HASIL DYNO TEST = yuk rame2 post

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frontier

HASIL DYNO TEST = yuk rame2 post

Post by frontier »

Dear SMers,
Kalo ada yang pernah melakukan dyno test, untuk mesin mobil merk apa aja, baik standar maupun yang sudah dimodif, silakan post di sini. Juga komentar2 akan sangat diharapkan. Sebagai awalnya, aku attach hasil dyno di bengkel Gut Sby (Pak Singgih) atas Jazz VTEC Manual, dengan spec : mesin standar. Yang dipasang : Unichip Piggyback Computer, Filter K&N element, Header menggantikan manifold standar, XCS Ver 2.0... Dan ini bisa sebagai acuan kira2 kayak apa kalo Jazz VTEC Matic dengan spec sama.. Menurut P. Singgih, kalo untuk yang Matic, final power sekitar 125 HP, dibanding kalo Manual yang sampai 128+ HP.... Itu semua belum sempat dipasang muffler belakang Spoon dan penyetelan resonator di muffler tengah.... mungkin bisa nambah lagi sekitar 3-4 HP.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
frontier

Mohon komentar rekan2 SMers

Post by frontier »

Boss PenyuTurbo, grafik di atas itu bisa kan dijadikan referensi gimana kira2 untuk yang versi Matic-nya ? Kata P. Singgih, mungkin sekitar 125-an HP... Dibandingkan dengan kawan2 yang udah pasang turbo pada Jazz i-DSI katanya power jadi 130HP, kan gak beda jauh ya..... hehehehe...
frontier

Post by frontier »

Oh ya, hasil akhir itu berdasarkan BBM Pertamax (non plus) tanpa campuran apapun...
frontier

Post by frontier »

1 catatan lagi = menurut P. Singgih, pada saat dyno test mesin standar, selalu hasilnya lebih rendah daripada yang tertera dalam spec resmi di brosur atau buku manual kendaraan, karena a.l. mutu BBM dan faktor cuaca..... Contohnya Jazz VTEC ini, menurut brosur 110 HP. Tapi sudah banyak hasil dynotest pada mesin standar non modif yang menunjukkan angka antara 107-108 HP saja.
frontier

Post by frontier »

Kok gak ada yang menanggapi yah ? Pak PenyuTurbo pergi kemana ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Akselerasinya meningkat banyak ya Mr. frontier. Kalo dibawa kerasa banget ngga perbedaan performa sebelum dan sesudah di tuning mesinnya ? Berarti Jazz Vtec punya frontier naik sekitar 15 HP ya (110 ke 125HP) ?

Kalo top speed gimana tuh ?
frontier

Post by frontier »

Aha.. Bung David !!! akhirnya ada juga yang mau menanggapi... aku mau laporan aja nih... saat dynotest yang menunjukkan tambahan 15 HP (benar, menjadi 125 HP) itu kan belum menggunakan busi Volker Iridium kiriman Anda. Dan mengenai test jalan, kebetulan sore tadi, setelah memasang velg Volk Racing TE37Cup 16" yang bobotnya per unit lebih ringan sekitar 2 kg daripada velg standar Jazz VTEC (15") yang cungkring itu.... waduh, nyaman.. terasa banget bedanya... sempat sampai 150 km/jam tapi gak bisa lanjut karena kondisi traffic dan panjang jalan tidak memungkinkan antara Banjarmasin - Banjarbaru... Tapi yang jelas, sebelum pakai volker, dengan menggunakan manual 7 speed mode, RPM tertinggi TIDAK pernah mencapai 6000, paling2 sekitar 5800-5850 lalu dengan sendirinya auto shift up, walaupun jempol jariku tidak menyentuh tombol +. Nah, dengan Volker ini, mudah dan cepat sekali RPM naik, sampai 6000 !!! Perasaaanku, dengan velg Volk Racing ini, top speed bisa melampaui 180 km/jam. Mungkin sekitar 185-190 km/jam, kalo melihat cepatnya dan tingginya RPM yang bisa dicapai dan hentakan yang terasa...
frontier

Post by frontier »

Kalo diadu sesama VTEC Matic, aku optimis bisa unggul ya.. tapi kalo sama yang manual ya susah, karena Matic itu kan rasanya udah nginjak full throttle, tapi kayaknya pedal gas punya iramanya sendiri, gak bisa seenak kita... ada sedikit jeda di RPM rendah, kemudian ada sedikit jeda pada saat perpindahan speed dengan jempol tangan kita....
frontier

next project on Jeskoneng

Post by frontier »

Oh ya, sekalian laporan, proyek Jeskoneng selanjutnya : mau pasang per Eibach dan shock belakang Boge (Mercy).... Lalu pasang muffler belakang Spoon, tapi dengan penyetelan resonator tengah (supaya exhaust flow tidak ngempos) oleh Pak Singgih, Bengkel Gut, Sby.... BTW, benarkah kata beberapa kawan, bahwa memang Eibach menurunkan ketinggian mobil sekitar 2 cm, tapi dia lebih lembek daripada per standar Jazz VTEC ? apa iya sih ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

frontier wrote:Aha.. Bung David !!! akhirnya ada juga yang mau menanggapi... aku mau laporan aja nih... saat dynotest yang menunjukkan tambahan 15 HP (benar, menjadi 125 HP) itu kan belum menggunakan busi Volker Iridium kiriman Anda. Dan mengenai test jalan, kebetulan sore tadi, setelah memasang velg Volk Racing TE37Cup 16" yang bobotnya per unit lebih ringan sekitar 2 kg daripada velg standar Jazz VTEC (15") yang cungkring itu.... waduh, nyaman.. terasa banget bedanya... sempat sampai 150 km/jam tapi gak bisa lanjut karena kondisi traffic dan panjang jalan tidak memungkinkan antara Banjarmasin - Banjarbaru... Tapi yang jelas, sebelum pakai volker, dengan menggunakan manual 7 speed mode, RPM tertinggi TIDAK pernah mencapai 6000, paling2 sekitar 5800-5850 lalu dengan sendirinya auto shift up, walaupun jempol jariku tidak menyentuh tombol +. Nah, dengan Volker ini, mudah dan cepat sekali RPM naik, sampai 6000 !!! Perasaaanku, dengan velg Volk Racing ini, top speed bisa melampaui 180 km/jam. Mungkin sekitar 185-190 km/jam, kalo melihat cepatnya dan tingginya RPM yang bisa dicapai dan hentakan yang terasa...
Loh ... kenapa ngga sekalian pasang busi VOLKER-nya baru di dyno test aja Mr.frontier ? Kira2 kalo udah pasang VOLKER Iridium naik berapa HP lagi ya ? Mengingat sejak pasang VOLKER bisa cepat naik RPM-nya hingga 6000 8) dan tidak auto shift ! Jadi auto shift dengan sendirinya terjadi pada RPM 6000 pas ato lebih ?

Mengenai busi VOLKER Iridium, cukup laku nih kalo udah pada tau. Emang kebanyakan belom pada tau, temen gw juga byk yg nanya gimana sih VOLKER itu... gw langsung aja sodorin brosurnya. And pada bilang ckckckc :lol: 8) Dan VOLKER pernah uji di LeMans 24H sejauh 400.000km (dari brosurnya). :e-clap:

Well ... kapan nih diadu dengan Eterna GTi :lol: Kayanya bakal seru deh ... :D
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

frontier wrote:Kalo diadu sesama VTEC Matic, aku optimis bisa unggul ya.. tapi kalo sama yang manual ya susah, karena Matic itu kan rasanya udah nginjak full throttle, tapi kayaknya pedal gas punya iramanya sendiri, gak bisa seenak kita... ada sedikit jeda di RPM rendah, kemudian ada sedikit jeda pada saat perpindahan speed dengan jempol tangan kita....
Yup, pasti lebih unggul. Emang sensasi driving dengan matic kurang memuaskan karena seperti yg Mr.frontier bilang. And gw pernah coba Jazz Vtec Matic di tol, saat pake mode S dan tiap tekan shift (+) di steer tidak kerasa hentakannya. Seperti ngga ngoper gigi :?

Biasanya kalo pake Manual, saat tol dalam kondisi rada macet gw tahan di gear 3 ato 4 biar ngga kehilangan power dan RPM sekitar 5000 - 6000an. Gw zig zag nyalip kiri dan kanan enak banget, kadang lepas gas cukup mengandalkan engine break dan sedikit rem baru kemudian di gas lagi. Nah ... sensasi driving seperti ini yg ngga bisa didapetin pada mobil matic. :roll: Tapi kalo dalam kota sih gw tetep prefer matic... :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: next project on Jeskoneng

Post by DigitALL »

frontier wrote:Oh ya, sekalian laporan, proyek Jeskoneng selanjutnya : mau pasang per Eibach dan shock belakang Boge (Mercy).... Lalu pasang muffler belakang Spoon, tapi dengan penyetelan resonator tengah (supaya exhaust flow tidak ngempos) oleh Pak Singgih, Bengkel Gut, Sby.... BTW, benarkah kata beberapa kawan, bahwa memang Eibach menurunkan ketinggian mobil sekitar 2 cm, tapi dia lebih lembek daripada per standar Jazz VTEC ? apa iya sih ?
Hmmm belom pernah coba per Eibach, tapi setau gw yg namanya per spek racing harusnya lebih keras karena untuk mengejar kestabilan dan handling, terutama saat lari kenceng dan juga saat di tikungan tidak limbung.

Tp gw yakin dengan mengup-grade per dan shock Jazz frontier pasti lebih stabil di kecepatan tinggi dan di tikungan juga ngga ngebuang pantatnya. :e-clap:
frontier

Post by frontier »

Bung David, aku ngikutin debat di milis Jazz Fit USA, kata mereka, paket coilover shocks (keluaran berbagai merk) jelas lebih ringan bobotnya daripada kombinasi per + shock ya....
frontier

DYNO TEST SETELAH PASANG BUSI VOLKER + MUFFLER SPOON

Post by frontier »

DigitALL wrote:
frontier wrote:Aha.. Bung David !!! akhirnya ada juga yang mau menanggapi... aku mau laporan aja nih... saat dynotest yang menunjukkan tambahan 15 HP (benar, menjadi 125 HP) itu kan belum menggunakan busi Volker Iridium kiriman Anda. Dan mengenai test jalan, kebetulan sore tadi, setelah memasang velg Volk Racing TE37Cup 16" yang bobotnya per unit lebih ringan sekitar 2 kg daripada velg standar Jazz VTEC (15") yang cungkring itu.... waduh, nyaman.. terasa banget bedanya... sempat sampai 150 km/jam tapi gak bisa lanjut karena kondisi traffic dan panjang jalan tidak memungkinkan antara Banjarmasin - Banjarbaru... Tapi yang jelas, sebelum pakai volker, dengan menggunakan manual 7 speed mode, RPM tertinggi TIDAK pernah mencapai 6000, paling2 sekitar 5800-5850 lalu dengan sendirinya auto shift up, walaupun jempol jariku tidak menyentuh tombol +. Nah, dengan Volker ini, mudah dan cepat sekali RPM naik, sampai 6000 !!! Perasaaanku, dengan velg Volk Racing ini, top speed bisa melampaui 180 km/jam. Mungkin sekitar 185-190 km/jam, kalo melihat cepatnya dan tingginya RPM yang bisa dicapai dan hentakan yang terasa...
Loh ... kenapa ngga sekalian pasang busi VOLKER-nya baru di dyno test aja Mr.frontier ? Kira2 kalo udah pasang VOLKER Iridium naik berapa HP lagi ya ? Mengingat sejak pasang VOLKER bisa cepat naik RPM-nya hingga 6000 8) dan tidak auto shift ! Jadi auto shift dengan sendirinya terjadi pada RPM 6000 pas ato lebih ?

