Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Ya ditunggu aja kehadirannya. Semua msh tergantung dr price position ATPM. Biarpun bentuknya krg menarik tp kl harga di set lbh murah dr apanja, bukan tidak mungkin mengurangi pangsa pasar apanja.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Betul om Badak.. ane stuju, selamanya price does matter.. untuk mobil kelas ekonomis seperti ini.. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
sebenernya sih secara resep udah bagus ni mobil (sesuai lah dengan kebutuhan pasar lokal sini):
1. bodi gede (bangku 3 baris, atap tinggi, cargo cukup gede)
2. mesin kecil dan irit: buat macet2 enak, biaya opersional kecil
3. merek nissan: merek jepang, reliable (walaupun harus berbenah lagi supaya jangan sampe defects2 printilan di GL kejadian lagi di NV200).
4. After salesnya nissan udah mulai baik: Beres cukup banyak, harga parts terjangkau, dan distribusi parts banyak.
Tapi sayangnya cuma satu kalo menurut ane: Tampangnya kurang cakep....Ada kesan mobil ini initially didesain sebagai mobil angkutan barang lalu kemudian mao dijadikan mobil passengers car. Padahal IMO desain mobil salah satu faktor penting dalam menggaet calon konsumen.
Mungkin kalo nissan mao kasi pernak pernik eksterior tambahan supaya bisa nge-dongkrak tampangnya dengan harga jual yg masih terjangkau, ane bilang bisa bagus salesnya.
1. bodi gede (bangku 3 baris, atap tinggi, cargo cukup gede)
2. mesin kecil dan irit: buat macet2 enak, biaya opersional kecil
3. merek nissan: merek jepang, reliable (walaupun harus berbenah lagi supaya jangan sampe defects2 printilan di GL kejadian lagi di NV200).
4. After salesnya nissan udah mulai baik: Beres cukup banyak, harga parts terjangkau, dan distribusi parts banyak.
Tapi sayangnya cuma satu kalo menurut ane: Tampangnya kurang cakep....Ada kesan mobil ini initially didesain sebagai mobil angkutan barang lalu kemudian mao dijadikan mobil passengers car. Padahal IMO desain mobil salah satu faktor penting dalam menggaet calon konsumen.
Mungkin kalo nissan mao kasi pernak pernik eksterior tambahan supaya bisa nge-dongkrak tampangnya dengan harga jual yg masih terjangkau, ane bilang bisa bagus salesnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 249
- Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
kl dilihat dr spesifikasinya, kira2 nyaman mn y ama ANAvanza?
lgpula NV200 ini diluar kan jd angkot? cmiiw
lgpula NV200 ini diluar kan jd angkot? cmiiw
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.
Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..
Cmiiw
Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..
Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
legit2 gitu donk yaaaa kalau kya mentega...AD74YA wrote:Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.
Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..
Cmiiw

Permisii
............................. 


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Legit, anget, kentel, lengket gitu dech....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Saya penasaran mau coba, karena pengalaman sebelumnya dgn GL faktor kenyamanan luar biasa utk mobil dengan harga 150jtan pada saat saya beli dan kalau dibandingkan dengan habanjah agak jauh yah di faktor kenyamanan. Tapi di faktor lainnya habanjah banyak yg lebih unggul juga.. Maka-nya dgn kondisi banyak pilihan kita lebih enak lagi memilih..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Weleh, percaya deh ama mods Djay. Dari mobil niaga tho basicnya. So, kenyamanan mo diapain juga untuk versi people carrier y akan gitu2 aja deh mungkin 11-12 versus Habanja, mods? Beti.
NV versi taxi NYC berarti gak nyaman2 amat y? 'Coz orang Amrik selalu prefer kenyamanan buat kendaraan mereka, SUV or jip sekalipun (e.g. CJ-7 dan YJ terkenal paling nyaman untuk jip sekelasnya segenerasinya).

