Rear Wheel Locking
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29
Rear Wheel Locking
Hallo bro,
perkenalkan saya pendatang baru, saya ninja user.
Mo nanya sama bro2 semua tentang topik diatas .
Lebih besar mana pengaruh nya antara kompon ban dan rem ??? atau ada komponen lain yg berpengaruh ???
dan gimana cara nya supaya gak terjadi kayak gitu, atau paling gak gimana control kendaraan klo dalam kondisi kayak gitu ...
karena saya sering mengalami kejadian kayak gitu, dan mengerikan banget klo gak bisa control itu.
thx bros
perkenalkan saya pendatang baru, saya ninja user.
Mo nanya sama bro2 semua tentang topik diatas .
Lebih besar mana pengaruh nya antara kompon ban dan rem ??? atau ada komponen lain yg berpengaruh ???
dan gimana cara nya supaya gak terjadi kayak gitu, atau paling gak gimana control kendaraan klo dalam kondisi kayak gitu ...
karena saya sering mengalami kejadian kayak gitu, dan mengerikan banget klo gak bisa control itu.
thx bros
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Halo bro Rheedie......
Compound ban dan rem keduanya berpengaruh. Apalagi kondisi jalanan (kering/basah/pasir dll) dan kecepatan motor juga berpengaruh........
Biasakan mengerem dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Bila terjadi rear locking, lepaskan rem dan kendurkan gas, mudah2an arah motor bisa terkoreksi kembali.
Compound ban dan rem keduanya berpengaruh. Apalagi kondisi jalanan (kering/basah/pasir dll) dan kecepatan motor juga berpengaruh........
Biasakan mengerem dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Bila terjadi rear locking, lepaskan rem dan kendurkan gas, mudah2an arah motor bisa terkoreksi kembali.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29
gini bro motor saya (kecuali footstep) semua masih standar.
Nah problem nya tuh klo ngerem drastis dari kecepatan di atas rata2, ban belakang suka banget nge-lock.
Ada rencana mo ganti ban pake yg lebih empuk. dan pasti bro disini udah pada tau harga ban yg kayak gitu. jadi saya mo minta pendapat bro disini dulu, klo ganti ban yg lebih empuk, apa bisa ngebantu ngilangin gejala kayak gitu. Gimana dengan rem ? apa ada settingan untuk mengatur pakem nggak nya rem (disc brake) ? Gimana dengan ABS ? emang bener2 ada komponen itu untuk motor ber cc kecil ?
thx bro sebelumnya
Nah problem nya tuh klo ngerem drastis dari kecepatan di atas rata2, ban belakang suka banget nge-lock.
Ada rencana mo ganti ban pake yg lebih empuk. dan pasti bro disini udah pada tau harga ban yg kayak gitu. jadi saya mo minta pendapat bro disini dulu, klo ganti ban yg lebih empuk, apa bisa ngebantu ngilangin gejala kayak gitu. Gimana dengan rem ? apa ada settingan untuk mengatur pakem nggak nya rem (disc brake) ? Gimana dengan ABS ? emang bener2 ada komponen itu untuk motor ber cc kecil ?
thx bro sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
ban standar pabrik memang cenderung licin. Jadi memang sebaiknya diganti dengan ban merek lain yg sudah terbukti bagus (contohnya Bridgestone Battlax).
Mengganti ban aftermarket pastinya jauh membantu gejala rear locking ini. Contohnya di motor CBR. Teman2 di club sudah membuktikannya. Salah satu rekomendasi untuk modifikasi pertama adalah penggantian ban !!
Disc brake gak perlu di adjust.........apalagi pake "ABS" yang bo'ongan itu. Pernah denger kalo itu cuma membuat tonjokan master rem menjadi lemah/softer aja. Jadi bukan ABS dalam arti sebenarnya (Anti Lock Bracking System)
Mengganti ban aftermarket pastinya jauh membantu gejala rear locking ini. Contohnya di motor CBR. Teman2 di club sudah membuktikannya. Salah satu rekomendasi untuk modifikasi pertama adalah penggantian ban !!
Disc brake gak perlu di adjust.........apalagi pake "ABS" yang bo'ongan itu. Pernah denger kalo itu cuma membuat tonjokan master rem menjadi lemah/softer aja. Jadi bukan ABS dalam arti sebenarnya (Anti Lock Bracking System)

-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
plus asuransi jiwa.. 
ati2 kalo ninja masih pake ban standar pabrik..butut banget tuh ban std ninja, cocoknya buat dijadiin bumper kapal di marina ancol! ganti battlax dong :p
saran gw, kalo ngerem usahain berlatih/dibiasakan teken tuas rem depan dulu, stlh beberapa milidetik baru rem blakang diteken.

ati2 kalo ninja masih pake ban standar pabrik..butut banget tuh ban std ninja, cocoknya buat dijadiin bumper kapal di marina ancol! ganti battlax dong :p
saran gw, kalo ngerem usahain berlatih/dibiasakan teken tuas rem depan dulu, stlh beberapa milidetik baru rem blakang diteken.
Just Call Me Nichol !!!
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19
bener nih bro..........gauss wrote:Halo bro Rheedie......
Biasakan mengerem dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Bila terjadi rear locking, lepaskan rem dan kendurkan gas, mudah2an arah motor bisa terkoreksi kembali.
kalo gw sih selalu rem depan duluan (malah rem blakang suka ga dipake). ngerem yg benar itu ya pake rem depan, blakang hanya untuk membantu. supaya gejala sliding ga terjadi coba rem depan dulu baru injek rem depan. kalo mo sliding lepas injekan rem blakang bro. jd model dikocok.
rem depan mo dibejek gimana juga kayaknya ga bakal mental deh, kecuali ente mang niat mo stoppie

jd kalo dana blom cukup ganti batlax yg ban depan ajew dulu, ban blakang goyang inul masih bisa di antisipasi kan, nah kalo yg depan......??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta