benpur wrote:Saya sedang menimbang2 untuk mencoba beli mobil dengan transmisi otomatis untuk mobil kedua saya, tentunya setelah mobil pertama laku terjual
Tadinya saya berasumsi kalau dgn otomatis lebih enak berkendaraan di kondisi macet karena tidak harus main kopling.
Setelah baca2 dan cari referensi how to drive otomatic ternyata cuma pindah kaki aja, karena bila pada posisi D, rem harus diinjak agar tidak berjalan (atau rem tangan).
Jadi gugur sudah kemudahan yang saya anggap nilai plus otomatis.
Kalo cuman sekedar membaca gimana bisa merasakan kenyamanan menggunakan mobil matic? Coba dulu deh saat dikemacetan baru u bisa merasakan nikmatnya pakai matic. Gue dulu juga suka pake MT tapi begitu dah pakai sekali AT dah gak mau balik lagi ke MT. AT dibuat untuk kenyamanan apalagi saat dalam kemacetan, omong kosong kalo MT lebih nyaman daripada AT saat kejebak di kemacetan
benpur wrote:
Selain itu orang2 mengatakan trans otomatis nilai minusnya a.l:
- kanvas rem cepat habis : abis dipakai untuk menahan laju kendaraan bila macet, tapi anggaplah ini sbg pengganti kopling jadi impas sudah.
Pendapat kampas rem cepat habis adalah salah. Memang mobil matic dalam posisi D (drive) akan melaju sendiri, jadi saat stop kudu injak rem, tapi kalo dalam posisi berhenti agak lama misal di lampu merah, ya tinggal pindahkan aja ke posisi N (netral), mobil tidak akan jalan dan tidak menghabiskan kampas rem.
benpur wrote:
- konsumsi bahan bakar lebih boros, ada yg bilang selisihnya 1-1.5 km per liter dibanding versi manual : penjelasannya saat kendaraan berhenti pada posisi D mesin tetap bekerja namun ditahan oleh rem, jadi sebenarnya mesin tetap bekerja dan akan lebih ngotot bekerja karena ditahan. hal ini berbeda dengan manual bila di kopling.
SO, should i buy automatic cars over manual ?
pls advise.
Konsumsi BBM AT lebih boros itu dari MT ? Itu tidak sepenuhnya benar, memang kalo mobil2 AT yg lama cenderung agak boros dibanding MT nya, tapi mobil2 AT yg baru rata2 semuanya udah menggunakan technology terkini yg bisa mengatur kebutuhan BBM. Malah disaat macet mobil2 baru AT bisa lebih irit MT, saat go and stop (di kemacetan) AT gak perlu nginjak gas, cukup pindahkan aja persneling ke D dan mobil pun meluncur perlahan, dibandingkan MT yg terkadang kita terburu2 bisa ngincak gas terlalu dalam akibatnya penggunaan BBM jadi lebih boros.
Jadi menggunakan mobil AT itu ada caranya supaya tidak boros BBM dan kampas rem, gunakan kombinasi persneling N dan D, bukan cuman sekedar main gas dan rem aja. Cuman mobil AT lebih rentan terhadap banjir, apalagi kalo sampai transmisi AT rusak, mahal biayanya.
Oh ya satu hal lagi keunggulan AT, saat kejebak kemacetan di tanjakan AT tidak bakal melorot/mundur ke belakang selama dalam posisi D, kaki juga gak pegal karena gak perlu jaga kopling terus. Kalo berhenti agak lama ditanjakan ya baru di hand rem aja.
So pilih AT atau MT kembali ke kebutuhan u sendiri. Kalo gue jelas pilih AT lebih nyaman

Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.