ESEMKA
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Aug 20, 2011 17:24
Re: ESEMKA
kayaknya yg komennya gk mendukung dgn keberadaan esemka dia itu mungkin mahasiswa/dah lulus.tp slama kuliah gak dapat ilmunya cuma dapat gelar aja.makanya komennya gk enak soalnya merasa tersaingi sama anak smk,yg gelarnya dibawahnya tp prestasinya bagus.kaum intelektual muda kita bisanya cuma demo demo dan demo.makanya [cencored].
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: ESEMKA
Ada tiga bentuk mesin yang dipamerkan. Pertama, mesin dasar yang hanya terdiri dari blok mesin serta piston. Dwi mengatakan blok mesin itu dibuat di Ceper, Klaten. "Kalau piston di Cikampek, di AIK (autocar industri komponen)," katanya.
Selain itu, dipamerkan mesin kedua yang sudah dilengkapi charter, yang juga dibuat di Ceper. Fungsi charter untuk tempat oli mesin.
Kemudian, dipamerkan mesin ketiga yang sudah lengkap, sudah ada silinder head, fly will, atau roda gaya, kelengkapan untuk timing belt dan timing gear, saluran masuk udara dan bahan bakar, nozzle inferter, dan sebagainya. Di blok mesin sudah tertulis merek Esemka 1.5i dan DOHC.
"Mesin 1.500 cc inilah yang dipasang di mobil Kiat Esemka SUV dan dobel kabin," katanya sembari memastikan mereka membuat sendiri mesin mobil.
Mesin tersebut baru dan bukan mengambil mesin bekas kendaraan lain. Dwi mengatakan pemerintah dalam hal ini Direktorat Pendidikan Kejuruan bersama 23 SMK se-Indonesia membuat mesin Esemka di AIK. "Pada 2010 kami diminta membuat 100 unit mesin dan 2011 buat 1.000 unit mesin Esemka," katanya.
Saat mesin itu dipamerkan, seorang penggemar otomotif, Jacky Farel, memberi komentar. "Menurut saya, mesin yang dibuat siswa SMK meniru mesin mobil lain seperti dari Jepang atau Korea. Lantas dibikin ulang," ujarnya.
Sosok yang ikut klub mobil Ford di Jakarta selama 5 tahun terakhir ini tahu mesin hasil diskusi dari rekan-rekan seklub.
Meski hanya meniru, dia menilai yang dilakukan siswa SMK dengan membuat mesin mobil sebagai hal yang luar biasa. Dia juga mengakui bahwa mesin yang dipajang itu benar-benar mesin baru.
Dwi mengakui mesin yang dibuat mirip mesin mobil lain. "Mirip Timor, tapi bukan mesin Timor," ujarnya. Perbedaan yang mencolok antara lain di piston. Piston di mesin Esemka lebih besar dari Timor.
Dia juga mengakui masih ada komponen mesin yang masih impor, yaitu ring piston, katup, dan sistem injeksi yang diimpor dari Cina.
Source: http://www.tempo.co/read/news/2012/01/0 ... Dipamerkan
Dari cuplikan berita di atas menurut saya Esemka melakukan perakitan & modifikasi thd komponen mobil yg sudah ada.
Anggap saja body & design interior mencontoh Foton, tp untuk bagian2 lain Esemka merekonstruksi ulang dr komponen2 yg sudah ada. Mungkin tujuan dr rekonstruksi ulang ini adalah menyempurnakan dr komponen yg sudah ada shg didapat hasil yg lebih baik. Sesuai yg saya bold merah, komponen tsb mmg masuk akal diproduksi sendiri karena saya sering menjumpai parts2 buatan lokal di pasaran. Sedangkan yg saya bold biru termasuk parts yg sulit diproduksi sendiri krn kerumitannya lebih tinggi shg membutuhkan mesin sebagai bantuan. Sama dgn kasus mobil Jepun yg diproduksi di Indo, dimana di claim kandungan lokal nya mencapai 80%, sedangkan 20% komponen vital tetap diimport dr jepun. Jadi menurut saya yg dilakukan Esemka ini adalah memodifikasi & memproduksi beberapa komponen lokal kemudian merakitnya dgn komponen jadi yg diimport dr cungkwok.
Kelak kalo sudah bisa memproduksi sendiri 100% semua parts, walopun design nya masih mencontoh dr parts yg sudah ada, mungkin bisa disebut awal dr sebuah mobnas. Selanjutnya teknisi2 yg sudah ada dapat belajar dr kekurangan2 mobnas produksi pertama, untuk kemudian memperbaiknya di mobnas Gen-II, tentu dgn design sendiri
Just IMHO yah..
Selain itu, dipamerkan mesin kedua yang sudah dilengkapi charter, yang juga dibuat di Ceper. Fungsi charter untuk tempat oli mesin.
Kemudian, dipamerkan mesin ketiga yang sudah lengkap, sudah ada silinder head, fly will, atau roda gaya, kelengkapan untuk timing belt dan timing gear, saluran masuk udara dan bahan bakar, nozzle inferter, dan sebagainya. Di blok mesin sudah tertulis merek Esemka 1.5i dan DOHC.
"Mesin 1.500 cc inilah yang dipasang di mobil Kiat Esemka SUV dan dobel kabin," katanya sembari memastikan mereka membuat sendiri mesin mobil.
Mesin tersebut baru dan bukan mengambil mesin bekas kendaraan lain. Dwi mengatakan pemerintah dalam hal ini Direktorat Pendidikan Kejuruan bersama 23 SMK se-Indonesia membuat mesin Esemka di AIK. "Pada 2010 kami diminta membuat 100 unit mesin dan 2011 buat 1.000 unit mesin Esemka," katanya.
Saat mesin itu dipamerkan, seorang penggemar otomotif, Jacky Farel, memberi komentar. "Menurut saya, mesin yang dibuat siswa SMK meniru mesin mobil lain seperti dari Jepang atau Korea. Lantas dibikin ulang," ujarnya.
Sosok yang ikut klub mobil Ford di Jakarta selama 5 tahun terakhir ini tahu mesin hasil diskusi dari rekan-rekan seklub.
Meski hanya meniru, dia menilai yang dilakukan siswa SMK dengan membuat mesin mobil sebagai hal yang luar biasa. Dia juga mengakui bahwa mesin yang dipajang itu benar-benar mesin baru.
Dwi mengakui mesin yang dibuat mirip mesin mobil lain. "Mirip Timor, tapi bukan mesin Timor," ujarnya. Perbedaan yang mencolok antara lain di piston. Piston di mesin Esemka lebih besar dari Timor.
Dia juga mengakui masih ada komponen mesin yang masih impor, yaitu ring piston, katup, dan sistem injeksi yang diimpor dari Cina.
Source: http://www.tempo.co/read/news/2012/01/0 ... Dipamerkan
Dari cuplikan berita di atas menurut saya Esemka melakukan perakitan & modifikasi thd komponen mobil yg sudah ada.
Anggap saja body & design interior mencontoh Foton, tp untuk bagian2 lain Esemka merekonstruksi ulang dr komponen2 yg sudah ada. Mungkin tujuan dr rekonstruksi ulang ini adalah menyempurnakan dr komponen yg sudah ada shg didapat hasil yg lebih baik. Sesuai yg saya bold merah, komponen tsb mmg masuk akal diproduksi sendiri karena saya sering menjumpai parts2 buatan lokal di pasaran. Sedangkan yg saya bold biru termasuk parts yg sulit diproduksi sendiri krn kerumitannya lebih tinggi shg membutuhkan mesin sebagai bantuan. Sama dgn kasus mobil Jepun yg diproduksi di Indo, dimana di claim kandungan lokal nya mencapai 80%, sedangkan 20% komponen vital tetap diimport dr jepun. Jadi menurut saya yg dilakukan Esemka ini adalah memodifikasi & memproduksi beberapa komponen lokal kemudian merakitnya dgn komponen jadi yg diimport dr cungkwok.
Kelak kalo sudah bisa memproduksi sendiri 100% semua parts, walopun design nya masih mencontoh dr parts yg sudah ada, mungkin bisa disebut awal dr sebuah mobnas. Selanjutnya teknisi2 yg sudah ada dapat belajar dr kekurangan2 mobnas produksi pertama, untuk kemudian memperbaiknya di mobnas Gen-II, tentu dgn design sendiri

Just IMHO yah..

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ESEMKA
padahal.......BADAK wrote:Ada tiga bentuk mesin yang dipamerkan. Pertama, mesin dasar yang hanya terdiri dari blok mesin serta piston. Dwi mengatakan blok mesin itu dibuat di Ceper, Klaten. "Kalau piston di Cikampek, di AIK (autocar industri komponen)," katanya.
Selain itu, dipamerkan mesin kedua yang sudah dilengkapi charter, yang juga dibuat di Ceper. Fungsi charter untuk tempat oli mesin.
Kemudian, dipamerkan mesin ketiga yang sudah lengkap, sudah ada silinder head, fly will, atau roda gaya, kelengkapan untuk timing belt dan timing gear, saluran masuk udara dan bahan bakar, nozzle inferter, dan sebagainya. Di blok mesin sudah tertulis merek Esemka 1.5i dan DOHC.
"Mesin 1.500 cc inilah yang dipasang di mobil Kiat Esemka SUV dan dobel kabin," katanya sembari memastikan mereka membuat sendiri mesin mobil.
Mesin tersebut baru dan bukan mengambil mesin bekas kendaraan lain. Dwi mengatakan pemerintah dalam hal ini Direktorat Pendidikan Kejuruan bersama 23 SMK se-Indonesia membuat mesin Esemka di AIK. "Pada 2010 kami diminta membuat 100 unit mesin dan 2011 buat 1.000 unit mesin Esemka," katanya.
Saat mesin itu dipamerkan, seorang penggemar otomotif, Jacky Farel, memberi komentar. "Menurut saya, mesin yang dibuat siswa SMK meniru mesin mobil lain seperti dari Jepang atau Korea. Lantas dibikin ulang," ujarnya.
Sosok yang ikut klub mobil Ford di Jakarta selama 5 tahun terakhir ini tahu mesin hasil diskusi dari rekan-rekan seklub.
Meski hanya meniru, dia menilai yang dilakukan siswa SMK dengan membuat mesin mobil sebagai hal yang luar biasa. Dia juga mengakui bahwa mesin yang dipajang itu benar-benar mesin baru.
Dwi mengakui mesin yang dibuat mirip mesin mobil lain. "Mirip Timor, tapi bukan mesin Timor," ujarnya. Perbedaan yang mencolok antara lain di piston. Piston di mesin Esemka lebih besar dari Timor.
Dia juga mengakui masih ada komponen mesin yang masih impor, yaitu ring piston, katup, dan sistem injeksi yang diimpor dari Cina.
Source: http://www.tempo.co/read/news/2012/01/0 ... Dipamerkan
Dari cuplikan berita di atas menurut saya Esemka melakukan perakitan & modifikasi thd komponen mobil yg sudah ada.
Anggap saja body & design interior mencontoh Foton, tp untuk bagian2 lain Esemka merekonstruksi ulang dr komponen2 yg sudah ada. Mungkin tujuan dr rekonstruksi ulang ini adalah menyempurnakan dr komponen yg sudah ada shg didapat hasil yg lebih baik. Sesuai yg saya bold merah, komponen tsb mmg masuk akal diproduksi sendiri karena saya sering menjumpai parts2 buatan lokal di pasaran. Sedangkan yg saya bold biru termasuk parts yg sulit diproduksi sendiri krn kerumitannya lebih tinggi shg membutuhkan mesin sebagai bantuan. Sama dgn kasus mobil Jepun yg diproduksi di Indo, dimana di claim kandungan lokal nya mencapai 80%, sedangkan 20% komponen vital tetap diimport dr jepun. Jadi menurut saya yg dilakukan Esemka ini adalah memodifikasi & memproduksi beberapa komponen lokal kemudian merakitnya dgn komponen jadi yg diimport dr cungkwok.
Kelak kalo sudah bisa memproduksi sendiri 100% semua parts, walopun design nya masih mencontoh dr parts yg sudah ada, mungkin bisa disebut awal dr sebuah mobnas. Selanjutnya teknisi2 yg sudah ada dapat belajar dr kekurangan2 mobnas produksi pertama, untuk kemudian memperbaiknya di mobnas Gen-II, tentu dgn design sendiri
Just IMHO yah..
mesin timor (alias kia sephia) itu sendiri juga "nembak" mesin seri BP dari Mazda

merancang + bikin mesin sendiri dari 0, bukan perkara mudah dan murah, setau saya hanya bisa dikerjakan oleh pabrikan otomotif atau spesialis yang sudah sangat mapan, didukung dana yg besar dan tim litbang yg isinya tenaga ahli dengan bayaran mahal...
bahkan saking kompleks-nya, pabrikan mobil "mapan" sekarang pun sering bertukar mesin dengan pabrikan lain yg bisa dibilang kompetitornya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ESEMKA
ESEMKA itu apa sih cuma mobil Karoserian di embos logo ESEMKA , gini sajalah itu mesin dan transmisi cetak sendiri apa beli saya lihat sih dibeli waktu perakitan dibuka kotak kayu isinya komplit dari mesin sampai transmisi
Lihat detik 30-40 silahkan simpulkan sendiri
http://oto.detik.com/readvideo/TVRJd01U ... ksi-esemka
Lihat detik 30-40 silahkan simpulkan sendiri



