalur luar kota (Solo - Yogya) dapat menempuh jarak 1 : 13 km dan jika di dalam kota rata-rata perliternya dapat menempuh jarak 8 km, sangat tidak buruk dengan cc sebesar itu.
Kenyamanan :
Kabin sangat silent, sangat menguntungkan jika bawa anak bayi, nggak terganggu bising dari luar.
Multimedia Interface :
Ini nih yang bikin puyeng saya, semuanya dalam bahasa Jepang, sudah tanya beberapa bengkel, adakah caranya untuk merubah jadi bahasa Inggris, tapi nggak ada satupun bengkel lokal maupun Jakarta yang bisa melakukannya, mungkin ada expert disini yang bisa bantuin? Suara audio standar sangat prima, cuman staging kacau. Pada saat mundur layar langsung menunjukkan kondisi belakang.
Utility :
Ban serep berada di bawah body belakang, jadi nggak mengganggu jika akan pasang audio system di belakang.
Overall ini adalah MPV yang paling worth it dengan harga yang disandangnya.
Foto foto menyusul karena lagi disalonin, setelah disalonin saya akan post disini pictures-nya.
Last edited by rfarm on Wed Jun 13, 2012 16:10, edited 1 time in total.
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Review Elysion 3.000 V6
Pertamax... ~(‾▿‾~) ~(‾▿‾)~ (~‾▿‾)~ dance"
Nice review om, keren euy elysion sdh pernah liat 2x sy daerah tangerang.. Congrats ya om akhir'a pilis elys, syg wktu'a tebakan sy meleset... НīĬ:DнīĬ:DнīĬ:DНīĬ:

Nice review om, keren euy elysion sdh pernah liat 2x sy daerah tangerang.. Congrats ya om akhir'a pilis elys, syg wktu'a tebakan sy meleset... НīĬ:DнīĬ:DнīĬ:DНīĬ:


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Review Elysion 3.000 V6
Elysion taun berapa bos? Kena berapa? Ada masalah dengan ground clearance gak?....suara ban masuk gak ya?
...sorry banyak nanya...
...sorry banyak nanya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review Elysion 3.000 V6
Sekali lagi congratz om, kabinnya sangat silent ya, apa road noise kedengeran sampe kabin om? Biasanya klo honda kan begitu 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Review Elysion 3.000 V6
Bisa dicoba hub. kantor pusat Honda di Jepang (cek di internet...). Biasanya orang Jepang suka membantu kesulitan pelanggannya.rfarm wrote: Multimedia Interface :
Ini nih yang bikin puyeng saya, semuanya dalam bahasa Jepang, sudah tanya beberapa bengkel, adakah caranya untuk merubah jadi bahasa Inggris, tapi nggak ada satupun bengkel lokal maupun Jakarta yang bisa melakukannya, mungkin ada expert disini yang bisa bantuin? Suara audio standar sangat prima, cuman staging kacau. Pada saat mundur layar langsung menunjukkan kondisi belakang.
Ato paling tidak sewa mahasiswa jurusan bhs. Jepang utk terjemahin...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Elysion 3.000 V6
beli di IU ya brooo.. ane tunggu poto2nya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Tahun 2005 Boss, kena 330jt,.abrof wrote:Elysion taun berapa bos? Kena berapa? Ada masalah dengan ground clearance gak?....suara ban masuk gak ya?
...sorry banyak nanya...
Masalah ground clearance tidak ada karena belum saya coba offroad (emang bukan untuk offroad kan spek mobil ini).
Suara ban masuk sedikit ke kabin, tapi setelah ban saya ganti Yokohama DNA Decible 215/60/17, suara jadi hening, jadi saya pikir itu masalah ban saja. Tadinya mau pake Continental Comfort Contact, cuman disini hanya tersedia yang made in Malaysia, nggak ada yang made in Germany, ya sudah ambil Yokohama saja akhirnya.
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review Elysion 3.000 V6
Betul bro, biasa masalah di ban nya aja sih, kalo ganti ban udah mendingan bro. Kalau continental made in malay ga recommend deh bro, banyak kasus yg pecah tiba2.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review Elysion 3.000 V6
330 tahun 2005 masih termasuk mahal ya... Harusnya kepala 200-an sih kata ane, tapi kalau kondisinya mint, track record lengkap ya oke.. nggak masalah..
Untuk ban Yoko Decible kurang bagus grip nya karena gejala aquaplanning yang sangat terasa, berdasar pengalaman ane, jauh lebih mending Michelin Primacy LC...
CMIIW
Untuk ban Yoko Decible kurang bagus grip nya karena gejala aquaplanning yang sangat terasa, berdasar pengalaman ane, jauh lebih mending Michelin Primacy LC...
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Review Elysion 3.000 V6
Numpang ninggalin jejak, sapa tau ad solusi buat audionya mengingat tmn jg pusing tp g mau ganti aftermarket, skg supire malah pinter bhs jepang katae, ckckck.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Solusinya gampang Boss, aslinya tetap terpasang buat diambil layar dan fungsi DVD saja, tetapi HU ditambah untuk mengolah audionya (saran saya pake Clarion HX-D2), jadi dapet DVD plus audio bagus.Xous wrote:Numpang ninggalin jejak, sapa tau ad solusi buat audionya mengingat tmn jg pusing tp g mau ganti aftermarket, skg supire malah pinter bhs jepang katae, ckckck.
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Pictures 1
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Pictures 2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Tadinya pilihannya yang berat adalah Caravelle TDi Boss, terpaksa harus kalah karena istriFortunerMan wrote:Mantaps!


Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
Re: Review Elysion 3.000 V6
Tampangnya emang kalah serem ama Caravelle - tapi dalemnya kayanya enakan ini...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review Elysion 3.000 V6
ikutan:
Mantaps dobel
* ane klo ada duit gak terlalu berlebih, msh agak takut sih beli Elys...krn cukup jarang, jd takut bbrp parts tertentunya unpredictably tinggi harganya.
Mantaps dobel

* ane klo ada duit gak terlalu berlebih, msh agak takut sih beli Elys...krn cukup jarang, jd takut bbrp parts tertentunya unpredictably tinggi harganya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Review Elysion 3.000 V6
Setuju sama om andyandy1800 wrote:ikutan:
Mantaps dobel
* ane klo ada duit gak terlalu berlebih, msh agak takut sih beli Elys...krn cukup jarang, jd takut bbrp parts tertentunya unpredictably tinggi harganya.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review Elysion 3.000 V6
Tenang aja mbah.. Si Elys juga takut sama mbah... Habis mbah mukanya seremm..




Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review Elysion 3.000 V6
serem siih, tp kan tetep pede tampil...ga disembunyiin dibalik helm gituAD74YA wrote:Tenang aja mbah.. Si Elys juga takut sama mbah... Habis mbah mukanya seremm..
![]()
![]()






-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Review Elysion 3.000 V6
wuih....interiornya mewah juga ya yang 3.0 ini....mulai tahun berapa sih mesin 3500cc ada di Elysion? kok tahun 2005 masih 3000cc?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun May 27, 2012 7:25
- Location: On the Saddle
Re: Review Elysion 3.000 V6
Saya malah nggak tahu kalo ada Ely yang mesin 3.500 di Indo, kalo untuk Amrik dan JDM saya tahu.
Kalo nggak salah tahun 2008 mesin 3.500 keluar, nggak tahu pastinya sih kapan
Kalo nggak salah tahun 2008 mesin 3.500 keluar, nggak tahu pastinya sih kapan
Es ist nicht genug zu wollen, man muss es auch tun !
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review Elysion 3.000 V6
abrof wrote:wuih....interiornya mewah juga ya yang 3.0 ini....mulai tahun berapa sih mesin 3500cc ada di Elysion? kok tahun 2005 masih 3000cc?
yup mesin J35A dipasangin ke Elysion sejak direleasenya Elysion Prestige. th 2007 di jepang.rfarm wrote:Saya malah nggak tahu kalo ada Ely yang mesin 3.500 di Indo, kalo untuk Amrik dan JDM saya tahu.
Kalo nggak salah tahun 2008 mesin 3.500 keluar, nggak tahu pastinya sih kapan
mesin J series itu udah ada sejak 96an.
J35A nya iitu sendiri muncul sejak skitar 99an.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review Elysion 3.000 V6
J35A mesinnya Honda Legend juga kalo ga salah ya bro.