Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nubie mw tanya nih, atoz m/t ane sudah beberapa hari terakhir suhunya di bawah normal. Maksudnya susah bgt mencapai suhu ideal. Bisa ideal kalau kondisi jalan lg macet aja. Tapi kalu ketemu toll yg lancar, biar udah jalan sejam lebih, suhunya malah deket2 di huruf "C". Kira-kira kenapa ya?
Fyi, bbrp minggu lalu sempat overheat krn radiator bocor dan sensor rusak (pecah). Waktu itu udah ditambal dan ganti sensor segala. Bbrp hari sempet ndut2an, setelah ganti paking sensor sudah mendingan. Eh sekarang malah susah panas. Dipakai jalan sih ga terlalu masalah. Cuma ga normal khan?
y_anjasrana wrote:Nubie mw tanya nih, atoz m/t ane sudah beberapa hari terakhir suhunya di bawah normal. Maksudnya susah bgt mencapai suhu ideal. Bisa ideal kalau kondisi jalan lg macet aja. Tapi kalu ketemu toll yg lancar, biar udah jalan sejam lebih, suhunya malah deket2 di huruf "C". Kira-kira kenapa ya?
Fyi, bbrp minggu lalu sempat overheat krn radiator bocor dan sensor rusak (pecah). Waktu itu udah ditambal dan ganti sensor segala. Bbrp hari sempet ndut2an, setelah ganti paking sensor sudah mendingan. Eh sekarang malah susah panas. Dipakai jalan sih ga terlalu masalah. Cuma ga normal khan?
Jangan2 meteran suhunya yang udh ngga akurat, om? Jadi suhu normal, ditunjukkinnya malah cold.
Coba dicek kelistrikannya panel speedo om..
cmiiw sangat..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
y_anjasrana wrote:Nubie mw tanya nih, atoz m/t ane sudah beberapa hari terakhir suhunya di bawah normal. Maksudnya susah bgt mencapai suhu ideal. Bisa ideal kalau kondisi jalan lg macet aja. Tapi kalu ketemu toll yg lancar, biar udah jalan sejam lebih, suhunya malah deket2 di huruf "C". Kira-kira kenapa ya?
Fyi, bbrp minggu lalu sempat overheat krn radiator bocor dan sensor rusak (pecah). Waktu itu udah ditambal dan ganti sensor segala. Bbrp hari sempet ndut2an, setelah ganti paking sensor sudah mendingan. Eh sekarang malah susah panas. Dipakai jalan sih ga terlalu masalah. Cuma ga normal khan?
hmmm.... ada kemungkinan thermostart nya ga dipakein lg atau dilepas....coba diperiksa dl bro.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Di cek aja apa thermostat-nya terpasang atau tidak.
Kalo memang terpasang, apa masi bekerja dengan baik???
Kalo semua baik, mungkin dulu panasnya lebih tinggi karena radiator kotor.
Periksa konsumsi BBM, kalo lebih boros, artinya memang cooling system (radiator dsb) bermasalah, kalo konsumsi bbm sama saja ya artinya masalah suhu mesin dingin biarin aja.
y_anjasrana wrote:Nubie mw tanya nih, atoz m/t ane sudah beberapa hari terakhir suhunya di bawah normal. Maksudnya susah bgt mencapai suhu ideal. Bisa ideal kalau kondisi jalan lg macet aja. Tapi kalu ketemu toll yg lancar, biar udah jalan sejam lebih, suhunya malah deket2 di huruf "C". Kira-kira kenapa ya?
Sensor yg skg dipasang spec nya sama persis dgn yg aslinya ?
Kalo ukur pake OBD2 reader bacaan coolant tempt saat suhu kerja normal brp deg C ?
menurut saya sih ga masalah lah, suhu dibawah normal mungkin karena termostat ga kepasang... well kalo memang dipake aman2 aja, yo wes... tapi kalo pas macet tiba2 temperatur jadi sangat tinggi ya pasang lagi termostatnya..
ummm... coba cek termostat deh. cuma di sebelah mana ya....
btw klu jalanan lg macet suhunya normal sih, pas tengah2. ga lewat dari batasnya. cuma kyknya bensin jadi lebih boros. kmrn ngobrol ma mbah sjamsul ktnya memang bikin boros, krn suhu ga optimal, kerja mesin jd ga optimal juga.
y_anjasrana wrote:ummm... coba cek termostat deh. cuma di sebelah mana ya....
btw klu jalanan lg macet suhunya normal sih, pas tengah2. ga lewat dari batasnya. cuma kyknya bensin jadi lebih boros. kmrn ngobrol ma mbah sjamsul ktnya memang bikin boros, krn suhu ga optimal, kerja mesin jd ga optimal juga.
jas, klo sdh diperiksa ternyata hasilnya ga memuaskan ane ada usul lain nih....... tinggal pergi aja ke showroom mbl...... trus tukar tambah ama nyang baru...... beres khannnn..........(kaboerrrrrrrrrrrrr...... sebelon ditimpuk thermostart)...................
y_anjasrana wrote:ummm... coba cek termostat deh. cuma di sebelah mana ya....
btw klu jalanan lg macet suhunya normal sih, pas tengah2. ga lewat dari batasnya. cuma kyknya bensin jadi lebih boros. kmrn ngobrol ma mbah sjamsul ktnya memang bikin boros, krn suhu ga optimal, kerja mesin jd ga optimal juga.
jas, klo sdh diperiksa ternyata hasilnya ga memuaskan ane ada usul lain nih....... tinggal pergi aja ke showroom mbl...... trus tukar tambah ama nyang baru...... beres khannnn..........(kaboerrrrrrrrrrrrr...... sebelon ditimpuk thermostart)...................
thermostat sih kecil enteng pak, ga perlu ngacir.......
klo ditimpuk radiator baru dah
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Problem solved. Ga ada utak utik termostat... krn emang ga tau bentuknya kyk apaan. minggu kmrn ane cuma pasang kabel grounding 4 titik : di blok mesin, throttle body, firewall, dan baut shockbreaker kiri. (yg kanan blum sempat). kabelnya jg biasa aja, beli yg 25ribuan semeternya n pasang skunnya sendiri. udah beberapa hari ini mantau suhu, setelah beberapa menit jalan, suhunya lmyn cepat naik hingga ke titik ideal. abis itu bertahan trus, baik kondisi macet, panas, dingin, atau jalan di atas 120km/jam.
wah? menurut saya sih mungkin yang bermasalah tuh bagian sensor panas mesin. jadi mungkin kabel antara ke aki dan ke mesin ga menempel sempurna sehingga tidak bisa menginformasikan secara benar sehingga pas waktu dijalan toll panas mesin hampir di C tuh karena kabelnya kebetulan tidak menempel. pendapat saya sih begitu. bagaimana menurut kalian agan-agan? hehehhee
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.