Transmisi Otomatis vs Manual

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

benpur
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 21, 2006 11:55
Location: jkt

Transmisi Otomatis vs Manual

Post by benpur »

Saya sedang menimbang2 untuk mencoba beli mobil dengan transmisi otomatis untuk mobil kedua saya, tentunya setelah mobil pertama laku terjual :(

Tadinya saya berasumsi kalau dgn otomatis lebih enak berkendaraan di kondisi macet karena tidak harus main kopling.
Setelah baca2 dan cari referensi how to drive otomatic ternyata cuma pindah kaki aja, karena bila pada posisi D, rem harus diinjak agar tidak berjalan (atau rem tangan).
Jadi gugur sudah kemudahan yang saya anggap nilai plus otomatis.

Selain itu orang2 mengatakan trans otomatis nilai minusnya a.l:
- kanvas rem cepat habis : abis dipakai untuk menahan laju kendaraan bila macet, tapi anggaplah ini sbg pengganti kopling jadi impas sudah.
- konsumsi bahan bakar lebih boros, ada yg bilang selisihnya 1-1.5 km per liter dibanding versi manual : penjelasannya saat kendaraan berhenti pada posisi D mesin tetap bekerja namun ditahan oleh rem, jadi sebenarnya mesin tetap bekerja dan akan lebih ngotot bekerja karena ditahan. hal ini berbeda dengan manual bila di kopling.

SO, should i buy automatic cars over manual ?

pls advise.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

trgantung kebutuhan anda bro.... yang jelas dalam pemilihan transmisi mana yang akan dipakai tentu saja akan ada trade off nya.... tinggal disesuaikan dengan needs nya aja....
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

Kalau mau otomatis yg nggak ada kelemahan2 tsb, ambil tranmissi CVT Jazz atau City. Lebih irit dari transmisi manual Jazz/City, nggak makan rem, nggak nguraning tenaga, bisa pindah gigi secara manual (7-speed).

Cuman kelemahanya adalah transmisnya pakai ban karet yg bisa putus kalau sering dipakai macet di tanjakan. City gua udah putus. Tapi diganti gearboxnya sama Honda dlm garansi.
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

dari smp-sma wa pengennya manualll terus (taon 90an) tapi setelah beli mbl matic pertama, langsung deh ga mau balik2 lagi ke manual, apalagi perjalanan jauh... cape ui injek koplingnya terus.... ( kaki kiri wa males :P )
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

s4 wrote:Kalau mau otomatis yg nggak ada kelemahan2 tsb, ambil tranmissi CVT Jazz atau City. Lebih irit dari transmisi manual Jazz/City, nggak makan rem, nggak nguraning tenaga, bisa pindah gigi secara manual (7-speed).

Cuman kelemahanya adalah transmisnya pakai ban karet yg bisa putus kalau sering dipakai macet di tanjakan. City gua udah putus. Tapi diganti gearboxnya sama Honda dlm garansi.
gak juga koq bro CVT tetap ada kelemahannya koq.... makan rem juga, lawong kalo macem juga ngerem terus, ngurangin tenaga juga sih.... meski gak sebesar pengurangan matik konvensional.

transmisi ini gak pake ban karet lho! emangnya yamaha Mio? transmisi jenis ini menggunakan belt baja, mengenai deffect yang terjadi di city anda, saya kira case by case juga sih... emang sih waktu itu Honda sempat recall Fit/ arya untuk produksi tahun sekian karena ada problem dari belt CVT nya... tapi gak tahu produksi jazz periode itu ikut ke recall juga gak.
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

klo gak mau rem habis, setiap berhenti, pindahkan saja ke N (Netral), selama jalanan ga menanjak/ menurun mobil juga ga akan bergerak koq......
kondisi macet memang beda, semua mobil baik manual atau auto pasti akan habis juga pedal rem nya karena stop n go
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Aderaprabu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Apr 08, 2006 11:45
Location: Jakarta

Post by Aderaprabu »

klo gw sih senengan manual.. lbih ngebawa badan rasanya.. lbih nyatu sm mobill.. hehehe..
I'm a slowmotioned driver...
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Re: Transmisi Otomatis vs Manual

Post by Herry »

benpur wrote:Saya sedang menimbang2 untuk mencoba beli mobil dengan transmisi otomatis untuk mobil kedua saya, tentunya setelah mobil pertama laku terjual :(

Tadinya saya berasumsi kalau dgn otomatis lebih enak berkendaraan di kondisi macet karena tidak harus main kopling.
Setelah baca2 dan cari referensi how to drive otomatic ternyata cuma pindah kaki aja, karena bila pada posisi D, rem harus diinjak agar tidak berjalan (atau rem tangan).
Jadi gugur sudah kemudahan yang saya anggap nilai plus otomatis.
Kalo cuman sekedar membaca gimana bisa merasakan kenyamanan menggunakan mobil matic? Coba dulu deh saat dikemacetan baru u bisa merasakan nikmatnya pakai matic. Gue dulu juga suka pake MT tapi begitu dah pakai sekali AT dah gak mau balik lagi ke MT. AT dibuat untuk kenyamanan apalagi saat dalam kemacetan, omong kosong kalo MT lebih nyaman daripada AT saat kejebak di kemacetan
benpur wrote: Selain itu orang2 mengatakan trans otomatis nilai minusnya a.l:
- kanvas rem cepat habis : abis dipakai untuk menahan laju kendaraan bila macet, tapi anggaplah ini sbg pengganti kopling jadi impas sudah.
Pendapat kampas rem cepat habis adalah salah. Memang mobil matic dalam posisi D (drive) akan melaju sendiri, jadi saat stop kudu injak rem, tapi kalo dalam posisi berhenti agak lama misal di lampu merah, ya tinggal pindahkan aja ke posisi N (netral), mobil tidak akan jalan dan tidak menghabiskan kampas rem.
benpur wrote: - konsumsi bahan bakar lebih boros, ada yg bilang selisihnya 1-1.5 km per liter dibanding versi manual : penjelasannya saat kendaraan berhenti pada posisi D mesin tetap bekerja namun ditahan oleh rem, jadi sebenarnya mesin tetap bekerja dan akan lebih ngotot bekerja karena ditahan. hal ini berbeda dengan manual bila di kopling.

SO, should i buy automatic cars over manual ?

pls advise.
Konsumsi BBM AT lebih boros itu dari MT ? Itu tidak sepenuhnya benar, memang kalo mobil2 AT yg lama cenderung agak boros dibanding MT nya, tapi mobil2 AT yg baru rata2 semuanya udah menggunakan technology terkini yg bisa mengatur kebutuhan BBM. Malah disaat macet mobil2 baru AT bisa lebih irit MT, saat go and stop (di kemacetan) AT gak perlu nginjak gas, cukup pindahkan aja persneling ke D dan mobil pun meluncur perlahan, dibandingkan MT yg terkadang kita terburu2 bisa ngincak gas terlalu dalam akibatnya penggunaan BBM jadi lebih boros.


Jadi menggunakan mobil AT itu ada caranya supaya tidak boros BBM dan kampas rem, gunakan kombinasi persneling N dan D, bukan cuman sekedar main gas dan rem aja. Cuman mobil AT lebih rentan terhadap banjir, apalagi kalo sampai transmisi AT rusak, mahal biayanya.
Oh ya satu hal lagi keunggulan AT, saat kejebak kemacetan di tanjakan AT tidak bakal melorot/mundur ke belakang selama dalam posisi D, kaki juga gak pegal karena gak perlu jaga kopling terus. Kalo berhenti agak lama ditanjakan ya baru di hand rem aja.


So pilih AT atau MT kembali ke kebutuhan u sendiri. Kalo gue jelas pilih AT lebih nyaman :wink:
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

the-mantal wrote:klo gak mau rem habis, setiap berhenti, pindahkan saja ke N (Netral), selama jalanan ga menanjak/ menurun mobil juga ga akan bergerak koq......
kondisi macet memang beda, semua mobil baik manual atau auto pasti akan habis juga pedal rem nya karena stop n go
sebenarnya kalo mau ngerem nya full juga gak terlalu cepat habis koq, karena kampas rem bertambah tipis jika bergesek saja, jika dalam kondisi 'ngegigit' saya kira gak tambah tipis.... kalo keseringan pindah N-D-N-D malah start up clucth nya ntar lebih cepat habis juga hehehe
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

betul juga bung piterr.... kampas rem habis karena gesekan...
tp ember banget deh, semua pengguna mobil yg belum merasakan naik mobil AT harus mencoba dulu, jangan asal dengar kiri-kanan..... coba pun bukan dlam sekali sekali aja.... tp coba pakai mobil AT untuk kebutuhan sehari2 dalam sebulan, pasti akan jatuh cinta deh ma mobil AT....
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Soal enakan mana AT atau MT termasuk lebih awet mana...itu semua tergantung daripada pemakaianannya...

1. Lihat kondisi treknya, apakah sering macet? Jika ya, mendingan ambil AT. Jika malah kebanyakan rute jalan tol, bisa juga pilih MT, malah ada unsur fun tersendiri jika melaju memakai manual di jalan lancar, meskipun pada AT juga enak dipakai di jalan lancar, tetapi, di jalan tol, buat beberapa orang, justru lebih boros karena keseringan kick-down untuk menyalip.

2. Pemakaian oleh pengemudinya sendiri, apakah rajin merawat atau tidak, keduanya butuh perlakuan berbeda, dan juga butuh perawatan, baik AT dan MT. Gantilah pelumas AT (ATF sesuai rekomendasi manual book) secara rutin dengan memangkas interval servis rekomendasi manufaktur, misal tertulis di buku manual pelumas harus diganti setiap 100.000km, maka gantilah pelumas KURANG dari rekomndasi tsb, contoh setiap 75.000km.

Untuk lainnya, jika ingin mengemudi AT dengan sensasi MT, bisa pilih transmisi tiptronic seperti di beberapa mobil. Ataupun bisa juga transmisi CVT dengan 'mode manual' seperti di Honda Jazz meskipun buat beberapa pengemudi antusias terasa kurang realistis.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
benpur
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 21, 2006 11:55
Location: jkt

Post by benpur »

Terima kasih atas masukan rekans, maklum deh orang baru belon pernah pake otomatis..

[quote="piterr"]
sebenarnya kalo mau ngerem nya full juga gak terlalu cepat habis koq, karena kampas rem bertambah tipis jika bergesek saja, jika dalam kondisi 'ngegigit' saya kira gak tambah tipis.... kalo keseringan pindah N-D-N-D malah start up clucth nya ntar lebih cepat habis juga hehehe[/quote]

Wah ini susah, definisi keseringan itu gimana ?
kalo di traffic light better pindah ke N atau tetap di D, selama pakai manual sih saya netral kan.

Oh iya, dimana saya bisa dapat info tentang Howto drive automatic transmission cars, atau ada yang bisa posting di forum ini ?
misal whats PND12, gimana berakselerasi, menggunakan engine break dll.

thanks
frontier

Post by frontier »

Paling nyaman, transmisi matic mobil yang ada pilihan "triptronic" atau "steptronic" atau minimal "7mode" nya Jazz yang pake CVT... bisa agak mengakali kerja transmisi sesuai kemauan driver... tapi kalo di lampu merah, biasanya aku pindah ke "N" aja... kuatir kalo nahan rem ada lupanya, kaki terangkat dari pedal rem, kan mobil bisa nyium pantat motor/mobil di depan.....
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Saran saya, jangan ragu membeli mobil Matic, tuh saudara2 di atas sudah menjelaskannya.......... Hehehhe
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Zaman sekarang, di mana macet udah gila-gilaan, matic layak dibeli...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

matic jaman sekarang mah udah canggih, bisa dibuat manual pula, jd jangan takut pake matic mesin boyo, tp perawatan kudu extra karena klo rusak agak mahal lah
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

dado wrote:matic jaman sekarang mah udah canggih, bisa dibuat manual pula, jd jangan takut pake matic mesin boyo, tp perawatan kudu extra karena klo rusak agak mahal lah
Tergantung matic sama mobilnya, masih ada mobil baru yg maticnya kuno....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear