Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
zweifellos wrote:iya om vanz, kalo itu pastilah. yang bikin belom clear gimana mekanismenya. mungkin ada mekanisme yang bikin mobil tetap ditahan (direm) oleh handbrake meskipun tuas duluan dipindah ke P baru tarik handbrake (mekanisme yang selalu bikin handbrake yang bekerja meskipun posisi tuas di P dilakukan duluan, asal handbrake diaktifkan). jadi supir pun tinggal aktifkan handbrake saja, langsung kerja pengereman diambil dari mekanisme pengereman dari tuas porsneling di posisi P.
posisi P di transmisi A/T tidak ada hubungannya sama sekali dengan mekanisme hand brake om
oiya ini berlaku kalo hand brake nya yg masih manual, kalo mobil yg udah pakai electronic parking brake (hand brake tinggal pencet tombol) ane kurang tau.
zweifellos wrote:iya om vanz, kalo itu pastilah. yang bikin belom clear gimana mekanismenya. mungkin ada mekanisme yang bikin mobil tetap ditahan (direm) oleh handbrake meskipun tuas duluan dipindah ke P baru tarik handbrake (mekanisme yang selalu bikin handbrake yang bekerja meskipun posisi tuas di P dilakukan duluan, asal handbrake diaktifkan). jadi supir pun tinggal aktifkan handbrake saja, langsung kerja pengereman diambil dari mekanisme pengereman dari tuas porsneling di posisi P.
posisi P di transmisi A/T tidak ada hubungannya sama sekali dengan mekanisme hand brake om
oiya ini berlaku kalo hand brake nya yg masih manual, kalo mobil yg udah pakai electronic parking brake (hand brake tinggal pencet tombol) ane kurang tau.
IMHO, kalo saya sih realistis dengan teknologi yang ada sekarang aja.
urutannya udh bener seperti yang mod Hansen jelaskan. Jangan biarkan mekanisme transmisi yang menahan bobot mobil.
Di mobil manual pun, ane juga tetep begitu. Tarik rem tangan duluan, baru dibantu persneling masuk gigi 1. Not recommended buat pengemudi amatir ya, karena seringan kelupaan buat netralin tuh persneling kalo mau start, ujung2nya malah nyundul kendaraan di depannya.. Lebih afdol lagi kalo dibantu ganjal batu.
Cmiiw ya..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
zweifellos wrote:iya om vanz, kalo itu pastilah. yang bikin belom clear gimana mekanismenya. mungkin ada mekanisme yang bikin mobil tetap ditahan (direm) oleh handbrake meskipun tuas duluan dipindah ke P baru tarik handbrake (mekanisme yang selalu bikin handbrake yang bekerja meskipun posisi tuas di P dilakukan duluan, asal handbrake diaktifkan). jadi supir pun tinggal aktifkan handbrake saja, langsung kerja pengereman diambil dari mekanisme pengereman dari tuas porsneling di posisi P.
posisi P di transmisi A/T tidak ada hubungannya sama sekali dengan mekanisme hand brake om
oiya ini berlaku kalo hand brake nya yg masih manual, kalo mobil yg udah pakai electronic parking brake (hand brake tinggal pencet tombol) ane kurang tau.
maksud saya bukan mekanisme handbrake berhubungan dengan posisi P di transmisi A/T om tapi mekanisme pengereman secara umum. jadi apakah yang pertama kali dilakukan (misal mindahin ke posisi P) yang akan melakukan 'tugas' pengereman, yang kalo dicontoh ini karena memindahkan ke posisi P duluan, maka yang menahan gerakan mobil adalah karena sistem pengereman dari posisi P itu, meskipun handbrake sudah kita tarik (aktifkan). atau malah tidak mengenal urutan, selama handbrake aktif (ditarik), handbrake yang melakukan fungsi pengereman. kalo dari penjelasan om, urutan mana yang dilakukan duluan menentukan mana yang melakukan tugas pengereman. jadi sudah terjawab masalah tersebut.
jadi intinya postingan saya diatas membilangkan bahasan itu aja, yang om udah jawab, bukan mempermasalahkan pengereman mana yang sebaiknya yang dilakukan antara dengan posisi P atau handbrake alias mengkomeni postingan om vanz.
VanzMatic wrote:IMHO, kalo saya sih realistis dengan teknologi yang ada sekarang aja.
urutannya udh bener seperti yang mod Hansen jelaskan. Jangan biarkan mekanisme transmisi yang menahan bobot mobil.
Cmiiw ya..
emang ga ada yang mempermasalahkan urutan atau yang dibilang om hansen om. emang udah jelas lah, lebih baik pake handbrake. jelas kali itu om. ga ada yang bantah itu.
yang saya bicarakan (saya tanyakan) ama om hansen cuman mengenai urutannya biar PASTI pengeremannya dilakukan oleh handbrake dan bukan oleh karena pemindahan tuas ke posisi P, BUKAN membahas lebih baik mengerem dengan meletakkan tuas di posisi P atau handbrake.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
zweifellos wrote:iya om vanz, kalo itu pastilah. yang bikin belom clear gimana mekanismenya. mungkin ada mekanisme yang bikin mobil tetap ditahan (direm) oleh handbrake meskipun tuas duluan dipindah ke P baru tarik handbrake (mekanisme yang selalu bikin handbrake yang bekerja meskipun posisi tuas di P dilakukan duluan, asal handbrake diaktifkan). jadi supir pun tinggal aktifkan handbrake saja, langsung kerja pengereman diambil dari mekanisme pengereman dari tuas porsneling di posisi P.
posisi P di transmisi A/T tidak ada hubungannya sama sekali dengan mekanisme hand brake om
oiya ini berlaku kalo hand brake nya yg masih manual, kalo mobil yg udah pakai electronic parking brake (hand brake tinggal pencet tombol) ane kurang tau.
maksud saya bukan mekanisme handbrake berhubungan dengan posisi P di transmisi A/T om tapi mekanisme pengereman secara umum. jadi apakah yang pertama kali dilakukan (misal mindahin ke posisi P) yang akan melakukan 'tugas' pengereman, yang kalo dicontoh ini karena memindahkan ke posisi P duluan, maka yang menahan gerakan mobil adalah karena sistem pengereman dari posisi P itu, meskipun handbrake sudah kita tarik (aktifkan). atau malah tidak mengenal urutan, selama handbrake aktif (ditarik), handbrake yang melakukan fungsi pengereman. kalo dari penjelasan om, urutan mana yang dilakukan duluan menentukan mana yang melakukan tugas pengereman. jadi sudah terjawab masalah tersebut.
jadi intinya postingan saya diatas membilangkan bahasan itu aja, yang om udah jawab, bukan mempermasalahkan pengereman mana yang sebaiknya yang dilakukan antara dengan posisi P atau handbrake alias mengkomeni postingan om vanz.
VanzMatic wrote:IMHO, kalo saya sih realistis dengan teknologi yang ada sekarang aja.
urutannya udh bener seperti yang mod Hansen jelaskan. Jangan biarkan mekanisme transmisi yang menahan bobot mobil.
Cmiiw ya..
emang ga ada yang mempermasalahkan urutan atau yang dibilang om hansen om. emang udah jelas lah, lebih baik pake handbrake. jelas kali itu om. ga ada yang bantah itu.
yang saya bicarakan (saya tanyakan) ama om hansen cuman mengenai urutannya biar PASTI pengeremannya dilakukan oleh handbrake dan bukan oleh karena pemindahan tuas ke posisi P, BUKAN membahas lebih baik mengerem dengan meletakkan tuas di posisi P atau handbrake.
Kira2 apa saja yaa yang harus diperhatikan untuk transmisi A/T GL. Secara kalau dulu pakai mobil jerman tiap kali kena macet lama saya selalu memindahkan di posisi P.
Qilas_Key wrote:Kira2 apa saja yaa yang harus diperhatikan untuk transmisi A/T GL. Secara kalau dulu pakai mobil jerman tiap kali kena macet lama saya selalu memindahkan di posisi P.
ijin nyimak om, sebelumnya cuma bawa mobil matic temen, insyaallah bentar lagi bawa punya sendiri
O ya,
ada om/tante yg mungkin pengalaman, pas transaksi unit GL baru, ane kan pake BCA leasingnya, jadi di refer ke asuransi ACA. Rate asuransi, provisi dkk itu sebenernya masih negotiable gak ya?
maklum...first time buyer nih,
Ada yg pake ACA juga ga baru2 ini? kena berapa % preminya? ane kena 9.49% untuk all-risk full 3 tahun
[i]"Be the kind of person that when your feet hit the ground each morning the devil says, "OH CRAP, HE'S UP!"." [/i] - NN
ada yg uda perna ngerjain sendiri alias DIY nge carbjet livina nya sendiri ??
atau kalo yg uda perna ngeliat pas livina nya di carbjet di bengkel, kira2 ada ritual khusus nya ga ?? sperti cabut aki dulu kahh... atau cuman buka manifold ama busi trus lgs d semprot ??
ane coba bantu jawab ya om, ane pake 1.5 ulti, alarmnya blm ada anti-locknya om.
baca-baca di sebelah, kayaknya emang harus ditambahin deh.
yang ane tau, untuk model 2011 ke atas, semua tipe udah ada shock sensornya, cmiiw
[i]"Be the kind of person that when your feet hit the ground each morning the devil says, "OH CRAP, HE'S UP!"." [/i] - NN
haloo para admin.. ijin gabung ^^
sblmnya sy register di SM ini susahnya minta ampunn
btw, sy mau minta masukan sm para senior disini ttg GL..
ortu sy rencana nya mau beli baru GL 1.5 XV manual sebelum membeli apa saja yang harus diperhatikan kondisi GL, krn kami msih awam nih utk beli mobil baru (skrg masih pakai greco th '90) trus minggu kmren sdh pernah TD di bsd.
menurut sy mobilnya bner2 enak dan empuk spt review2 yg sdh sy baca dsini..
trus GL keluaran baru 2012 ini kelemahan nya apa ? apa masih sm spt yang lama apa sdh berkurang?
coba mobil test drive nya yg tahun berapa ?
untuk pembuatan yg thn 2011 akhir shockbekernya lebih firm/keras sedikit
kerugian : jalan dalam kota shock kurang lembut sedikit
keuntungan : buat tikung kecepatan tinggi, body roll nya lebih minim.
shock lebih awet
sudah ada filter AC untuk menghindari AC cepat rusak karena kotor di evaporatornya.
Penunjuk bensin ... sudah dari thn 2008 diganti gold plated
join steer ... masih gak tahu ???
tetapi yang pasti selama 3 thn ada kerusakan semua diganti .. jangan kuatir.
Bagi saya beli mobil yang paling penting 2 :
1. nyaman .. shock cukup lembut
2. mesin bisa diajak kencang tujuannya bukan untuk balapan atau lari diatas 160 KM/jam TETAPI
kalau mesin bisa lari 180 KM/jam artinya jalan 140 KM/jam dia santai alias tidak ngoyo ... jadi di dalam kabin
kalau untuk mendahului di depan cepat akselerasinya.
Oh ya bagi yang suka akselerasi sebaiknya ambil yang manual 1.5 atau matic 1.8
kalo mobil uda lewat 3 taon, ntuh masi di garansi ga om ???
joint steer ane uda perna di ganti, dan skrg masi bunyi duk2 nehh... makin lama makin kenceng...
Profith83 wrote:coba mobil test drive nya yg tahun berapa ?
untuk pembuatan yg thn 2011 akhir shockbekernya lebih firm/keras sedikit
kerugian : jalan dalam kota shock kurang lembut sedikit
keuntungan : buat tikung kecepatan tinggi, body roll nya lebih minim.
shock lebih awet
sudah ada filter AC untuk menghindari AC cepat rusak karena kotor di evaporatornya.
Penunjuk bensin ... sudah dari thn 2008 diganti gold plated
join steer ... masih gak tahu ???
tetapi yang pasti selama 3 thn ada kerusakan semua diganti .. jangan kuatir.
Bagi saya beli mobil yang paling penting 2 :
1. nyaman .. shock cukup lembut
2. mesin bisa diajak kencang tujuannya bukan untuk balapan atau lari diatas 160 KM/jam TETAPI
kalau mesin bisa lari 180 KM/jam artinya jalan 140 KM/jam dia santai alias tidak ngoyo ... jadi di dalam kabin
kalau untuk mendahului di depan cepat akselerasinya.
Oh ya bagi yang suka akselerasi sebaiknya ambil yang manual 1.5 atau matic 1.8
Joint steer lewat 3 thn gak bisa diclaim.
Mau tanya bunyi duk duk itu kalau belok mentok saja yah ?
Ada mobil yang kalau belok mentok juga bunyi centang .... mobil Panther... bunyinya keras sekali, cuma terjadi kalau belok tajam (setir dibelokin mentok)
Kalau belok dikit saja bunyi itu menurut saya bahaya, tetapi kalau belok full baru bunyi menurut saya itu design power steering nya terlalu mentok, mungkin kalau belok sudah mentok jangan ditahan stirnya tetapi dibalikin dikit.