Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
As subject
Saya nggak bisa komen atas gbr berikut, dan saya sih percaya bahwa sebetulnya semua parts yg dipasang di suatu mobil sudah dihitung secara seksama oleh pabrikan dan semua mobil sudah dilakukan berbagai uji keselamatan sebelum dirilis ke pasar.
Cuman saya ingat benar kalau di Cielo dulu sambungan selang BBM ke Fuel Rail itu pakai baut Banjo dari logam, membuka dan ngencenginnya aja harus pakai kunci sok
di mobil2 Diesel spt Panther / ToKiDies / D4 D saluran2 BBM dikasih klem, padahal negative pressure krn BBM dihisap pompa injeksi
Nah sistem EFI Gasoline itu saluran BBM dan Fuel Rail menerima pressure 4 - 5 bar yg di- generate El F Pump di tangki.
So.......no comment
Saya nggak bisa komen atas gbr berikut, dan saya sih percaya bahwa sebetulnya semua parts yg dipasang di suatu mobil sudah dihitung secara seksama oleh pabrikan dan semua mobil sudah dilakukan berbagai uji keselamatan sebelum dirilis ke pasar.
Cuman saya ingat benar kalau di Cielo dulu sambungan selang BBM ke Fuel Rail itu pakai baut Banjo dari logam, membuka dan ngencenginnya aja harus pakai kunci sok
di mobil2 Diesel spt Panther / ToKiDies / D4 D saluran2 BBM dikasih klem, padahal negative pressure krn BBM dihisap pompa injeksi
Nah sistem EFI Gasoline itu saluran BBM dan Fuel Rail menerima pressure 4 - 5 bar yg di- generate El F Pump di tangki.
So.......no comment
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Jadi ingat mobil temenku yg kebakar waktu selang bensin lepas dari Fuel Pressure Regulator modif murahan buatan Cina.
Sebetulnya bisa aja dibuat kayak gitu, tapi dicari bahan selang yg kalau kena bensin lama2 mengeras, jangan yg jadi lembut. Makin mengeras maka makin menggigit. Selang hidraulik Citroen biasa menerima tekanan 70 psi lebih, asal pakai oli LHM asli jarang bocor, padahal gak pakai diklem2
Kalau di Peugeot, ada sensor impak, kalau ketrigger maka fuel pump mati. Di mobil lain, kalau tabrakan, baiknya matikan kunci kontak, krn selama kunci on, fuel pump dan busi nyala.
Sebetulnya bisa aja dibuat kayak gitu, tapi dicari bahan selang yg kalau kena bensin lama2 mengeras, jangan yg jadi lembut. Makin mengeras maka makin menggigit. Selang hidraulik Citroen biasa menerima tekanan 70 psi lebih, asal pakai oli LHM asli jarang bocor, padahal gak pakai diklem2
Kalau di Peugeot, ada sensor impak, kalau ketrigger maka fuel pump mati. Di mobil lain, kalau tabrakan, baiknya matikan kunci kontak, krn selama kunci on, fuel pump dan busi nyala.
Last edited by asudarsono on Mon Mar 12, 2012 5:21, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
so? cuman no wonder or mo lanjut tanya kenapa???
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
dieselkiki wrote:so? cuman no wonder or mo lanjut tanya kenapa???
manTAFT .............



Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
TAFT manTAFT ..
nunggu jawaban yg gak tau bakal kluar atau gak. lalu jujur atau nggak...
nunggu jawaban yg gak tau bakal kluar atau gak. lalu jujur atau nggak...
- faith humanity freedom -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
jadinye gimana nih ? om tm gak kasih confirmasi ?
itu di media lokal udah di kasih tau kl ini murni human eror aja n nmutusin gak ngelibatin nisan utk investigasi .
...... something fishy ?
itu di media lokal udah di kasih tau kl ini murni human eror aja n nmutusin gak ngelibatin nisan utk investigasi .
...... something fishy ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
betewe ane gak kait kaitkan gambar tsb dgn kasus kebakaran mobil ybs. lho...........
Kalo soal kasus kebakaran si mending kita tunggu penyelidikan para ahli aja deh ya.........
Kalo soal kasus kebakaran si mending kita tunggu penyelidikan para ahli aja deh ya.........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Iya , diluar konteks itu om. trus bijimane ? wa org awam masih bingung . jadi mustinya gimane ? NMI kudu narik dan mbenerin mestinya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Sorry Om ane msh ga paham sm gambar itu? Pertanyaan ane adalah apakah klo GA diklem seperti statement om itu a pa iya gampang bgt copot / dicopot pake tangan bisa lepas?
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Emangnya di "mobil lain" gak ada fuel cut off doel? Di Ford Focus saya ada - kalo nabrak fuel pump mati. Ada tombolnya malah buat mengaktifkan kembali fuel pumpnya :pasudarsono wrote:Kalau di Peugeot, ada sensor impak, kalau ketrigger maka fuel pump mati. Di mobil lain, kalau tabrakan, baiknya matikan kunci kontak, krn selama kunci on, fuel pump dan busi nyala.
asu darsono, lagi2 ngasi info

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
-deleted-
Last edited by DOHC on Mon Mar 12, 2012 12:04, edited 1 time in total.
Reason: offensive post
Reason: offensive post
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Nah itu yang patut ditiru ama Toyota. NCAP Toyota bagus2 juga bukan......
Ready to Race
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Toyota saya juga ada. Ngawur lagi nih yeeee
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
jadi ga beres lagi dah diskusi nya ... Hadeeuuhh ...
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Cuman di koreksi aja...soalnya ada yg bilang cuman di Peugeot aja ada fuel cut off kalo kecelakaaan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Intinya kita harus tau, injek gas untuk ngebut dan ngerem pakem untuk berhenti dan belok adalah sesuatu yg berbeda
itu yg ane pelajari waktu umur 17 tahun menhancurkan dan meng akrobatik an mobil sampe hancur total 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
ngebenerin yg gak ada????? ampoeeehh beneeeer ..huahahahaha lucune poool
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Ayo pakar2 urun rembug
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Melihat sambungan saluran BBM di N****n J**e
Saya rasa tret ini bisa sangat edukatif sekali, dan karena melihat permasalahannya dari sisi teknis dengan bukti otentik tanpa menjelek-jelekkan pihak tertentu, jadi saya pertimbangkan untuk mengedit judul dari tret ini, dengan harapan kondisi tret tetap kondusif.
Mungkin bagi yang masih awam mengenai saluran BBM yang dimaksud oom Turbo atau bahasa kerennya sambungan selang bensin ke fuel rail, saya mungkin berikan contoh konektor logam yang dimaksud, berikut gambar dari sparepart Mitsu:
Bisa dilihat di ujung-ujung kedua gambar itu diberikan adapter penguat terbuat dari besi dan dipasang menggunakan baut khusus.
Sedangkan bandingkan pada Nissan Juke
Kalau dari http://www.jukeforums.com - site yang menurut saya memiliki pembahasan teknis Juke yang paling bagus- menyebutkan bahwa adaptor sambungan di juke ini menggunakan sesuatu yang mereka sebut sebagai ring-O rubber sebanyak 2 buah, di bagian dalam konektor tersebut, bukan dikuatkan dari luar, lalu dari site yang sama disebutkan bahwa pada awalnya Nissan meng-klaim bahan saluran BBM nya menggunakan karet kaku yang tidak tidak getas.
Permasalahannya adalah, pada site yang sama juga terdapat banyak sekali komentar mengenai pengguna Juke yang merasakan bau BBM masuk kedalam kabin, diantaranya adalah:
"I then was noticing the strong gasoline odor from underneath the car even after a short trip and mpgs was decreasing too"
lalu ketika mereka klaim ke bengker resmi, solusinya adalah:
"They replaced the "High Pressure Sensor Gasket, Valve and an O ring". They also fixed the two issues on the recent recall...the air inlet tube and foam kit for door locks."
Lalu terdapat recall dari US: Untuk highlight nya saya blok di gambar.
Kemudian saya meneliti tipe mesin yang digunakan oleh Nissan Juke Indonesia, yang di klaim CBU Jepang, menggunakan mesin :
1.5 L HR15DE I4
Sama dengan yang digunakan di US, dimana disana ada 4 varian mesin:
1.5 L HR15DE I4
1.6 L MR16DDT Turbo I4
1.6 L HR16DE I4
1.5 L Renault K9K I4 diesel
Dan ketiga mesin bensin nya mendapatkan recall di US.
Mungkin sudah ada para master yang mengamati lebih lanjut mengenai perbedaan mesin yang beredar di US dan di Indonesia? karena sejauh yang saya teliti, saya mendapatkan pengetahuan bahwa blok mesin nya sama, fitur-fitur kelengkapannya sama, tapi saya belum dapat pengetahuan apakah sambungan BBM, dan fuel sensor yang digunakan sama (meskipun secara jelas dari forum luar disebutkan kondisi spek sambungan selang bbm ke fuel rail yang mirip-mirip, tapi saya belum dapat gambarnya.. so, finger crossed).
