Membeli dan merawat Mobil Tua

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

HOLDEN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44

Post by HOLDEN »

edward wrote:
art3m1s wrote:Iya.. Izoer itu tuh yang suka muncul di tepe :D
OH pantesan lucu wong dia suka nyelupin jari keknalpot mobil antik....
:D
Kenapa cuman jari ya? *tanggung amat* :shock:
Hayo artemis sama edward.. kamu pura2 jadi mobil antiknya...
Omong2 kemana nih bang Izoer.. kangen daku sama beliau... :lol:

HOLDEN <> Izoer :oops:
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

ohh.. HOLDEN <> Izoer.. brarti
if(HOLDEN<>Izoer) { close(Merawat mobil tua) };

Wahahahha
B6133PJO
Demonium

Post by Demonium »

pad angomongin paan sih ?
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by solar_kerosen »

artikel yg menarik nih buat pencari mobil bekas :frm_tumbleft:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by asudarsono »

Yang lebih penting dari bodi, interiornya hrs lengkap. Makin gak lengkap makin mumet cari di kampakan.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

Opini pribadi nubie, beberapa poin kurang tepat nih.... Maaf.... :)
Izoer wrote:Buat rekan rekan yang duitnya terbatas, tapi pingin beli mobil walaupun sudah bekas, ini ada sedikit tip. Berguna untuk membeli mobil dibawah tahun 90 an.

1. Belilah mobil tua yang BODI nya BAGUS. Kadang ada orang yg berpikir lebih hemat dan praktis membeli yg mesinnya bagus. Pernyataan ini kurang tepat menurut saya.

- CUT -
Yup setuju sependapat ma poin 1. Untuk mobil tua, mending cari yang berbodi bagus interior utuh mesin ancur ketimbang sebaliknya. Mesin lebih gampang ketimbang benahin bodi palagi interior. Onderdil mesin bisa dikanibal/akal2an/bubut-membubut. Tapi pernik bodi/interior? Mampus dah mo ngerepronya.
Izoer wrote:2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p
Kasus per kasus. Matic Amrik macem Borg-Warner ato TH terkenal badaknya.
Izoer wrote:3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
Absolutely ngawur. Apa dasarnya mengkategorisasi harga parts mobil FC irit = biasanya mahal versus sebaliknya. Soal parts mahal murah mah tergantung brand dan populasi dan ketersediaan parts tersebut di market, dan parameter2 lain, gak da hubungannya ama FC. Tidak ada.
Izoer wrote:4. Cat solid jangan sering2 dipoles. Beda dengan cat metalik yg makin dipoles justru makin mengkilap. Cat solid beda sistemnya dengan cat metalik, makin dipoles malah makin tipis bukannya malah mengkilat.
Gak tepatlah. Mo solid mo metallic multi stage, kalo obat yang dipake salah, toolsnya salah, SOP salah, abislah tu cat. Sebaliknya, cat solid pun gak akan menipis malah makin mengkilat kalo obat, alat, dan SOP nya bener.
Izoer wrote:5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja. Kalau knalpotnya baru, lihat feeder knalpot (yg bentuknya seperti tangki, dan ada sebelum ujung knalpot), apakah seperti mengkilat seperti besi terbakar. Jika hitam atau mengelupas, segera cabut, nggak usah ditawar dan dibeli.
Jelaga sisa pembakaran di ujung knalpot hanya salah 1 parameter kecil dalam menilai apakah mesin mobil tua itu yahud apa tidak. Gak sesederhana itu. :)
Izoer wrote:6. Pilih ban dan velg yg sesuai. Jika standarnya ring 13, jangan dipaksa pakai ring 17. Selain lama2 merusak tie rod, juga berpengaruh pada sitem suspensi dan akurasi speedometer.
No pain no gain.... :mrgreen: Kadang kaki estede keren pada mobil klasik tertentu, tapi juga velg aftermarket asal modelnya klik, akan sangat mengangkat appearance mobil klasik. Misal VW Dakota penampilan klasik dipasangin Tom's ato malah HRE jelas diketawain orang, Tapi dicekokin sepatu BRM ato Fuchs jelas nendang banget.
Izoer wrote:7. Perhatikan surat surat. Jika ada mobil tua sebelum 1970, selain STNK dan BPKB, harus ada yang namanya boekpass (surat resmi semacam sertifikat, sebelum ada aturan mengenai BPKB). Jika masih ada, itu mobil memang bener2 orisinil dan layak untuk dikoleksi.. :p

- CUT -
Statement ambigu. katanya 'harus ada', tapi di akir kalimat dibilang 'Jika masih ada', so?
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by solar_kerosen »

om ... katanya Nubietol :mky_06:

kok malah kuliahin orang di Threadnya :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Ati ati yg punya mobil tua , kalau bisa bagusin mobil sendiri aja . pengalaman masuk bengkel resmi dibaikin A dirusakin B begitu seterusnya abis itu ditawarin mobil baru paling ngakak gue ditawarin Terios Sampah :wkkk: :wkkk: :wkkk: si kaleng krupuk dengan mesin espass udah body gak bener mesin diirit iritin , gampang rusak lagi gimana gak rusak 90 % udah produk lokal rata2 komponennya kalau ada masalah tinggal Jlub masukin uang ke mulutnya pejabat indonesia biar langsung mampet :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

Meluruskan, om, sesuai ama opini dan pengetahuan culun saya yang mana juga blom tentu bener.... :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by solar_kerosen »

setelah 6 bulan baru ketemu masalahnya si Trash :e-snooty:


Two thumbs for auto2000 puri kembangan

Sorry ne sebelumnya om momod klu thread ini menyalahi aturan Sk modcom,
ane cuma mau menshare kesenangan ane atas terselesaikannya penyakit rush sy.
Penyakit rush ane yg sedikit tidak nyaman karna adanya sendatan(hampir sama seperti yg sempat heboh ditabloid otomotif) akhir nya terselesaikan juga dgn cara penggantian ECU dan LOW ARM..
Terima kasih banyak buat auto2000puri kembangan khususnya bu reni(cust relationship),bpk wahyu(SA),bpk Suttardi(foreman),tanpa dipersulit dan pelayanannya yg sangat memuaskan/ramah dan responsif dalam hal menanggapi klaiman customernya..
Disini yg mau ane share..buat para modcomer yg menggunakan rush khususnya produksi akhir 2010-2011,klu ada gejala sendat di rpm 2000-3000(tidak semua rush)segera cari beres yg peduli akan komplainan(klu dkt ke auto2000 puri,lbh baik kesitu )karna masalahnya ada di EcU dan low arm.yg menurut beliau2 diatas,pabrikan toyota telah menginprovemen/mengupdate penambahan program diecu dan penebalan dikaret bushing low armnya toyota rush.
So klu ada modcomers yg sudah klaim penyakit tersebut ke beres dan beres bilang tidak ada masalah setelah didiagnosa menggunakan engine disaster/intelektual tester.berarti SA or Foreman diberes tersebut tdk mau repot konsul ke toyota pusat..
Gitu aja deh yg mau ane share..thanks *Senangnya hatiku gerobakku pulih ckckck


dari dulu gue udah curiga pasti ada hubungannya dari Tsunami di jepang sana , karena stok rusak kena banjir terpaksa diganti dengan ECU Xenias 1000 cc , acak adutlah tuh mesin
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

Om Solar gak salah kamar y hehehe.... Bedewei itu tridnya username Rush2**** di SK nya Motkom kan? Dia aktivis SK Motkom hobi teriak2 juga persis ane kalo ngeliat ada yang gak beres di forum....

:big_peace:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by VanzMatic »

Gue malah paling ngakak baca statement satu ini....
solar_kerosen wrote:om ... katanya Nubietol :mky_06:

kok malah kuliahin orang di Threadnya :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Ati ati yg punya mobil tua , kalau bisa bagusin mobil sendiri aja . pengalaman masuk bengkel resmi dibaikin A dirusakin B begitu seterusnya abis itu ditawarin mobil baru paling ngakak gue ditawarin Terios Sampah :wkkk: :wkkk: :wkkk: si kaleng krupuk dengan mesin espass udah body gak bener mesin diirit iritin , gampang rusak lagi gimana gak rusak 90 % udah produk lokal rata2 komponennya kalau ada masalah tinggal Jlub masukin uang ke mulutnya pejabat indonesia biar langsung mampet :wkkk: :wkkk: :wkkk:
:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:

yang ane bold...
asal njeplak.... :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

Udah jadi habit om Solar dari tempo2 hari nyebut AvXen dan Rushter sebagai penerus Espass berbasis Espass pula.... :mrgreen: Nevermind lah, dianya gak serius keknya, memang hobi nyela ngasal kek saya hihihihi............
Das Beste oder nichts.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by doq »

Nightster Guy wrote:Opini pribadi nubie, beberapa poin kurang tepat nih.... Maaf.... :)
Izoer wrote:Buat rekan rekan yang duitnya terbatas, tapi pingin beli mobil walaupun sudah bekas, ini ada sedikit tip. Berguna untuk membeli mobil dibawah tahun 90 an.

