Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by BADAK »

Ya ditunggu aja kehadirannya. Semua msh tergantung dr price position ATPM. Biarpun bentuknya krg menarik tp kl harga di set lbh murah dr apanja, bukan tidak mungkin mengurangi pangsa pasar apanja.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by fusionkit »

Betul om Badak.. ane stuju, selamanya price does matter.. untuk mobil kelas ekonomis seperti ini.. :off_good_job:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by Risol1 »

sebenernya sih secara resep udah bagus ni mobil (sesuai lah dengan kebutuhan pasar lokal sini):
1. bodi gede (bangku 3 baris, atap tinggi, cargo cukup gede)
2. mesin kecil dan irit: buat macet2 enak, biaya opersional kecil
3. merek nissan: merek jepang, reliable (walaupun harus berbenah lagi supaya jangan sampe defects2 printilan di GL kejadian lagi di NV200).
4. After salesnya nissan udah mulai baik: Beres cukup banyak, harga parts terjangkau, dan distribusi parts banyak.

Tapi sayangnya cuma satu kalo menurut ane: Tampangnya kurang cakep....Ada kesan mobil ini initially didesain sebagai mobil angkutan barang lalu kemudian mao dijadikan mobil passengers car. Padahal IMO desain mobil salah satu faktor penting dalam menggaet calon konsumen.
Mungkin kalo nissan mao kasi pernak pernik eksterior tambahan supaya bisa nge-dongkrak tampangnya dengan harga jual yg masih terjangkau, ane bilang bisa bagus salesnya.
wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by wongpantai »

kl dilihat dr spesifikasinya, kira2 nyaman mn y ama ANAvanza?
lgpula NV200 ini diluar kan jd angkot? cmiiw
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.

Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..

Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by nescafe »

AD74YA wrote:Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.

Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..

Cmiiw
legit2 gitu donk yaaaa kalau kya mentega... :upss:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

Legit, anget, kentel, lengket gitu dech....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by fusionkit »

Saya penasaran mau coba, karena pengalaman sebelumnya dgn GL faktor kenyamanan luar biasa utk mobil dengan harga 150jtan pada saat saya beli dan kalau dibandingkan dengan habanjah agak jauh yah di faktor kenyamanan. Tapi di faktor lainnya habanjah banyak yg lebih unggul juga.. Maka-nya dgn kondisi banyak pilihan kita lebih enak lagi memilih..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by Nightster Guy »

Weleh, percaya deh ama mods Djay. Dari mobil niaga tho basicnya. So, kenyamanan mo diapain juga untuk versi people carrier y akan gitu2 aja deh mungkin 11-12 versus Habanja, mods? Beti.

:big_peace:

NV versi taxi NYC berarti gak nyaman2 amat y? 'Coz orang Amrik selalu prefer kenyamanan buat kendaraan mereka, SUV or jip sekalipun (e.g. CJ-7 dan YJ terkenal paling nyaman untuk jip sekelasnya segenerasinya).
Das Beste oder nichts.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by ilhami »

ini sepertinya lawan yang sepadan adalah Luxio ya?
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by fusionkit »

Hm.. Time will tell.. Hahaha, makin seru nungguin nya dan kalau sampai mengecewakan jadi gigit jari deh.. :wkkk:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

Ya mr. Gay. Beti dengan avxen.. Yang mana sama2 memabukkan.. (Anggur merah kalee)..

Hebat juga di NYC jadi taksi, biasanya org amrik prefer mobil yg lebih gede.. Tapi emang headroom NV termasuk besar sih seinget ane..

@master ilhami: kalau dr pengamatan saya sepertinya lebih ke luxio dibanding kearah freed.. (Double PSD under 200 juta? Yeah, right..)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by zweifellos »

AD74YA wrote:Ya mr. Gay. Beti dengan avxen.. Yang mana sama2 memabukkan.. (Anggur merah kalee)..

Hebat juga di NYC jadi taksi, biasanya org amrik prefer mobil yg lebih gede.. Tapi emang headroom NV termasuk besar sih seinget ane..

@master ilhami: kalau dr pengamatan saya sepertinya lebih ke luxio dibanding kearah freed.. (Double PSD under 200 juta? Yeah, right..)
nah kalo ada pembandingnya (dibandingin dengan avanza xenia) buat hal kenyamanan kan jadi jelas maksudnya memabukkan untuk jalanan sekelas singapura.

tinggal di lihat nantinya apa NV punya kelebihan2 lain dibanding avanza xenia.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
keicar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun May 30, 2010 12:05

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by keicar »

AD74YA wrote:Lebih tepatnya nv dibuat pertama kali untuk jadi mobil box, baru kemudian dijadikan people carrier.. Jadi berdasar sejarahnya nv lebih mirip ke toyota hi ace dibanding alphard, karena alphard di engineered untuk kenyamanan (people carrier) baru belakangan jadi mobil box di jepang.

Jadi disinilah poin saya, seperti yg sudah saya katakan di awal2 tret ini, jangan berekspektasi besar mengenai kenyamanan.. Untuk saya pribadi, di singapura sudah cukup mabuk naik mobil ini.. Padahal disingapura loh.. Jalannya halus kayak mentega..

Cmiiw
Wah om dah coba ya NV200,mirip2 APV gen1 & Kijang kapsul kah om bantingan suspensi belakangnya? (krn sama pake per daun)



Image
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by Lucky11 »

Kalu Harga Sekelas ApV atau GranMax akan jadi pilihan yang bagus buat Geser AvXen, tapi Kalu harga Sekelas GL atau AvXen kayaknya Mustahil buat geser duo striker maut ToDa.FC...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

@keicar

Wait a minute.... Leaf spring?? Now seriously?... Wow.. Itu menjelaskan banyak mengenai kenyamanan mobil ini..