Bagi pengguna Juke, atau yang sudah pengalaman bawa mobil, mungkin ada yang bisa share kalau ada pengalaman yang serupa mengenai bau bensin yang masuk kabin, atau permasalahan di bagian fuel rail, mungkin bisa di share di tret ini
CMIIW

Mungkin bagi yang masih awam mengenai saluran BBM yang dimaksud oom Turbo atau bahasa kerennya sambungan selang bensin ke fuel rail, saya mungkin berikan contoh konektor logam yang dimaksud, berikut gambar dari sparepart Mitsu:
Bisa dilihat di ujung-ujung kedua gambar itu diberikan adapter penguat terbuat dari besi dan dipasang menggunakan baut khusus.
Sedangkan bandingkan pada Nissan Juke
Kalau dari http://www.jukeforums.com - site yang menurut saya memiliki pembahasan teknis Juke yang paling bagus- menyebutkan bahwa adaptor sambungan di juke ini menggunakan sesuatu yang mereka sebut sebagai ring-O rubber sebanyak 2 buah, di bagian dalam konektor tersebut, bukan dikuatkan dari luar, lalu dari site yang sama disebutkan bahwa pada awalnya Nissan meng-klaim bahan saluran BBM nya menggunakan karet kaku yang tidak tidak getas.
Permasalahannya adalah, pada site yang sama juga terdapat banyak sekali komentar mengenai pengguna Juke yang merasakan bau BBM masuk kedalam kabin, diantaranya adalah:
"I then was noticing the strong gasoline odor from underneath the car even after a short trip and mpgs was decreasing too"
lalu ketika mereka klaim ke bengker resmi, solusinya adalah:
"They replaced the "High Pressure Sensor Gasket, Valve and an O ring". They also fixed the two issues on the recent recall...the air inlet tube and foam kit for door locks."
Lalu terdapat recall dari US: Untuk highlight nya saya blok di gambar.
Kemudian saya meneliti tipe mesin yang digunakan oleh Nissan Juke Indonesia, yang di klaim CBU Jepang, menggunakan mesin :
1.5 L HR15DE I4
Sama dengan yang digunakan di US, dimana disana ada 4 varian mesin:
1.5 L HR15DE I4
1.6 L MR16DDT Turbo I4
1.6 L HR16DE I4
1.5 L Renault K9K I4 diesel
Dan ketiga mesin bensin nya mendapatkan recall di US.
Mungkin sudah ada para master yang mengamati lebih lanjut mengenai perbedaan mesin yang beredar di US dan di Indonesia? karena sejauh yang saya teliti, saya mendapatkan pengetahuan bahwa blok mesin nya sama, fitur-fitur kelengkapannya sama, tapi saya belum dapat pengetahuan apakah sambungan BBM, dan fuel sensor yang digunakan sama (meskipun secara jelas dari forum luar disebutkan kondisi spek sambungan selang bbm ke fuel rail yang mirip-mirip, tapi saya belum dapat gambarnya.. so, finger crossed).
Bagi pengguna Juke, atau yang sudah pengalaman bawa mobil, mungkin ada yang bisa share kalau ada pengalaman yang serupa mengenai bau bensin yang masuk kabin, atau permasalahan di bagian fuel rail, mungkin bisa di share di tret ini
CMIIW

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
nice share bang stigdjay....
btw, ane jg mau menarik statement ane di postingan seblom nya.... ternyata utk varian nissan livina, sami mawon alias 11 12 ama si juke... utk selang bensin nya sama2 kaga pake klem2 an.... jadi jalur fuel line nya di livina, persis ama di si juke...
btw, ane jg mau menarik statement ane di postingan seblom nya.... ternyata utk varian nissan livina, sami mawon alias 11 12 ama si juke... utk selang bensin nya sama2 kaga pake klem2 an.... jadi jalur fuel line nya di livina, persis ama di si juke...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
go.. bukannya ente juga miara juke???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
angkot aja tabrakan parah jarang kebakar 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
nah itulah bro..... angkot yg masuk ke jurang aja ga kebakar..... padahal belum tentu ada fitur fuel cut off...solar_kerosen wrote:angkot aja tabrakan parah jarang kebakar