Opini pribadi nubie, beberapa poin kurang tepat nih.... Maaf....
Izoer wrote:Buat rekan rekan yang duitnya terbatas, tapi pingin beli mobil walaupun sudah bekas, ini ada sedikit tip. Berguna untuk membeli mobil dibawah tahun 90 an.
1. Belilah mobil tua yang BODI nya BAGUS. Kadang ada orang yg berpikir lebih hemat dan praktis membeli yg mesinnya bagus. Pernyataan ini kurang tepat menurut saya.
- CUT -
Yup setuju sependapat ma poin 1. Untuk mobil tua, mending cari yang berbodi bagus interior utuh mesin ancur ketimbang sebaliknya. Mesin lebih gampang ketimbang benahin bodi palagi interior. Onderdil mesin bisa dikanibal/akal2an/bubut-membubut. Tapi pernik bodi/interior? Mampus dah mo ngerepronya.
Izoer wrote:2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p
Kasus per kasus. Matic Amrik macem Borg-Warner ato TH terkenal badaknya.
Izoer wrote:3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
Absolutely ngawur. Apa dasarnya mengkategorisasi harga parts mobil FC irit = biasanya mahal versus sebaliknya. Soal parts mahal murah mah
tergantung brand dan populasi dan ketersediaan parts tersebut di market, dan parameter2 lain, gak da hubungannya ama FC. Tidak ada.
Izoer wrote:4. Cat solid jangan sering2 dipoles. Beda dengan cat metalik yg makin dipoles justru makin mengkilap. Cat solid beda sistemnya dengan cat metalik, makin dipoles malah makin tipis bukannya malah mengkilat.
Gak tepatlah. Mo solid mo metallic multi stage, kalo obat yang dipake salah, toolsnya salah, SOP salah, abislah tu cat. Sebaliknya, cat solid pun gak akan menipis malah makin mengkilat kalo obat, alat, dan SOP nya bener.
Izoer wrote:5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja. Kalau knalpotnya baru, lihat feeder knalpot (yg bentuknya seperti tangki, dan ada sebelum ujung knalpot), apakah seperti mengkilat seperti besi terbakar. Jika hitam atau mengelupas, segera cabut, nggak usah ditawar dan dibeli.
Jelaga sisa pembakaran di ujung knalpot hanya
salah 1 parameter kecil dalam menilai apakah mesin mobil tua itu yahud apa tidak. Gak sesederhana itu.
Izoer wrote:6. Pilih ban dan velg yg sesuai. Jika standarnya ring 13, jangan dipaksa pakai ring 17. Selain lama2 merusak tie rod, juga berpengaruh pada sitem suspensi dan akurasi speedometer.
No pain no gain....

Kadang kaki estede keren pada mobil klasik tertentu, tapi juga velg aftermarket asal modelnya klik, akan sangat mengangkat appearance mobil klasik. Misal VW Dakota penampilan klasik dipasangin Tom's ato malah HRE jelas diketawain orang, Tapi dicekokin sepatu BRM ato Fuchs jelas nendang banget.
Izoer wrote:7. Perhatikan surat surat. Jika ada mobil tua sebelum 1970, selain STNK dan BPKB, harus ada yang namanya boekpass (surat resmi semacam sertifikat, sebelum ada aturan mengenai BPKB). Jika masih ada, itu mobil memang bener2 orisinil dan layak untuk dikoleksi.. :p
- CUT -
Statement ambigu. katanya 'harus ada', tapi di akir kalimat dibilang 'Jika masih ada', so?