http://oto.detik.com/readvideo/TVRJd01U ... ksi-esemka
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: ESEMKA
sekedar ingin diskusi...... setau sy si.... si esemka ini cuma merakit saja.... bukan memproduksi dari nol... alias tinggal pasang2... lalu... jengjreng.... jadilah kiat esemka.... kalo cm merakit2 si bengkel tentangga ane juga bisa.... yg ngerjainnya juga lulusan STM....dari mulai carry seceng buat angkot lokal sampe jimny tubular bisa ngerjain.... mungkin ada benarnya kalo si smk ini impor part dr cina trus di rakit di sekolah..... yg ane pikir...... memangnya mudah mendesain sebuah mobil baru hanya (mungkin) bbrp tahun saja.... bukan maksud meragukan... tp gimana gitu.... belum lagi namanya mobil pasti sangat beresiko tabrakan.. uda di test blm???... dan lain2...
thx
thx
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: ESEMKA
kutipan dari http://oto.detik.com/read/2012/01/03/14 ... obil-dinas
"Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah," sergah Bibit.

"Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah," sergah Bibit.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ESEMKA
Kalo saya pribadi sih thd pemberitaan apapun ya simple aja :
"Artikel artikel di media jangan ditelan mentah mentah", tetap harus kita filter dan analisa
Lalu dalam membeli barang terlepas barang tsb buatan mana, tetap harus pertimbangkan faktor2 yg rasional spt :
- Harga vs kualitas
- Layanan purna jual / ketersediaan parts
- Bonafiditas perusahaan yang membuat / menjual
Udah beli barang mahal2 tahu2 lewat setahun perusahaannya tutup kan berabe.......cari duit kan gak gampang euyyy......
Discl : sekedar pemikiran pribadi sajah
"Artikel artikel di media jangan ditelan mentah mentah", tetap harus kita filter dan analisa
Lalu dalam membeli barang terlepas barang tsb buatan mana, tetap harus pertimbangkan faktor2 yg rasional spt :
- Harga vs kualitas
- Layanan purna jual / ketersediaan parts
- Bonafiditas perusahaan yang membuat / menjual
Udah beli barang mahal2 tahu2 lewat setahun perusahaannya tutup kan berabe.......cari duit kan gak gampang euyyy......

Discl : sekedar pemikiran pribadi sajah
Last edited by Turboman on Wed Jan 11, 2012 2:43, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Uhukkk... Keselek ama Timor S515 a.k.a Kia Sephia diemboss logo Timor di body dan setirnya...solar_kerosen wrote:ESEMKA itu apa sih cuma mobil Karoserian di embos logo ESEMKA , gini sajalah itu mesin dan transmisi cetak sendiri apa beli saya lihat sih dibeli waktu perakitan dibuka kotak kayu isinya komplit dari mesin sampai transmisi
Lihat detik 30-40 silahkan simpulkan sendiri![]()
![]()
![]()
http://oto.detik.com/readvideo/TVRJd01U ... ksi-esemka

Maklum, pejabat cuman bisa komeng ya gitu itu.... Mana wujud dukungan dia ke sekolah2 di Jateng di luar karesidenan Surakarta? Bukannya si Gubernur ini sering berseberangan kebijakan dengan Pak Jokowi, dimana pak Jokowi lebih banyak memenangkan rakyat dibanding pengusaha?kucing_garong wrote:kutipan dari http://oto.detik.com/read/2012/01/03/14 ... obil-dinas
"Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah," sergah Bibit.

Last edited by VanzMatic on Wed Jan 11, 2012 2:46, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: ESEMKA
mesin masda pula....VanzMatic wrote:Uhukkk... Keselek ama Timor S515 a.k.a Kia Sephia diemboss logo Timor di body dan setirnya...solar_kerosen wrote:ESEMKA itu apa sih cuma mobil Karoserian di embos logo ESEMKA , gini sajalah itu mesin dan transmisi cetak sendiri apa beli saya lihat sih dibeli waktu perakitan dibuka kotak kayu isinya komplit dari mesin sampai transmisi
Lihat detik 30-40 silahkan simpulkan sendiri![]()
![]()
![]()
<!-- m --><a class="postlink" href="http://oto.detik.com/readvideo/TVRJd01U ... o/TVRJd01U ... ksi-esemka</a><!-- m -->



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: ESEMKA
uji emisi...uji emisi... 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Jun 05, 2011 19:52
Re: ESEMKA
kucing_garong wrote:uji emisi...uji emisi...
KEPADA PARA PEMBUAT KOMPONEN / WORKSHOP , MACHINING , STAMPING , PLASTIC INJECTION , RUBER , ELECTRONIC ,CASTING , FOUNDRY , JASA MACHINING ,
SAYA TUNGGU KEHADIRAN DI SOLO TECHNO PARK , HARI SABTU TANGGAL 14 JANUARY , 2012 UNTUK LOKALISASI KOMPONEN mobil ESEMKA , JAM 9.00 HINGGA SELESAI ..
PT.SOLO MANUFAKTUR KREASI
jaln , Ki Hajar dewantoro , Kentingan , surakarta
maaf para bos ini postingan dari temen..
seru juga baca postingan dr suhu2 sekalian.
kita ambil positifnya aja, karena harga mobil di indonesia termasuk paling tinggi dibanding negara
lain.soo mana yg ber tangung jawab dgn mahalnya mobil di indo, para suhu dah tau sendirilah.
effeck nya para membuat mobil pake cara spec down, dan ini lagi2 konsumen yg dirugikan, udah mahal tp kuwalitas ga sama ama yg di jual di luar negeri..
masuk logika kan para suhu..pemerintah ambil pajak gede buat pemilikan mobil, parahnya lagi, pajak masuk banyak ke pemerintah tp negara ga maju2..rakyat kelaparan masih banyak
kalo dgn ada nya ESEMKA trs membuka lowongan kerja baru kan ini positif..
pemerintah harusnya mendukung, kalo ber otak..
walau munkin hadirnya ESEMKA cuma menciplak tp berguna buat masyarakat banyak knp ga di dukung kalo berotak..
otaknya kan isi nya UUD,
wkwkwkwkwkw, cuma kecewa sih ama pemerintah terus terang aja>>kurang perpihakkan pada rakyat kecil dan mesken.

kok jadi disini yah
harusnya langsung ke DPR sana

soory kalo ada yg tersinggung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA
bro nightsterguy
INI ADA SAMPAH LG GA TAU MALU, NGELES JA BISANYA :
http://oto.detik.com/read/2012/01/11/11 ... 9911011207
cina kaga perlu contek desain bow !! disana udah ada ratusan desain mobil !! ngaco aja lo dasar tukang cari muka
INI ADA SAMPAH LG GA TAU MALU, NGELES JA BISANYA :
http://oto.detik.com/read/2012/01/11/11 ... 9911011207
cina kaga perlu contek desain bow !! disana udah ada ratusan desain mobil !! ngaco aja lo dasar tukang cari muka
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Overdosis...FortunerMan wrote:Yg diatas ini meletup letup bener jiwanya - salah dikasi obat kayanya



Ngga suka ya nggapapa yamama ah... berisik amad... Yang ngga suka disini juga banyak. Yang suka juga banyak.
Diluar OOT..
Hak paten disini memang payah.... Bagaimana karya kita jadi milik bangsa, kalo untuk urusan daftarn paten udh mencekik leher?
Regulasi kita sendiri lah yang menghambat. Sy inget, waktu masih di Jokja, temen satu klub mobil pernah curhat. Dia mengeluhkan birokrasi pendaftrn hak paten yang UUD. Perusahaan temen ane itu pendampingan kredit mikro. Mau daftarin hak paten atas hasil karya tepat guna untuk pertanian, malah udh ditodong sekian puluh juta dulu (mungkin ga sampe 40juta). WAKSS!! Buat orang deso, mau darimana duit segitu? Mosok harus nambah kredit lagi hanya utk daftarin paten?
Jwaban GILa yang diterima adalah,"Lhoh, itu kan ngga mahal! Anda kan nanti bakal untung berlipat2 ratusan juta!"

Buat yang ga suka, nggapapa yamama. Nanti kalo ada karya kita atau orang kita diklaim negara lain, jangan berisik lagi yaa!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42
Re: ESEMKA
itu undangan darimana om? kalo terbuka utk kalangan industri scr umum ane mau ikutanpopeye19 wrote:kucing_garong wrote:uji emisi...uji emisi...
KEPADA PARA PEMBUAT KOMPONEN / WORKSHOP , MACHINING , STAMPING , PLASTIC INJECTION , RUBER , ELECTRONIC ,CASTING , FOUNDRY , JASA MACHINING ,
SAYA TUNGGU KEHADIRAN DI SOLO TECHNO PARK , HARI SABTU TANGGAL 14 JANUARY , 2012 UNTUK LOKALISASI KOMPONEN mobil ESEMKA , JAM 9.00 HINGGA SELESAI ..
PT.SOLO MANUFAKTUR KREASI
jaln , Ki Hajar dewantoro , Kentingan , surakarta
maaf para bos ini postingan dari temen..
seru juga baca postingan dr suhu2 sekalian.
kita ambil positifnya aja, karena harga mobil di indonesia termasuk paling tinggi dibanding negara
lain.soo mana yg ber tangung jawab dgn mahalnya mobil di indo, para suhu dah tau sendirilah.
effeck nya para membuat mobil pake cara spec down, dan ini lagi2 konsumen yg dirugikan, udah mahal tp kuwalitas ga sama ama yg di jual di luar negeri..
masuk logika kan para suhu..pemerintah ambil pajak gede buat pemilikan mobil, parahnya lagi, pajak masuk banyak ke pemerintah tp negara ga maju2..rakyat kelaparan masih banyak
kalo dgn ada nya ESEMKA trs membuka lowongan kerja baru kan ini positif..
pemerintah harusnya mendukung, kalo ber otak..
walau munkin hadirnya ESEMKA cuma menciplak tp berguna buat masyarakat banyak knp ga di dukung kalo berotak..
otaknya kan isi nya UUD,
wkwkwkwkwkw, cuma kecewa sih ama pemerintah terus terang aja>>kurang perpihakkan pada rakyat kecil dan mesken.
![]()
kok jadi disini yah
harusnya langsung ke DPR sana![]()
soory kalo ada yg tersinggung


OOT dikit gpp ya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: ESEMKA
Komen paling gak mutu di trid ini....arieyoarie wrote:kayaknya yg komennya gk mendukung dgn keberadaan esemka dia itu mungkin mahasiswa/dah lulus.tp slama kuliah gak dapat ilmunya cuma dapat gelar aja.makanya komennya gk enak soalnya merasa tersaingi sama anak smk,yg gelarnya dibawahnya tp prestasinya bagus.kaum intelektual muda kita bisanya cuma demo demo dan demo.makanya [cencored].

Tiga kubu:
1) Yang kontra sepenuhnya ama Kiat Esemka cuman minor.
2) Mayoritas, mendukung tapi dengan kritis dan penuh selidik, persis saya.
3) Yang dukung abis2an tanpa ada argumen kritis. Membabi-buta, tar jadi fanboy kayak TM ato Ak4ng loh....

Kenapa ribut pada Kiat Esemka?
1) Diendorsed ma pejabat (positif kok, salute for pak Jokowi)
2) Digadang2 disebut mobnas (dihantam kritik soal komponen2 lokalnya)
3) Aktor2 di beakang kelahirannya, PERNYATAAN2NYA SELALU INKONSISTEN tiap kesempatan.
NGERAKIT Y NGERAKIT AJALAH, TETEP ITU PRESTASI KOK. SMKN II Surabaya ngerakit pikap kit dari Cina, mereka GENTLE bilang ngerakit, gak ada hantaman kritik or cibiran tuh.
Intinya, Kiat Esemka ini GJ. Sebentar bilang impor, sebentar bilang bikin sendiri/ide sendiri. Ini poin masalah buat sebagian orang TERMASUK SAYA.
Kesimpulan pribadi ane, karena mereka MENCLA-MENCLE mulu:
- Mesin drivetrain impor Cina
- Chassis impor China
- Bodyshell impor Cina (terbukti dasbor Foday fit-in nya bagus di bodi Kiat Esemka)
- Panel bodi, pintu ketok2 bikin sendiri, biar beda dikit, front end kloneng CRV (tadinya pake lampu ala D-Max), tail lamp cekokin Ispan.

Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Tenang bro... tenang... jangan esmosi...eh...emosi..Nightster Guy wrote:Komen paling gak mutu di trid ini....arieyoarie wrote:kayaknya yg komennya gk mendukung dgn keberadaan esemka dia itu mungkin mahasiswa/dah lulus.tp slama kuliah gak dapat ilmunya cuma dapat gelar aja.makanya komennya gk enak soalnya merasa tersaingi sama anak smk,yg gelarnya dibawahnya tp prestasinya bagus.kaum intelektual muda kita bisanya cuma demo demo dan demo.makanya [cencored].
Tiga kubu:
1) Yang kontra sepenuhnya ama Kiat Esemka cuman minor.
2) Mayoritas, mendukung tapi dengan kritis dan penuh selidik, persis saya.
3) Yang dukung abis2an tanpa ada argumen kritis. Membabi-buta, tar jadi fanboy kayak TM ato Ak4ng loh....Dan gak akan bisa membangun buat SMK.
Kenapa ribut pada Kiat Esemka?
1) Diendorsed ma pejabat (positif kok, salute for pak Jokowi)
2) Digadang2 disebut mobnas (dihantam kritik soal komponen2 lokalnya)
3) Aktor2 di beakang kelahirannya, PERNYATAAN2NYA SELALU INKONSISTEN tiap kesempatan.
NGERAKIT Y NGERAKIT AJALAH, TETEP ITU PRESTASI KOK. SMKN II Surabaya ngerakit pikap kit dari Cina, mereka GENTLE bilang ngerakit, gak ada hantaman kritik or cibiran tuh.
Intinya, Kiat Esemka ini GJ. Sebentar bilang impor, sebentar bilang bikin sendiri/ide sendiri. Ini poin masalah buat sebagian orang TERMASUK SAYA.
Kesimpulan pribadi ane, karena mereka MENCLA-MENCLE mulu:
- Mesin drivetrain impor Cina
- Chassis impor China
- Bodyshell impor Cina (terbukti dasbor Foday fit-in nya bagus di bodi Kiat Esemka)
- Panel bodi, pintu ketok2 bikin sendiri, biar beda dikit, front end kloneng CRV (tadinya pake lampu ala D-Max), tail lamp cekokin Ispan.
Namanya juga media... Sekarang aja kita susah mau ngebedain dari suatu media itu yang disampaikan pure atau ngga. Terlalu banyak bumbu. Bahkan komeng2 geje juga masuk, bikin publik jadi tambah bingun. Ngga cuman di satu hal ini aja kan, masih banyak dari sektor politik, hukum, agama, semua jadi goreng2an gurih media yang selalu lebay alay..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ESEMKA
lagi sedikit emosi dia om VM, lagi galau......wkwkkwkwwkwkwkwk,
@NG :

@NG :



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ESEMKA
lhaaaa???
mr.gay galau?????
kirain galau itu monopoli anak muda kaya ane ajaaaa
mr.gay galau?????
kirain galau itu monopoli anak muda kaya ane ajaaaa

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
doq wrote:lhaaaa???
mr.gay galau?????
kirain galau itu monopoli anak muda kaya ane ajaaaa
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ESEMKA
ssssttt, dog, berisik aja ente, ntar tiba2 dia nongol diseruduk kita semua pake harle nya



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: ESEMKA
http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... obil_China
Menurut ane daripada ribut mending ke solo langsung n ngecek identitas ESEMKA sesungguhnya

Menurut ane daripada ribut mending ke solo langsung n ngecek identitas ESEMKA sesungguhnya


RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: ESEMKA
Bantu tongolin berita ttg definisi mobnas menurut Asianusa
Jakarta - Esemka terus menjadi perbincangan, yang bahkan makin hari makin terbuka. Sebagian mengatakan itu mobil nasional, sebagian lagi mengatakan itu hanya rakitan. Terlebih setelah hadirnya mobil yang mirip di China dan India.
Lalu apa sebenarnya mobil nasional itu? Ketua bidang Pemasaran dan Komunikasi Asosiasi Industri Otomotif Nusantara (Asia Nusa) Dewa Yuniardi, coba memberikan defininya.
"Mobil nasional adalah mobil yang rancangan hak kekayaan intelektual dan ownershipnya punya indonesia. Ini sebagai permulaan, diluar itu semua ya hanya rakitan," ujar Dewa.
Kategori mobnas berarti, lanjut Dewa, buatan industri yang prinsipalnya adalah investor dalam negeri. Gambarannya, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, semua sudah ada beberapa mobdel yang dirakit di Indonesia. Kenapa itu tidak disebut mobil nasional?
"Karena prinsipalnya tetap di Jepang! Karena yang investasinya tetap mereka, bukan kita yang kebetulan punya pabrik Toyota atau pabrik Daihatsu," papar Dewa.
Jadi, nantinya, mau dibuat oleh siapapun dan dimanapun, selama kita sudah menjadi prinsipal dan pemegang merek, maka itu mobil nasional kita dan tidak akan bisa diakui oleh siapapun yang bukan pemegang mereknya.
Nah, seharusnya kita juga bergerak ke arah yang seperti itu. Menjadi prinsipal dan pemegang merek dari mobil-mobil nasional kita. Syarat pertamanya, tentu harus ada hak paten ataupun hak kekayaan intelektual atas produk tersebut.
"Jadi nantinya setelah dipasarkan tidak akan ada yang menggugat atau menuntut, karena misalnya lampu yang digunakan punya merek ini, atau handle pintunya dari merek itu, dan lain sebagainya. Dengan menjadi prinsipal, kita akan aman ketika bermain di pasar global nantinya," ujar Dewa.
Dan sekarang, kenapa mobil nasional tidak pernah bisa menjadi prinsipal? Karena industri mobil nasional (mobnas) terganjal oleh kebijakan dan masih menjadi anak tiri dalam struktur industri di Indonesia.
Kebijakan sektor otomotif di Indonesia masih mengacu pada agen tunggal pemegang merek (ATPM). Akibatnya, sektor otomotif nasional masih terbatas pada perakitan, belum mencapai tahap industri.
"Jadi sebenarnya, kebijakan yang berpihak kepada industri otomotif nasional yang diharapkan sebagai bentuk bantuan dari pemerintah. Bukan hanya melulu pembebasan pajak dan subsidi yang sifatnya meringankan, tapi malah membuat kita terlena dan manja!, atau malah di tegur sama WHO seperti kasus Timor," tegas Dewa. (mobil.otomotifnet.com)
Source: http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... il_Rakitan