Mengenai kelas mobil ini saya ga bisa komen banyak, yang jelas dibanding luxio saya jelas pilih NV simply because NV looks better compared to luxio... But, kalau harganya sekelas luxio,.... Well... Masa jadi dibawah GL kelas NV.... Tapi kalau harga diatas GL, NV bahkan lebih basic di teknologi...

Am I right? Or am I missing something here...?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
keicar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun May 30, 2010 12:05

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by keicar »

Image

ini nubi copas dari nissan.co.jp,nampaknya memang rigid leaf spring ya om suspensi blkgnya (gbr kanan)
namun kijang kapsul yg menganut sistem suspensi spt ini(cmiiw) mnrt ane tetep lebih nyaman dibanding avxen edisi pertama yg sdh per keong
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by DOHC »

sistem per daun setau ane ada 2 type sehh... underaxle atau overaxle... ini jg mempengaruhi tingkat kekerasan atau keempukan si per daun tsb... trus diliat jg... smakin datar atau semakin melengkung tuh lembaran per daun jg men determine tingkat kekerasan keempukan per tsb....

tp tnang aj... feeling nubitol ane mengatakan kayanya si eva ini gt masuk indo pasti dirombak jadi per keong... luxio ama apv yg based nya leaf spring aj bisa drombak jadi per keong sgitu gampang....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by Nightster Guy »

Mayoritas leaf spring buat passenger cars.... Ummmm.... Underaxle yak mods CMIIW? Axle di atas per daun y?

Bingung gak paham, bisa jelasin singkat teori teknisnya gimana mods kok bisa beda kenyamanan antara under versus over, let's say spring rate dan kelengkungannya sama. Thanx.

Uda lama gak muncul om Klep? :mky_01:
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by DOHC »

hai om enji gay.... dah lama jg ga ketemu dsini om... :mky_03: :mky_03: :mky_03:

jadi gini om... coba nubie jelasin sperti yg nubie tau yahh dari hasil nyolong ilmu montir per sana sini... underaxle itu arti nya per daun nya di bawah si gardan (di kijang kapsul maupun di panther pake jenis ini).... kalo overaxle itu artinya per daun nya di taruh di atas gardan (di kijang super misalnya)... masing2 ini ada keuntungan nya masing2... kalo over biasanya jenis ini dipake utk ngangkut barang berat dan biasanya jadi lebi rigid... sdgkan utk under biasanya utk kenyamanan.... cuman teori ini utk praktek nya uda ga gt berlaku lg karena ada banyak faktor2 lain nya bermain...

nahh kalo soal kelengkungan per daun nya... jelas ini mempengaruhi... smakin lengkung tuh per... bantingan smakin keras... semakin mendatar tuh lembaran per, semakin empuk namun cenderung limbung...

jumlah lembaran dan ketebalan per pun jg mempengaruhi... smakin tebal semakin rigid... smakin banyak pun jg smakin rigid...

cmiiw....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

Oooo gituu... I see.. I see... Dalam pikiran ane soalnya keong is always comfier than leaf spring... berhubung otak ane terbatas, kalau di analisa dari web nya nissan berarti termasuk over atau under tuh master dohc? :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by Nightster Guy »

Kalo ngeliat gambar skema yang diaplod si Keicar, jelas overaxle, mods. Per daunnya di atas gardan. Soal kenyamanan, ane sependapat ama salah satu yang pernah ngepost di trid sebelah, bahwa bantingan leafnya Tokisul terutama belakangnya masih lebih enak ketimbang spiralnya Habanja.

Secara umum ya, keong lebih nyaman. Tapi tetep mesti liat kasus per kasus juga sih hehehehe....
Das Beste oder nichts.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by jalu »

AFAIK, coil spring vs leaf spring mana yg lbh nyaman, jawabannya ya wani piro...?? :D
volvo 960 pake independen suspension with leaf spring di suspensi belakangnya, hasilnya terbukti nyaman kan

tapi untuk era skrg ini, untuk mbl penumpang sudah hampir semua pake coil spring, bentuk fisik coil spring jauh lbh ringkas memudahkan perancangan konstruksi suspensi, dari sisi perawatan lbh mudah krn melepas/mengganti coil spring jauh lbh praktis dibanding leaf spring, selain itu leaf spring dr sisi marketing sudah dianggap jadul di depan konsumen, bahkan sering dianggap titik lemah dr suatu kendaraan krn leaf spring identik dng mobil barang jd dianggap kenyamanannya kurang.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by DOHC »

tp ga melulu dipake sbg mobil barang kan kak.... tuh corvette nya om posvett aja masi pake leaf spring tuh... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012

Post by AD74YA »

kalo di mobil sport cukup bisa di mengerti... konfigurasinya berbeda dengan di mobil box kan ya kalo gak salah?.. ane pernah baca di majalah teknik..

Kalo di mobil sport, terutama di muscle car rear wheel drive, leaf spring bisa menghemat berat dibanding coil spring hingga sepertiganya artinya engineer bisa mengkonfigurasi distribusi bobot lebih baik dengan leaf spring.. terus center of gravitynya bisa lebih rendah.. Sekali lagi, konfigurasi ini hanya mempan buat mobil sport yang biasanya dari hasil penelitian panjang dengan membandingkan apabila produknya menggunakan coil spring dilihat dari cost, weight, dan wear nya...

Sedangkan untuk mobil keluarga atau niaga, satu-satunya pertimbangan adalah cost saja biasanya... (kesimpulan ini dari hasil googling)

Kesimpulan dari saya, penggunaan leaf spring di mobil sport dan niaga ga bisa disamain..

CMIIW...

Nubie balik keatap...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...