1. Belilah mobil tua yang BODI nya BAGUS. Kadang ada orang yg berpikir lebih hemat dan praktis membeli yg mesinnya bagus. Pernyataan ini kurang tepat menurut saya.

- CUT -
Yup setuju sependapat ma poin 1. Untuk mobil tua, mending cari yang berbodi bagus interior utuh mesin ancur ketimbang sebaliknya. Mesin lebih gampang ketimbang benahin bodi palagi interior. Onderdil mesin bisa dikanibal/akal2an/bubut-membubut. Tapi pernik bodi/interior? Mampus dah mo ngerepronya.
Izoer wrote:2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p
Kasus per kasus. Matic Amrik macem Borg-Warner ato TH terkenal badaknya.
Izoer wrote:3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
Absolutely ngawur. Apa dasarnya mengkategorisasi harga parts mobil FC irit = biasanya mahal versus sebaliknya. Soal parts mahal murah mah tergantung brand dan populasi dan ketersediaan parts tersebut di market, dan parameter2 lain, gak da hubungannya ama FC. Tidak ada.
Izoer wrote:4. Cat solid jangan sering2 dipoles. Beda dengan cat metalik yg makin dipoles justru makin mengkilap. Cat solid beda sistemnya dengan cat metalik, makin dipoles malah makin tipis bukannya malah mengkilat.
Gak tepatlah. Mo solid mo metallic multi stage, kalo obat yang dipake salah, toolsnya salah, SOP salah, abislah tu cat. Sebaliknya, cat solid pun gak akan menipis malah makin mengkilat kalo obat, alat, dan SOP nya bener.
Izoer wrote:5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja. Kalau knalpotnya baru, lihat feeder knalpot (yg bentuknya seperti tangki, dan ada sebelum ujung knalpot), apakah seperti mengkilat seperti besi terbakar. Jika hitam atau mengelupas, segera cabut, nggak usah ditawar dan dibeli.
Jelaga sisa pembakaran di ujung knalpot hanya salah 1 parameter kecil dalam menilai apakah mesin mobil tua itu yahud apa tidak. Gak sesederhana itu. :)
Izoer wrote:6. Pilih ban dan velg yg sesuai. Jika standarnya ring 13, jangan dipaksa pakai ring 17. Selain lama2 merusak tie rod, juga berpengaruh pada sitem suspensi dan akurasi speedometer.
No pain no gain.... :mrgreen: Kadang kaki estede keren pada mobil klasik tertentu, tapi juga velg aftermarket asal modelnya klik, akan sangat mengangkat appearance mobil klasik. Misal VW Dakota penampilan klasik dipasangin Tom's ato malah HRE jelas diketawain orang, Tapi dicekokin sepatu BRM ato Fuchs jelas nendang banget.
Izoer wrote:7. Perhatikan surat surat. Jika ada mobil tua sebelum 1970, selain STNK dan BPKB, harus ada yang namanya boekpass (surat resmi semacam sertifikat, sebelum ada aturan mengenai BPKB). Jika masih ada, itu mobil memang bener2 orisinil dan layak untuk dikoleksi.. :p

- CUT -
Statement ambigu. katanya 'harus ada', tapi di akir kalimat dibilang 'Jika masih ada', so?
amieeennnn
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by doq »

@solar_kerosen
salah kamar oom........


*ane lg OL pake hape euy
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by VanzMatic »

Espass enjin nya HC-EJ series.
Image



Terios enjin nya 3SZ-VE series.
Image

CMIIW..

masih ngeyel aja kalo Teroris pake enjin HC-EJ.. :e-doh: :e-doh:


Menurut om solar, apa buktinya enjin Terios adalah pakai mesin Espass...? :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by solar_kerosen »

VanzMatic wrote:Espass enjin nya HC-EJ series.
Image



Terios enjin nya 3SZ-VE series.
Image

CMIIW..

masih ngeyel aja kalo Teroris pake enjin HC-EJ.. :e-doh: :e-doh:


Menurut om solar, apa buktinya enjin Terios adalah pakai mesin Espass...? :mrgreen:

anda gak ngerti maksud saya om , Konsep dan rancang bangun TERUCI adalah sesuai skema dari konsep Espass yg mana kelas very value mengesampingkan kualitas sebuah SUV , coba bandingkan dengan saudara terdekatnya Escudo . kualitas buatan sebangsa espass jadi bukan menunjukkan sebuah SUV melainkan mobil penumpang
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by VanzMatic »

solar_kerosen wrote:
VanzMatic wrote:Espass enjin nya HC-EJ series.
Image



Terios enjin nya 3SZ-VE series.
Image

CMIIW..

masih ngeyel aja kalo Teroris pake enjin HC-EJ.. :e-doh: :e-doh:


Menurut om solar, apa buktinya enjin Terios adalah pakai mesin Espass...? :mrgreen:

anda gak ngerti maksud saya om , Konsep dan rancang bangun TERUCI adalah sesuai skema dari konsep Espass yg mana kelas very value mengesampingkan kualitas sebuah SUV , coba bandingkan dengan saudara terdekatnya Escudo . kualitas buatan sebangsa espass jadi bukan menunjukkan sebuah SUV melainkan mobil penumpang
Berseberangan lagi dengan statement anda sendiri loooo....:
solar_kerosen wrote:-cut-
Terios Sampah :wkkk: :wkkk: :wkkk: si kaleng krupuk dengan mesin espass udah body gak bener mesin diirit iritin , gampang rusak lagi gimana gak rusak 90 % udah produk lokal -cut-
Kalo diliat sejarahnya, kelasnya Espass itu diteruskan ke Zebra Master, trus diganti oleh Xenia (pada awalnya). Setelah Xenia mencetak harga jual yang tinggi, dikeluarkan model GranMax. Jadi, mana garis keturunannya yang bilang Terios itu meneruskan value for money product? Satu satunya produk sebelum Terios yang bisa disebut 'pendahulu', hanya Daihatsu Taruna dan Taruna Oxxy (Di luar negeri disebut Terios 1.3). Mungkin ini yang Anda lupa. Ya, taruna Oxxy setelah discontinue, memang sempet vakum ga diterusin karena masih euforia Xenia.

Sudah begitu, jangan paksain Terios yang SUV dibandingkan dengan Espass yang MPV mid engine. Itu sama aja dengan membandingkan Timor Anda dengan Daihatsu Taft.

Build quality Espass, yang anda nilai di jaman sekarang, tentunya tidak sepadan kalo Anda nilai di 2011, karena Espass di jamannya diluncurkan (era 90 akhir sampai 2004), dengan teknologi dan selera tahun 2000 awal. Stratanya saat itu ada di bawah Kijang Grand, CMIIW. Ibaratnya sekarang, Espass itu Xenia, Kijang grand itu Teriosnya.

Kalau Anda mau maksudkan kualiti SUV macam Teroris itu ga sesuai dengan Escudo bandingannya, IMHO, SUV adalah penyebutan definisi bahasa desain sebuah mobil. Sama seperti desain sedan. Ada yang sedan harga 220juta, 350 juta, 400 juta, 600 juta, 1 M, 2 M.... Nah, ini juga, ada SUV yang harga 250 jt, 300 jt, 400 juta dst. Harga juga ga bohong, bergantung fasilitas teknologi yang disematkan.

Lagipula, Terios juga bukan murni SUV, IMO, karena dia 7 seater, sdgkn SUV murni 5 seater.


once again, cmiiw.. :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

:mky_02:

Ikutan dunk kalo ngomongin Espass, mobdin dan kuda balap ane selama 4 taun....

Om VM, sedikit ralat bila berkenan, om. Espass ada 3 versi mesin:

1. HC-C karbu 1.3 = pendahulunya si Zebra Astrea
2. HD-C karbu 1.6 = Feroza dan Taruna gen I karbu (CL, CX, CSX, CSX Limited yang gold)
3. HE-E injexi 1.5 = Taruna EFI short dan Taruna long includ Oxxy.

Om Solar, IMHO timelinenya Espass diteruskan oleh GranMax sekarang. Taruna oleh Terios. Taruna pun basisnya dari Terios JDM. Skripsi saya tentang Taruna, kebetulan hehehe......

