need help : pajero starter panjang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
need help : pajero starter panjang
mohon bantuan pendapat teman2 sekalian :
pajero thn 2000 3.2 diesel matic ane udah 2 mingguan ini kalau starter harus panjang sekali ± 5 detik baru mau hidup....
1. dinamo starter masih bagus...karena udah diperiksa langsung diganti sekalian part2nya.
2. cek pake komputer...bacaannya : ne srs (sub) .... udah diganti juga masih gak mau ... kata mekaniknya "ne srs sub" ini utk mengatur timing solar di injeksi/disemprotkan
3. kata mekaniknya mungkin injektor nya bermasalah....tapi ini mobil tarikannya masih kenceng + ada asap tipis (masih toleransi)
mohon bantuan/pendapat temen2, kira2 apa penyebabnya....thanks
pajero thn 2000 3.2 diesel matic ane udah 2 mingguan ini kalau starter harus panjang sekali ± 5 detik baru mau hidup....
1. dinamo starter masih bagus...karena udah diperiksa langsung diganti sekalian part2nya.
2. cek pake komputer...bacaannya : ne srs (sub) .... udah diganti juga masih gak mau ... kata mekaniknya "ne srs sub" ini utk mengatur timing solar di injeksi/disemprotkan
3. kata mekaniknya mungkin injektor nya bermasalah....tapi ini mobil tarikannya masih kenceng + ada asap tipis (masih toleransi)
mohon bantuan/pendapat temen2, kira2 apa penyebabnya....thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: need help : pajero starter panjang
Cek Glow Plug nya
Btw udah pernah purging ?
Btw udah pernah purging ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: need help : pajero starter panjang
Ada kemungkinan itu pertanda aki minta diganti karena kapasitas CCA-nya sudah menurun. CMIIW
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
hari ini ke bengkel lbm lagi...masih belum dapat juga masalahnya...
kondisi mobil :
1. aki baru, waktu di test mekanik juga dia pake jumper start u/ test start...sama aja masih panjang
2. glow plug bagus..karena mesin dingin dan panas...keduanya masih start panjang
3. purging ... terakhir 5000an km yg lalu
4. hari ini dicoba pasang ne sensor punya pj sport...sama aja..malahan pada saat mesin dimatikan gas nya membesar sendiri sesaat.
berhubung udah sore jadi mobil tidur di bengkel lagi....berharap kali aja mekaniknya ntar dapet ilham apa masalah mobil tersebut.
thanks atas masukannya forumers....still need advice...
kondisi mobil :
1. aki baru, waktu di test mekanik juga dia pake jumper start u/ test start...sama aja masih panjang
2. glow plug bagus..karena mesin dingin dan panas...keduanya masih start panjang
3. purging ... terakhir 5000an km yg lalu
4. hari ini dicoba pasang ne sensor punya pj sport...sama aja..malahan pada saat mesin dimatikan gas nya membesar sendiri sesaat.
berhubung udah sore jadi mobil tidur di bengkel lagi....berharap kali aja mekaniknya ntar dapet ilham apa masalah mobil tersebut.
thanks atas masukannya forumers....still need advice...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help : pajero starter panjang
wah gak punya Pajero jadi gak ngerti tapi coba kasih saran
- cek kabel grounding siapa tahu goyang atau lepas
- bersihkan filter solar
- kuras tangki
- cek soket kabel mungkin ada kendor
- cek alternator
- cek kabel grounding siapa tahu goyang atau lepas
- bersihkan filter solar
- kuras tangki
- cek soket kabel mungkin ada kendor
- cek alternator
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: need help : pajero starter panjang
Coba join milis [email protected], di sana ada beberapa pemakai pajero gen 3 Di-D dan beberapa pajero gen 2 diesel, mungkin bisa sharing
Pajero ane bensin, ngga ngerti yg dieselnya om..
Pajero ane bensin, ngga ngerti yg dieselnya om..
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
thanks all...ntar tak coba juga di forum...ini juga sambil searching di forum luar negri...tapi pusing juga bacanya...hhhh..banyak pakai bahasa gaul juga kayaknya...hhh
hasil dari baca forum luar, problem mungkin ada di :
1. ECU
2. injection pump, pada electrical atau mechanical partnya
-> sampai hari ini belum mekaniknya merambah ke bagian injection pump, hanya 1 sensor yg coba dipake punya pj sport
3. pompa solar lemah/rusak -> solar di inlet turun ke tanki saat mesin mati
-> tapi saat mesin mati dipompa manual 4/5 kali langsung pool, kemudian mesin distart sambil dipompa kembali -> gak ngaruh
juga
4. crank angle -> apa bisa ini berubah sendiri tanpa diotak atik ?
5. glow plug -> mesin udah panas aja masih panjang startnya
.......... mau coba cari dulu prinsip kerja injection pump, gimana alur kerja nya...kalau forumer ada yg tau boleh dong di post.
kayaknya banyak juga kemungkinannya...bikin mudeng aja...ntar kalau problem ini solved...saya posting di forum.
hasil dari baca forum luar, problem mungkin ada di :
1. ECU
2. injection pump, pada electrical atau mechanical partnya
-> sampai hari ini belum mekaniknya merambah ke bagian injection pump, hanya 1 sensor yg coba dipake punya pj sport
3. pompa solar lemah/rusak -> solar di inlet turun ke tanki saat mesin mati
-> tapi saat mesin mati dipompa manual 4/5 kali langsung pool, kemudian mesin distart sambil dipompa kembali -> gak ngaruh
juga
4. crank angle -> apa bisa ini berubah sendiri tanpa diotak atik ?
5. glow plug -> mesin udah panas aja masih panjang startnya
.......... mau coba cari dulu prinsip kerja injection pump, gimana alur kerja nya...kalau forumer ada yg tau boleh dong di post.
kayaknya banyak juga kemungkinannya...bikin mudeng aja...ntar kalau problem ini solved...saya posting di forum.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: need help : pajero starter panjang
kami tunggu omheri1177 wrote:..ntar kalau problem ini solved...saya posting di forum.
3.2 DiD tu konvensional atau common rail sih?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: need help : pajero starter panjang
crank angle tu yg mana sih?heri1177 wrote: 4. crank angle -> apa bisa ini berubah sendiri tanpa diotak atik ?
beda sm crankshaft position sensor ya?
gak ada engine failure indicator yg nyala/berkedip ya?
itu bengkel punya engine scanner kan?
kalau yg saya pernah alami di mesin bensin sih pas starternya panjang gitu mmg crankshaft dan/atau camshaft position sensor nya udah no good. begitu diganti keduanya, lsg tokcer kembali.
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: need help : pajero starter panjang
Coba priming pump / pompa solar manual diganti.heri1177 wrote: 3. pompa solar lemah/rusak -> solar di inlet turun ke tanki saat mesin mati
-> tapi saat mesin mati dipompa manual 4/5 kali langsung pool, kemudian mesin distart sambil dipompa kembali -> gak ngaruh
juga
4. crank angle -> apa bisa ini berubah sendiri tanpa diotak atik ?
Crank angle sensor kalo rusak maka putaran mesin jadi gak beres, idle gak rata.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
hari ini belum sempat ke LBM...tapi kata SA nya semua sensor dan ECU utama sudah dibersihkan...tetapi gejala starter masih ada..& katanya besok mau dicoba pakai G sensor dan NE sensor punya pajero sport.
memang pada saat hanya menggunakan NE sensor punya pj sport ...gejala starter membaik ± 1 detik (diukur pake stopwatch di hp)..tapi ada kenaikan rpm ke 1500 saat mesin dimatikan.
menurut kepala bengkelnya gejala stater panjang tersebut utamanya dipengaruhi oleh :
1. camshaft position sensor (G sensor) & / crankshaft position sensor (NE sensor)
2. injection pump pada bagian pemompaan solar
3. ECU
sehingga beliau menyuruh mekaniknya untuk membersihkan dahulu semua sensor dan juga dicoba menggunakan sensor punya pajero sport sebelum memutuskan mana yang harus diganti / diservis.
ada yang tau gak...kira2 berapa harga injection pump baru (pilihan terburuk.. )...kabarnya sekitar 30jt an ya...
dan kalau starter panjang kira2 akan berpengaruh/merusak terhadap apa saja...aki, dinamo start dan apa lagikah....soalnya kalau mau ganti injection pump baru harus nabung cukup lama juga....dan juga udah kepalang sayang dg mobil ini (baru 3 tahun pakai tapi tahunnya udah seumur anak pertama saya) km baru 60.000 an.
dan kepala bengkelnya menyarankan (bila IP yang trouble) Injection Pump yg ini dijual saja karena cukup banyak yg cari terutama dari luar negri dan masih bisa dipakai dan diservis tapi tidak ada jaminan bisa tahan lama...
memang pada saat hanya menggunakan NE sensor punya pj sport ...gejala starter membaik ± 1 detik (diukur pake stopwatch di hp)..tapi ada kenaikan rpm ke 1500 saat mesin dimatikan.
menurut kepala bengkelnya gejala stater panjang tersebut utamanya dipengaruhi oleh :
1. camshaft position sensor (G sensor) & / crankshaft position sensor (NE sensor)
2. injection pump pada bagian pemompaan solar
3. ECU
sehingga beliau menyuruh mekaniknya untuk membersihkan dahulu semua sensor dan juga dicoba menggunakan sensor punya pajero sport sebelum memutuskan mana yang harus diganti / diservis.
ada yang tau gak...kira2 berapa harga injection pump baru (pilihan terburuk.. )...kabarnya sekitar 30jt an ya...
dan kalau starter panjang kira2 akan berpengaruh/merusak terhadap apa saja...aki, dinamo start dan apa lagikah....soalnya kalau mau ganti injection pump baru harus nabung cukup lama juga....dan juga udah kepalang sayang dg mobil ini (baru 3 tahun pakai tapi tahunnya udah seumur anak pertama saya) km baru 60.000 an.
dan kepala bengkelnya menyarankan (bila IP yang trouble) Injection Pump yg ini dijual saja karena cukup banyak yg cari terutama dari luar negri dan masih bisa dipakai dan diservis tapi tidak ada jaminan bisa tahan lama...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: need help : pajero starter panjang
Menurut saya ini masalah di pelistrikan bukan di pompa solar. Karena kalau pompa, injektor, fuel pump regulator dkknya bermasalah, mobilnya biasanya nggak enak dibawa ngebut / batuk2 di rpm tinggi. Ngecek pompa khan gampang, tinggal dicopot terus dikasih setrum. Dilihat daya pompanya masih kuat gak.
Jadi kayaknya di G atau NE sensor. Kalau di mesin bensin, dibilang pengapiannya terlalu "voor". Ciri2nya, kunci kontak udah diputar tapi dinamo starter muternya berat / pelan.
Sabar ya bos, kalau masalah kelistrikan ini emang perlu diurut satu2, mana komponen yg rusak. Kalau distarter 5 detik terus langsung nyala, sebetulnya gak gitu bahaya. Yg masalah kalau distarter berkali2 baru nyala, karena komponen2 menjadi panas. Bahaya kebakaran.
Kalau onderdil rusak, ada yang anjurin onderdil dijual lagi bos? Itu bisa2 menjadi bukan perbuatan yang fair dan halal. Kalau dirinya sendiri gak mau pakai refurbish, terus dijual juta2an? Jelek buat karma kita.
Jadi kayaknya di G atau NE sensor. Kalau di mesin bensin, dibilang pengapiannya terlalu "voor". Ciri2nya, kunci kontak udah diputar tapi dinamo starter muternya berat / pelan.
Sabar ya bos, kalau masalah kelistrikan ini emang perlu diurut satu2, mana komponen yg rusak. Kalau distarter 5 detik terus langsung nyala, sebetulnya gak gitu bahaya. Yg masalah kalau distarter berkali2 baru nyala, karena komponen2 menjadi panas. Bahaya kebakaran.
Kalau onderdil rusak, ada yang anjurin onderdil dijual lagi bos? Itu bisa2 menjadi bukan perbuatan yang fair dan halal. Kalau dirinya sendiri gak mau pakai refurbish, terus dijual juta2an? Jelek buat karma kita.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
....sedang proses indent...NE sensor sub...bisa 1 minggu kata mekaniknya...analisa ini diambil berdasarkan hasil scan (walaupun udah coba ganti dg NE sensor sub pajero gak signifikan hasilnya)...trial & error ini sifatnya... ...mudah2an bener ini trialnya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
maaf..baru bisa online u/ update status...setelah 2 minggu di bengkel mitsu...spare part NE sensor sub sudah datang dan dipasang...gejala start masih tetap tidak ada perubahan.
kemudian saya minta mekaniknya u/ periksa lagi semua sensor yang berhubungan dengan problem tersebut...mekaniknya berkata bahwa semua sensornya sudah diperiksa dan dibersihkan...merasa kurang puas, saya coba bicara dengan kepala mekanik...singkat cerita kep. mekanik kemudian bilang ke saya bahwa injection pump yang bermasalah.
saya tetap merasa bahwa tidak ada masalah dg injection pump secara mobil masih sangat bertenaga dan suara mesin rata pada rpm 800, asap tipis ada (masih toleransi...hanya pakai solar biasa+additive...pertadex jarang (yg jual hanya pake jeriken).
...kemudian saya minta kepada kep. mekanik u/ periksa lagi...kemudian diperiksa lagi lah pake komputer...sampe 2 komputer yang dicoba...hasilnya komputer menyatakan tidak ada masalah pd sensor...hanya kode 18 NE sensor sub error tidak bisa direset....semua bacaan sensor mulai dari sensor temperatur, fuel temp, boost pressure dll normal semua.....kepala mekanik tetap memvonis injection pump yg bermasalah.
...dengan sedikit kesal saya kemudian bawa pulang mobil itu ke kantor dan mulai cari buku servis manual nya di internet...dan dapatlah buku manual service nya....saya baca pada bagian injection pump terdapat 2 engine speed sensor (kalau menurut bengkel itu NE sensor main dan NE sensor sub)...iseng saja saya panggil sopir di kantor u/ coba buka aki dan cover mesin bagian atas...mau lihat dimana posisi ke dua sensor tersebut...ternyata yang sensor sub (sudah diganti) letaknya mudah dijangkau...dan yang sensor main letaknya tersembunyi di bagian atas injection pump berdekatan dengan blok mesin...
saya coba sentuh sensor main tersebut...ternyata sensor tersebut goyang (tidak kencang baut pengikatnya)...berhubung letak baut pengikatnya yang tidak bisa dijangkau dengan kunci biasa (kunci pas, shock, ring)...saya minta sopir u/ membuat kunci tersebut dengan mesin las...gagang kunci dibengkokkan 2 kali...sehingga bisa digunakan u/ mengencangkan baut sensor tersebut.
setelah NE sensor main tersebut dikencangkan, dipasang lagi aki dan dicoba start...alhasil starter nya kembali normal seperti mobil baru.
kesimpulan saya...ternyata masih ada juga beberapa bengkel resmi yang mekaniknya hanya mau mengerjakan yang mudahnya saja, kurang teliti, kurang membaca, kurang berpengetahuan (memang pengalaman juga menentukan), mengambil kesimpulan kerusakan yg mahal tanpa memeriksa dg teliti semua yg berhubungan dg kerusakan tersebut.
pada 3 bengkel, mobil itu hanya diperiksa pakai komputer saja...padahal kalau menurut manual book servisnya...juga harus diperiksa dg menggunakan multi tester (ohm meter, volt meter)
kalau dilihat dari manual book nya juga disitu dijelaskan bahwa apabila ada trouble hot/cold starter salah satu masalahnya control system (urutan no 1 penyebabnya), control system ini terdiri dari beberapa macam, salahsatunya adalah engine speed sensor, dan engine speed sensor nya ada 2...
...tetapi yang menjadi masalah, sudah 3 bengkel mitsu yg besar di 3 kota besar berlainan...yg 1 bengkel menyatakan fuel pressure kurang/ turun (intinya injection pump) & 2 bengkel hanya bilang injection pump saja.....betapa mudahnya 3 bengkel memvonis....kita mendapatkan permasalahannya nggak lebih dari 3 jam mulai dari download manual book sampai ngencengin baut sensor...
semoga dg permasalahan saya ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua....secara mobil yg dilengkapi oleh sensor2 dan ECU...periksalah kembali secara benar2.
NE sensor (sebutan bengkel) = engine speed sensor (buku workshop manual)
kemudian saya minta mekaniknya u/ periksa lagi semua sensor yang berhubungan dengan problem tersebut...mekaniknya berkata bahwa semua sensornya sudah diperiksa dan dibersihkan...merasa kurang puas, saya coba bicara dengan kepala mekanik...singkat cerita kep. mekanik kemudian bilang ke saya bahwa injection pump yang bermasalah.
saya tetap merasa bahwa tidak ada masalah dg injection pump secara mobil masih sangat bertenaga dan suara mesin rata pada rpm 800, asap tipis ada (masih toleransi...hanya pakai solar biasa+additive...pertadex jarang (yg jual hanya pake jeriken).
...kemudian saya minta kepada kep. mekanik u/ periksa lagi...kemudian diperiksa lagi lah pake komputer...sampe 2 komputer yang dicoba...hasilnya komputer menyatakan tidak ada masalah pd sensor...hanya kode 18 NE sensor sub error tidak bisa direset....semua bacaan sensor mulai dari sensor temperatur, fuel temp, boost pressure dll normal semua.....kepala mekanik tetap memvonis injection pump yg bermasalah.
...dengan sedikit kesal saya kemudian bawa pulang mobil itu ke kantor dan mulai cari buku servis manual nya di internet...dan dapatlah buku manual service nya....saya baca pada bagian injection pump terdapat 2 engine speed sensor (kalau menurut bengkel itu NE sensor main dan NE sensor sub)...iseng saja saya panggil sopir di kantor u/ coba buka aki dan cover mesin bagian atas...mau lihat dimana posisi ke dua sensor tersebut...ternyata yang sensor sub (sudah diganti) letaknya mudah dijangkau...dan yang sensor main letaknya tersembunyi di bagian atas injection pump berdekatan dengan blok mesin...
saya coba sentuh sensor main tersebut...ternyata sensor tersebut goyang (tidak kencang baut pengikatnya)...berhubung letak baut pengikatnya yang tidak bisa dijangkau dengan kunci biasa (kunci pas, shock, ring)...saya minta sopir u/ membuat kunci tersebut dengan mesin las...gagang kunci dibengkokkan 2 kali...sehingga bisa digunakan u/ mengencangkan baut sensor tersebut.
setelah NE sensor main tersebut dikencangkan, dipasang lagi aki dan dicoba start...alhasil starter nya kembali normal seperti mobil baru.
kesimpulan saya...ternyata masih ada juga beberapa bengkel resmi yang mekaniknya hanya mau mengerjakan yang mudahnya saja, kurang teliti, kurang membaca, kurang berpengetahuan (memang pengalaman juga menentukan), mengambil kesimpulan kerusakan yg mahal tanpa memeriksa dg teliti semua yg berhubungan dg kerusakan tersebut.
pada 3 bengkel, mobil itu hanya diperiksa pakai komputer saja...padahal kalau menurut manual book servisnya...juga harus diperiksa dg menggunakan multi tester (ohm meter, volt meter)
kalau dilihat dari manual book nya juga disitu dijelaskan bahwa apabila ada trouble hot/cold starter salah satu masalahnya control system (urutan no 1 penyebabnya), control system ini terdiri dari beberapa macam, salahsatunya adalah engine speed sensor, dan engine speed sensor nya ada 2...
...tetapi yang menjadi masalah, sudah 3 bengkel mitsu yg besar di 3 kota besar berlainan...yg 1 bengkel menyatakan fuel pressure kurang/ turun (intinya injection pump) & 2 bengkel hanya bilang injection pump saja.....betapa mudahnya 3 bengkel memvonis....kita mendapatkan permasalahannya nggak lebih dari 3 jam mulai dari download manual book sampai ngencengin baut sensor...
semoga dg permasalahan saya ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua....secara mobil yg dilengkapi oleh sensor2 dan ECU...periksalah kembali secara benar2.
NE sensor (sebutan bengkel) = engine speed sensor (buku workshop manual)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: need help : pajero starter panjang
wow nice share om, thumbs up!
so.....utk masalah "sepele" seperti itu bisa dibuka kesini total biaya yg terlanjur keluar selama "tebak2an" di bengkel?
so.....utk masalah "sepele" seperti itu bisa dibuka kesini total biaya yg terlanjur keluar selama "tebak2an" di bengkel?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 15, 2009 14:55
Re: need help : pajero starter panjang
biayanya sekitar waktu di bengkel...bdg 2 hari...jkt 3 hari...plg 2 minggu (karena kebetulan memang indent parts & juga gak sempat ke bengkel begitu parts datang)...
total biaya "tebak2an" sekitar 1 jt (termasuk sparts), biaya sparts yang ternyata masih bagus 470 rb.
tapi kalau dibilang masih untung juga...belum terlanjur bongkar/servis injection pump...tapi cukup pusing juga oleh 3 bengkel besar, resmi lagi...
sekedar info...bagi yg punya pajero juga...kalau mau benerin kaki2 yang berhubungan dengan bushing...saya menggantinya dengan bushing bahan polyurethane yang dibuat oleh bengkel modifikasi langganan (kalau mobil yg sedikit populasi pasti mahal partnya). saya sudah mengganti semua bushing arm roda depan dan belakang, dan beberapa bushing lainnya, total habis sekitar 2,5 jt beberapa bulan yang lalu. kalau ganti parts asli...bisa habis lebih dari 20 jt itu pasti.
total biaya "tebak2an" sekitar 1 jt (termasuk sparts), biaya sparts yang ternyata masih bagus 470 rb.
tapi kalau dibilang masih untung juga...belum terlanjur bongkar/servis injection pump...tapi cukup pusing juga oleh 3 bengkel besar, resmi lagi...
sekedar info...bagi yg punya pajero juga...kalau mau benerin kaki2 yang berhubungan dengan bushing...saya menggantinya dengan bushing bahan polyurethane yang dibuat oleh bengkel modifikasi langganan (kalau mobil yg sedikit populasi pasti mahal partnya). saya sudah mengganti semua bushing arm roda depan dan belakang, dan beberapa bushing lainnya, total habis sekitar 2,5 jt beberapa bulan yang lalu. kalau ganti parts asli...bisa habis lebih dari 20 jt itu pasti.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help : pajero starter panjang
heri1177 wrote:biayanya sekitar waktu di bengkel...bdg 2 hari...jkt 3 hari...plg 2 minggu (karena kebetulan memang indent parts & juga gak sempat ke bengkel begitu parts datang)...
total biaya "tebak2an" sekitar 1 jt (termasuk sparts), biaya sparts yang ternyata masih bagus 470 rb.
tapi kalau dibilang masih untung juga...belum terlanjur bongkar/servis injection pump...tapi cukup pusing juga oleh 3 bengkel besar, resmi lagi...
sekedar info...bagi yg punya pajero juga...kalau mau benerin kaki2 yang berhubungan dengan bushing...saya menggantinya dengan bushing bahan polyurethane yang dibuat oleh bengkel modifikasi langganan (kalau mobil yg sedikit populasi pasti mahal partnya). saya sudah mengganti semua bushing arm roda depan dan belakang, dan beberapa bushing lainnya, total habis sekitar 2,5 jt beberapa bulan yang lalu. kalau ganti parts asli...bisa habis lebih dari 20 jt itu pasti.
saya cuma bisa mengatakan anda termasuk salah satu pemilik mobil Cerdas, mau turun sendiri dan mencari informasi dari internet itulah HEBATNYA internet menjangkau sampai seluruh dunia dalam hitungan detik dan berhubungan dengan berbagai macam orang dengan keahlian dan status sosial yg berbeda bagai piramida
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: need help : pajero starter panjang
Nice share Pak.. tambah ilmu lage..
Berarti masalahnya cuma di NE sensor sub dong ya.. sesuai urutan posting :
- Terbaca waktu di Scan Ne sensor sub hrs ganti
- Setelah di ganti dan di scan ulang sudah tidak ada, tetapi starter masih panjang
- Mekanik berdalih semua sensor dah dibersihkan.
Berarti imo sebenarnya sumber masalah sudah ditemukan.
Cuma waktu pembersihan main sensornya ( jika harus melepas) pemasangan kembalinya tidak kencang (di tandai dengan tdk bisa di reset (?))...
Saya perhatikan memang mekanik2 beres masih muda2, yg sudah mulai sepuh/pengalaman/senior mending keluar bikin bengkel sendiri..
Berarti masalahnya cuma di NE sensor sub dong ya.. sesuai urutan posting :
- Terbaca waktu di Scan Ne sensor sub hrs ganti
- Setelah di ganti dan di scan ulang sudah tidak ada, tetapi starter masih panjang
- Mekanik berdalih semua sensor dah dibersihkan.
Berarti imo sebenarnya sumber masalah sudah ditemukan.
Cuma waktu pembersihan main sensornya ( jika harus melepas) pemasangan kembalinya tidak kencang (di tandai dengan tdk bisa di reset (?))...
Saya perhatikan memang mekanik2 beres masih muda2, yg sudah mulai sepuh/pengalaman/senior mending keluar bikin bengkel sendiri..
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: need help : pajero starter panjang
bukan di "NE sensor sub" oom mitshu, melainkan di "NE sensor main" cmiiwMitshuToyo wrote:Nice share Pak.. tambah ilmu lage..
Berarti masalahnya cuma di NE sensor sub dong ya.. sesuai urutan posting :
- Terbaca waktu di Scan Ne sensor sub hrs ganti
- Setelah di ganti dan di scan ulang sudah tidak ada, tetapi starter masih panjang
- Mekanik berdalih semua sensor dah dibersihkan.
Berarti imo sebenarnya sumber masalah sudah ditemukan.
Cuma waktu pembersihan main sensornya ( jika harus melepas) pemasangan kembalinya tidak kencang (di tandai dengan tdk bisa di reset (?))...
Saya perhatikan memang mekanik2 beres masih muda2, yg sudah mulai sepuh/pengalaman/senior mending keluar bikin bengkel sendiri..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: need help : pajero starter panjang
Just sotoy ngurutin saja kok Pak Doq, dari keterangan TS sendiri :
Pertama : NE sensor sub harus di ganti :
Pertama : NE sensor sub harus di ganti :
Kedua :heri1177 wrote:....sedang proses indent...NE sensor sub...analisa ini diambil berdasarkan hasil scan
Ketiga : Meski start masih lama, tapi hasil scan okay (Cm gak bisa reset), berarti problem yg muncul di nomer satu dah hilang..heri1177 wrote:spare part NE sensor sub sudah datang dan dipasang...gejala start masih tetap tidak ada perubahan.
heri1177 wrote: kemudian diperiksa lagi lah pake komputer...sampe 2 komputer yang dicoba...hasilnya komputer menyatakan tidak ada masalah pd sensor...
Kalo mekaniknya gak bohong, berarti yang bikin oblak NE sensor main ya mereka sendiri waktu bersihin.. cmiiw..heri1177 wrote: saya minta mekaniknya u/ periksa lagi semua sensor yang berhubungan dengan problem tersebut...mekaniknya berkata bahwa semua sensornya sudah diperiksa dan dibersihkan...
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: need help : pajero starter panjang
wooo........soale saya berasumsi dr penggalan kalimat diatas klo yg masih bagus itu malah NE sensor sub nyaheri1177 wrote: total biaya "tebak2an" sekitar 1 jt (termasuk sparts), biaya sparts yang ternyata masih bagus 470 rb.
dan diliat dr rentetan timeline:
-start panjang
-scan computer
-indikasi NE sensor sub
-pembersihan semua sensor
-tidak memecahkan masalah
-ganti NE sensor sub
-masih tidak memecahkan masalah
so yang saya tangkap si "NE sensor main" memang dr pertama sudah longgar sebelum dibawa ke bengkel, dan hal ini luput dr perhatian para mekanik karena letak nya yg sulit terjangkau/tersembunyi cmiiw
*sok ngotot padahal sotoy
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help : pajero starter panjang
bisa jadi taktik dealer biar pemilik mobil lama ambil unit pajero baru seharga 1,2M lumayan feenya buat mereka sekitar 15 jutaan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: need help : pajero starter panjang
NE sensor ini maksudnya crankshaft position kan? dulu banyak dibahas di pajero forum luar, harusnya kedetect sewaktu mekanik ngecek bagian tersebut, karena memang itu kadang2 loose. letak yg sulit bukan alasan, wong sy iseng 'ngetest' montir saya dengan nanya: pak, itu mitsu diesel kalo stater nya panjang gak jreng kenapa ya? dia cuma jawab : kalo berat stater, itu dinamo...kalo panjang ada yg ga nyantol, longgar...
next time, mungkin mending ke bengkel biasa instead ke bengkel resmi... mikirnya terlalu canggih sama sensor.
next time, mungkin mending ke bengkel biasa instead ke bengkel resmi... mikirnya terlalu canggih sama sensor.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help : pajero starter panjang
sensor yg di kepala apa mesin nih ompoeticmind wrote:NE sensor ini maksudnya crankshaft position kan? dulu banyak dibahas di pajero forum luar, harusnya kedetect sewaktu mekanik ngecek bagian tersebut, karena memang itu kadang2 loose. letak yg sulit bukan alasan, wong sy iseng 'ngetest' montir saya dengan nanya: pak, itu mitsu diesel kalo stater nya panjang gak jreng kenapa ya? dia cuma jawab : kalo berat stater, itu dinamo...kalo panjang ada yg ga nyantol, longgar...
next time, mungkin mending ke bengkel biasa instead ke bengkel resmi... mikirnya terlalu canggih sama sensor.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: need help : pajero starter panjang
kadang2 bengkel resmi mikirnya seperti orang NASA, pak... padahal cuma baut ga kenceng aja mobil bisa nginep 3bulan disana, malah ada yg sampe overhauling.solar_kerosen wrote:sensor yg di kepala apa mesin nih ompoeticmind wrote:NE sensor ini maksudnya crankshaft position kan? dulu banyak dibahas di pajero forum luar, harusnya kedetect sewaktu mekanik ngecek bagian tersebut, karena memang itu kadang2 loose. letak yg sulit bukan alasan, wong sy iseng 'ngetest' montir saya dengan nanya: pak, itu mitsu diesel kalo stater nya panjang gak jreng kenapa ya? dia cuma jawab : kalo berat stater, itu dinamo...kalo panjang ada yg ga nyantol, longgar...
next time, mungkin mending ke bengkel biasa instead ke bengkel resmi... mikirnya terlalu canggih sama sensor.