Jakarta - Esemka terus menjadi perbincangan, yang bahkan makin hari makin terbuka. Sebagian mengatakan itu mobil nasional, sebagian lagi mengatakan itu hanya rakitan. Terlebih setelah hadirnya mobil yang mirip di China dan India.
Lalu apa sebenarnya mobil nasional itu? Ketua bidang Pemasaran dan Komunikasi Asosiasi Industri Otomotif Nusantara (Asia Nusa) Dewa Yuniardi, coba memberikan defininya.
"Mobil nasional adalah mobil yang rancangan hak kekayaan intelektual dan ownershipnya punya indonesia. Ini sebagai permulaan, diluar itu semua ya hanya rakitan," ujar Dewa.
Kategori mobnas berarti, lanjut Dewa, buatan industri yang prinsipalnya adalah investor dalam negeri. Gambarannya, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, semua sudah ada beberapa mobdel yang dirakit di Indonesia. Kenapa itu tidak disebut mobil nasional?
"Karena prinsipalnya tetap di Jepang! Karena yang investasinya tetap mereka, bukan kita yang kebetulan punya pabrik Toyota atau pabrik Daihatsu," papar Dewa.
Jadi, nantinya, mau dibuat oleh siapapun dan dimanapun, selama kita sudah menjadi prinsipal dan pemegang merek, maka itu mobil nasional kita dan tidak akan bisa diakui oleh siapapun yang bukan pemegang mereknya.
Nah, seharusnya kita juga bergerak ke arah yang seperti itu. Menjadi prinsipal dan pemegang merek dari mobil-mobil nasional kita. Syarat pertamanya, tentu harus ada hak paten ataupun hak kekayaan intelektual atas produk tersebut.
"Jadi nantinya setelah dipasarkan tidak akan ada yang menggugat atau menuntut, karena misalnya lampu yang digunakan punya merek ini, atau handle pintunya dari merek itu, dan lain sebagainya. Dengan menjadi prinsipal, kita akan aman ketika bermain di pasar global nantinya," ujar Dewa.
Dan sekarang, kenapa mobil nasional tidak pernah bisa menjadi prinsipal? Karena industri mobil nasional (mobnas) terganjal oleh kebijakan dan masih menjadi anak tiri dalam struktur industri di Indonesia.
Kebijakan sektor otomotif di Indonesia masih mengacu pada agen tunggal pemegang merek (ATPM). Akibatnya, sektor otomotif nasional masih terbatas pada perakitan, belum mencapai tahap industri.
"Jadi sebenarnya, kebijakan yang berpihak kepada industri otomotif nasional yang diharapkan sebagai bentuk bantuan dari pemerintah. Bukan hanya melulu pembebasan pajak dan subsidi yang sifatnya meringankan, tapi malah membuat kita terlena dan manja!, atau malah di tegur sama WHO seperti kasus Timor," tegas Dewa. (mobil.otomotifnet.com)
Source: http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... il_Rakitan
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ESEMKA
Mau tahu yg benar benar produk anak bangsa nih produk hasil RACIKAN team Universitas gajah mada dari fakultas teknik dan bisa On The Fly artinya bensin dan gas bisa dipindah secara langsung salurannya tanpa perlu bongkar pasang
dan yg paling salut harganya cuma 1/2 dari barang yg dijual pemerintah
Bangkit dan bangga dong ..................
http://autos.okezone.com/play/22550/con ... ga-pasaran
dan yg paling salut harganya cuma 1/2 dari barang yg dijual pemerintah



Bangkit dan bangga dong ..................
http://autos.okezone.com/play/22550/con ... ga-pasaran
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: ESEMKA
Intinya, mostly yang sedikit mencibir tetap hargai sekali kok pencapaian SMKN Solo tersebut. Kami yang mulai kritis hanya minta simpel aja: MBOK Y JUJUR GITU LOH.... Awalilah perintisan 'Mobil Nasional Indonesia' dengan integritas moral dan spirit sepenuhnya.
Simpel aja.
GO JOKOWI FOR 2014.... TURUNKAN REZIM DEMOKRAT....
Simpel aja.

GO JOKOWI FOR 2014.... TURUNKAN REZIM DEMOKRAT....

Das Beste oder nichts.