Rear Wheel Locking

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rheedie
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29

Rear Wheel Locking

Post by rheedie »

Hallo bro,

perkenalkan saya pendatang baru, saya ninja user.

Mo nanya sama bro2 semua tentang topik diatas .
Lebih besar mana pengaruh nya antara kompon ban dan rem ??? atau ada komponen lain yg berpengaruh ???
dan gimana cara nya supaya gak terjadi kayak gitu, atau paling gak gimana control kendaraan klo dalam kondisi kayak gitu ...
karena saya sering mengalami kejadian kayak gitu, dan mengerikan banget klo gak bisa control itu.

thx bros
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Halo bro Rheedie......

Compound ban dan rem keduanya berpengaruh. Apalagi kondisi jalanan (kering/basah/pasir dll) dan kecepatan motor juga berpengaruh........

Biasakan mengerem dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Bila terjadi rear locking, lepaskan rem dan kendurkan gas, mudah2an arah motor bisa terkoreksi kembali.
rheedie
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29

Post by rheedie »

gini bro motor saya (kecuali footstep) semua masih standar.
Nah problem nya tuh klo ngerem drastis dari kecepatan di atas rata2, ban belakang suka banget nge-lock.
Ada rencana mo ganti ban pake yg lebih empuk. dan pasti bro disini udah pada tau harga ban yg kayak gitu. jadi saya mo minta pendapat bro disini dulu, klo ganti ban yg lebih empuk, apa bisa ngebantu ngilangin gejala kayak gitu. Gimana dengan rem ? apa ada settingan untuk mengatur pakem nggak nya rem (disc brake) ? Gimana dengan ABS ? emang bener2 ada komponen itu untuk motor ber cc kecil ?

thx bro sebelumnya
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

ban standar pabrik memang cenderung licin. Jadi memang sebaiknya diganti dengan ban merek lain yg sudah terbukti bagus (contohnya Bridgestone Battlax).
Mengganti ban aftermarket pastinya jauh membantu gejala rear locking ini. Contohnya di motor CBR. Teman2 di club sudah membuktikannya. Salah satu rekomendasi untuk modifikasi pertama adalah penggantian ban !!

Disc brake gak perlu di adjust.........apalagi pake "ABS" yang bo'ongan itu. Pernah denger kalo itu cuma membuat tonjokan master rem menjadi lemah/softer aja. Jadi bukan ABS dalam arti sebenarnya (Anti Lock Bracking System) :)
rheedie
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29

Post by rheedie »

sip deh dan thx bro, saya coba ganti ban dulu deh. soalnya penting banget bro, ngeliat di jalan2 angkot dan bus2 suka berhenti mendadak di tengah jalan. lagi asik2 cruising, tiba ngerem mendadak karena mereka.
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

OK bro.........have a good day !!
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

dan ingat selalu pakai helm, and jacket and sepatu... have a good ride dude!!!
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

plus asuransi jiwa.. :)

ati2 kalo ninja masih pake ban standar pabrik..butut banget tuh ban std ninja, cocoknya buat dijadiin bumper kapal di marina ancol! ganti battlax dong :p

saran gw, kalo ngerem usahain berlatih/dibiasakan teken tuas rem depan dulu, stlh beberapa milidetik baru rem blakang diteken.
Just Call Me Nichol !!!
rheedie
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 30, 2006 3:29

Post by rheedie »

@yab
udah pasti, walau gak yg ber merk, tp fungsi nya paling gak mendekati hehehe

@nichol
iya nih, udah sering latihan tp klo lagi panic mode, suka lupa dua2nya di bejek. :D

btw, ngomong2 asuransi ada gak yah asuransi buat motor yg all risk ??
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

sepengetahuan gua seh kagak ada asuransi motor yang all risk, cuma ada TLO aja.......
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Post by konsat »

gauss wrote:Halo bro Rheedie......

Biasakan mengerem dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Bila terjadi rear locking, lepaskan rem dan kendurkan gas, mudah2an arah motor bisa terkoreksi kembali.
bener nih bro..........

kalo gw sih selalu rem depan duluan (malah rem blakang suka ga dipake). ngerem yg benar itu ya pake rem depan, blakang hanya untuk membantu. supaya gejala sliding ga terjadi coba rem depan dulu baru injek rem depan. kalo mo sliding lepas injekan rem blakang bro. jd model dikocok.

rem depan mo dibejek gimana juga kayaknya ga bakal mental deh, kecuali ente mang niat mo stoppie :)

jd kalo dana blom cukup ganti batlax yg ban depan ajew dulu, ban blakang goyang inul masih bisa di antisipasi kan, nah kalo yg depan......??
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Wah bentar lagi khan Oto bursa diparkit... biasanya banyak ban2 bekas moge... atau eks luar... yg akan dijual .....biasanya murah tuh......
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

KAPAN2????

duh akhirnya ban EX-moge. pas bener ban belakang udah botak

maklum biasa di pake gaya2an sliding2 gtu
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D