Mengenai busi VOLKER Iridium, cukup laku nih kalo udah pada tau. Emang kebanyakan belom pada tau, temen gw juga byk yg nanya gimana sih VOLKER itu... gw langsung aja sodorin brosurnya. And pada bilang ckckckc :lol: 8) Dan VOLKER pernah uji di LeMans 24H sejauh 400.000km (dari brosurnya). :e-clap:

Well ... kapan nih diadu dengan Eterna GTi :lol: Kayanya bakal seru deh ... :D
RENCANAKU, AKHIR MEI SI JESKONENG MAU AKU BAWA KE SURABAYA, KE BENGKEL GUT, MASANG SPOON MUFFLER SEKALIGUS MENYETEL RESONATOR SUPAYA TENAGA MESIN GAK NGEMPOS. NAH, SETELAH ITU SEKALIAN MAU DYNO TEST LAGI. I'LL REPORT THE RESULT TO THIS FORUM
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bung David, aku ngikutin debat di milis Jazz Fit USA, kata mereka, paket coilover shocks (keluaran berbagai merk) jelas lebih ringan bobotnya daripada kombinasi per + shock ya....
Coil over shock itu yg pernya nyatu dengan shock bukan ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: DYNO TEST SETELAH PASANG BUSI VOLKER + MUFFLER SPOON

Post by DigitALL »

frontier wrote:
DigitALL wrote:
frontier wrote:Aha.. Bung David !!! akhirnya ada juga yang mau menanggapi... aku mau laporan aja nih... saat dynotest yang menunjukkan tambahan 15 HP (benar, menjadi 125 HP) itu kan belum menggunakan busi Volker Iridium kiriman Anda. Dan mengenai test jalan, kebetulan sore tadi, setelah memasang velg Volk Racing TE37Cup 16" yang bobotnya per unit lebih ringan sekitar 2 kg daripada velg standar Jazz VTEC (15") yang cungkring itu.... waduh, nyaman.. terasa banget bedanya... sempat sampai 150 km/jam tapi gak bisa lanjut karena kondisi traffic dan panjang jalan tidak memungkinkan antara Banjarmasin - Banjarbaru... Tapi yang jelas, sebelum pakai volker, dengan menggunakan manual 7 speed mode, RPM tertinggi TIDAK pernah mencapai 6000, paling2 sekitar 5800-5850 lalu dengan sendirinya auto shift up, walaupun jempol jariku tidak menyentuh tombol +. Nah, dengan Volker ini, mudah dan cepat sekali RPM naik, sampai 6000 !!! Perasaaanku, dengan velg Volk Racing ini, top speed bisa melampaui 180 km/jam. Mungkin sekitar 185-190 km/jam, kalo melihat cepatnya dan tingginya RPM yang bisa dicapai dan hentakan yang terasa...
Loh ... kenapa ngga sekalian pasang busi VOLKER-nya baru di dyno test aja Mr.frontier ? Kira2 kalo udah pasang VOLKER Iridium naik berapa HP lagi ya ? Mengingat sejak pasang VOLKER bisa cepat naik RPM-nya hingga 6000 8) dan tidak auto shift ! Jadi auto shift dengan sendirinya terjadi pada RPM 6000 pas ato lebih ?

Mengenai busi VOLKER Iridium, cukup laku nih kalo udah pada tau. Emang kebanyakan belom pada tau, temen gw juga byk yg nanya gimana sih VOLKER itu... gw langsung aja sodorin brosurnya. And pada bilang ckckckc :lol: 8) Dan VOLKER pernah uji di LeMans 24H sejauh 400.000km (dari brosurnya). :e-clap:

Well ... kapan nih diadu dengan Eterna GTi :lol: Kayanya bakal seru deh ... :D
RENCANAKU, AKHIR MEI SI JESKONENG MAU AKU BAWA KE SURABAYA, KE BENGKEL GUT, MASANG SPOON MUFFLER SEKALIGUS MENYETEL RESONATOR SUPAYA TENAGA MESIN GAK NGEMPOS. NAH, SETELAH ITU SEKALIAN MAU DYNO TEST LAGI. I'LL REPORT THE RESULT TO THIS FORUM
Ditunggu hasil testnya ... :roll:
frontier

Post by frontier »

Ya, coilover shocks itu yang per dan shock menyatu, dan yang merk bagus, biasanya ada setelan ketinggian dan setelan kekerasannya.... aku pingin tau yang untuk Jazz tersedia merk apa aja ya, dan harganya berapa ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hmmm gw kurang tau kalo yg cocok buat Jazz...

Emang sudah ada yg pernah ganti sebelumnya ? Dan kelebihannya apa saja dengan yg biasa ?
frontier

Post by frontier »

Kalo menurut perdebatan di milis Honda Fit Forums, katanya lebih ringkas dan bobot total jauh lebih ringan, tapi harganya lebih mahal dibanding kombinasi per + shocks...
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

2000 Audi S4 - Stock:

2.7L V6 TwinTurbo, 250hp at crank (manufacturer's claim)
Boost 8 psi

Ingat, ini ukuran dyno di wheel. Horsepower akan turun skt 20-25% dari kalau diukur di crank. Maka dari itu cuman rated at 197.7hp, bukan 250hp, spt manufacturer's claim.

Di post selanjutnya adalah dyno mobil yg sama setelah di chip.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by s4 on Mon Apr 24, 2006 18:07, edited 2 times in total.
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

2000 Audi S4 - GIAC chip, rev 1.05:

Cuman di chip aja.
Mesin masih stock 2.7L V6 Twin Turbo, nggak ada modif lain.
Boost dinaikin dari 8 psi (stock) ke 12 psi (chip).

261hp (chip) vs. 197hp (stock) at wheels.
330hp (chip) vs. 250hp (stock) at crack. Estimasi.

Best launch 0-60mph, 5.5 detik.
Kalau yg jago ngedrag bisa skt hanya 5 detik.

Di chip saat 18,000 miles
Mesin awet dan mulus sampai 82,000 miles. No problem.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by s4 on Wed Apr 26, 2006 20:57, edited 1 time in total.
frontier

Post by frontier »

Bobot Audi S-4 berapa ya ?
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

3650 lbs = 1655 kg

1655kg/330hp = 5kg/hp....not bad.

Berat gara2 quattro AWD.

A4 non-turbo 2WD biasa mungkin hanya skt 1500 kg.
frontier

Post by frontier »

Hebat dong 5 kg/hp.... Kalo jeskoneng kan misalnya tenaganya 125hp, bobot 1050kg, berarti 8.40kg/hp.... masih lebih berat daripada Audi S-4 Quattro....
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Post by lonesnake »

Just Wondering kalo saya pribadi pernah mencoba Dyno Test Di Bengkel Elysium Autotech di kendang sari Surabaya, tapi hasil pembacaan untuk Jazz VTEC manual standard tanpa modifikasi apapun cuma 75 hp, menurutku itu yang masuk akal, kalau standard di dyno bisa 108-109 sudah sangat baguslah. Dropnya nggak sampai 1 %. Pernah coba Xtrail 2.5 A/T di dyno cuma keluar 103 hp, bisa bayangkan berapa dropnya, mungkin karena Matic kali ya. Nissan Livina 1.8 M/T bisa keluar 96 hp dari spec kertas 126 hp. Suzuki Swift M/T ditest lebih besar dari Jazz Vtec dengan 78 HP, sekian sekilas info.