NV versi taxi NYC berarti gak nyaman2 amat y? 'Coz orang Amrik selalu prefer kenyamanan buat kendaraan mereka, SUV or jip sekalipun (e.g. CJ-7 dan YJ terkenal paling nyaman untuk jip sekelasnya segenerasinya).
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
ini sepertinya lawan yang sepadan adalah Luxio ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Hm.. Time will tell.. Hahaha, makin seru nungguin nya dan kalau sampai mengecewakan jadi gigit jari deh.. 

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Ya mr. Gay. Beti dengan avxen.. Yang mana sama2 memabukkan.. (Anggur merah kalee)..
Hebat juga di NYC jadi taksi, biasanya org amrik prefer mobil yg lebih gede.. Tapi emang headroom NV termasuk besar sih seinget ane..
@master ilhami: kalau dr pengamatan saya sepertinya lebih ke luxio dibanding kearah freed.. (Double PSD under 200 juta? Yeah, right..)
Hebat juga di NYC jadi taksi, biasanya org amrik prefer mobil yg lebih gede.. Tapi emang headroom NV termasuk besar sih seinget ane..
@master ilhami: kalau dr pengamatan saya sepertinya lebih ke luxio dibanding kearah freed.. (Double PSD under 200 juta? Yeah, right..)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
nah kalo ada pembandingnya (dibandingin dengan avanza xenia) buat hal kenyamanan kan jadi jelas maksudnya memabukkan untuk jalanan sekelas singapura.AD74YA wrote:Ya mr. Gay. Beti dengan avxen.. Yang mana sama2 memabukkan.. (Anggur merah kalee)..
Hebat juga di NYC jadi taksi, biasanya org amrik prefer mobil yg lebih gede.. Tapi emang headroom NV termasuk besar sih seinget ane..
@master ilhami: kalau dr pengamatan saya sepertinya lebih ke luxio dibanding kearah freed.. (Double PSD under 200 juta? Yeah, right..)
tinggal di lihat nantinya apa NV punya kelebihan2 lain dibanding avanza xenia.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun May 30, 2010 12:05
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Wah om dah coba ya NV200,mirip2 APV gen1 & Kijang kapsul kah om bantingan suspensi belakangnya? (krn sama pake per daun)AD74YA wrote:Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.
Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..
Cmiiw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Kalu Harga Sekelas ApV atau GranMax akan jadi pilihan yang bagus buat Geser AvXen, tapi Kalu harga Sekelas GL atau AvXen kayaknya Mustahil buat geser duo striker maut ToDa.FC...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
@keicar
Wait a minute.... Leaf spring?? Now seriously?... Wow.. Itu menjelaskan banyak mengenai kenyamanan mobil ini..
Mengenai kelas mobil ini saya ga bisa komen banyak, yang jelas dibanding luxio saya jelas pilih NV simply because NV looks better compared to luxio... But, kalau harganya sekelas luxio,.... Well... Masa jadi dibawah GL kelas NV.... Tapi kalau harga diatas GL, NV bahkan lebih basic di teknologi...
Am I right? Or am I missing something here...?
Wait a minute.... Leaf spring?? Now seriously?... Wow.. Itu menjelaskan banyak mengenai kenyamanan mobil ini..
Mengenai kelas mobil ini saya ga bisa komen banyak, yang jelas dibanding luxio saya jelas pilih NV simply because NV looks better compared to luxio... But, kalau harganya sekelas luxio,.... Well... Masa jadi dibawah GL kelas NV.... Tapi kalau harga diatas GL, NV bahkan lebih basic di teknologi...
Am I right? Or am I missing something here...?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun May 30, 2010 12:05
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

ini nubi copas dari nissan.co.jp,nampaknya memang rigid leaf spring ya om suspensi blkgnya (gbr kanan)
namun kijang kapsul yg menganut sistem suspensi spt ini(cmiiw) mnrt ane tetep lebih nyaman dibanding avxen edisi pertama yg sdh per keong
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
sistem per daun setau ane ada 2 type sehh... underaxle atau overaxle... ini jg mempengaruhi tingkat kekerasan atau keempukan si per daun tsb... trus diliat jg... smakin datar atau semakin melengkung tuh lembaran per daun jg men determine tingkat kekerasan keempukan per tsb....
tp tnang aj... feeling nubitol ane mengatakan kayanya si eva ini gt masuk indo pasti dirombak jadi per keong... luxio ama apv yg based nya leaf spring aj bisa drombak jadi per keong sgitu gampang....
tp tnang aj... feeling nubitol ane mengatakan kayanya si eva ini gt masuk indo pasti dirombak jadi per keong... luxio ama apv yg based nya leaf spring aj bisa drombak jadi per keong sgitu gampang....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Mayoritas leaf spring buat passenger cars.... Ummmm.... Underaxle yak mods CMIIW? Axle di atas per daun y?
Bingung gak paham, bisa jelasin singkat teori teknisnya gimana mods kok bisa beda kenyamanan antara under versus over, let's say spring rate dan kelengkungannya sama. Thanx.
Uda lama gak muncul om Klep?
Bingung gak paham, bisa jelasin singkat teori teknisnya gimana mods kok bisa beda kenyamanan antara under versus over, let's say spring rate dan kelengkungannya sama. Thanx.
Uda lama gak muncul om Klep?

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
hai om enji gay.... dah lama jg ga ketemu dsini om...
jadi gini om... coba nubie jelasin sperti yg nubie tau yahh dari hasil nyolong ilmu montir per sana sini... underaxle itu arti nya per daun nya di bawah si gardan (di kijang kapsul maupun di panther pake jenis ini).... kalo overaxle itu artinya per daun nya di taruh di atas gardan (di kijang super misalnya)... masing2 ini ada keuntungan nya masing2... kalo over biasanya jenis ini dipake utk ngangkut barang berat dan biasanya jadi lebi rigid... sdgkan utk under biasanya utk kenyamanan.... cuman teori ini utk praktek nya uda ga gt berlaku lg karena ada banyak faktor2 lain nya bermain...
nahh kalo soal kelengkungan per daun nya... jelas ini mempengaruhi... smakin lengkung tuh per... bantingan smakin keras... semakin mendatar tuh lembaran per, semakin empuk namun cenderung limbung...
jumlah lembaran dan ketebalan per pun jg mempengaruhi... smakin tebal semakin rigid... smakin banyak pun jg smakin rigid...
cmiiw....



jadi gini om... coba nubie jelasin sperti yg nubie tau yahh dari hasil nyolong ilmu montir per sana sini... underaxle itu arti nya per daun nya di bawah si gardan (di kijang kapsul maupun di panther pake jenis ini).... kalo overaxle itu artinya per daun nya di taruh di atas gardan (di kijang super misalnya)... masing2 ini ada keuntungan nya masing2... kalo over biasanya jenis ini dipake utk ngangkut barang berat dan biasanya jadi lebi rigid... sdgkan utk under biasanya utk kenyamanan.... cuman teori ini utk praktek nya uda ga gt berlaku lg karena ada banyak faktor2 lain nya bermain...
nahh kalo soal kelengkungan per daun nya... jelas ini mempengaruhi... smakin lengkung tuh per... bantingan smakin keras... semakin mendatar tuh lembaran per, semakin empuk namun cenderung limbung...
jumlah lembaran dan ketebalan per pun jg mempengaruhi... smakin tebal semakin rigid... smakin banyak pun jg smakin rigid...
cmiiw....
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Oooo gituu... I see.. I see... Dalam pikiran ane soalnya keong is always comfier than leaf spring... berhubung otak ane terbatas, kalau di analisa dari web nya nissan berarti termasuk over atau under tuh master dohc? 

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
Kalo ngeliat gambar skema yang diaplod si Keicar, jelas overaxle, mods. Per daunnya di atas gardan. Soal kenyamanan, ane sependapat ama salah satu yang pernah ngepost di trid sebelah, bahwa bantingan leafnya Tokisul terutama belakangnya masih lebih enak ketimbang spiralnya Habanja.
Secara umum ya, keong lebih nyaman. Tapi tetep mesti liat kasus per kasus juga sih hehehehe....
Secara umum ya, keong lebih nyaman. Tapi tetep mesti liat kasus per kasus juga sih hehehehe....
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
AFAIK, coil spring vs leaf spring mana yg lbh nyaman, jawabannya ya wani piro...?? 
volvo 960 pake independen suspension with leaf spring di suspensi belakangnya, hasilnya terbukti nyaman kan
tapi untuk era skrg ini, untuk mbl penumpang sudah hampir semua pake coil spring, bentuk fisik coil spring jauh lbh ringkas memudahkan perancangan konstruksi suspensi, dari sisi perawatan lbh mudah krn melepas/mengganti coil spring jauh lbh praktis dibanding leaf spring, selain itu leaf spring dr sisi marketing sudah dianggap jadul di depan konsumen, bahkan sering dianggap titik lemah dr suatu kendaraan krn leaf spring identik dng mobil barang jd dianggap kenyamanannya kurang.

volvo 960 pake independen suspension with leaf spring di suspensi belakangnya, hasilnya terbukti nyaman kan
tapi untuk era skrg ini, untuk mbl penumpang sudah hampir semua pake coil spring, bentuk fisik coil spring jauh lbh ringkas memudahkan perancangan konstruksi suspensi, dari sisi perawatan lbh mudah krn melepas/mengganti coil spring jauh lbh praktis dibanding leaf spring, selain itu leaf spring dr sisi marketing sudah dianggap jadul di depan konsumen, bahkan sering dianggap titik lemah dr suatu kendaraan krn leaf spring identik dng mobil barang jd dianggap kenyamanannya kurang.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
tp ga melulu dipake sbg mobil barang kan kak.... tuh corvette nya om posvett aja masi pake leaf spring tuh...



numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Nissan Evalia (NV200) 2012
kalo di mobil sport cukup bisa di mengerti... konfigurasinya berbeda dengan di mobil box kan ya kalo gak salah?.. ane pernah baca di majalah teknik..
Kalo di mobil sport, terutama di muscle car rear wheel drive, leaf spring bisa menghemat berat dibanding coil spring hingga sepertiganya artinya engineer bisa mengkonfigurasi distribusi bobot lebih baik dengan leaf spring.. terus center of gravitynya bisa lebih rendah.. Sekali lagi, konfigurasi ini hanya mempan buat mobil sport yang biasanya dari hasil penelitian panjang dengan membandingkan apabila produknya menggunakan coil spring dilihat dari cost, weight, dan wear nya...
Sedangkan untuk mobil keluarga atau niaga, satu-satunya pertimbangan adalah cost saja biasanya... (kesimpulan ini dari hasil googling)
Kesimpulan dari saya, penggunaan leaf spring di mobil sport dan niaga ga bisa disamain..
CMIIW...
Nubie balik keatap...
Kalo di mobil sport, terutama di muscle car rear wheel drive, leaf spring bisa menghemat berat dibanding coil spring hingga sepertiganya artinya engineer bisa mengkonfigurasi distribusi bobot lebih baik dengan leaf spring.. terus center of gravitynya bisa lebih rendah.. Sekali lagi, konfigurasi ini hanya mempan buat mobil sport yang biasanya dari hasil penelitian panjang dengan membandingkan apabila produknya menggunakan coil spring dilihat dari cost, weight, dan wear nya...
Sedangkan untuk mobil keluarga atau niaga, satu-satunya pertimbangan adalah cost saja biasanya... (kesimpulan ini dari hasil googling)
Kesimpulan dari saya, penggunaan leaf spring di mobil sport dan niaga ga bisa disamain..
CMIIW...
Nubie balik keatap...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...