So, diliat dari perspektif manapun, baik engineering, design, built quality, marketing, dan strata, IMO gak ada korelasi apapun antara Espass versus terios, om. :)

Kalo secara value for money yang om Solar kemukakan, well, sekarang nilailah kualitas GranMax yang pasti kalah ketimbang Terios, seperti di jaman dulu si Espass built qualitynya inferior bila dibanding Taruna lah.

Kebetulan, dulu setelah piara 2 Espass, saya mo apgred jadi 2 Feroza (sama kek Espass, 1 buat balap 1 buat harian) tapi dilarang balap lagi ma calon :big_slap: , so si 2 Feroza batal ganti sebiji Taruna. Bisa dibilang hafal mampus ama Espass dan Taruna. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote::mky_02:

Ikutan dunk kalo ngomongin Espass, mobdin dan kuda balap ane selama 4 taun....

Om VM, sedikit ralat bila berkenan, om. Espass ada 3 versi mesin:

1. HC-C karbu 1.3 = pendahulunya si Zebra Astrea
2. HD-C karbu 1.6 = Feroza dan Taruna gen I karbu (CL, CX, CSX, CSX Limited yang gold)
3. HE-E injexi 1.5 = Taruna EFI short dan Taruna long includ Oxxy.

Om Solar, IMHO timelinenya Espass diteruskan oleh GranMax sekarang. Taruna oleh Terios. Taruna pun basisnya dari Terios JDM. Skripsi saya tentang Taruna, kebetulan hehehe......

So, diliat dari perspektif manapun, baik engineering, design, built quality, marketing, dan strata, IMO gak ada korelasi apapun antara Espass versus terios, om. :)

Kalo secara value for money yang om Solar kemukakan, well, sekarang nilailah kualitas GranMax yang pasti kalah ketimbang Terios, seperti di jaman dulu si Espass built qualitynya inferior bila dibanding Taruna lah.

Kebetulan, dulu setelah piara 2 Espass, saya mo apgred jadi 2 Feroza (sama kek Espass, 1 buat balap 1 buat harian) tapi dilarang balap lagi ma calon :big_slap: , so si 2 Feroza batal ganti sebiji Taruna. Bisa dibilang hafal mampus ama Espass dan Taruna. :)
Ah, akhirnya masternya Espas muncul juga...! Trims om, kamsia yaa..kamsia..! :e-clap: :e-clap: :e-clap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

:wkkk:

Kalo master Bimmers ato Subaru gitu banggalah, lha ini, master ESPASS........ :big_slap:

:wkkk:
Das Beste oder nichts.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by pradit_d »

Izoer wrote:
3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
Trid menarik nih...bisa nambah ilmu... :mky_02:

Jadi mobil Jepang yang sesuai karakter Om NG adalah Espass?....baru tau :e-think:

:big_peace: :big_peace: :big_peace:
Mungkin poin ini maksudnya mobil tua yang irit itu bikinan Jepang kali ya yang part ori-nya gak se-awet part ori mobil tua Jerman atau Amrik....jadi harus lebih sering diganti
:big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote::wkkk:

Kalo master Bimmers ato Subaru gitu banggalah, lha ini, master ESPASS........ :big_slap:

:wkkk:
belum tentu yang lain juga bisa kan....? :mky_08:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by jalu »

sebenernya orang2 yg beli mobil tua ini apakah krn gak punya byk duit atau malah kebanyakan duit ya...?? :e-think: :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by Nightster Guy »

:big_smoking:

IMHO dua-duanya, kak Jalu.... :) Kelas harga dan strata 'mobil klasik' kan luas banget. Dari yang belasan juta sampe M dalam kondisi sama2 jalan.

'Coz gak semua penggemar mobil klasik berduit, ada yang bener2 pas2an. Ada yang uda super tajir. Ada true die-harder kolektor sejati. Ada yang follower. Ada yang kolekdol. Ada yang pedege murni bin oportunis GRRRRRRRRGHHHHH.... !!!!

Yang pasti, entah belasan entah M, ownernya sama2 berprinsip out of the box. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Membeli dan merawat Mobil Tua

Post by jalu »

ya krn dr sepemantau saya sehari2, pada umumnya sebokek2nya orang beli mobil bekas masih lbh mempertimbangkan memilih mbl kelas yg basic entry level dng harapan tahun pembuatan yg gak terlalu tua tapi harganya masih terjangkau

jd dalam opini saya, orang yg memutuskan untuk beli mbl yg dah umur pakai diatas 20thn itu lebih cenderung krn hobby, bukan budget oriented. IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby